forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Indonesia > Indonesia Membangun! > Pembangunan Daerah > Jawa Barat
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Jawa Barat Pembangunan Bisnis, Ekonomi dan Infrastruktur Daerah

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 3rd August 2012, 10:24 PM   #1
[M]
Sek Des
 
ilham.islami's Avatar
 
Join Date: 3 Aug 2012
Userid: 69
Age: 17
Posts: 293
Real Name: Ilham Nur Islami
Likes: 26
Liked 27 Times in 22 Posts
Default West Java Project and Developed

Welcome to Thread West Java Project and Developed
thread ini berisi proyek di Jawa barat, kecuali proyek Stadion, Gedung dan infrastruktur.

Kita mulai dari awal
__________________
Not Allow You Love Me ....
Perhaps You Hate Myself ...
But do not hurt me
I Will Not Want, Want Not Fragile
Likes:(1)
ilham.islami is offline   Reply With Quote
Old 3rd August 2012, 10:29 PM   #2
ilham.islami
[M]
Sek Des
 
ilham.islami's Avatar
 
Join Date: 3 Aug 2012
Userid: 69
Age: 17
Posts: 293
Real Name: Ilham Nur Islami
Likes: 26
Liked 27 Times in 22 Posts
Default Proyek dekat Jatiluhur







http://www.skyscrapercity.com/showth...6#post93863956
__________________
Not Allow You Love Me ....
Perhaps You Hate Myself ...
But do not hurt me
I Will Not Want, Want Not Fragile
ilham.islami is offline   Reply With Quote
Old 15th August 2012, 01:39 PM   #3
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

JALUR MUDIK: Di Jawa Barat, Pastikan Jalur Mana Yang Dipilih
http://www.solopos.com/2012/channel/...dipilih-318183



Quote:
Perjalanan panjang saat mudik Lebaran memang perlu dipersiapkan dengan baik. Salah satunya dengan memilih dan memastikan jalur mana yang akan ditempuh.


Di Jawa Barat tercatat ada dua titik rawan kemacetan di jalur selatan a.l jalur Nagreg dan jalur Lingkar Gentong. Pantauan Bisnis.com, arus mudik yang melalui tol Purbaleunyi, kondisinya sudah semakin baik dengan adanya pelebaran jalan dari ruas Padalarang sampai Pasteur semula 2 lajur menjadi 3 lajur. Meskipun setelah Pasteur, kondisi jalan kembali menyempit menjadi 2 lajur sampai keluar tol Cileunyi.

Selain itu, perbaikan jalan juga ditemui di kawasan jalan Rancaekek yang hingga saat ini masih dilakukan pelebaran jalan. Titik kemacetan di arah jalur Selatan biasanya berawal dari Rancaekek. Kawasan ini terkenal sebagai kawasan macet akibat penyempitan jalan, pangkalan angkot liar, pasar tumpah dan area pabrik.

Untuk itu, ada beberapa jalur alternatif bagi Anda yang hendak mudik melalui jalur Nagreg dan Lingkar Gentong. Biasanya petugas mengimbau untuk melewati jalur alternatif Cijapati dan jalur kiri Parakan Muncang yang menghubungkan dari arah Rancaekek ke Sumedang. Bagi pemudik, ada kabar baik yang hendak melewati jalur alternatif Cijapati. Pasalnya, jalur tersebut tengah dilebarkan seluas 1 meter kiri-kanan jalan. Dipastikan H-7 Lebaran bisa selesai. Meskipun masih terdapat beberapa ruas jalan yang bolong-bolong.

Memasuki jalur aternatif Cijapati ini, tepatnya dari arah bundaran Cicalengka, kondisi jalan masih belum optimal dengan banyaknya ruas jalan yang berlubang. Pelebaran jalan sendiri, hanya dilakukan di titik macet puncak Cijapati. Namun, Anda harus hati-hati, di jalur Cijapati ini tikungan dan ruas jalan agak curam, tidak jarang kendaraan yang mundur kembali saat menghadapi tanjakan, terutama dalam kondisi macet. Ada baiknya Anda menjaga jarak dengan kendaraan lainnya

Pemudik dari arah Bandung menuju arah Garut atau Tasikmalaya biasanya menggunakan jalur Cijapati guna meminimalisasi kemacetan. Jalur alternatif ini, pada akhirnya memang menjadi jalur utama karena saking banyaknya kendaraan yang menggunakan jalur. Akan tetapi, bagi Anda yang hendak menggunakan jalur Nagreg dan Lingkar Gentong lama, sebaiknya Anda dari sekarang mematangkan apakah akan memakai jalur tersebut ataukah menggunakan jalur Cijapati, guna menyiapkan segala kemungkinan yang bakal terjadi.

Sementara itu, pihak kepolisian telah menyiapkan sejumlah posko persiapan jalur mudik Lebaran kali ini a.l posko kesehatan, keamanan dan informasi. Posko-posko tersebut berdiri di sepanjang jalur mudik sekitar 4 kilometer. Selain itu, guna menghadapi kepenatan dalam perjalanan sepanjang jalur Lingkar Gentong, memasuki Malangbong juga terdapat beberapa tempat persinggahan dan peristirahatan seperti rumah makan, toilet umum dan tempat sarana beribadah.

Gunakan Jalur Lama
Menurut imbauan kepolisian, pemudik dari arah Bandung dipastikan akan menggunakan jalur lama Lingkar Gentong karena jalur baru hanya digunakan untuk arus balik. Kondisi terkini Lingkar Gentong baru pun sebetulnya masih tahap finalisasi. Pantauan Bisnis.com, Jalur Lingkar Gentong baru yang menghubungkan arah Tasikmalaya-Malangbong-Bandung, masih tahap pengaspalan setelah pengerasan jalan dipastikan selesai pada pekan ini.

Di jalur tersebut, belum dipasang pengamanan sisi jalan. Padahal kondisi sangat riskan akibat curamnya jalur yang sedikit menanjak dari jalur lama Lingkar Gentong. Hati-hati juga di jalur lama, titik kemacetan dipastikan masih terjadi di jembatan viaduct lama dengan tikungan tajam yang kerap menyebabkan kemacetan mengekor hingga Malangbong.

Jalur Lingkar Gentong sendiri bisa diuji coba pada H-9 Lebaran. Kepala Pelaksana Lapangan Proyek jalur Lingkar Gentong Wondo mengatakan target pengerasan jalan selesai pada Selasa (7/8/2012) lalu, untuk kemudian diaspal. Dia menambahkan ada enam titik lampu penerangan yang bakal dipasang sepanjang jalur Lingkar Gentong tersebut
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 15th August 2012, 01:39 PM   #4
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

Tim Verifikasi Lahan Proyek Bendungan Jatigede Dibentuk
14 Aug 2012 12:57:49


http://www.aktual.co/sosial/124206ti...igede-dibentuk

Quote:
"Kesimpulan dari rapat hari ini adalah pentingnya membentuk tim verifikasi yang dilakukan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) serta Badan Pertanahan Nasional (BPN)," ujar Menko Perekonomian Hatta Rajasa.
Jakarta, Aktual.co — Pemerintah menyiapkan tim verifikasi terkait penyelesaian lahan proyek pembangunan Bendungan Jatigede yang berlokasi di Sumedang, Jawa Barat agar dapat beroperasi secara efektif mengairi 90 ribu hektare lahan persawahan mulai 2014.

"Kesimpulan dari rapat hari ini adalah pentingnya membentuk tim verifikasi yang dilakukan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) serta Badan Pertanahan Nasional (BPN)," ujar Menko Perekonomian Hatta Rajasa di Jakarta, Selasa (14/8).

Hatta menjelaskan, dari verifikasi tersebut, pemerintah akan menentukan langkah-langkah berikutnya.

Menurutnya, tim yang dipimpin Gubernur Jawa Barat dibutuhkan untuk melakukan verifikasi terhadap 3.000 kepala keluarga yang telah mendapatkan ganti rugi sejak pembebasan lahan pada 1980-an, namun belum meninggalkan areal proyek.

"Kita menyadari karena sejak pembebasan lahan awal sejak 1980-an, ada hal-hal yang tersisa seperti masalah sosial karena sebagian saudara-saudara kita masih ada di situ," katanya.

Menurut dia, dengan adanya tim verifikasi ini maka pemerintah akan mengupayakan agar penyelesaian proyek pembangunan ini selesai pada akhir 2013, karena waduk senilai Rp4 triliun ini memiliki manfaat banyak bagi masyarakat sekitar.

"Waduk akan mengairi 90 ribu hektar sawah dan akan ada 10 ribu megawatt listrik, menahan banjir yang dialami dan sebagai pusat pariwisata tentunya, jadi bisa menjadi aktivitas ekonomi baru di daerah tersebut, jadi manfaatnya luar biasa," katanya.

Sedangkan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menjelaskan tim samsat ini beranggotakan Pangdam Siliwangi, Kapolda Jawa Barat, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jawa Barat dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jawa Barat agar proses verifikasi dalam segera selesai pada tahun ini.

Ia menjelaskan tim tersebut akan bekerja melakukan administrasi dan pengecekan ulang terhadap para kepala keluarga yang masih bernaung di kawasan proyek bendungan untuk menghindari potensi lahirnya masalah sosial.

"Ada 3.000 kepala keluarga yang lahan mereka sudah dibebaskan itu belum pindah, ketika mereka harus pindah mereka berkata sudah tidak punya apa-apa lagi dan uang ganti rugi sudah habis. Itu masalah sosial yang paling pelik," ujarnya.

Selain itu, tim verifikasi ini akan bekerja untuk mencari kelengkapan data dari kepala keluarga tersebut, apakah yang bersangkutan telah menerima ganti rugi lahan sejak tahun 1980-an karena banyak diterima laporan palsu terkait kepemilikan lahan.

"Jangan-jangan orang yang dibebaskan lahannya sudah keluar, sudah punya lahan dan rumah baru, terus ada orang yang mengklaim disitu. Makanya kejadian klaim atau pengakuan seperti itu harus diverifikasi, siapa yang mengaku," kata Ahmad.

Dengan demikian, apabila proses verifikasi telah selesai, Ahmad mengharapkan ada solusi yang tepat dari klaim penyelesaian lahan ini agar masalah sosial dapat diredam dan proyek pembangunan yang sebagian besar dibiayai oleh investor China dapat terus berjalan.

"Verifikasi diperlukan supaya tidak salah alamat penyelesaiannya. Nanti penyelesaian kedepan bentuknya seperti apa, apakah diberikan bantuan sosial atau apa, kan tidak mungkin diselesaikan tanpa verifikasi," ujarnya.

Ia menambahkan lahan yang telah dibebaskan hingga akhir 2011 mencapai 127 hektar dan untuk tahun ini pembebasan mencapai 54 hektar, sisanya diperkirakan 104 hektar lahan dapat segera dibebaskan pada 2013
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 15th August 2012, 01:40 PM   #5
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

JALUR MUDIK: Pengerjaan Proyek Jalan Tapal Kuda Salawu Dipercepat

http://bisnis-jabar.com/index.php/be...awu-dipercepat




Quote:
TASIKMALAYA (bisnis-jabar.com) – Jalan Tapal Kuda di Kampung Cigandok, Desa Tenjowaringin, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya masih dalam proses pembangunan.

Jalan tersebut ditargetkan selesai dan bisa digunakan untuk kendaraan arus mudik dan balik Lebaran 2012. Jalur Tasikmalaya – Garut, akan dijadikan alternatif bila jalur Tasikmalaya-Gentong-Bandung tidak mampu menampung kendaraan.

Kasat Lantas Polres Tasikmalaya AKP Iwan Setiawan mengatakan, pihaknya sudah mengadakan berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat terkait pembangunan jalur baru tersebut. Bina Marga sendiri menargetkan jalan provinsi itu selesai sebelum Lebaran.

“Pembangunan jalur baru itu untuk mengantisipasi arus kendaraan lebaran. Diprediksi, volume kendaraan meningkat hingga 20%,” katanya, Senin (6/8).

Kepala Dinas Bina Marga, Energi dan Pengairan Kabupaten Tasikmalaya, Idi Supriadi Hidayat, mengatakan proyek tapal kuda merupakan proyek dari Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat.

“Kami sebatas koordinasi. Kalau pembangunan jalur tersebut selesai, akan digunakan sebagai alternatif dari arah Tasikmalaya-Garut. Sedangkan jalan yang kini digunakan, untuk lintasan kendaraan dari arah Garut-Tasikmalaya,” katanya. (k55/ajz)
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 15th August 2012, 01:42 PM   #6
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

Jalur Pantura Jawa Barat Rampung

http://www.iannnews.com/NusantaraNew...kat=3&bid=7319



Quote:
(IANN News) Indramayu - Hingga Senin (6/8/2012), perbaikan jalan di jalur pantai utara Jawa Barat di wilayah Cirebon dan Indramayu secara umum telah rampung. Namun, perbaikan di titik tertentu sedikit terlambat dari target penyelesaian 14 hari sebelum Lebaran (H-14) sebagaimana dipatok pemerintah.

Berdasarkan pantauan di lapangan sejak akhir pekan lalu, dua jembatan yang diperbaiki di ruas pantura Cirebon-Brebes, yakni Jembatan Ender dan Jembatan Kanci, sudah bisa dilintasi kendaraan. Begitu pula dengan pemasangan beton di jalur pantura Cirebon-Indramayu, yakni di kawasan Tegalgubug, Kabupaten Cirebon, sudah rampung pada pekan lalu.

Proyek perbaikan jalur pantura yang sedikit terlambat terdapat di wilayah Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu. Proyek perbaikan jalan sepanjang 3 kilometer itu ditargetkan selesai pada 2 Agustus lalu. Namun, proyek itu baru rampung pada 5 Agustus, akhir pekan lalu.

Kepala Proyek Perbaikan Jalan Wilayah Losarang Asmara mengatakan, keterlambatan itu disebabkan suplai aspal dari Cilacap, Jawa Tengah, yang datang terlambat.

Hingga Senin siang, praktis semua pengerjaan jalan di wilayah pantura Cirebon dan Indramayu sudah selesai. Yang belum rampung hanya pembangunan median jalan sepanjang 1 kilometer di wilayah Losarang, Indramayu. Proyek itu akan dilanjutkan setelah Lebaran.

Kepala Balai Besar Wilayah Jalan Pantura Jabar Masrianto mengatakan, tahun ini negara menganggarkan Rp 900 miliar untuk perbaikan jalur pantura di wilayah Jabar.

Ia menampik anggapan bahwa perbaikan terus-menerus itu dilakukan untuk menangguk untung dari proyek jalan. ”Perbaikan jalur pantura tidak dimaksudkan untuk menyiapkan arus mudik saja. Perbaikan ini terus-menerus,” katanya.

Sementara itu, aktivitas perbaikan antara lain masih berlangsung di daerah Purwasari, Kabupaten Karawang.

Tempat yang diperbaiki tahun ini antara lain ruas Cikarang-batas Kabupaten Karawang, Jalan Surotokunto di Karawang (2,1 km), Karawang-Cikampek (2 km), dan Ciasem-Pamanukan (18,5 km).

Denpasar-Gilimanuk

Sejumlah proyek perbaikan jalan dan jembatan juga masih berlangsung di jalur mudik dari Denpasar menuju Gilimanuk, Jembrana, Bali. Proyek perbaikan itu antara lain pelebaran dan pengaspalan jalan serta pembangunan jembatan.



Terkait hal itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali I Ketut Artika, di Denpasar, mengatakan, proyek perbaikan jalan ruas Denpasar-Gilimanuk umumnya proyek pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum karena merupakan ruas jalan nasional.

Adapun kondisi ruas-ruas jalan vital di Balikpapan, Kalimantan Timur, yang akan ramai dilintasi pemudik Lebaran masih belum layak. Ruas jalan menuju Pelabuhan Kariangau, Balikpapan, misalnya, masih banyak lubang, bergelombang, dan minim penerang jalan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Permukiman, Prasarana Wilayah Kaltim Taufik Fauzi mengakui hal itu. ”Aspal jalan bisa untuk menahan beban 8 ton. Namun, jika yang lewat truk-truk 8-12 ton, bahkan mungkin lebih, jalanan akan terus berlubang. Sudah saatnya mutu jalan ditingkatkan, setidaknya dengan full cor beton. Kami sudah coba usulkan perbaikan total lewat APBN dengan asumsi biaya sekitar Rp 1 miliar per kilometer,” kata Taufik Fauzi.
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 15th August 2012, 01:42 PM   #7
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

Selasa, 14 Agustus 2012 11:51 WIB

Proyek Waduk Jatigede Senilai Rp4 Triliun Rampung Tahun Depan


http://jaringnews.com/ekonomi/umum/2...ng-tahun-depan



Quote:
Proyek itu diharapkan rampung sesuai target semula yakni akhir tahun 2013.

JAKARTA, Jaringnews.com - Pemerintah memutuskan terus melanjutkan pembangunan Waduk Jatigede di Jawa Barat yang menelan investasi US$400 juta atau hampir Rp4 triliun. Proyek yang akan mengairi 90 ribu hektar sawah dan menyediakan listrik 110 megawatt itu diharapkan rampung sesuai target semula, yakni akhir tahun 2013.

"Waduk ini adalah waduk terbesar kedua setelah Jatiluhur. Waduk ini sudah digagas pada tahun 1963 dan diselesaikan desainnya pada tahun 1980-an. Saat ini pembangunan sedang berjalan," kata Menko Perekonomian, Hatta Rajasa, seusai rapat koordinasi membicarakan pembangunan waduk tersebut di kantornya hari ini (14/8).

Hadir pada rapat tersebut antara lain Menteri Keuangan, Meneg Perencanaan Pembangunan Negara/Kepala Bappenas, Menteri PU, Kepala BPN dan Gubernur Jawa Barat.

Menurut Hatta, rapat pagi itu memutuskan agar penyelesaian Waduk Jatigede sesuai dengan jadwal yaitu pada akhir 2013. "Soalnya kita terikat dengan kontrak pembangunan waduk tersebut yang pembiayaannya berasal dari pinjaman dari China dan sebagian dengan dana Rupiah kita," tutur Hatta.

Hatta tidak memungkiri bahwa pembebasan lahan yang sudah dimulai pada tahun 1980-an masih menyisakan masalah sosial. "Masih ada saudara-saudara kita yang masih tetap disana. Oleh karena itu diperlukan verifikasi. Kesimpulannya adalah pentingnya membentuk tim verifikasi yang nantinya dilakukan oleh BPKP.
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 15th August 2012, 01:42 PM   #8
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

AGAR EFEKTIF MENGAIRI 2014,

Pemerintah Siapkan Tim Verifikasi Bendungan Jatigede
Selasa, 14 Agustus 2012 | 13:07


http://www.investor.co.id/home/pemer...jatigede/42794

Quote:
JAKARTA - Pemerintah menyiapkan tim verifikasi terkait penyelesaian lahan proyek pembangunan Bendungan Jatigede yang berada di Sumedang, Jawa Barat agar dapat beroperasi secara efektif mengairi 90 ribu hektar lahan persawahan mulai 2014.

"Kesimpulan dari rapat hari ini adalah pentingnya membentuk tim verifikasi yang dilakukan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) serta Badan Pertanahan Nasional (BPN),"," ujar Menko Perekonomian Hatta Rajasa di Jakarta, Selasa.

Menurutnya dari verifikasi tersebut, pemerintah akan menentukan langkah-langkah berikutnya.

Hatta menjelaskan tim yang dipimpin Gubernur Jawa Barat tersebut dibutuhkan untuk melakukan verifikasi terhadap 3.000 kepala keluarga yang telah mendapatkan ganti rugi sejak pembebasan lahan pada 1980-an namun belum meninggalkan tempat proyek pembangunan bendungan.

"Kita menyadari karena sejak pembebasan lahan awal sejak 1980-an, ada hal-hal yang tersisa seperti masalah sosial karena sebagian saudara-saudara kita masih ada di situ," katanya.

Menurut dia, dengan adanya tim verifikasi ini maka pemerintah akan mengupayakan agar penyelesaian proyek pembangunan ini selesai pada akhir 2013, karena waduk senilai Rp4 triliun ini memiliki manfaat banyak bagi masyarakat sekitar.

"Waduk akan mengairi 90 ribu hektar sawah dan akan ada 10 ribu megawatt listrik, menahan banjir yang dialami dan sebagai pusat pariwisata tentunya, jadi bisa menjadi aktivitas ekonomi baru di daerah tersebut, jadi manfaatnya luar biasa," katanya.

Sedangkan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menjelaskan tim samsat ini beranggotakan Pangdam Siliwangi, Kapolda Jawa Barat, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jawa Barat dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jawa Barat agar proses verifikasi dalam segera selesai pada tahun ini.

Ia menjelaskan tim tersebut akan bekerja melakukan administrasi dan pengecekan ulang terhadap para kepala keluarga yang masih bernaung di kawasan proyek bendungan untuk menghindari potensi lahirnya masalah sosial.

"Ada 3.000 kepala keluarga yang lahan mereka sudah dibebaskan itu belum pindah, ketika mereka harus pindah mereka berkata sudah tidak punya apa-apa lagi dan uang ganti rugi sudah habis. Itu masalah sosial yang paling pelik," ujarnya.

Selain itu, tim verifikasi ini akan bekerja untuk mencari kelengkapan data dari kepala keluarga tersebut, apakah yang bersangkutan telah menerima ganti rugi lahan sejak tahun 1980-an karena banyak diterima laporan palsu terkait kepemilikan lahan.

"Jangan-jangan orang yang dibebaskan lahannya sudah keluar, sudah punya lahan dan rumah baru, terus ada orang yang mengklaim di situ. Makanya kejadian klaim atau pengakuan seperti itu harus diverifikasi, siapa yang mengaku," kata Ahmad.

Dengan demikian, apabila proses verifikasi telah selesai, Ahmad mengharapkan ada solusi yang tepat dari klaim penyelesaian lahan ini agar masalah sosial dapat diredam dan proyek pembangunan yang sebagian besar dibiayai oleh investor China dapat terus berjalan. (ant/gor)
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 15th August 2012, 01:42 PM   #9
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

Pemprov Jabar Lelang 4.000 Paket Proyek

http://m.inilah.com/read/detail/1891...0-paket-proyek



Quote:
INILAH, Bandung - Kepala Balai Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik (LPSE) Provinsi Jawa Barat Ika Mardiah menyatakan, memasuki Ramadan, proses lelang secara elektronik (e-Procuremen) berjalan lancar, bahkan menoreh prestasi. Hingga Senin (6/8/2012) jumlah paket e-Procurement menembus angka 4.000 paket.

“Jumlah tersebut melampaui paket lelang sepanjang tahun 2011 yang hanya sebanyak 3.591 buah,” kata Ika di kantornya di Kawasan Dago Resort Kota Bandung.

Berdasarkan pantauan, jumlah paket e-Procurement mencapai 4.017 buah dengan paket selesai sebanyak 3.287 buah. Pagu total sebesar Rp3,3 triliun, dan pagu paket selesai senilai Rp2,7 triliun.

“Sepanjang tahun 2012 hingga memasuki pekan kedua Agustus, proses lelang secara elektronik berjalan lancar. Bahkan memasuki Ramadhan pekan ketiga, jumlah paket lelang berhasil menembus angka 4000 buah. Padahal pada sepanjang tahun 2011 lalu, jumlah paket yang dilelang sebanyak 3.591 buah,” jelasnya.

Menurut Ika sampai saat ini terdapat 98 agency yang aktif e-Procurement pada LPSE Provinsi Jawa Barat. Dalam waktu dekat beberapa Balai di bawah Kementerian Pertanian yang ada di Jawa Barat akan segera mengumumkan paketnya, setelah terdaftar sebagai salah satu agency.

Ke depan, LPSE terus senantiasa meningkatkan kinerjanya dalam melayani pengguna. Tentu prestasi yang sudah diraih dan mendapat pengakuan dari sejumlah pihak, akan terus dipertahankan bahkan ditingkatkan. Untuk itu sejumlah terobosan, baik peningkatan kualitas kemampuan sumberdaya manusia (SDM) maupun perangkat keras akan terus dilakukan.

“Semua prestasi tersebut juga berkat dorongan kuat Bapak Gubernur dalam mensupport LPSE,” pungkasnya. [ing]
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 15th August 2012, 01:43 PM   #10
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

PEMBANGUNAN BANDARA KERTAJATI BISA DIPERCEPA

http://www.antarajawabarat.com/lihat...isa-dipercepat

Quote:
ANTARAJAWABARAT.com, 9/8 - Wakil Gubernur Jawa Barat H Dede Yusuf menyatakan pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati Kabupaten Majalengka sangat potensial untuk bisa dipercepat.

"Saat ini pembebasan lahan di sana sudah mencapai 650 hektare, luasnya sudah melebihi luasan Bandara Adisucipto Yogyakarta yang hanya 600 hektare. Melihat kondisi itu pembangunannya sebenarnya sudah bisa dipercepat," kata Dede Yusuf di Bandung, Kamis.

Menurut Dede, Bandara Kertajati rencananya dibangun di atas lahan 1.500 hektare yang akan disinergitaskan dengan pembangunan kawasan 'Aerocity'.

Pembebasan lahan Bandara Kertajati hingga saat ini sudah mencapai Rp400 miliar. Namun demikian proses pembebasan lahan berikutnya masih terkendala beberapa hal yang memerlukan peran serta pemerintah.

"Perlu ada peran serta pemerintah pusat yang lebih besar lagi untuk prosesnya, pembangunan bandara itu sangat strategis karena akan berdampak pada peningkatan ekonomi," kata Dede Yusuf.

Selain itu, Jabar sebagai provinsi terbanyak penduduknya sudah layak memiliki bandara bertataf internasional. Bandara Husein Sastranegara Bandung selama ini sudah cukup padat dan terkendala dalam perluasan arealnya.

"Bandara Kertajati merupakan perluasan kawasan, sentra industri dan penggerak roda perekonomian Jabar," katanya.

Bandara Kertajati, kata Dede diharapkan menjadi penyangga Bandara Soekarno Hatta Banten yang saat ini sudah over kapasitas. Jumlah penumpang bandara itu 20 juta orang, sedangkan kapasitasnya 14 juta penumpang.

Terkait pelaksanaan lelang proyek pembangunan Bandara Kertajati, menurut Dede ada di kewenangan pemerintah pusat. Namun ia berharap ada upaya percepatan dalam pembangunan bandara itu sehingga bisa menjadi salah satu pengembangan ekonomi kawasan yang tertuang dalam MP3EI.

"Lelang tender merupakan kewenangan pemerintah pusat. Sedangkan pola pengelolaan dan pengembangan bandara itu banyak cara yang bisa dipilih," kata Dede Yusuf menambahkan.
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks




Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 11:37 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts