forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Indonesia > Indonesia Membangun! > Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military Forum Militer dan Pertahanan Indonesia.

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 7th November 2014, 06:08 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 2 Nov 2014
Userid: 2780
Posts: 711
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Kekuatan Tempur TNI Semakin Gahar di Bawah Ryamizard


Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu tidak main-main dalam menjaga pertahanan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jenderal lurus dan tegas tersebut terkenal tidak pernah kompromi dengan pihak-pihak yang menginginkan kehancuran Republik Indonesia. Oleh sebab itu, dia telah berkomitmen untuk memperkuat TNI di semua matra, darat, laut dan udara.

Angkatan bersenjata Indonesia telah menyusun daftar belanja untuk 2015-2019. Industri lokal , khususnya PT Dirgantara Indonesia ( PTDI ), akan memainkan bagian penting untuk belanja tersebut. Setelah 15 tahun terakhir perusahaan itu seperti mati suri karena krisis ekonomi, pada Juli 2011, EADS Airbus Military menandatangani kerjasama strategis dengan PTDI untuk membantu merevitalisasi industri dirgantara nasional Indonesia , terutama oleh pertumbuhan output manufaktur PTDI itu . Kedua perusahaan menikmati hubungan manufaktur lama.

PTDI adalah pemasok penting dari C212 dan CN 235 yang digunakan untuk transportasi menengah dan pesawat pengintai ke Airbus Military. Perusahaan ini juga telah bekerjasama dengan Eurocopter pada bulan Juli 2011 dengan kesepakatan kerjasama industri serta pemasaran produk Eurocopter kepada pemerintah Indonesia untuk digunakan di pasar domestik. Kemitraan antara kedua perusahaan dimulai sejak tahun 1970an dan telah melahirkan sejumlah produk seperti 130 BO 105 , 11 dan 20 SA330 AS332 super Pumas yang dibangun di Bandung. Jalur perakitan didirikan untuk Super Puma pada tahun 2008 , PTDI mengintegrasikan ke dalam rantai pasokan global Eurocopter itu.

Di matra laut, TNI pun memperkuat armadanya dengan menghadirkan kekuatan tiga armada tempur yang tangguh dan modern yang mampu memberikan kekuatan penangkal yang terukur, besar dan disegani. Saat ini TNI AL memiliki kekuatan dua armada tempur yaitu armada barat dan timur dengan alutsista utama 154 KRI dan 209 KAL, 2 divisi Marinir dan sebaran pangkalan yang merata.

Prediksi kekuatan tiga armada itu adalah :

Armada Barat
Pangkalan utama di Tanjung Pinang dan Belawan, pangkalan pendukung Dumai, Batam, Natuna, Lhok Seumawe, Sabang, Padang, Mempawah. Jumlah KRI berkisar 80-85 KRI dari berbagai jenis (Fregat, Korvet, KCR, LPD, LST). Wilayah pengawasan Armada barat adalah Selat Malaka, Selat Singapura, Laut Natuna, Selat Karimata dan Pantai Barat Sumatera diperkuat dengan 3 Brigade Marinir.

Armada Tengah
Pangkalan utama di Surabaya dan Jakarta, pangkalan pendukung Makassar, Balikpapan, Tarakan, Bitung, Cilacap, Teluk Lampung dan Benoa. Armada Tengah diperkuat dengan 85-90 KRI dari berbagai jenis termasuk satuan kapal selam, kapal rumah sakit. Wilayah pengawasannya adalah Selat Sunda, Laut Jawa, Pantai Selatan Jawa, Selat Bali, Selat Lombok, Selat Makassar dan Laut Sulawesi. Armada Tengah diperkuat dengan 4 Brigade Marinir.

Armada Timur
Pangkalan utama di Ambon dan Kupang, pangkalan pendukung di Merauke, Jayapura, Sorong dan Ternate. Sebaran KRI berkisar antara 82-85 KRI dari berbagai jenis (Fregat, Korvet, Kapal Selam). Wilayah pengawasan adalah Laut Timor, Laut Arafuru, Laut Banda, Laut Maluku, Pantai Utara Papua. Mengingat kontur laut di wiayah ini adalah laut dalam maka KRI yang beroperasi adalah dari jenis Fregat dan Korvet. Armada Timur diperkuat dengan 3 Brigade Marinir.

Jumlah seluruh KRI yang dimiliki 3 armada tempur itu berkisar 250 KRI. Ini adalah jumlah minimal yang akan mengisi ketiga armada tersebut, sementara dalam Buku Putih Kemhan jumlah kekuatan KRI yang harus dipunyai oleh TNI AL adalah 274 KRI. Dari jumlah KRI sebanyak itu, persentase jenis FPB (Fast Patrol Boat) adalah yang terbesar, yaitu minimal ada 100 FPB yang mengisi arsenal TNI AL, semuanya dilengkapi peluru kendali dari jenis C-802.

Dan di darat, Kekuatan TNI Angkatan Darat (AD) bertambah. Indonesia memiliki main battle tank (MBT) atau tank kelas berat. Pada November 2012 Kemenhan menandatangani kontrak pembelian"senilai USD 280 juta (sekitar Rp 300 miliar) dengan Jerman. Indonesia membeli sebanyak 153 unit MBT dan IFV. Dengan rincian, 61 unit MBT Leopard tipe revolution, 42 MBT Leopard 2A4, serta 50 IFV Marder. Untuk MBT Leopard akan dilengkapi tank recovery, tank bridge layer, dan ambulans.

Pemerintah Jerman memiliki 2.125 MBT Leopard 2A4. Karena over produksi, maka Leopard tipe ini dijual ke berbagai negara. Di antara yang sudah memakai adalah Austria, Polandia, dan Turki. Untuk negara Asia, selain Indonesia, baru Singapura yang tercatat mengoperasikan 96 tank jenis itu.

Tank Marder berfungsi sebagai tank angkut personel. Salah satu ciri khas Marder adanya kanon atau meriam berkaliber 20 mm Rheinmetall MK 20 Rh202. Kanon ini otomatis. Artinya, peluru tidak perlu diisi satu demi satu. Peluru yang dipergunakan bisa dari berbagai jenis seperti amunisi konvensional, penembus baja serta berdaya ledak tinggi. (*)
supry is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Semakin Digaruk, Semakin Gatal kloningan.gue Forumku the Lounge 0 3rd November 2014 06:02 AM
Obat Kista Di Bawah Lidah astianisa Health Kesehatan 2 24th September 2014 05:29 PM
Google semakin Pintar, Semakin Manusiawi dalam Menjawab Keingintahuan Kita admin Forumku the Lounge 15 7th February 2014 10:45 AM
Ekonomi RI Bisa Terpuruk di Bawah 5,8% alnpr Business and Economy! 0 2nd August 2013 06:43 PM
BI Dorong Rupiah ke Bawah Rp10.000 alnpr Business and Economy! 5 12th June 2013 04:27 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 05:40 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts