View Single Post
Old 8th October 2012, 06:58 PM   #1
[M]
newbie
 
andi.teguh's Avatar
 
Join Date: 22 Sep 2012
Userid: 285
Location: http://www.forumku.com
Posts: 1,697
Real Name: andi teguh
Likes: 0
Liked 232 Times in 171 Posts
Default Kapal KRI Klewang 625 Kapal Siluman Pertama di Dunia








Peresmian Kapal Cepat Rudal (KCR) Trimaran / KRI Klewang 625 dinilai merupakan kapal siluman pertama didunia diluncurkan oleh PT Lundin Industry Invest bertempat di Perairan Selat Bali, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (31/8/2012).

Sebuah kapal perang yang diklaim terinovatif di dunia tersebut telah diklaim sebagai kapal tercangih, karena menggabungkan sejumlah kecanggihan teknologi dan dilengkapi sejumlah alat alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik TNI Angkatan Laut.

Disampaikan, Pemilik PT Lundin Industry Invest, Lizza Lundin mengatakan, Wilayah Kabupaten Banyuwangi kini dipilih sebagai tempat untuk produksi kapal satu satunya tercangih dilengkapi sejumlah alat alat antiradar.

"Saya asli berasal dari Kabupaten Banyuwangi dan kami bangga bisa produksi kapal yang dinilai mempunyai kecanggihan teknologi. Selain itu, pada lokasi ini sangat baik untuk riset pembuatan kapal,"Ujarnya.

Menurutnya, hal ini merupakan hasil kolaborasi riset desain dan pengembangan antara PT Lundin dengan arsitek kapal yang berasal dari Negara Selandia Baru.

Kapal tersebut memiliki stabilitas amat baik, begitu pula dengan rancangan lambung pada kapal KRI Klewang itu dibuat dangkal. Sehingga, keberadaan kapal didesain untuk bisa berpatroli di pesisir laut yang panjang.

Mengenai bentuk dari lambung kapal telah dirancang sedemikian rupa agar supaya kapal tersebut dapat melaju dengan kecepatan tinggi.

Tak hanya itu, kapal dapat beroperasi di laut yang sangat curam dan pendek. Sehingga, dalam hal ini merupakan karakterisktik garis pantai yang terdapat di kepulauan Indonesia.

Pada kontruksi kapal yang terdapat di KRI Klewang banyak memiliki beberapa keunggulan. Seperti halnya, berat yang lebih ringan, efisien biaya perawatan dan memiliki kemampuan tidak akan mudah terdeteksi oleh radar. Selain itu, tingkat akurasi geometris yang tinggi, tidak mengandung unsur magnet, tingkat deteksi panas dan suara yang sangat rendah.

Didalam KRI Klewang tersedia ruang akomodasi untuk 29 kru kapal pada tiga lantai dek. Kapal yang dilengkapi fasilitas dan peralatan untuk penerjunan pasukan khusus. Selain itu juga dipersenjatai dengan berbagai macam tipe sistem rudal.

Dari kepemilikan rudal tersebut juga telah dilengkapi sebuah sensor yang mana dapat ditempatkan pada bagian tertinggi atas dek kapal. Harapannya, bisa memberikan kemampuan penglihatan penembakan yang sangat baik dan kesemuanya itu tidak mengurangi stabilitas yang dimiliki oleh kapal KRI Klewang.

Selama memproduksi Kapal KRI Klewang, PT Lundin Industry Invest belum menemukan kendala dalam produksi kapal. Karena selama proses produksi pihaknya memperoleh kemudahan dari pemerintah dalam produksi kapalnya.

Kedepan, KRI Klewang akan masih banyak mengalami pengembangan dan inovasi agar beroperasioptimal. Rencananya, KRI Klewang tersebut akan dioperasikan pada tahun 2013 mendatang.

Begitupula disampaikan, Wakil Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Pertama Sayid Anwar mengatakan, pada peluncuran KRI Klewang ini merupakan prestasi yang sangat membangkan khususnya bagi Indonesia.

Karena, hal ini merupakan sebuah kapal jenis combatan yang sulit dideteksi oleh radar. Kapal terbuat dari bahan komposit yang ringan sehingga memiliki kecepatan sampai 35 knot.

" KRI Klewang sangat ringan. Sehingga, memiliki kecepatan yang cocok untuk misi rahasia dan tempur ,"Katanya.

KCR Trimaran merupakan kapal perang tercanggih yang dikembangkan sejak tahun 2009 lalu oleh TNI AL dan PT. Lundin. Pada kapal tersebut, akan dilengkapi dengan rudal jarak tembak 120 km.

" Didalam kapal ini akan dilengkapi sebanyak 4 rudal jenis C 705 produksi china dan perlengkapan canggih lainnya ,"Ujarnya.

Kapal yang diberi nama KRI Klewang akan diawaki oleh 27 ABK rencananya akan memperkuat wilayah Armatim TNI AL yang ada di Surabaya, Jawa Timur.

sumber
Likes:(1)
andi.teguh is offline   Reply With Quote
Sponsored Links