forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Indonesia > Indonesia Membangun! > Business and Economy!
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Business and Economy! Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 3rd November 2014, 06:24 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default PT Pos Optimistis Raih Pendapatan Rp4,3 T Tahun Ini

PT Pos Optimistis Raih Pendapatan Rp4,3 T Tahun Ini
http://economy.okezone.com/read/2014...-3-t-tahun-ini


Quote:
JAKARTA - PT Pos Indonesia menargetkan pencapaian pendapatan hingga Rp4,3 triliun hingga akhir tahun 2014.

Direktur Utama PT Pos Indonesia Budi Setiawan mengatakan, hingga kuartal III-2014, PT Pos sudah berhasil mengumpulkan 70 persen dari target pendapatan.


"Hingga kuartal III ini kita sudah mencapai target pendapatan sekira 70 persen. Sampai sekarang sudah mencapai sekira Rp3 triliun, jadi kalau diasumsikan pendapatan sebulan Rp300 miliar, dalam tiga bulan kedepan bisalah tercapai target ini," katanya di Jakarta, Senin (3/11/2014).

Budi mengungkapkan, pendapatan PT Pos terbesar yaitu pada pengiriman parsel, yakni sekira 30 persen.

Sementara itu, PT Pos tahun ini menganggarkan capex sebesar Rp700 miliar. Namun, Budi belum mau berkomentar terkait anggaran capex tahun depan.

"Kita lihat dulu pertumbuhan cost of fund, tumbuh double digit. Dan kita harap ada program-program baru," pungkasnya. (rzk)

Last edited by nonasakamoto; 3rd November 2014 at 06:29 PM.. Reason: Melengkapi
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Old 3rd November 2014, 06:28 PM   #2
nonasakamoto
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Dorong Pertumbuhan, Bank Mandiri Dukung BSM E-Money

Dorong Pertumbuhan, Bank Mandiri Dukung BSM E-Money
http://www.idntimes.com/dorong-pertu...g-bsm-e-money/


Quote:
PT Bank Mandiri Tbk terus melakukan integrasi usaha dengan anak perusahaannya untuk mendorong pertumbuhan Mandiri Group. Terbaru, Bank Mandiri bekerja sama dengan Bank Syariah Mandiri memperkenalkan produk BSM E-Money dan BSM Mobile Banking Multiplatform. Dengan layanan ini, nasabah BSM bisa melakukan pembayaran di seluruh merchant yang bekerja sama dengan Bank Mandiri, termasuk bayar tol, tiket Transjakarta, tiket Commuterline, pembayaran parkir dan belanja di berbagai swalayan. Selain itu para pemegang BSM E-Money juga bisa melakukan isi ulang di seluruh sarana isi ulang Mendiri E-Money. Dengan diluncurkannya kedua produk tersebut, Bank Mandiri berarap BSM bisa mengalami peningkatan transaksi.
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Old 3rd November 2014, 06:31 PM   #3
nonasakamoto
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Ini Daftar Kawasan Industri yang akan Dibangun Jokowi di Luar Jawa

Ini Daftar Kawasan Industri yang akan Dibangun Jokowi di Luar Jawa
http://finance.detik.com/read/2014/1...-jawa?f9911023

Quote:
Jakarta -Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan pemerataan pembangunan ke luar Pulau Jawa, salah satunya membangun kawasan industri. Tercatat ada 13 kawasan industri baru yang akan dibangun di luar Jawa.

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar hari ini menyambangi Menteri Perindustrian Saleh Husin untuk membahas lebih dalam bagaimana pembangunan 13 kawasan industri di luar Jawa.

"‎Pak menteri ingin merealisasikan apa yang sudah diarahkan Pak Presiden, dalam rangka memeuhi kawasan industri. Kami dari HKI, dari Ditjen Pengembangan Perwilayahan Industri sudah mencanangkan segera 13 kawasan industri di luar Jawa dan 2 di Jawa dalam waktu dekat akan dimulai, kata Sanny di Kementerian Perindustrian, Jalan Gatot Subroto, Senin (3/11/2014).

Butuh waktu yang cukup lama untuk mengembangkan kawasan industri hingga fungsional dan lengkap dengan investor yang membangun industrinya. "Butuh 5-7 tahun untuk running well," katanya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengembangan Perwilayahan Industri Imam Haryono mengatakan, minimal kawasan industri berdiri di lahan seluas 50 hektar. Rencananya juga di di Jawa akan dibangun kawasan industri baru di Gresik dan Demak. "Minimal 50 hektar," katanya.

Berikut ini rencana kawasan industri di luar Jawa:



Bitung Sulawesi Utara
Palu, Sulawesi Tengah
Morowali, Sulawesi Tengah
Konawe, Sulawesi Tenggara.
Buli Halmahera Timur, Maluku Utara
Bantaeng Sulawesi, Selatan
Batulicin, Kalimantan Selatan
Ketapang, Kalimantan Barat
Landak, Kalimantan Barat
Kuala Tanjung, Sumatera Utara
Sei Mangkei, Sumatera Utara
Tanggamus, Lampung
Bintuni, Papua Barat


‎Kawasan-kawasan industri tersebut bakal dibangun oleh pemerintah juga beberapa ada yang kerjasama dengan swasta. Tak seluruhnya dibangun mulai dari awal perencanaan dan pembebasan lahan, tetapi sudah ada yang sedang tahap pengembangan seperti Sei Mangkei.

Kawasan industri bakal dilengkapi infrastruktur seperti dermaga, pasokan listrik juga kawasan komersial dan perumahan. Salah satunya seperti di Gresik, Jawa‎ Timur yang bakal dibangun kawasan industri seluas 3.000 hektar yang terbagi menjadi 1.400 hektar untuk industri, 400 hektar untuk dermaga dan 800 hektar kawasan komersial dan perumahan.
(zul/hen)
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Old 14th November 2014, 05:44 PM   #4
nonasakamoto
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Temui JK, Bank Dunia beri komitmen kerja sama hapus kemiskinan

Temui JK, Bank Dunia beri komitmen kerja sama hapus kemiskinan

http://www.merdeka.com/uang/temui-jk...emiskinan.html



Quote:
Merdeka.com - Country Director World Bank, Rodrigo A Chaves, mendatangi Kantor Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK) di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (13/11). Chaves mengatakan, kedatangannya bertemu JK adalah untuk mengucapkan selamat sekaligus mengungkapkan komitmen Bank Dunia untuk membantu Indonesia.

"Kami datang untuk memberikan ucapan selamat kepada Bapak Wakil Presiden dan beberapa anggota kabinetnya setelah terpilih dalam Pemilu dan world bank ada disini untuk membantu Indonesia sebagai organisasi dunia yang bertujuan untuk mengurangi angka kemiskinan dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia," ucap Chaves.

Chaves mengatakan, Bank Dunia membuka potensi pendalaman kerja sama dengan Indonesia, terlebih lagi setelah mengetahui visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden, Jokowi-JK.

"Kami akan membuka beberapa potensi proyek. Kami sangat supportif pada misi dan visi yang diungkapkan presiden dan wakil presiden untuk negeri ini. Kami pikir itu adalah visi dan misi yang bagus. Dan kami akan membantu sebanyak mungkin peluang yang diberikan Indonesia kepada kami," ucap Chaves.

Meski demikian, Chaves mengaku masih menjajaki peluang kerja sama di berbagai sektor yang sejalan dengan visi misi Bank Dunia yakni mengurangi angka kemiskinan di dunia, termasuk Indonesia.

Bank Dunia mengaku antusias dengan peluang kerja sama dalam bidang pembangunan infrastruktur, budaya, dan kemandirian pangan. "Itu adalah kebijakan yang sempurna dan kami berharap bisa berkontribusi di dalamnya," ucap Chaves.

Terkait potensi kerja sama di sektor tertentu, Chaves mengaku masih terlalu dini untuk membicarakan hal tersebut. "Ini adalah perbincangan awal kami dengan pak wapres, kami menawarkan dukungan kami. Terlalu dini untuk mengetahui hal itu. Kami ingin membantu, khususnya masyarakat dan pemerintah Indonesia," tutur Chaves.

Last edited by nonasakamoto; 14th November 2014 at 06:25 PM..
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Old 14th November 2014, 06:23 PM   #5
nonasakamoto
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Kesuksesan Masyarakat Ekonomi ASEAN Sangat Bergantung Pada RI

Kesuksesan Masyarakat Ekonomi ASEAN Sangat Bergantung Pada RI

http://bisnis.liputan6.com/read/2133...antung-pada-ri



Quote:
Kuala Lumpur - Kesuksesan sejumlah pasar modal dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sangat bergantung pada kesiapan Indonesia untuk bergabung dalam integrasi yang terbilang ambisius tersebut. MEA memang berambisi menjadi pasar tunggal dan basis produksi di kawasan sendiri.

Mengutip laman The Star Business, Jumat (14/11/2014), dalam teorinya, kehadiran MEA pada 2015 dapat menyederhanakan proses perdagangan dan investasi antar negara ASEAN. Itu juga dapat mnembantu ASEAN menjadi pemain besar dalam perekonomian global.

Tapi kesiapan Indonesia untuk mewujudkan MEA, khususnya dalam integrasi pasar modal masih dipertanyakan.

Menguasai 40 persen kawasan ASEAN dengan tingkat ekonomi senilai US$ 2,1 triliun, Indonesia sejauh ini masih menjadi pemain paling berpengaruh di antara 10 anggota ASEAN lain. Keengganan untuk membuka perekonomiannya lebih jauh memunculkan kekhawatiran akan terhambatnya MEA.

Sejauh ini, MEA juga menaungi ASEAN Capital Markets Forum (ACMF) yang merupakan komponen penting dalam pengembangan pasar modal yang terintegrasi dengan baik. Hal itu memungkinkan modal mengalir secara besar ke kawasan ASEAN.

Sayangnya, sejauh ini baru tiga negara yang bergabung dengan jaringan perdagangan tersebut yaitu Thailand, Singpura dan Malaysia. Tujuan secara kesluruhan ACMF adalah menyediakan akses yang lebih mudah dan sederhana bagi para investor.

Sementara Indonesia masih belum mau bergabung dengan jaringan perdagagnan tersebut.

"Dunia mengakui pentingnya Indonesia dengan keterlibatannya di G20. Setiap inisiatif ASEAN pasti melibatkan Indonesia atau setidaknya membutuhkan pendapat Indonesia. Itu sejalan dengan kekhawatiran terciptanya MEA," ungkap CEO CIMB Group Datuk Seri Nazir Razak.

Dia menilai, saat ini, nasionalisme Indonesia tengah meningkat dan sebagian dipicu ketakutan terbentuknya MEA. Jika Presiden Joko Widodo memilih untuk menguatkan sentimen tersebut, MEA diragukan bisa terwujud. Secara umum, Indonesia masih menjadi bagian dari rancangan integrasi pasar tersebut. (Sis/Nrm)
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Old 14th November 2014, 06:28 PM   #6
nonasakamoto
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Menteri Susi wajibkan pengusaha asing gunakan tenaga kerja lokal

Menteri Susi wajibkan pengusaha asing gunakan tenaga kerja lokal
http://www.merdeka.com/uang/menteri-...rja-lokal.html



Quote:
Merdeka.com - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti kembali menunjukkan taringnya di pemerintahan. Selama menjabat sebagai menteri, Susi tidak akan mengizinkan kapal asing berlayar di laut Indonesia jika mereka tidak mau membangun industri perikanan di dalam negeri.

Susi mengatakan kebijakan ini bukan berarti dia anti asing. Namun, Susi menginginkan industri perikanan dalam negeri tumbuh dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia.

"Moratorium bukan anti investasi. Saya tidak akan pernah mengizinkan dalam 5 tahun tidak ada cerita. Saya hanya izinkan asing yang membangun integrated industry fishing in Indonesia. Membangun UPI (Unit Pengolahan Ikan) dan menggunakan tenaga kerja Indonesia," ucap Susi di KKP, Jakarta, Rabu (12/10).

Untuk memperoleh izin kapal, pengusaha asing diwajibkan membangun industri terlebih dahulu. Industri pengolahan seperti cold storage juga tidak boleh hanya formalitas saja. Kapasitas industri harus disesuaikan dengan izin kapal yang diminta.

"Misalnya UPI-nya 100 ton, kapasitas kapalnya harus 100 ton juga. Jadi masyarakat kita banyak benefitnya. Tenaga kerja harus Indonesia, ahlinya dari asing silakan seperti quality kontrol, marketing director. Kita rekomendasi itu," tegasnya.

Susi menyadari, selama ini pengusaha ikan selalu mengakali aturan pemerintah. Mereka membangun cold storage, namun, kapasitasnya jauh lebih kecil dari izin kapal yang diminta. Akhirnya, hasil tangkapan mereka tidak diolah dalam negeri justru langsung dikirim keluar negeri.

"Sekarang harus diproses, bikin tempura jangan dari kontainer ke kontainer. Pengusaha akalnya banyak, saya tahu saya pengusaha," tutupnya.
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Old 14th November 2014, 06:30 PM   #7
nonasakamoto
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Bappenas bakal gunakan data geospasial buat bangun pelabuhan

Bappenas bakal gunakan data geospasial buat bangun pelabuhan
http://www.merdeka.com/uang/bappenas...pelabuhan.html



Quote:

Merdeka.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof A Chaniago menegaskan pemerintah bakal mengoptimalkan data Badan Informasi Geospasial untuk penyusunan proyek-proyek pemerintah maupun swasta.

"Data geospasial lebih dari amdal, dia biasa mengetahui muka tanah sampai dampaknya mendatang," ujarnya di Bogor, Jawa Barat, Rabu (12/11).

Dia mengatakan, pihaknya ingin memperkuat Badan Informasi Geospasial yang sebelumnya bernama Bakosurtanal dengan BPS serta Pusat Data dan Informasi Bappenas. "Ini biar ada sinergi data."

Andrinof mengatakan, proyek-proyek besar pemerintah seperti pembangunan pelabuhan di berbagai titik di Indonesia, bisa memakai data geospasial. Hal ini sebagai cara agar pembangunan Indonesia bisa berkelanjutan.

Salah satu produk dari badan ini adalah peta dasar yang memberikan informasi secara khusus untuk wilayah pesisir dan laut, terutama tentang kedalaman, jenis pantai (berpasir, berlumpur, atau berbatu), serta informasi dasar lainnya terkait dengan navigasi dan administrasi di wilayah laut.

Selain itu, badan di bawah Kemenristek ini, membuat peta dasar dalam perencanaan, pengelolaan dan pengembangan kawasan Bandar Udara Indonesia. Di dalam peta tersebut tercakup berbagai alat bantu navigasi udara dan rintangan-rintangan penerbangan di seputar bandara.

Andrinof mengatakan, selama ini data geospasial tidak pernah dilirik untuk menyusun perencanaan pembangunan nasional. Untuk itu, pihaknya akan menyusun aturan bahkan bisa sampai merevisi undang-undang."Kita ingin perencanaan pembangunan itu sinergi," katanya

[bim]
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Old 14th November 2014, 06:33 PM   #8
nonasakamoto
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Ini Alasan Batam Jadi Favorit Lokasi Investasi

Ini Alasan Batam Jadi Favorit Lokasi Investasi
http://bisnis.liputan6.com/read/2134...kasi-investasi



Quote:
Jakarta - Ternyata Batam memiliki keistimewaan sendiri sehingga menjadi salah satu favorit lokasi investasi di Indonesia. Seperti dituturkan produsen produsen telepon seluler (ponsel) PT Sat Nusapersada Tbk

Produsen ponsel merk Ivo dan Venera ini mengaku enggan membangun pabrik di luar Pulau Batam. Project Manager PT Sat Nusapersada Stanly Rocky mengatakan hal ini lantaran status Batam yang masuk dalam free trade zone sehingga memberikan kemudahan impor komponen tanpa harus membayar pajak.

"Kenapa kita tidak mau expand seperti ke Jawa karena kalau di Batam kita impor komponen tidak kena pajak. Sedangkan di Jawa misalnya kena pajak macam-macam," ujar dia di Batam, Kepulauan Riau, Jumat (14/11/2014).

Selain itu, untuk mengimpor komponen-komponen tersebut, paling cepat karena melalui Singapura. Sehingga Batam dianggap sebagai lokasi industri yang tepat dibandingkan jika dibandingkan wilayah lain di Indonesia.

"Kalau kita impor komponen, jalur masuk paling gampang yaitu melalui Singapura. Di sana hanya 1 jam kemudian langsung masuk ke Batam, sehingga bisa cepat. Kalau misalnya di Jawa itu, lama di pelabuhan, belum lagi jalan yang macet. Itu mengapa Selat Malaka jadi jalur tersibuk di dunia," jelas dia.

Selain itu, jika suatu produk ditujukan untuk ekspor maka biaya produksi akan lebih murah karena relatif pajak yang dikenakan sangat rendah.

"Untuk komponen, pajaknya ditangguhkan. Selain itu kalau dijual keluar itu tidak kena pajak. Sedangkan kalau dijual ke dalam negeri, maka dikenakan pajak seperti PPn10 persen, PPh 22 sebesar 2,5 persen," tandas dia. (Dny/Nrm)
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Old 14th November 2014, 06:37 PM   #9
nonasakamoto
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Ini strategi Menteri Susi rajai sektor kelautan dunia

Ini strategi Menteri Susi rajai sektor kelautan dunia
http://www.merdeka.com/uang/ini-stra...tan-dunia.html



Quote:
Merdeka.com - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti berambisi membawa sektor kelautan dan perikanan menjadi nomor satu di dunia. Indonesia menyimpan potensi besar karena merupakan negara dengan pantai terpanjang nomor dua di dunia serta negara dengan dua per tiganya adalah laut.

Menurut Susi, untuk mencapai target tersebut dibutuhkan beberapa syarat. Pertama yang harus diubah adalah aturan sektor kelautan dan perikanan Indonesia harus mengikuti aturan internasional.

"Aturan perikanan Indonesia harus disamakan dengan Malaysia, Thailand dan lainnya. Regulasi harus sama dengan global," ucap Susi di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, kemarin.

Dalam aturan kelautan negara lain, Susi menyebut tidak ada Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi atau solar subsidi untuk nelayan. Anggaran subsidi digunakan untuk mengoptimalkan masyarakat dalam hal kesehatan dan pendidikan. Subsidi BBM Indonesia sebesar Rp 300 triliun disebut terlalu besar.

Susi menegaskan, selama negara memberi subsidi besar pada BBM itu tidak akan menyehatkan pembangunan. Pergerakan pemerintah terbatas pada anggaran kecil, sedangkan, anggaran besar habis untuk subsidi.

"Banyak hal yang bisa kita lakukan lebih produktif dengan Rp 300 triliun," tutupnya.

Last edited by nonasakamoto; 14th November 2014 at 06:41 PM..
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Old 14th November 2014, 06:40 PM   #10
nonasakamoto
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Pengusaha minta pemerintah pro industri rokok dalam negeri

Pengusaha minta pemerintah pro industri rokok dalam negeri
http://www.merdeka.com/uang/pengusah...am-negeri.html



Quote:
Merdeka.com - Presiden Direktur Bentoel Group, Jason Fitzgerald Murphy menemui Menteri Perindustrian Saleh Husin di ruang kerjanya. Dalam kesempatan tersebut, Jason mewakili para pelaku industri meminta perlindungan dari pemerintah untuk sektor rokok kretek dalam negeri.

Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Panggah Susanto.

"Menyangkut isu-isu di industri tembakau yang selama ini ada, pertama terkait masalah bagaimana kretek ini dipertahankan karena sudah menjadi bagian dari identitas Indonesia," ungkap Panggah di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Selasa (11/11).

Panggah melanjutkan, pelaku industri rokok meminta agar sejumlah kebijakan yang dibuat tidak turut serta melemahkan eksistensi rokok kretek asal Indonesia. "Jangan sampai eksistensi kretek ini hilang atau melemah akibat salah kebijakan," tuturnya.

Salah satunya, lanjut Panggah, terkait
Framework Convention on Tobacco Control (FTCT) atau Kerangka Kerja Pengendalian Tembakau. "FTCT ini benar-benar menjadi kuncinya. Karena ini kan yah krusial, karena cengkeh adalah identitas utama kretek," tuturnya.

Tak hanya itu, Panggah menilai saat ini masyarakat jenuh dengan rokok putih. "Orang masuk ke yang ada flavour (rasa)nya," ucap Panggah.

Panggah menegaskan, para pelaku industri rokok meminta agar pemerintah konsisten untuk tidak turut menandatangani kesepakan FCTC yang dilakukan sejumlah negara.

"Karena dengan penandatanganan ini terbukti tidak menurunkan orang merokok. Tapi malah menggeser rokok kretek tapi tidak menurunkan konsumsi rokok," tegasnya.

Hal kedua yang dibahas, lanjut Panggah, yakni terkait menjaga keberlangsungan industri Sigaret Kretek Tangan (SKT) dan Sigaret Kretek Mesin (SKM). Pasalnya, selain sumber penerimaan cukai, sektor ini juga penyerap tenaga kerja besar.

Pada kesempatan itu, lanjut Panggah, pelaku industri rokok mengungkapkan bahwa penyerapan tenaga kerja dalam skala besar berada di area luar pabrik.

"Entah itu pengecer, transportasi, lalu di perkebunan tembakau ada petaninya. Penyerapan tenaga kerja di pabrik besar, namun di luar pabrik lebih besar," paparnya.

Sejauh ini, tambah Panggah, total penyerapan tenaga kerja industri rokok mencapai 6 juta orang. "Itu di dalam dan luar pabrik," tandasnya.
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Google Ads Memiliki Pendapatan Melebihi Pendapatan Seluruh Media Cetak Se-Amerika admin Internet Advertising 4 27th July 2015 12:45 PM
8 Penulis Fenomenal dengan Pendapatan Terkaya di Indonesia andi.teguh Forumku the Lounge 12 19th March 2014 05:54 AM
Hatta Optimistis Ekonomi Tumbuh 6% Meski BBM Naik alnpr Business and Economy! 0 1st June 2013 08:48 PM
Ketika Wanita TNI Raih Medali alnpr Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military 0 29th May 2013 05:45 PM
Parlemen Korsel Optimistis Proyek Jet KF-X Akan Dilanjutkan alnpr Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military 0 18th May 2013 09:56 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 12:50 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts