forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Forumku News and Discussion > Informasi dan Pengumuman
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Informasi dan Pengumuman Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 21st April 2014, 06:08 AM   #1
Warga Forumku
 
Join Date: 21 Apr 2014
Userid: 2081
Posts: 2
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Kisah-kisah Perjalananku

KAU dan AKU Cinta Indonesia

Indonesia merupakan negara berkembang yang beragam adat dan budaya. Indonesia terdiri dari berbagai suku, bahasa dan agama yang berbeda. Suku Jawa adalah suku terbesar dengan populasi mencapai 41,7% dari seluruh penduduk Indonesia. Semboyan nasional Indonesia, "Bhinneka tunggal ika" ("Berbeda-beda tetapi tetap satu"), berarti keberagaman yang membentuk negara.
Minggu, 10 November 2013 bertepatan dengan hari pahlawan Aku bangun pukul 03.30 hanya sekedar terbangun dari mimpiku yang indah semalem. Setelah pukul 04.00 adzan subuh untuk waktu Yogyakarta dan sekitarnya Aku melaksanakan Ibadah sholat subuh menghadap Allah SWT. Kemudian dilanjutkan dengan tadarus Alqur’an yang biasa Aku lakukan setiap habis sholat subuh. Sekitar pukul 05.00 salah satu teman kampus yang sekelas denganku datang ke kost mengajak jalan pagi. Pukul 05.30 Aku, Adik dan temanku berangkat jalan pagi start dari kost soboman, bantul, Yogyakarta. Jalan pagi jalan masih begitu terasa sejuk meskipun beberapa kendaraan melintas.
Pagi yang cerah dan kelihatan sudah terang meskipun matahari belum menampakkan wajahnya dari balik awan. Kami bertiga hanya mengikuti jalan lurus melewati jalan raya kota Yogyakarta. Melalui jalan pintas tanpa sengaja bertemu orang-orang yang jalan pagi juga. Kami mengikutinya searah dengan mereka. Tanpa kami sangka mereka menuju Alun-alun selatan kota Yogyakarta. Alun-alun selatan kota Yogyakarta yang mistik, ada 2 anggapan konon jika ada orang yang mengikuti alur jalan dengan mata tertutup ke arah 2 pohon beringin, jika jalannya lurus sampai pohon beringin maka orang tesebut jalan pikirannya lurus, hatinya bersih dan sebaliknya. Jika jalan berdua bersama pasangannya maka mereka memang ditakdirkan untuk berjodoh. Itulah salah satu ciri/ karakteristik ragam Indonesia dari sisi kemistikannya. Hal tersebut boleh dipercaya ataupun tidak, tergantung pada diri/ kepribadian kita masing-masing. Kami sampai di tempat tersebut dan agak heran karena sudah banyak orang berkerumunan lalu lalang memakai seragam masing-masing kelompoknya di Alun-alun. Banyak tenda putih, poster Soklin Liquid, tempat bermain anak dan panggung berdiri diiringi musik band lokal kota Yogyakarta dengan request lagu Lyla band. Awalnya Aku menyangka bahwa itu adalah band Lyla yang berdiri dipanggung teryata bukan. Sekitar pukul 06.00 hal yang tak pernah Ku sangka ada pembawa acara atau bisa saja disebut host dalam acara tersebut menyampaikan acara yang akan dilaksanakan pada saat itu dari awal hingga akhir acara. Host yang dibawakan oleh Veril dan Ayu mengatakan akan ada berbagai acara yang dimulai dari perlombaan untuk Ibu-Ibu yaitu lomba mencuci bersih dengan soklin Liquid dengan syarat membeli produk soklin Liquid diskon 50% sebesar Rp 30.000,00 mendapatkan berbagai jenis dari produk Liquid kemudian dengan pembelian tersenut akan mendapatkan kupon untuk menang undian berhadiah. Hadiah yang disediakan-pun berbagai macam mulai dari sepeda motor, mesin cuci, rice cooker, kompor gas dan alat-alat dapur lainnya. Setelah itu, host mengatakan akan ada bintang tamu yang hadir dalam acara tersebut yaitu kedatangan Lyla band dan Indi barent yang akan tampil di panggung selama acara berlangsung. Aku dan Kau (adik & temanku) merasa puas akan jalan pagi yang agak panjang. Acara 10 November hari pahlawan di isi dengan promo produk Liquid yang penuh semangat, meskipun terasa lelah di tengah jalan. Bayangkan saja jalan kaki setengah jam ke Alun-alun selatan kota Yogyakarta merupakan pengalaman yang berbuah manis. Ini merupakan salah satu pengalaman yang penuh perjuangan sesuai dengan sikap kepahlawanan yang telah berjuang untuk tanah air Indonesia.
Merasa puas sampai di Alun-alun kamipun asyik berfoto dengan kamera handphone milik-Ku. Waktu menunjukkan pukul 07.00 mulai acara dengan iringan musik marchindes band dari SD Sang Timur Yogyakarta kemudian dilanjutkan senam pagi dilengkapi goyang sesar yang dilaksanakan sekitar 2 jam. Siapa yang goyang sesar paling heboh akan mendapatkan doorprize yang telah disediakan oleh panitia acara Soklin Liquid. Nah, pas waktu goyang sesar lucunya ada seorang Ibu lucu dan heboh dengan goyangannya, ternyata kepilih mendapatkan doorprize. Kami tertawa serentak melihat aksi panggung goyang sesar yang diulanginya. Kami terus menunggu penampilan Lyla band sembari menonton acara- acara berlangsung ditemani dengan santapan jajanan karena kami agak lapar dan haus. Kami menunggu agak lama, sekitar pukul 09.00 akhirnya Lyla band tampil di atas panggung. Dalam batinku Lyla band lebih menarik dalam aksi nyata daripada dalam kamera yang Aku tonton selama di chanel televisi begitupun dengan Indi barent seorang artis yang berparas cantik, bertubuh langsing dibandingkan dalam kamera yang berada di iklan chanel stasiun televisi. Saat asyik nonton aksi Lyla Aku berusaha merekam dalam memori di HP-ku akan tetapi, apa daya terik mentari membuat rekaman di HP-ku buram dan tidak jelas ditambah udara yang sangat panas membuatku lelah berdiri di depan panggung. Aku menghentikan niatku merekam penampilan Lyla band. Tidak lama kemudian Aku dan Kau (adik dan teman-ku) ke belakang dekat dengan pohon beringin dan Kami-pun duduk di pinggiran pohon beringin tersebut. Tiba-tiba ada seorang Ibu yang mencoba untuk menutup matanya berusaha bisa jalan lurus atau tidak ke arah pohon beringin. Aku tidak tahu apakah Ibu itu hanya sekedar mencoba ataukah percaya dengan mistik yang telah tersebar luas. Sepertinya ibu itu bukan dari daerah Alun-alun selatan kota Yogyakarta, makanya mendengar mistik tersebut berusaha mencobanya. Apa yang diharapkan Ibu itu telah gagal yaitu jalannya tidak pernah lurus ke arah pohon beringin, malahan belok ke kanan. Bahkan di ulangi beberapa kali malahan hampir nabrak anak kecil yang berada di depannya. Aku dan Kau tersenyum dengan hati tertawa karena mau tertawa tapi kami tahan, khawatir kalau Ibu itu bersama rekannya tersinggung serta bisa mnimbulkan masalah. Kami urungkan niat untuk tertawa terbahak-bahak dengan asyik foto sembari menyaksikan penampilan Lyla band dari balik pohon beringin.
Pada saat kami asyik foto tiba-tiba seorang anak kecil dengan ciri-ciri kulit sawo matang, rambut pendek ikal, tinggi kira-kira seukuran anak 7 tahun serta penampilan seperti anak jalanan membuat kami kaget tidak karuan karena secara tiba-tiba menggelitik pinggang kami dari dalam pagar pohon beringin sembari minum Ale-ale sisa orang yang diletakkan di samping Aku duduk. Dalam batin-ku ada rasa kasihan bercampur kesal karena anak kecil tersebut sendirian ke dalam pagar pembatas pohon beringin dengan penampilan yang aneh dan menganggu kami. Pertamanya sudah Aku diamkan kalau cuma menggelitik tidak masalah, tetapi kesalnya dia menyiram air dengan Ale-ale bekas yang tadi di minumnya. Tanpa sengaja airnya bersama botol Ale-alenya jatuh keluar pagar dan Aku injak karena kesal, dalam hati Aku menyesal menginjaknya sembari istigfar Ya Allah…Aku menyesal serta berucap maaf.
Kemudian setelah acara hampir selesai sekitar pukul 11.30 kami kembali berjalan pulang ke kos-an melewati jalan pintas dari Alun-alun selatan ke arah barat. Kami mengira jalan pintasnya hanya ada satu, ternyata bercabang-cabang, kami bukan melewati jalan pintas yang dilewati tadi pagi, tetapi malahan jalan pintas lain yang lebih jauh dilewati jalan kaki. Ya Allah…salah jalan tapi akhirnya dengan mengikuti jalan lurus ke arah barat sampai juga di perempatan Patang puluhan. Alhamdulillah Ya Allah …tidak sampai nyasar sampai kos lagi dengan selamat dan rasa lelah bercampur senang. Sesampainya di kos pukul 12.00 Aku langsung makan karena belum sarapan pagi, setelah makan Aku langsung mandi, dilanjutkan Ibadah sholat dzuhur kemudian istirahat siang membaringkan badan. Setelahnya tidur siang terasa nyenyak karena hampir setengah hari beraktivitas. Aku mendapatkan inspirasi baru bahwa setiap aktivitas apapun jika dilaksanakan dengan iklas pasti akan menghasilkan sesuatu yang baru yang akan kita temui meskipun harus menahan lelah dan dahaga dengan pengorbanan dan perjuangan walaupun harus melangkah dengan jalan kaki seberapa jauhnya seperti peribahasa yang mengatakan bahwa ada ubi ada talas, ada budi ada balas.
Biodata Penulis
Nama Penulis : SURYANI
Tempat & Tanggal Lahir : Wonosobo, 10 April 1992
Nama Perguruan Tinggi : Universitas PGRI Yogyakarta
Nama Fakultas & Jurusan/Program studi: FKIP Program Studi Pendidikan Matematika
Alamat perguruan tinggi : Jl.PGRI,Sonosewu No.117 Yogyakarta 55182
Alamat : Soboman, Bantul, Yogyakarta
yani-cute is offline   Reply With Quote
Old 15th May 2014, 05:19 PM   #2
irda_za
Wk. RT
 
Join Date: 14 May 2014
Userid: 2169
Posts: 60
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Re: Kisah-kisah Perjalananku

wah...dapat pelajaran juga ne dari mbak SURYANI "sesuatu yang dilakukan dengan iklas akan mendapatkan lagi sesuatu hal yang tidak terduga".
irda_za is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Kisah ibu-anak menyentuh dari China andi.teguh Forumku the Lounge 1 6th December 2013 11:02 PM
Kisah nyata para konsumen ace maxs marvel92 Jualanku - My Stores and Shops 6 20th June 2013 10:18 PM
VAB : Kisah Panser Perisai Ibu Kota andi.teguh Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military 1 12th February 2013 08:25 AM
Kisah Ali dan Pohon Apel (buat renungan gan) adi.panji Forumku the Lounge 0 27th November 2012 02:05 PM
Kisah uang 1000&100.000 yu masuk adi.panji Forumku the Lounge 0 29th October 2012 10:25 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 09:32 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts