View Single Post
Old 4th April 2014, 08:35 PM   #1
Wk. RT
 
Join Date: 4 Apr 2014
Userid: 2023
Posts: 64
Likes: 0
Liked 6 Times in 6 Posts
Thumbs up Shalat Tahajud Adalah

Shalat Tahajud adalah shalat sunah yang dilaksanakan pada malam (sepertiga malam) sesudah tidur terlebih dahulu, karena arti Tahajud adalah bangun pada malam (sepertiga malam). Afdhalnya shalat Tahajud dilaksanakan pada sepertiga malam yang akhir yaitu kira-kita mulai jam 1.00 malam sampai menjelang masuk waktu shubuh berdasarkan hadits Nabi : "Perintah Allah turun ke langit di waktu tinggal sepertiga yang akhir dari waktu malam, lalu berseru, adakah orang-orang yang memohon ( berdoa ) pasti akan ku kabulkan, adakah orang yang meminta, pasti akan ku berikan dan adakah yang mengharap ampunan, pasti akan ku ampuni baginya sampai tiba waktu shubuh "( al Hadits ).

cara pengerjaan yang benar Melaksakan Shalat Tahajud :

Shalat Tahajud dikerjakan beserta Munfarid ( tanpa berjamaah ), minimal dua rokaat dan maksimal tidak terhingga jumlah rakaatnya sampai hampir masuk waktu shubuh dan dikerjakan setiap dua rakaat satu salam sebagaimana hadits Nabi saw:

"Shalat malam itu adalah dua rakaat, dua rakaat apabila khawatir akan masuk waktu shubuh maka berwitirlah satu rakaat saja" ( HR.Bukhari-Muslim ).

> Niat shalat Tahajud di dalam hati berbarengan beserta Takbiratul Ihram. "Aku niat shalat sunah Tahajud dua rakaat karena Allah"

> Bacalah doa Iftitah

> Bacalah surat al Fatihah

> Bacalah salah satu surat didalam al quran. Afdhalnya rokaat pertama Bacalah surat al Kafirun dan rakaat ke dua Bacalah surat al Ikhlas

> Ruku' sambil Bacalah Tasbih tiga kali

> I'tidal sambil Bacalah bacaannya

> Sujud pertama sambil Bacalah Tasbih tiga kali

> Duduk antara dua sujud sambil Bacalah bacaannya

> Sujud yang kedua sambil Bacalah Tasbih tiga kali.

> sesudah beres rakaat pertama, lakukan rokaat kedua sebagaimana cara pengerjaan yang benar di atas, kemudian Tasyahhud akhir sesudah beres maka Bacalah salam dua kali dan rakaat-rakaat selanjutnya sama dilaksanakan seperti contoh di atas.

> sesudah beres shalat Tahajud bacalah zikir yang mudah ( Allah - Allah - Allah ) terutama perbanyak Istigfar (mohon ampun), adakan dialog bathin beserta Allah sampaikan semua unek-unek yang ada dalam hati lalu ditutup beserta doa.
Likes:(1)
sridaniati18 is offline   Reply With Quote
Sponsored Links