View Single Post
Old 6th October 2012, 07:09 PM   #1
[M]
newbie
 
andi.teguh's Avatar
 
Join Date: 22 Sep 2012
Userid: 285
Location: http://www.forumku.com
Posts: 1,697
Real Name: andi teguh
Likes: 0
Liked 232 Times in 171 Posts
Default Masihkah Kita Malu Berbahasa Indonesia?




Saat ini kita harus prihatin dengan keadaan kita yang kurang bangga dengan bahasa Indonesia. Entah karena faktor gengsi atau hal lain, bahasa Indonesia mulai dinomorduakan. Kita lebih bangga jika kita fasih menggunakan bahasa Inggris atau bahasa asing lain. Kita berlomba-lomba meningkatkan kemampuan bahasa asing kita, walau sebenarnya memang perlu, dengan melupakan kebanggaan atas bahasa Indonesia. Kita malu jika berbahasa Indonesia di depan khalayak umum, kurang menjual, sehingga kita lebih mengutamakan berbicara dengan bahasa asing. Padahal di dunia internasional bahasa Indonesia sudah mendunia dan banyak dikenal. Warga dunia sangat menghargai kehadiran bahasa Indonesia. Banyak fakta menarik yang muncul mengenai eksistensi Bahasa Indonesia di dunia. Fakta tersebut antara lain:

1. Dipelajari di lebih dari 45 Negara

Ternyata, bukan cuma Indonesia yang menerapkan pelajaran bahasa Indonesia. Saat ini bahasa Indonesia juga dipelajari di lebih dari 45 negara di dunia. Beberapa diantaranya adalah Australia, Jepang, Vietnam, Mesir, dan Italia. Bal ini membuat bahasa Indonesia masuk ke dalam peringkat 10 besar bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Di Australia, bahasa Indonesia merupakan bahasa paling populer keempat. Sekitar 500 sekolah pada tingkat pendidikan dasar yang mengajarkan bahasa Indonesia disana (187 diantaranya berada di Australia Barat), dan biasanya Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang wajib dipelajari di tingkat sekolah dasar. Jumlah perguruan tinggi yang menyediakan jurusan bahasa atau sastra Indonesia yang banyak juga membuat Australia menjadi salah satu negara yang paling intens mengembangkan bahasa Indonesia. Di Mesir dibangun Pusat Studi Indonesia, Suez Canal University.

2. Digunakan di Situs Klub Sepakbola Italia

Italia menjadi negara yang memiliki antusiasme terhadap Bahasa Indonesia. Beberapa klub sepakbola asal negara tersebut yang telah meluncurkan situs resmi mereka dalam bahasa Indonesia. sejauh ini ada tiga klub Italia yang memiliki situs dalam bahasa Indonesia yaitu Juventus, Inter Milan, dan AC Milan.

3.Dipelajari di Jepang Sejak Tahun 1922

Tokyo University of Foreign Studies (Tokyo Gaikugo Daigaku) mulai mengajarkan bahasa Indonesia sebagai bahasa asing kedua setelah bahasa Inggris pada tahun 1922. Diikuti 3 tahun kemudian oleh Universitas Tenri yang mulai mengajarkan bahasa Indonesia pada tahun 1925. saat ini ada beberapa perguruan tinggi di Jepang yang membuka jurusan bahasa Indonesia antara lain Universitas Kajian Asing Tokyo, Universitas Tenri, Universitas Kajian Asing Osaka, Universitas Sango Kyoto, dan Universitas Setsunan. Sementara yang mengajarkan bahasa Indonesia sebagai mata kuliah pilihan ada lebih dari 20 perguruan tinggi di Jepang.

4. Menjadi Bahasa Kedua di Vietnam

Vietnam juga merupakan negara yang menghargai bahasa Indonesia. di Vietnam, posisi bahasa Indonesia sejajar dengan bahasa Inggris, Perancis dan Jepang sebagai bahasa resmi yang diprioritaskan. Bahkan sejak akhir 2007, pemerintah daerah Ho Chi Minh City menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kedua setelah bahasa Vietnam, menempatkan Vietnam sebagai negara kedua setelah Indonesia yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi.

5. Populer di Situs Terkemuka Dunia

Kepopuleran bahasa Indonesia pada skala internasional dapat juga dilihat dari berbagai situs terkemuka seperti Facebook dan WordPress. Di Facebook, bahasa Indonesia berada di peringkat ke 5 bahasa yang paling populer digunakan. Sementara itu di WordPress, Bahasa Indonesia adalah bahasa terbesar ketiga setelah Inggris dan Spanyol. Hal ini menarik minat beberapa situs terkenal lain untuk turut mengeluarkan situs mereka dalam bahasa Indonesia seperti Twitter dan Linkedin.

6. Muncul di Even Olahraga Kelas Dunia

Jika anda penggemar MotoGP, maka anda akan lazim melihat bahasa Indonesia digunakan dalam even bergengsi motor balap ini. Betapa tidak, di body motor bertenaga 1000 cc tersebut beberapa terpampang tulisan “SATU HATI” dan “SEMAKIN DI DEPAN”. Jelas itu adalah bahasa Indonesia yang digunakan sebagai slogan produk pabrikan otomotif asal Jepang. Tentunya kita bangga tulisan itu turut melaju mengikuti balapan motor bergengsi itu. Selain itu di Liga Inggris musim 2012/2013 ini juga akan terlihat tulisan berbahasa Indonesia. Tulisan itu adalah “GARUDA INDONESIA”. Maskapai penerbangan terbesar di Indonesia itu kini menjadi sponsor resmi klub Liga Premier Inggris, Liverpool. Sebelumnya, kata “DUA KELINCI” juga sudah muncul saat klub raksasa Spanyol, Real Madrid menjalani pertandingan, karena pabrik kacang asal Pati tersebut menjadi sponsor resmi Real Madrid.

Mungkin fakta di atas hanyalah segelintir hal yang bisa memacu kita untuk semakin bangga menggunakan Bahasa Indonesia. Jika orang lain, bangsa lain, yang tidak lahir di Indonesia, yang tidak terbiasa menggunakan bahasa Indonesia sejak kecil saja mau dan bangga menggunakan bahasa Indonesia, mengapa kita harus malu?

sumber
Likes:(1)
andi.teguh is offline   Reply With Quote
Sponsored Links