View Single Post
Old 21st September 2012, 12:48 PM   #1
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,267
Likes: 1,721
Liked 196 Times in 118 Posts
Thumbs up Rancangan Itenerary ke Raja Ampat, Papua Barat

Rancangan Itenerary ke Raja Ampat, Papua Barat

Quote:

Setelah sebelumnya saya tuliskan tentang tips ala Backpacker ke Raja Ampat sekarang saya kembali buatkan rancangan rencana perjalan untuk backpacking ke Raja Ampat , itinerary ini sebagian bukan yang saya jalani kemaren namun setidaknya memberi gambaran buat teman-teman yang ingin kesana.

DAY 1 Ambil penerbangan pagi dari tempat asal menuju Sorong agar tiba di Sorong sebelum tengah hari, karena kapal menuju Waisai Berangkat pukul 14.00.
Dari Bandara bisa naik ojek ke Pelabuhan (Rp. 20.000) atau naik Angkot (Rp. 4.000). Berangkatnya drai Pelabuhan Rakyat.
Kapal Cepat Rp. 120.000 perjalanan sekitar 1,5 jam, sedangkan kapal besar Rp. 100.000.
Di Waisai dari Pelabuhan naik ojek (Rp. 20.000) ke Kota nyari penginapan, Bisa dihubungi Pak Alwi (082199345117).
Penginapan paling murah Rp. 170.000 (Penginapan Marannu) atau disampingnya Hotel Waisai Indah (Rp. 250.000).
Sore dan malamnya bisa ke pantai WTC atau nyari-nyari barengan buat sewa kapal.





DAY 2
Pagi bisa keliling-keliling Kota Waisai, warung makan banyak di sekitar Pasar dari Rp. 10.000an. atau cari-cari kapal buat island hopping. Bisa mengubungi Pak Sudirman yang punya Long Boat.
Tengah hari menuju Pantai Saleo naik ojek Rp. 50.000 bisa minta antar dengan Pak Alwi dan langsung menginap disana, Homestay di Saleo (Ka Inyong 081344269587)per orang Rp. 250.000.
Dari sini bisa nyewa boat buat keliling pulau-pulau di sekitar Waigeo, Dekat ke desa Saporkren untuk bird watching Cendrawasih, berafiliasi dengan Dive centre, menyewakan alat snorkeling dan di depan pantainya sudah bisa snorkeling.
Datang di sana bisa Langsung ke pantainya yang lumayan panjang atau langsung nyebur kelaut buat snorkeling.


Selanjutnya ... silakan klik link sumber

sumber : http://www.backpackerborneo.com/2012...pat-papua.html

Raja Ampat selama ini memang identik dengan Mahal, namun dengan trik khusus khas backpacker tentunya kita bisa meminimalisir pengeluaran kita, berikut Backpacker Borneo sedikit berbagi tips hemat menuju Raja Ampat di Papua Barat:
* Hunting tiket pesawat jauh-jauh hari ,manfaatkan kalau ada promo pesawat menuju Sorong. Alternatif murah lain naik kapal laut dengan perjalanan sekitar 1 minggu.
* Ajak teman sebanyak-banyaknya. Minimal 4 orang untuk sharing cost karena pengeluaran terbesar di sewa kapal dan penginapan.
* Perhatikan Musim, jangan datang ketika Musim Selatan karena bulan-bulan ini ombak menggila di lautan.Kapal regular dari Sorong menuju Waisai ibu kota Raja Ampat ada tiap hari, berangkat dari Pelabuhan Rakyat Sorong setiap pukul 14.00. Ada dua pilihan yaitu kapal cepat dengan perjalanan sekitar satu setengah jam dan kapal besar dengan perjalanan 3-5 jam, bedanya hanya Rp. 20.000.
* Ambil penerbangan pagi menuju Sorong sehingga tidak harus bermalam dan bisa langsung nyebrang ke Waisai.
* Penginapan dan Hotel di raja Ampat paling murah Rp. 150.000 sampai jutaan rupiah, untuk Resort yang berada di tepi Pantai paling murah Rp. 250.000 dan ada yang perkamar atau perorang, jangan lupa untuk bertanya.
* Bagi yang mau Diving bisa menghubungi resort yang ada seperti Waiwo Dive Resort, Raja Ampat Dive Resort dan Papua Diving.
* Untuk yang hobi snorkling sewa alat Rp. 50.000 per hari.
* Jangan lupa membawa Losion anti nyamuk.
* Siapkan uang tunai dari Sorong, hanya ada satu ATM di Waisai yaitu ATM BRI.
* Jangan lupa untuk membandingkan harga satu dengan yang lainnya untuk kapal dan penginapan.
* Pelabuhan Speed Boat ada di samping Pelabuhan Fery, harus memutar untuk mencapainya. Disinilah pusatnya speed boat untuk menuju Wayag.
* Untuk menuju Wayag bisa memakai Longboat kapasitas sampai 5 orang dengan sewa 4 jutaan sedangkan dengan Speedboat kapasitar sampai 10 orang sewanya 8 jutaan, memakan bensin sekitar 4 drum untuk PP.
* Sewa Kapal ke sekitar pulau-pulau kecil di sekeliling Waigeo sekitarRp. 700.000 – Rp. 1.000.000 dengan Long Boat, dengan Speed Boat lebih mahal lagi sampai 3 jutaan.
* Untuk menghemat penginapan bisa bawa tenda. Banyak pantai-pantai kosong yang bisa dijadikan tempat camp, jangan lupa untuk ijin dengan warga sekitar.
* Makanan mudah untuk didapatkan di Waisai, ada banyak warung dari harga Rp. 10.000an.
* Bagi yang ingin menjelajahi Pulau Misool bisa ikut kapal regular dari Sorong, namun tidak setiap hari.
* Operator Selular yang kuat hanya Telkomsel dengan 2 tower di Waisai dan di Pulau Saonek, sedangkan Indosat hanya 1 tower, jadi ketika jauh dari Waisai maka akan kehilangan sinyal.
* Bermasyarakatlah, siapa tau ada masyarakat yang mengajak tinggal gratis atau bahkan mengantarkan dengan katinting gratis.
* Enjoy dan nikmati apapun keadaannya, karena tuhan selalu bersama Backpacker.
Untuk lebih jelasnya bisa dibaca di blog q di bawah ya..lengkap dengan rancangan Itenerary buat teman-teman yang mau ke sana.

Salam,
Indra Setiawan
admin is offline   Reply With Quote
Sponsored Links