View Single Post
Old 8th October 2012, 05:07 PM   #1
[M]
newbie
 
andi.teguh's Avatar
 
Join Date: 22 Sep 2012
Userid: 285
Location: http://www.forumku.com
Posts: 1,697
Real Name: andi teguh
Likes: 0
Liked 232 Times in 171 Posts
Default KRI Todak-631 Berhasil Tangkap Kapal Penyeludup Pakaian Bekas




ARMABAR (30/8),- Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Todak-631 yang sedang melaksanakan operasi berhasil menggagalkan penyelundupan pakaian bekas dari Malaysia di Perairan Selat Malaka, Senin (27/8).

Kejadian bermula sejak terdeteksinya kontak permukaan pada radar KRI Todak-631 dengan jarak kurang lebih tujuh nautical mile yang sedang melaksanakan patroli di sektor Selat Malaka. Berdasarkan pengamatan visual dikenali bahwa kontak tersebut adalah kapal kayu yang penuh dengan muatan.

Selanjutnya Komandan KRI Todak-631 Mayor Laut (P) Rubiyantoro Murniawan memerintahkan untuk melaksanakan proses pengejaran, penangkapan, dan penyelidikan (Jarkaplit) terhadap kapal motor tersebut guna pemeriksaan dokumen kapal. Dalam waktu kurang dari satu jam kapal kayu yang bermuatan penuh berhasil dihentikan dan diperiksa.

Selanjutnya dari hasil pemeriksaan diketahui kapal tersebut bernama Kapal Motor (KM) Kelompen Capir Bahari berbobot 16 Ton membawa 7 (tujuh) orang Anak Buah Kapal, sedangkan muatan yang memenuhi kapal tersebut adalah pakaian bekas yang dikemas menjadi ballpres sebanyak 400 buah.

Muatan berupa ballpres pakaian bekas tersebut diangkut dari Malaysia dengan tujuan Tanjung Balai Asahan yang semuanya tanpa dilengkapi dokumen yang sah sesuai peraturan yang berlaku, sehingga diduga melakukan tindak pidana penyeludupan.

Untuk proses hukum lebih lanjut KM. Kelompen Capir Bahari Nahkoda serta seluruh Anak Buah Kapal serta muatan dikawal menuju Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Asahan, selanjutnya akan diperiksa oleh Perwira Penyidik di Pangkalan.

sumber
andi.teguh is offline   Reply With Quote
Sponsored Links