View Single Post
Old 8th July 2012, 02:21 PM   #2
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,267
Likes: 1,721
Liked 196 Times in 118 Posts
Default Bupati Wakatobi ke Paris hadiri undangan UNESCO

Bupati Wakatobi ke Paris hadiri undangan UNESCO

sumber : http://www.antaranews.com/berita/320...ndangan-unesco







Quote:
Wangiwangi, Sultra (ANTARA News) - Bupati Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), Hugua, Jum`at berangkat ke Paris menghadiri undangan pihak UNESCO untuk menerima sertifikat penetapan wilayah kabupaten Wakatobi sebagai salah satu Cagar Biosfir Dunia di Indonesia.

"Tadi siang, Pak Bupati bertolak dari Kendari lewat Jakarta, selanjutnya menuju ke Paris menghadiri undang pihak UNESCO," kata Kepala Bagian Infomasi dan Komunikasi Dinas Perhubungan dan Telekomunikasi Kabupaten Wakatobi, La Ode Ifi di Wangiwangi, Jumat.

Menurut dia, sesuai dengan undangan dari pihak UNESCO yang disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Unesco akan menyerahkan sertifikat Penetapan Wakatobi sebagai cagar biosfir dunia kepada Bupati Wakatobi di Paris pada 9 Juli 2012.

Setelah penyerahan sertifikat tersebut kata dia, bupati Wakatobi akan menjadi pembicara utama pada loka karya tentang konservasi sumber daya alam yang akan berlangsung hingga 12 Juli 2012.

Menurut Ifi, UNESCO menyetujui penetapan Taman Nasional Laut Wakatobi sebagai salah satu dari 13 cagar biosfir yang baru di dunia melalui pertemuan Penasehat Internasional Comittee untuk Biosphere Reserve Program MAB UNESCO ke-18, yang berlangsung di Paris pada tanggal 2 sampai 4 April 2012 lalu.

"Pada pertemuan yang berlangsung selama tiga hari itu, lima dari 13 daerah yang diusulkan menjadi cagar biosfir dunia langsung diterima termasuk Wakatobi, sedangkan lima daerah diterima dengan catatan dan tiga daerah ditolak," katanya.

Ifi mengatakan, ada tiga kepentingan yang dilindungi UNESCO dalam menetapkan TN Wakatobi sebagai pusat cagar biosfir.

Ketiga kepentingan tersebut yakni kearifan budaya lokal masyarakat Wakatobi, kelestarian lingkungan dan kepentingan ekonomi masyarakat yang berkelanjutan.

Kearifan tradisi budaya lokal yang dilindungi di Wakatobi, menyangkut tradisi budaya masyarakat dalam memperlakukan alam dan mengambil sesuatu dari alam.

Sedangkan kelestarian lingkungan perlu dilindungi, karena kawasan perairan laut TN Wakatobi memiliki keragaman terumbu karang dan biota laut yang cukup tinggi, bila dibandingkan dengan kawasan-kawasan lain yang ada di dunia.

(ANT-299)

Editor: Aditia Maruli
COPYRIGHT 2012
admin is offline   Reply With Quote