View Single Post
Old 8th July 2012, 03:35 PM   #1
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,267
Likes: 1,721
Liked 196 Times in 118 Posts
Default Berita Media, Informasi, (Tele)Komunikasi dan Internet

Operator Telekomunikasi Uji Kesiapan Jaringan

sumber : http://www.mediaindonesia.com/read/2...iapan-Jaringan

Quote:
Jumat, 06 Juli 2012 22:21 WIB

SURABAYA--MICOM: Operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk menguji kesiapan jaringannya menjelang Ramadan 1433 Hijriah di sejumlah wilayah guna memberikan layanan terbaik kepada setiap pelanggan.

"Untuk mengantisipasi lonjakan trafik tersebut, kami meningkatkan kapasitas jaringan hingga dua kali lipat," kata "Corporate Communication XL East Region", Putro Pamungkas, di Surabaya, Jumat (6/7).

Ia meyakini, antara Ramadhan dan Lebaran 1433 Hijriah terjadi lonjakan trafik hingga 20-30 persen dibandingkan trafik hari normal. "Kini, trafik percakapan mencapai hingga 600 juta menit. Sementara trafik pesan singkat mencapai 660 juta SMS dan trafik data sebesar 52 Terabytes," ujarnya.

Pengujian sinyal, lanjut Putro, dilakukan mulai 6-7 Juli 2012 di sepanjang jalur mudik pelanggan yang menyebar di seluruh Indonesia. "Seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Lampung, Medan, Palembang, Pekanbaru, Padang, Banjarmasin, Bali, Lombok, dan Makassar," katanya.

Ia optimistis, uji kesiapan jaringan dapat memberikan manfaat lebih bagi masyarakat. Apalagi pengujiannya memang dilaksanakan dengan berbagai moda transportasi baik melalui jalur darat maupun transportasi laut.

"Untuk angkutan darat, kami menguji jaringan dengan kendaraan bermotor (Lampung-Jakarta, Bandung-Jakarta, Semarang-Yogya-Solo, dan Surabaya-Yogya)," katanya.

Di samping itu, tambah dia, pengujian jaringan juga memakai transportasi darat lain misalnya kereta api dengan melalui jalur

Jakarta-Semarang. "Khusus jalur penyeberangan laut, kami menggunakan kapal di rute Bakahauni-Merak dan Ketapang-Gilimanuk," katanya.

Dalam pengujian sinyal, lanjut dia, pihaknya menggunakan peralatan dan metode standar yang telah diakui secara regulasi. Selain itu, pengukuran juga dilaksanakan guna mengetahui kekuatan dan kualitas sinyal di tiap daerah.

"Pengukuran kualitas dilakukan pada layanan 2G dan 3G, mulai dari layanan panggilan suara, video, pesan singkat, data baik internet maupun Blackberry," katanya. (Ant/OL-2)
admin is offline   Reply With Quote
Sponsored Links