View Single Post
Old 8th October 2012, 04:22 PM   #1
[M]
newbie
 
andi.teguh's Avatar
 
Join Date: 22 Sep 2012
Userid: 285
Location: http://www.forumku.com
Posts: 1,697
Real Name: andi teguh
Likes: 0
Liked 232 Times in 171 Posts
Default Empat Super Tucano resmi masuk ke jajaran TNI AU


Spesifikasi EMB-314 Super Tucano, di antaranya: mampu manuver 3,5 g sampai 7 g , kecepatan maks 590 km/jam, ketinggian maks 31.000 kaki dpl. Persenjataan AIM-9 sidewinder, AAM-1 piranha, bom MK-81 dan MK-82, roket FFAR. Sistem navigasi digital, sistem kendali terintegrasi HOTAS, bisa dipakai intai taktis karena memiliki pod FLIR dan DLIR, bisa beroperasi mandiri dgn dukungan minimal dan cocok dgn topografi serta kontur/iklim tropis basah. (ANTARA News/Ade P Marboen)

... Tahun depan lengkap sudah skuadron ini, demikian juga dengan persenjataannya...


Malang, Jawa Timur (ANTARA News) - Empat EMB-314 Super Tucano yang beberapa waktu lalu tiba di Tanah Air kini resmi masuk dalam daftar arsenal di jajaran TNI AU. Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro, yang meresmikan hal itu di hanggar Skuadron Udara 21 TNI AU, Malang, Jawa Timur, Senin.

Super Tucano ditempatkan di Pangkalan Udara Utama TNI AU Abdurrahman Saleh, Malang. Skuadron Udara 21 TNI AU adalah satu-satunya skuadron tempur TNI AU yang ditempatkan di sana, bersama dengan skuadron teknik, pendukung, dan skuadron angkut sedang dan berat.

Super Tucano merupakan pesawat kontra penyusup serba guna-misi dengan konfigurasi serang udara-darat, udara-udara, yang dibuat dari pabriknya di Brazil. Dari pihak produsen, hadir Duta Besar Brazil untuk Indonesia, Paulo Alberto da Silveira Soares.

Pesawat terbang kursi ganda ini didedikasikan menggantikan OV-10F Bronco buatan Rockwell, Amerika Serikat, yang tidak lagi dioperasikan sejak 2007. Penyerahterimaan keempat Super Tucano ditandai dengan penyiraman air kendi oleh Yusgiantoro, didampingi Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Imam Sufaat, dan beberapa pejabat lain.

Menurut Yusgiantoro, "Tahun depan lengkap sudah skuadron ini, demikian juga dengan persenjataannya." Pemerintah Indonesia menandatangani kontrak pembelian 16 Super Tucano senilai 141,9 juta dolar Amerika Serikat.

Batch pertama Super Tucano ini terdiri dari empat unit versi kursi ganda, yang diberi nomor TT-3101, TT-3102, TT-3103, dan TT-3104. (*)

sumber
andi.teguh is offline   Reply With Quote
Sponsored Links