View Single Post
Old 19th September 2012, 04:06 PM   #44
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

Tahun 2030, Ekonomi Indonesia Kalahkan Jerman

http://pesatnews.com/read/2012/09/18...mages/sh73.htm

Quote:
JAKARTA, PESATNEWS- Ekonomi nasional ternyata menyimpan kekuatan besar. Menurut laporan McKinsey Global Institut (MGI) pada tahun 2030 nanti Indonesia dapat menduduki peringkat ekonomi terbesar ke-7 dunia mengalahkan Jerman dan Inggris.

Dalam laporan yang bertajuk "The archipelago economy: Unleashing Indonesia's potential" itu dijelaskan bahwa ekonomi Indonesia terus berkembang. "Jejak rekam ekonomi Indonesia dalam beberapa tahun terakhir sangat luar biasa. Namun kurang mendapatkan apresiasi. Saat ini Indonesia merupakan negara ekonomi terbesar ke-16 di dunia dan akan terus berkembang," ujar salah seorang direktur MGI, Richard Dobbs dalam siaran persnya, Selasa (18/9).

Dalam laporan tersebut juga dikatakan bahwa dalam satu dekade terakhir ekonomi Indoensia lebih stabil bila dibandingkan dengan negara-negara OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) dan BRIC (Brazil, Russia, India, and China). Di sisi lain porsi utang pemerintah telah turun 70 persen selama satu dekade, lebih rendah dibanding mayoritas negara-negara OECD.

Selain itu, Indonesia juga diuntungkan dengan pertumbuhan penduduk yang menjadi peluang pertumbuhan konsumsi. Dalam 15 tahun mendatang, penduduk Indonesia diperkirakan bertambah 90 juta jiwa.[rvn/jim]
Ekonomi Indonesia Masuk Kategori Efficiency Driven

18/09/2012


http://www.bappenas.go.id/node/116/3...ciency-driven/

Quote:
Saat ini Indonesia sudah masuk dalam Stage 2 Development Global, dengan Efficiency Driven. “Artinya, perekonomian Indonesia sudah di-drive oleh efisiensi dari penggunaan berbagai faktor produksi,” ungkap Menteri PPN/Kepala Bappenas Prof. Dr. Armida S. Alisjahbana, SE, MA kepada sejumlah wartawan, Selasa (18/9) di ruang tamu menteri. Dijelaskan Armida, bahwa stage development global itu ada tiga stage. Pertama, stage 1 yang disebut Factor Driven. Kedua, stage 2, Efficiency Driven. Ketiga, stage 3, Innovation Driven, yang diisi oleh negara maju.
Masuknya Indonesia dalam stage 2, Efficiency Driven, karena Indonesia berdasarkan The Global Competitiveness Index, (GCI) tahun 2012-2013 Indonesia berada di rank 50 dengan score 4.4. Peringkat ini mengalami penurunan dibanding GCI 2011-2012 yang berada di rank 46 dan GCI tahun 2010-2011 di rank 44. “Meskipun ada penurunan rank dari tahun sebelumnya, tapi scorenya sama. Ini berarti secara keseluruhan daya saing relatif tetap, hanya saja ada pergeseran di berbagai komponen,” jelas Ibu Armida.
Dengan peringkat 50 tersebut, komponen yang di bawah peringkat 50 itulah faktor keunggulan yang membuat Indonesia masuk dalam kategori Efficiency Driven dalam perekomian global. Keunggulan yang dimaksud terlihat dari indikator Macro Economy dengan posisi di peringkat 25, Market Size peringkat 16, Innovation peringkat 39 dan Business Sophistication peringkat 42. Hal-hal keunggulan itulah yang mendorong Indonesia menjadi efficiency driven.
Selain itu, ada juga variabel yang memiliki indek di atas 4 yang juga mendukung Indonesia sebagai efficiency driven, yaitu Health & Primary Education, dengan indeks score 5.7, Higher Education and Training dengan score indeks 4.2, Goods Market Efficiency dengan score 4.3 dan Financial Market Development dengan score 4.1. Namun begitu, di satu sisi kurang didukung oleh efisiensi tenaga kerja walaupun Indonesia punya pasar yang besar dan dunia usaha sophiscation yang sudah baik . Karena variabel Labour Market Efficiency memiliki indeks score 3.9, angka ini di bawah indeks Indonesia.
Walaupun Indonesia sudah berhasil menjadi efficiency driven dalam perekonomian, ada tiga faktor utama yang dapat menjadi penghambatnya yaitu Inefficient Government Bureaucracy, Corruption, dan Inadequate Supply of Infrastructure.
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote