View Single Post
Old 12th October 2012, 03:41 PM   #1
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,267
Likes: 1,721
Liked 196 Times in 118 Posts
Post Cerita Perjalanan Trans Manchurian - Trans Siberian Railway

(1) Visa, Tickets and The Train


Halo semua
Saya mau berbagi cerita perjalanan dari Beijing-China ke Moscow-Rusia dengan kereta api yang saya lakukan akhir September sampai awal Oktober 2012. Cerita akan saya bagi dalam beberapa artikel tapi belum tahu sampai berapa seri ya Untuk bagian pertama saya ceritakan tentang persiapan dan perjalanan di kereta.




Saya punya mimpi naik kereta Trans Siberian dari Vladivostok sampai Moscow atau St. Petersburg. Impian dulu sih mulai dari Sokco-Korea Selatan atau Sapporo-Jepang lalu nyebrang ke Vladivostok dengan ferry. Tapi selalu saja ada halangan untuk berangkat karena saya kurang teliti merencakan jadwal cuti. Saya punya satu syarat yaitu perjalanan ini HARUS dilakukan di musim gugur. Alasannya karena saya suka sekali melihat pepohonan dengan daun yang mulai mengering. Selain itu waktu sekitar musim gugur relatif lebih sepi turis dibandingkan musim semi atau musim panas. Menurut beberapa artikel yang saya baca, Siberia lebih indah ketika tertutup salju tapi saya takut tidak tahan dengan dinginnya dan selain itu takut sakit punggung menggendong ransel berat berisi extra baju hangat.



Setelah beberapa musim gugur berlalu dan saya selalu gagal menemukan waktu yang pas untuk memulai perjalanan dari Vladivostok, akhirnya saya ganti rencana mencari info dan membandingkan 2 jalur, yaitu: Beijing - Rusia (Trans Manchurian) dan Beijing - Ulan Bataar - Rusia (Trans Mongolian). Saya hitung jatah cuti yang tersisa yang ternyata hanya cukup untuk melakukan perjalanan dari Beijing ke Moscow dengan 1 stop di Irkutsk (Lake Baikal). Sayang sekali kalau hanya berhenti di satu kota saja dan melewatkan kota-kota di Rusia yang lain. Sempat terpikir untuk menunda lagi sampai tahun depan dengan harapan bisa nabung jatah cuti. Tapi kalau ditunda terus kapan berangkatnya??



Sebenarnya saya ingin sekali lewat Mongolia karena kereta melintasi Gurun Gobi jadi pemandangan dari kereta tidak hanya pedesaan dan padang rumput saja. Tapi sekali lagi karena waktu yang mepet saya harus memilih lewat Manchuria (Man Zhou Li) karena kalau lewat Mongolia walaupun tidak turun dari kereta tetap harus punya visa. Nah saya lebih-lebih tidak punya waktu untuk mengurus visa Mongolia. Lha wong visa China saja saya harus pakai jasa travel agent. Hanya visa Rusia yang saya urus sendiri. Untuk hal ini saya terpaksa harus ijin kerja 2 x setengah hari. Untung boss saya baik jadi OK saja dengan saya yg sering ijin hehe...

selanjutnya http://nia-gondronk.blogspot.sg/2012...n-railway.html
admin is offline   Reply With Quote
Sponsored Links