View Single Post
Old 6th October 2012, 10:51 PM   #3
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

Indonesia Dinilai Terlambat Kembangkan Ekonomi Syariah
http://www.hidayatullah.com/read/250...i-syariah.html



Quote:
Hidayatullah.com--Pangsa pasar ekonomi keuangan syariah khususnya dari sektor perbankan syariah masih sangat minim. Hal ini karena, Indonesia terlambat dalam mengembangkan ekonomi syariah. UU perbankan syariah baru dikeluarkan tahun 2008. Sedangkan, Inggris sebagai negara non Muslim, sudah sejak tahun 2004. Demikian disampaikan Deputi Pemimpin Bank Indonesia (BI) Solo, Suryono dalam dalam “Seminar Nasional Ekonomi Islam Prospek, Tantangan Ekonomi Islam dan Penyelesaian Sengketa Bisnis Syariah”, di The Sunan Hotel Solo, Senin (24/09/2012) kemarin.

“Di Inggris, sudah ada 11 universitas yang membuka program PhD untuk ekonomi syariah. Di Indonesia, masih sangat minim sekali. Ini artinya, konsep-konsep ekonomi Islam sudah dimiliki terlebih dahulu oleh orang lain,” kata Suryono dikuti RRI.

Menurutnya, upaya mendukung pertumbuhan dan perkembangan ekonomi syariah, menjadi tanggung jawab bersama. Di tingkat internasional, pangsa pasar perbankan syariah Indonesia, hanya sekitar 0,7%, atau berada di peringkat 16 atau 17. Sementara, Inggris bisa mencapai 30% atau peringkat 8, Arab Saudi 13% dan Malaysia 12%.

Meski demikian, lanjut Suryono, Indonesia tidak perlu pesimis, dimasa yang akan datang ekonomi keuangan syariah akan lebih maju dan pesat. Sebab ada beberapa keunggulan yang dimiliki ekonomi syariah di Indonesia.

"Kalau di Timur Tengah dan Inggris keuangan syariah dimiliki orang-orang kaya dari hasil penjualan minyak,kemudian Malaysia 53% dana di perbankan syariah merupakan milik pemerintah.Di Indonesia uang di perbankan syariah murni milik masyarakat, artinya lembaga keuangan syariah memang muncul dari dorongan masyarakat atau bottom up," imbuhnya.

Sementara itru, dosen Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Surakarta, Dwi Condro Triono PhD, Indonesia masih membutuhkan waktu sangat lama sekitar 1.000 tahun untuk mencapai pangsa pasar 100% keuangan syariah. Hal ini mengacu pada pencapaian pangsa pasar perbankan syariah di Indonesia yang saat ini tercatat hanya sekitar 4%.

“Sejak perbankan syariah di Indonesia didirikan tahun 1992 pertama di Indonesia, hingga 2002 atau 10 tahun kemudian, market sharenya baru 1%. Kemudian 2012, mencapai 4%. Artinya, untuk mencapai pangsa pasar 100% membutuhkan waktu yang sangat lama,” ungkapnya.*
Rep: Panji Islam
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote