View Single Post
Old 18th October 2012, 05:18 PM   #1
Ketua RT
 
wengky's Avatar
 
Join Date: 17 Sep 2012
Userid: 262
Posts: 85
Real Name: wawan
Likes: 0
Liked 5 Times in 4 Posts
Default Bisnis jual beli Laptop/Notebook bekas



Laptop bekas merupakan solusi mudah mendapatkan komputer jinjing murah yang sesuai dengan budget mepet. Walau membeli laptop bekas asalkan kita lihai dalam memilih spesifikasi dan sabar mencarinya, bakalan hasilnya tak mengecewakan. Seiring kian kemajuan IT, dan ditambah banyaknya produsen komputer yang berlomba menggelontorkan laptop ke pasar bebas, menjadikan persaingan laptop kian memanas.

Imbasnya harga laptop menjadi murah, dan pasar laptop bekas pun ikut terdongkrak. Akhirnya, apresiasi konsumen terhadap aneka laptop dengan spesifikasi yang beragam menjadikan konsumen mudah sekali berganti-ganti laptop. Prilaku konsumen yang suka gonta-ganti laptop menciptakan peluang bisnis laptop bekas.
Laptop Bekas Masih Dicari

Memang laptop sekarang ini menjadi benda yang penting guna mendukung kinerja manusia modern. Kelebihan laptop yang ringan dan mudah dibawa ke mana-mana, sangat mendukung mobilitas manusia yang super sibuk. Demikian juga, laptop di kalangan mahasiswa dan anak sekolah sudah lazim dipakai ketika kuliah atau sedang belajar.

Fungsi laptop sangat mendukung proses belajar di kalangan mahasiswa dan anak sekolah. Yakni untuk mencatat bahan yang diajarkan di kelas, maupun untuk mengetik tugas-tugas sekolah. Standar laptop baru masih terbilang mahal untuk sebagian orang, harga laptop baru dengan spesifikasi menengah kisaran 5jt 7 jt.

Mengingat kebutuhan laptop sangat penting, maka banyak orang mencari laptop bekas di gerai jual beli laptop bekas. Pasar jual beli laptop bekas akan naik ketika menjelang tahun ajaran baru, sekolah maupun universitas. Permintaan laptop bekas jadi naik dan banyak diburu masyarakat yang mencari laptop bekas karena murah.
Kelebihan Laptop Bekas

Mengapa laptop bekas, begitu diminati konsumen kelas menengah ke bawah, selain murah mereka juga ingin eksis memakai komputer jinjing untuk mendukung pekerjaannya. Berikut ini penjelasan tentang kelebihan laptop bekas.

1. Harga Murah

Salah satu motivasi konsumen mencari laptop bekas adalah harganya yang relatif murah, dan tentu bisa ditawar. Harga yang terjangkau dengan budget konsumen level menengah dan mahasiswa, menjadi alasan kuat, mengapa mereka lebih melirik laptop bekas. Selain mencari harga yang murah, konsumen juga hanya tertarik dengan merek-merek yang menjamin kualitas produksi. Biasanya laptop keluaran dari Jepang dan Taiwan yang mereka cari karena image merek laptop tersebut sudah terbangun baik dihati konsumen. Walaupun laptop bekas asalkan keluaran dari merek terkenal, pasti dibelinya.

2. Harga Jual Kembali Tak Turun Drastis

Salah satu keuntungan membeli laptop bekas adalah harga purna jualnya tak turun drastis. Jika Anda sudah bosan memakai laptop bekas, bisa dijual kembali kepada orang lain atau ke toko yang menerima layanan jual beli laptop bekas. Harga jual kembali laptop bekas tak akan mengecewakan paling turunnya hanya kisaran100 rb 500 rb. Dan ini sangat meringankan kalau Anda ingin membeli laptop baru dengan cara tukar tambah, jadi Anda tak perlu mengeluarkan dana yang banyak untuk pembelian dengan cara tukar tambah.
bandingkan dengan membeli NB baru dan menjualnya bisa turun sekitar 50%

3. Ketersediaan Spare Part

Kerusakan merupakan risiko dari laptop bekas, apalagi laptop tersebut sudah dipakai sebelumnya dalam jangka yang lama sehingga bisa rusak kapan saja. Namun jangan kwatir, ketika laptop bekas Anda tiba-tiba eror, bawa saja ke tukang servis laptop. Jika terpaksa harus ganti spare part, tak usah risau karena harga spare part sekarang ini terjangkau dan mudah dicari. Service center laptop juga memberi garansi servis selama sebulan jika laptop Anda terjadi kerusakan lagi.

Kelebihan Jual Beli Laptop Bekas

Fenomena tergesernya komputer desktop oleh laptop menjadi sebuah peluang bisnis. Enterperneur yang jeli melihat dinamika pertumbuhan laptop yang meningkat, dia akan segar membuka bisnis jual beli laptop bekas maupun laptop baru. Terbukti sekarang ini, banyak gerai penjualan laptop bekas bermunculan. Mengapa bisnis jual beli laptop bekas begitu laris? Salah satu faktornya adalah produsen laptop besar lebih tertarik menggarap pasar menengah atas karena memiliki daya beli tinggi. Sementara, pasar menengah ke bawah terabaikan, belum lagi konsumen menengah ke bawah juga memiliki kebutuhan laptop yang tinggi.

Pasar level menengah ke bawah menjadi peluang emas yang segar digarap, dan konsumennya pun tak terbilang sedikit. Berikut ini penjelasan tentang alasan mengapa jual beli laptop bekas begitu diminati oleh entrepreneur IT.
1. Modal Tak Besar

Salah satu kelebihan membuka toko laptop bekas, adalah modalnya yang tak besar amat. Hanya perlu 20 juta saja, Anda sudah dapat membuka toko laptop bekas. Kalau perlu dijalankan di rumah saja sudah cukup. Dengan 20 juta, Anda bisa kulakan 4 unit laptop bekas dan sisanya membeli piranti pendukung seperti mouse, cooling fan, tas laptop, dan lain sebagainya.

Bahkan, Anda bisa menawarkan kepada pihak lain untuk menitipkan laptopnya / konsinyasi, guna dijual di toko Anda. Sumber modal guna menggerakan bisnis jual beli laptop bekas didapat dari pinjam bank, joint venture dengan teman atau jual aset pribadi seperti motor atau mobil.

2. Cepat Balik Modal

Walaupun dagangan utama adalah laptop bekas. Akan tetapi, tingkat penjualannya sangat cepat. Barang yang di-display tak akan lama dipajang, pasti ada yang membelinya. Oleh karena itu, tingkat perputaran uang pada bisnis ini begitu cepat sehingga BEP / Break event point bisa lekas tercapai.
Bagi anda yang baru bergerak di bidang ini, pasti memerlukan usaha yang keras di awal.
__________________
Hiduplah Indonesia Raya semua aksesoris klub bola dunia
wengky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links