View Single Post
Old 23rd July 2012, 06:55 AM   #24
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

Pengamat: Prioritaskan Pelabuhan Kalibaru, baru Cilamaya

http://jaringnews.com/ekonomi/umum/1...-baru-cilamaya

Quote:
Rencana pemerintah membangun proyek Pelabuhan Cilamaya, nyaris berbenturan pengembangannya dengan Proyek Kalibaru Tanjung Priok.

JAKARTA, Jaringnews.com - Kalangan Pengamat Ekonomi menilai Proyek Pelabuhan Kalibaru, Tanjung Priok, penting diprioritaskan pengembangannya. Pasalnya, daya tampung peti kemas di pelabuhan tersebut tidak memungkinkan lagi.

"Jika dipandang secara kacamata ekonomi, pengembangan di luar Pelabuhan Internasional dapat memberikan manfaat terhadap pertumbuhan ekonomi. Namun jika pelabuhan Internasional secara infrastruktur belum mampu memberikan pelayanan yang maksimal, sudah sepantasnya untuk dapat diprioritaskan pengembangannya," kata Pengamat Ekonomi, Aviliani, kepada wartawan, di Jakarta, Sabtu (21/7).

Aviliani menegaskan, terkait rencana pemerintah akan membangun proyek Pelabuhan Cilamaya Kerawang, Jawa Barat, nyaris berbenturan pengembangannya dengan Proyek Kalibaru Tanjung Priok.

"Pemerintah semestinya dapat memprioritaskan pelabuhan Internasional dahulu, dalam hal ini Pelabuhan Tanjung Priok. Pasalnya sebagai Pelabuhan Internasional sekaligus gerbang utama arus ekspor impor dapat memberikan kapasitas yang memadai. Sehingga sebagai negara maritim tidak dipermalukan dunia, karena minimnya infrastuktur pelabuhan tersebut," terangnya.

"Tetapi kalau pelabuhan di luar dari pelabuhan internasional, itu boleh dibangun dimana saja, dimana ada konektifitas antar satu daerah sehingga ini membantu untuk mengurangi inflasi, menurut saya yang harus ditetapkan adalah yang paling urgent dulu, jadi semua tidak bisa berbarengan," sambung Aviliani.
endar.agustyan is offline   Reply With Quote