View Single Post
Old 6th October 2012, 08:40 PM   #1
[M]
newbie
 
andi.teguh's Avatar
 
Join Date: 22 Sep 2012
Userid: 285
Location: http://www.forumku.com
Posts: 1,697
Real Name: andi teguh
Likes: 0
Liked 232 Times in 171 Posts
Default Miniatur Candi Borobudur & Komodo Tampil di Pembukaan SEAG



Indonesia sebagai tuan rumah SEA Games XXVI, 11-22 November 2011, akan menampilkan miniatur Candi Borobudur dan komodo pada parade upacara pembukaan di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (11/11).

Kesiapan kontingen Indonesia selaku tuan rumah untuk menggelar acara pembukaan pesta olah raga dua tahunan diikuti 11 negara di Asia Tenggara ini, dipastikan melalui gladi resik yang akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis petang.

Gladi resik ini juga dirangkaikan dengan peresmian komplek olah raga Jakabaring (Jakabaring Sport City) yang menjadi lokasi utama terpadu pelaksanaan SEA Games ke-26.

Pengarah acara upacara pembukaan dan penutupan SEA Games (SEAG), Helmi Yahya menegaskan bahwa panitia menyiapkan sejumlah kejutan pada acara pembukaan nanti.

Pada latihan persiapan pembukaan SEAG itu sebelumnya, antara lain terlihat penampilan sebuah mobil hias berisikan miniatur Candi Borobudur dan komodo yang tampak bergerak mengikuti acara gladi parade atlet dan ofisial asal Indonesia.

Tak hanya Indonesia, mobil hias dari sepuluh negara peserta lainnya juga turut mengikuti latihan defile itu, seperti Malaysia yang menampilkan miniatur Menara Kembar (Twin Tower), Vietnam dengan pagodanya, dan Singapura dengan miniatur patung Singa. "Mobil-mobil hias itu didesain khusus oleh puluhan seniman di Sukabumi, Jawa Barat. Jadi memang bukan pekerjaan mudah untuk membuatnya," kata Helmi pula.

Menurut dia, akan banyak kejutan dalam upacara pembukaan SEA Games nanti. "Makanya jangan diekspose dulu, nanti jika sudah tahu semua, tidak akan mejadi kejutan lagi," ujar dia.

Dia menambahkan, telah dilakukan gladi bagi seluruh pengisi acara, seperti pengisi tarian, paduan suara, pembawa bendera, dan paskibraka. "Seluruh tarian telah dilatihkan pelaksanaannya, seperti Tarian Musi-The Heart of The City arahan Hartati Dancer, lalu Sriwijaya The Golden Peninsula pimpinan Alex Hassim Dancer, Merajut Nuantara milik Dedi Puja Dancer, dan terakhir Meraih Impian juga asuhan Hartati Dancer," ujar dia.

Helmi menambahkan, pada Tarian Merajut Nusantara, akan disuguhkan beberapa tarian khas Melayu, Kalimantan, Jawa dan Papua. "Kalau kemarin mencoba kanvas eletronik, sekarang giliran mencoba semuanya. Tapi untuk gladi resik akhir akan dilakukan di depan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis sore ini," ujar dia.

Joy Nyanyikan "United and Rising" Penyanyi jebolan ajang pencari bakat "Indonesia Idol" Joy Tobing, juga akan menyanyikan lagu "United And Rising" ciptaan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, pada acara pembukaan SEAG, Jumat (11/11) nanti.

Helmi Yahya mengatakan, Joy dipilih karena memiliki karakter suara yang cocok dengan lagu itu. "Suara Joy memang masuk sekali dengan Lagu United And Rising. Lagi pula, Joy memang sering menyanyi pada beberapa acara kenegaraan," ujar Helmi.

Dia melanjutkan, selain Joy, sejumlah penyanyi kenamaan Indonesia juga akan tampil pada acara pembukaan itu, seperti Agnes Monica, KC Konception asal Filipina, dan Jaklyn Victor asal Malaysia. "Agnes rencananya akan melakukan gladi resik bersama dengan penyanyi lainnya, Kamis ini. Agnes akan menyanyikan lagu theme song SEA Games berkolaborasi dengan KC Konception dan Jaklyn Victor," kata dia pula.

Kata "United And Rising" kian akrab bagi pengunjung Komplek Olahraga Jakabaring, Palembang, karena tertulis pada spanduk SEAG ini.

Semboyan "Bersatu dan Bangkit" itu didengungkan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, untuk memacu semangat para atlet Indonesia dalam berjuang meraih kembali kejayaan di bidang olah raga.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin sebelumnya telah memastikan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan hadir pada acara gladi resik upacara pembukaan SEAG itu.

"Rencananya Presiden akan menyaksikan langsung gladi resik upacara pembukaan pada sore hari, Kamis ini. Setelah itu, ada kemungkinan mengunjungi beberapa venue (arena pertandingan, Red)," ujar Alex.

Dia menambahkan, Presiden RI itu telah dijadwalkan menghadiri dan meresmikan pembukaan SEAG di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Jumat (11/11) malam. "Presiden sudah memastikan akan hadir pada acara pembukaan, kemudian pada Sabtu (12/11) pagi hari pukul 08.00 WIB akan langsung bertolak melakukan kunjungan kenegaraan ke Hawai," kata dia. (Ant)


sumber
Likes:(1)
andi.teguh is offline   Reply With Quote
Sponsored Links