View Single Post
Old 6th October 2014, 08:00 PM   #5
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,267
Likes: 1,721
Liked 196 Times in 118 Posts
Default Seorang Warga Diamankan karena Bawa Sajam Eksekusi Lahan Tol Cipali Berjalan Lancar

Seorang Warga Diamankan karena Bawa Sajam
Eksekusi Lahan Tol Cipali Berjalan Lancar

Jumat, 19 September 2014 00:57 WIB

SUBANG,(GM).-
Setelah melalui proses hukum dan kesepakatan de*ngan para pe*milik tanah, PT Lintas Marga Sedaya (LMS) selaku pemegang konsesi proyek jalan Tol Cikampek-Palimanan (Cipali) melanjutkan pengosongan sisa lahan di wilayah Subang. Pengosongan la*han tersebut membongkar pak*sa sekitar 12 rumah di Desa Padaasih, Kamis (18/9).
Proses pengosongan sisa lahan yang melibatkan aparat kepolisi*an dibantu TNI dan Pemkab Su*bang itu berjalan lancar. Walau*pun sebelumnya sempat ada yang mencoba melakukan perlawanan, namun tidak berakhir dengan kericuhan. Suasana pembongkaran berlangsung aman dan tertib.
“Kami bersyukur seluruh pro*ses pengosongan lancar. Kami juga mengapresiasi dukungan pe*merintah, aparat penegak hu*kum, dan masyarakat yang me*mungkinkan kegiatan ini berja*lan dengan baik,” kata Edwin Sas Goenarto, juru bicara PT Lintas Marga Sedaya.
Edwin menambahkan, dengan selesainya pengosongan lahan di Subang maka proses pembangunan konstruksi proyek Tol Cipali diharapkan berlangsung lebih ce*pat, sehingga masyarakat bisa me*nik*mati manfaat lebih besar ke*hadiran jalan tol sepanjang 116 km ini.
Pembangunan proyek Tol Cipali akan memudahkan akses transportasi di jalur pantai utara (pantura) Jawa yang semakin padat. Selain akan meningkat*kan efisiensi biaya transportasi, kehadiran Tol Cipali juga mendorong tumbuhnya sentra-sentra ekonomi baru dan mening*kat*kan investasi baru yang akan memicu percepatan pembangunan di daerah-daerah di sekitar tol.
“Kami berharap pengopera*sian Tol Cipali nantinya dapat dimanfaatkan sebesar-besar oleh masyarakat di wilayah Subang,” katanya.
Hingga saat ini, proses pembebasan lahan di Tol Cipali sudah mencapai 100%. Pengerjaan tol ini dibagi menjadi enam seksi, yaitu Cikopo-Kalijati (29,12 km), Kalijati-Subang (9,56 km), Subang-Cikedung (31,37 km), Cikedung-Kertajati (17,66 km), Kertajati-Sumberjaya (14,51 km), dan Sumberjaya-Palimanan (13,78 km). Proyek tol ini diharapkan selesai dan beroperasi mulai 2015.
Tetap dikawal
Kapolres Subang, AKBP Harry Kurniawan yang memimpin langsung pengosongan lahan bersyukur karena warga yang semula tetap bertahan akhirnya secara sukarela mengosongkannya. “Ya ini tugas pertama saya dan bersyukur berjalan kondusif,” katanya.
Mengenai adanya warga yang diamankan, ia membenarkan karena membawa senjata tajam dan sempat menghadang alat berat. “Lihat saja nanti sampai tuntas dan yang jelas kita akan tetap menga*walnya karena merupa*kan tugas agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ucapnya.

Tol Cikampek-Palimanan Bisa Digunakan Lebaran 2015

Jumat, 12 September 2014 18:58 WIB



Laporan Wartawan Tribunnews.com, Adiatmaputra Fajar Pratama
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jalan Tol Trans Jawa seksi Cikampek-Palimanan bisa segera beroperasi. Saat ini proses penyelesaian Tol Trans Jawa sudah mencapai 40 persen.
Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan sesuai jadwal Tol Cikampek-Palimanan bisa digunakan lebaran 2015. Sehingga pengemudi bisa melewati tol dari Merak sampai Palimanan.
"Hari raya 2015 sudah bisa dilewati (tol cikampek-palimanan, red)," ujar Djoko kepada wartawan di kantor Kementerian PU, Jakarta, Jumat (12/9/2014).
Kementerian PU juga akan menyelesaikan proyek Tol Palimanan-Kaci, dan Pejagan-Pemalang. Namun untuk proyek yang paling cepat selesai adalah Tol Pejagan-Brebes.
"Pemebebasan tanahnya hampir selesai untuk Tol Pejagan-Brebes. Akan selesai pertengahan 2016," terang Djoko.
Proyek Tol Trans Jawa lainnya adalah Solo-Bawen, Surabaya-Gempol, dan Gempol-Pasuruan direncanakan selesai tahun mendatang. Saat ini Kementerian PU masih melakukan pembebasan lahan.

http://www.tribunnews.com/bisnis/201...n-lebaran-2015
admin is offline   Reply With Quote