View Single Post
Old 8th October 2012, 05:03 PM   #1
[M]
newbie
 
andi.teguh's Avatar
 
Join Date: 22 Sep 2012
Userid: 285
Location: http://www.forumku.com
Posts: 1,697
Real Name: andi teguh
Likes: 0
Liked 232 Times in 171 Posts
Default Patkamla Lanal Tanjung Balai Karimun Amankan Kapal Muatan Minyak Tanah Ilegal



ARMABAR (19/9),- Salah satu Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) dibawah jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) yakni Lanal Tanjung Balai Karimun melalui unsur Patroli Keamanan Laut (Patkamla) berhasil mengamankan kapal bermuatan minyak tanah ilegal baru-baru ini.

Kejadian tersebut berawal saat Lanal Tanjung Balai karimun menerima informasi dari masyarakat tentang adanya kelangkaan minyak tanah di wilayah Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun.

Komandan Lanal Tanjung Balai Karimun Letkol Laut (P) Sawa segera memerintahkan kepada Patroli Keamanan Laut (Patkamla) dan Pos Angakatan Laut (Posal) dibawah jajarannya untuk melakukan patroli di wilayah Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun dan sekitarnya. Saat Patkamla melakukan patroli di sekitar perairan Pulau Alai Tanjung Batu Kabupaten Karimun berhasil mendeteksi sebuah kapal pompong kemudian dilaksanakan proses pengejaran, penangkapan dan penyidikan (Jarkaplid).

Dari hasil Jarkaplid diketahui kapal pompong tersebut bernama KM Tunas Muda, berbobot 2 ton dan saat ditangkap sedang mengangkut 1.050 liter minyak tanah. Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh personel Patkamla terhadap muatan minyak tanah yang diangkut KM Tunas Muda, nahkoda kapal tidak bisa menunjukan dokumen yang sah dan diketahui minyak tanah tersebut murapakan minyak tanah bersubsidi yang dibeli dari Tanjung Batu, Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun dan hendak dibawa atau dijual kembali ke wilayah lain yaitu Pulau Burung Kabupaten Indragiri Hilir, ujar nahkoda saat diperiksa diatas kapal.

Karena kapal tersbut diduga mengangkut minyak tanah ilegal, maka KM Tunas Muda dan nahkoda kapal beserta barang bukti 1.050 liter minyak tanah diamankan Patkamla menuju Lanal Tanjung Balai Karimun untuk dilakukan pengembangan penyidikan lebih lanjut, dan proses selanjutnya akan diserahkan kepada instansi yang berwenang dalam hal ini Polisi Resort (Polres) Karimun.

sumber
andi.teguh is offline   Reply With Quote
Sponsored Links