forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Indonesia > Indonesia Membangun! > Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military Forum Militer dan Pertahanan Indonesia.

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 15th November 2012, 10:40 PM   #1
Sek. RT
 
Join Date: 15 Nov 2012
Userid: 632
Location: PASURUAN
Age: 21
Posts: 36
Likes: 8
Liked 3 Times in 3 Posts
Default Mengukur Nyali Malaysia, Militer Indonesia Unggul atas Malaysia

Pasukan Marinir embarkasi menuju Ambalat



Quote:
Belum pernah dalam sejarah perjiranan selama lebih 4 dekade dilontarkan pernyataan bernada provokatif dari seorang Menlu Malaysia agar pemerintah Indonesia segera menghentikan aksi-aksi demo warga negaranya sebab kalau tidak kesabaran rakyat Malaysia ada batasnya, Wow, apa pasal ni Pak Cik, bukankah sebab musababnya perkara ini adalah penangkapan 3 orang petugas KKP Indonesia oleh Polis Marine Malaysia di perairan Indonesia. Lalu akibatnya ada demo ikhwan nasionalis di Kedubes pakai lempar kotoran manusia. Akibat perkara dimegaphonekan di media Malaysia, sementara sebab perkara tak tampak di depan mata walau sebesar gajah.

Bukankah ini arogansi dari sebuah etika bertetangga, bukankah ini statemen keangkuhan dari sebuah negeri yang sudah merasa lebih makmur, atau memang sengaja dikumandangkan sebagai bagian dari uji nyali kepada tetangganya yang sepuluh kali lebih besar dari dirinya. Kalau dibandingkan dengan cara bertetangga dari seluruh warga dunia, mungkin hanya pertetanggaan rakyat Indonesia dan Malaysia yang paling heboh hiruk pikuknya. Inggris dan Perancis walau ada gengsi sejarah, tidak juga seriak dengan dua bangsa serumpun ini.

Membandingkan dinamika Indonesia dan Malaysia bisa juga ditarik dengan melihat pola hubungan India – Pakistan yang posisi jumlah penduduknya 10 :1. Sama-sama dimerdekakan Inggris lalu berpisah karena perbedaan agama, sepanjang sejarahnya mereka telah berperang sebanyak 2 kali. Yang terakhir mengakibatkan Pakistan Timur menjadi Bangladesh tahun 1971. Sepanjang persaingan itu keduanya melakukan lomba persenjataan dan akhirnya sama-sama punya senjata nuklir. Dalam dinamika itu Pakistan terlihat lebih agressif, lebih cerewet dan banyak melakukan manuver gertak sambal. Terakhir ketika ada penembakan oleh teroris di Bombay hampir saja terjadi perang antara kedua bangsa, namun India mampu meredam emosinya dengan menahan diri dan mengelus dada.

Nyali Malaysia agak mirip dengan agresivitas Pakistan, biasalah yang lebih kecil biasanya lebih banyak sundulannya agar kelihatan lebih jago. India cenderung lebih kalem namun secara diam-diam memperkuat militernya menjadi seperti yang sekarang ini.

Malaysia merasa dia lebih kuat militernya dibanding Indonesia hanya karena arsenalnya lebih modern, tapi dia lupa spirit tempur bukan ditentukan oleh kelengkapan senjata. Ingat sejarah terusirnya AS di Vietnam atau Rusia dan Afghanistan, apa yang kurang dari dua negara besar ini, senjatanya luar biasa dan modern tapi kalah juga. Jangan lupa Angkatan Udara tidak dapat memenangkan pertempuran, ibu dari segala perang adalah Angkatan Darat.

Seandainya Leadership kita tegas dan tanggap dalam menjawab dinamika perkembangan yang terjadi dengan Malaysia, kita yakin nyali Malaysia tak sampai memberi kesan kita pecundang dia pemenang. Tegas bukan berarti ngajak perang tapi kekuatannya terletak pada kegagahan diplomasi. Bisa saja diucapkan statemen seperti ini: “Dinamika bertetangga adalah mengawal hubungan atas dasar kepentingan bersama. Manakala pola ini dicederai dengan statemen provokatif, maka Indonesia akan lebih memperhatikan harga dirinya sebagai bangsa. Kami juga tidak segan-segan untuk menarik seluruh TKI yang ada di Malaysia atau melakukan travel warning bagi warga kami yang akan bepergian ke Malaysia. Kami memang masih kalah makmur dengan Malaysia, kami sudah terbiasa hidup susah, namun harga diri dan rasa nasionalis bangsa kami sudah terbukti dalam sejarah perjalanan bangsa ini. Oleh sebab itu jangan coba-coba memprovokasi bangsa dan rakyat kami karena tindakan balasan kami akan memberi rasa kejut yang tak terduga”.

Seandainya statemen itu yang digemakan di Mabes TNI, kita sangat yakin nyali Malaysia akan ciut dan tidak lagi melontarkan statemen bernada ancaman. Argumennya sederhana, Negara baru makmur atau orang kaya baru biasanya banyak polah, banyak tingkah dan pamer diri untuk sebuah pengakuan, namun ruang nyalinya rapuh karena takut ini dan takut itu.

Armada KRI menuju pangkalan induk Surabaya selesai mengikuti LATGAB


Quote:
Militer Indonesia sejatinya tidaklah lemah seperti yang digambarkan dan diceritakan beberapa kalangan terutama pengamat asbun. TNI selama ini selalu menampilkan posisi low profile demi menjaga stabilitas kawasan dan peran sejarah era konforontasi. Waktu itu dengan kekuatan alutsista seabreg dan semangat tempur tinggi yang dimiliki prajurit TNI bersama sukarelawan, negara tetangga menjadi gerah dan gelisah.

Dengan semangat tak mau tampil high profile, saat ini kekuatan TNI tidak bisa dipandang sebelah mata. Kekuatan angkatan laut Indonesia sangat jauh mengungguli kekuatan tentera laut diraja Malaysia dengan kekuatan armada 3 :1 dimana armada tempur TNI AL punya kekuatan 146 KRI, 375 KAL, 2 kapal selam dan 2 divisi marinir. Sementara TLDM hanya punya 54 KD, 2 kapal selam dan tidak mempunyai pasukan marinir.

TNI AD jangan dikata lagi, punya divisi Kostrad sebagai pasukan pemukul reaksi cepat, pasukan Kodam, Raiders dan Kopassus. Kekuatan darat TNI diperkuat oleh sedikitnya 250.000 tentara yang punya semangat tempur tinggi dan alutsista yang modern, termasuk rudal-rudal jarak pendek buatan dalam negeri. Batalyon-batalyon tempur tersebar di seantero nusantara. Saat ini sedang dibangun satu divisi baru Kostrad untuk mengcover wilayah Indonesia Timur.

Untuk kekuatan Angkatan Udara, Malaysia sedikit lebih unggul dalam jumlah pesawat tempur namun masih kalah dalam jumlah seluruh pesawat yang menunjang operasi udara. Malaysia punya 18 Sukhoi, 10 Mig 29, 8 F18/Hornet, 8 F5E, 16 Hawk, sementara Indonesia memiliki 10 Sukhoi, 10 F16, 12 F5E, 36 Hawk. Untuk pesawat angkut Indonesia punya 27 Hercules dan puluhan pesawat angkut ringan termasuk 16 Heli Super Puma.

Jika melihat renstra TNI ke depan, tidak diragukan lagi pengawal republik ini akan sampai pada kekuatan minimum essential force dalam 4 tahun ke depan. Dari TNI AL sudah disiapkan pembuatan 10 PKR light Fregat kerjasama PAL dan Belanda. Pembuatan 32 Kapal Cepat Rudal buatan dalam negeri, pengadaan sedikitnya 2 kapal selam, modernisasi sistem tempur terhadap 42 KRI combatan dengan memasang rudal Yakhont dan C802. Marinir akan dilengkapi dengan sedikitnya 90 Tank tempur amphibi buatan Rusia BMP-3F dan sudah dipersenjatai dengan rudal Qw3 buatan China.

TNI AU sudah memesan 6 unit Sukhoi, 16 Super Tucano, 8 Heli Cougar, 16 pesawat latih lanjut. Tanpa publikasi luas TNI AU juga akan menambah sedikitnya 12 unit F16 blok 52, bahkan pilotnya sudah berlatih di arizona AS. Untuk pemantauan udara sudah ditambah sedikitnya 3 radar di Indonesia Timur dari Thales, dan berencana menambah lagi sediktinya 4 radar dari jenis yang sama.

Angkatan darat juga berbenah. Kodam Kalbar dihidupkan lagi, puluhan batalyon tempur dibentuk di perbatasan Kalimantan dan NTT. Alutsista diperbanyak secara besar-besaran termasuk roket dan rudal yang mempunyai fungsi strategis. Untuk Kalbar akan ditempatkan sediktinya 80 Main Battle Tank sementara rudal-rudal jarak pendek sudah digelar.
SORI KALO NGOPYNYA DARI MUSUH BEBUYUTANN
Quote:
http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016831261/mengukur-nyali-malaysia-militer-indonesia-unggul-atas-malaysia/


MAJU TERUS INDONESIAKU
JANGAN TAKUT KAMI DISINI SELALU MENDUKUNGMU

Last edited by reyzfuzby; 15th November 2012 at 10:57 PM.. Reason: belum dikasih sumber
Likes:(1)
reyzfuzby is offline   Reply With Quote
Old 15th November 2012, 10:49 PM   #2
adi.panji
[M]
™ おっぱい ™
 
adi.panji's Avatar
 
Join Date: 11 Oct 2012
Userid: 352
Location: Palembang City
Posts: 4,398
Real Name: Adi Panji
Likes: 192
Liked 135 Times in 92 Posts
Default

Sumbernya disertai...
Biar Lebih Jelas yah brath
__________________
Quote:
Spoiler



From : Dark_Knight_Dragon a.k.a adi panji
adi.panji is offline   Reply With Quote
Old 15th November 2012, 10:55 PM   #3
reyzfuzby
Sek. RT
 
Join Date: 15 Nov 2012
Userid: 632
Location: PASURUAN
Age: 21
Posts: 36
Likes: 8
Liked 3 Times in 3 Posts
Default

wokeeeeh



sip masukan masukannya
reyzfuzby is offline   Reply With Quote
Old 1st December 2012, 10:15 AM   #4
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,254
Likes: 1,687
Liked 196 Times in 118 Posts
Default

^ mudah-mudahan indonesia semakin kuat, bukan untuk pertikai dengan negara tetangga, tetapi untuk membuat siapapun berpikir puluhan kali jika ingin "main2" dengan indonesia.

NKRI Harga mati !! Seng Cok !! Senggol Bacok , Jangan lagi ada perpindahan patok
admin is offline   Reply With Quote
Old 1st December 2012, 12:27 PM   #5
andi.teguh
[M]
newbie
 
andi.teguh's Avatar
 
Join Date: 22 Sep 2012
Userid: 285
Location: http://www.forumku.com
Posts: 1,697
Real Name: andi teguh
Likes: 0
Liked 232 Times in 171 Posts
Default

buat TS cek cp dulu sono ada ijo2 nyangkut tuh.
ane yakin malaysia cuma gertakan aja
__________________


andi.teguh is offline   Reply With Quote
Old 2nd December 2012, 09:21 PM   #6
hadi.putra
[M]
Wk. RT
 
Join Date: 5 Oct 2012
Userid: 324
Location: Tangerang
Posts: 66
Real Name: Hadi Putra
Likes: 10
Liked 6 Times in 4 Posts
Default

Menurut Global Firepower, Indonesia ada di urutan 18 dunia, sedangkan malaysia ada di urutan 27,

semoga 5 tahun ke depan jatah APBN untuk belanja Alutsista akan meningkat. Jadi rankingnya bisa naek terus .. mantaff.
hadi.putra is offline   Reply With Quote
Old 3rd December 2012, 12:33 PM   #7
andi.teguh
[M]
newbie
 
andi.teguh's Avatar
 
Join Date: 22 Sep 2012
Userid: 285
Location: http://www.forumku.com
Posts: 1,697
Real Name: andi teguh
Likes: 0
Liked 232 Times in 171 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by sejutaluka View Post
Menurut Global Firepower, Indonesia ada di urutan 18 dunia, sedangkan malaysia ada di urutan 27,

semoga 5 tahun ke depan jatah APBN untuk belanja Alutsista akan meningkat. Jadi rankingnya bisa naek terus .. mantaff.
penilaian tsb didasarkan apa yah brath???
malaysia bernai berkoar2 karena ada beberapa negara yang jadi persekutuannya tuh
__________________



Last edited by andi.teguh; 3rd December 2012 at 12:36 PM..
andi.teguh is offline   Reply With Quote
Old 21st June 2013, 02:57 AM   #8
helga2nd
Ketua RT
 
helga2nd's Avatar
 
Join Date: 20 Jun 2013
Userid: 1238
Location: Anywhere
Posts: 142
Real Name: Helga2nd
Likes: 1
Liked 16 Times in 11 Posts
Default

tenang2...

ga usah pake senjata modern, pake bambu runcing aja masih bisa.. batu dibelakang rumah masih numpuk tuh ekekekeke
helga2nd is offline   Reply With Quote
Old 21st June 2013, 11:25 AM   #9
Heka.Ardianto
[M]
Guest
 
Heka.Ardianto's Avatar
 
Join Date: 10 Jan 2013
Userid: 777
Location: Kota Kediri
Posts: 277
Real Name: Heka Ardianto
Likes: 12
Liked 21 Times in 14 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by admin View Post
^ mudah-mudahan indonesia semakin kuat, bukan untuk pertikai dengan negara tetangga, tetapi untuk membuat siapapun berpikir puluhan kali jika ingin "main2" dengan indonesia.

NKRI Harga mati !! Seng Cok !! Senggol Bacok , Jangan lagi ada perpindahan patok
ohhh admin'e iki arek jawatimuran too...
--------------------------

To TS..
orang tentaranya aja ngak repot ngapin kita repot..
enaknya kalo berfikir dewasa, pepatah nih "aanjing menggonggong kafilah berlalu" ..

emang sii boleh berbangga terhadap militer indonesia.. tapi kalau memancing keributan terhadap user (..)
__________________
Belajar untuk mengerti, mengerti untuk berbagi @opho_o
Heka.Ardianto is offline   Reply With Quote
Old 21st June 2013, 01:56 PM   #10
adi.panji
[M]
™ おっぱい ™
 
adi.panji's Avatar
 
Join Date: 11 Oct 2012
Userid: 352
Location: Palembang City
Posts: 4,398
Real Name: Adi Panji
Likes: 192
Liked 135 Times in 92 Posts
Default

whaahaha sypa yg mancing neh -_-
ane ga ke pacing soalny ne om
__________________
Quote:
Spoiler



From : Dark_Knight_Dragon a.k.a adi panji
adi.panji is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
alutsista, forum, forum militer, forum militer indonesia, indonesia, militer, militer indonesia



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Berita Militer dan Pertahanan Indonesia admin Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military 109 21st October 2014 11:07 AM
Forumku Yang dari Malaysia ada nggak ? newbie Forumku ASEAN 21 9th February 2014 06:31 PM
Hebatnya Kekuatan Militer Indonesia yang di Takuti Dunia Jaman Dulu andi.teguh Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military 3 19th February 2013 08:19 PM
Inilah Pengakuan Jujur Anak Malaysia Tentang Indonesia Pleasoul Indonesia Bangga! 21 11th December 2012 05:06 PM
Indonesia U-22 Vs Malaysia U-22 Pleasoul Forumku Sepak Bola 2 9th September 2012 06:58 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 09:00 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts