forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > FJB Pasarku - My Market Place > Jualanku - My Stores and Shops > Health Kesehatan
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 22nd November 2014, 11:28 AM   #1
Banned
 
Join Date: 1 Jul 2014
Userid: 2310
Posts: 281
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default tentang mata rabun

Mata minus atau rabun jauh, yang secara medis dikenal dengan istilah myopia adalah gangguan penglihatan yang membuat penderitanya tidak bisa melihat dengan baik obyek benda yang jauh, namun masih baik untuk melihat obyek yang dekat seperti membaca. Masalah penglihatan yang buruk ini lebih umum dialami oleh orang dewasa yang lebih muda. Kemampuan fokus mata bisa mulai menurun pada masa kecil, dan terus menurun hingga masa remaja. Namun biasanya kondisi akan stabil pada awal usia 20-an, dan setelah itu kebanyakan orang merasa tidak perlu sering lagi untuk mengubah resep kacamata atau lensa kontak resep bahkan tidak sama sekali. Miopia lebih banyak mempengaruhi orang-orang Cina, Jepang, dan Asia Tenggara.
Penyebab Rabun jauh
Mata minus ini dikarenakan oleh lensa mata yang bentuknya tidak memungkinkan untuk bisa fokus pada objek yang jauh. Kornea adalah lapisan khusus pada permukaan mata yang lentur dan melakukan lebih banyak pekerjaan karena cahaya yang memasuki mata. Cahaya harus benar-benar membelok sehingga menciptakan gambar yang tajam. Ketika sinar cahaya paralel melewati kornea, maka kornea harus cukup mencembung dan fokus pada retina (membran yang sensitif terhadap cahaya yang melapisi bagian belakang mata). Lensa bertugas untuk menyesuaikan fokus yang baik. Pada kasus miopia, baik kornea yang terlalu membentuk cembung atau terlalu lama untuk kembali akan membuat cahaya bertemu di depan retina, dan pada saat mencapai retina gambar menjadi buram.
Rabun jauh sebagian besar disebabkan oleh masalah genetik dan bukanlah bentuk suatu penyakit. Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa, orang yang banyak melakukan banyak pekerjaan yang mengharuskan lebih banyak fokus pada obyek yang sama mungkin lebih cenderung mengembangkan rabun jauh – hal ini misalnya terlalu sering dan lama menatap monitor komputer maupun gadget, atau terlalu sering membaca dalam waktu lama. Penyebab lain yang mungkin bisa mempengaruhi adalah, kurang nutrisi yang dibutuhkan oleh mata, sering membaca di tempat yang kurang cahaya, dan sering membaca sambil tidur.
Anak-anak yang lahir secara prematur juga tak jarang yang mengembangkan kondisi yang mempengaruhi bentuk mata, dan lebih mungkin untuk mengembangkan rabun jauh.
Gejala dan Komplikasi
Pertamakali orang mengetahui kalau dirinya menderita rabun jauh biasanya pada masa remaja, yaitu ketika mereka mungkin mengalami rasa sakit kepala, nyeri pada mata, serta mengetahui bahwa orang lain bisa melihat obyek yang jauh secara lebih baik darinya. Setelah mendapatkan kacamata resep, mereka mungkin akan merasakan sebuah kejutan saat melihat begitu jelas dan bagus nya pemandangan yang mereka lihat – bahkan penderita seringkali tidak menyadari bahwa mata manusia sebenarnya mampu berfungsi dengan baik. Gejala lain rabun termasuk kebutuhan menyipitkan mata untuk bisa melihat dengan jelas, sering berkedip dan menggosok mata.
Miopia hampir tidak pernah memburuk dengan cepat, namun beberapa penyakit seperti diabetes, bisa membuat rabun jauh berkembang lebih cepat. Penyakit yang paling mendasari biasanya yang menyebabkan masalah di bagian belakang mata. Karena komplikasi tersebut, maka bisa membuat penderita kesulitan untuk mengetahui apakah resep kacamata perlu dirubah. Satu-satunya cara untuk memastikannya adalah untuk memperoleh tes mata secara teratur.
Pengobatan mata minus
Ada tiga jenis pengobatan untuk rabun miopia, yaitu memakai kacamata, lensa Kontak, dan dilakukan operasi mata.
1. Kacamata
Bisa menatasi semua masalah penglihatan, termasuk hyperopia, miopia,dan astigmatisme. Lensa kacamata bifocal sangat membantu masalah penglihatan jauh dan dekat. Menggunakan kacamata adalah cara yang berbeda untuk membantu penglihatan secara jangka panjang. Kacamata juga bermanfaat untuk menghambat tingkat perkembangan kearah yang lebih parah, terutama untuk masalah rabun dekat.
2. Lensa Kontak
Lensa kontak juga bisa menjadi pilihan untuk mengatasi miopia. Namun untuk kasus miopia yang lebih berat, bisa menjadi tebal dan berat, sehingga beberapa orang kemudian merasa tak nyaman. Walaupun sudah digantikan oleh versi yang lunak dan lebih nyaman, tapi mungkin sulit untuk dibersihkan. Lensa kontak sekali pakai merupakan pilihan yang cukup populer. Contact lens mungkin lebih praktis, sayangnya membuat orang rentan mengalami infeksi mata. Namun resiko bisa diminimalisir dengan cara merawat dan membersihkan lensa kontak sesuai petunjuk, membuang tepat waktu, dan tidak digunakan saat tidur.
3. Operasi
Ada 3 metode operasi mata untuk memulihkan masalah kondisi mata ini, yaitu photorefractive photorefractive keratectomy (PK), laser-assisted in situ keratomileusis (LASIK), dan radial keratotomy (RK). Metode laser RK sudah jarang digunakan, sementara yang paling sering adalah Lasik dan PK. Namun RK terkadang digunakan untuk mengoperasi mata silinder yang parah, yaitu caranya dokter mata memotong sekitar kornea dengan tepat menggunakan pisau berlian kecil.
Pada PRK operasi menggunakan laser yang dikendalikan oleh komputer untuk menghilangkan epitel, kemudian merusak lapisan kulit tebal kulit yang diukur dari kornea.
LASIK sama dengan PRK, kecuali lipatan epitel pertamakali dipotong menggunakan pisau berlian, dan penggunaan laser untuk menghilangkan jaringan dari lapisan tebal kulit bagian kornea, lalu penutup diletakkan kembali pada tempatnya menempel tanpa lem atau jahitan. Prosedur lasik memiliki waktu pemulihan lebih cepat dari PK, tetapi mungkin berkesempatan sedikit lebih tinggi terjadi komplikasi selama operasi.
Perbaikan prosedur ini masih terus-menerus dalam pengembangan. Salah satu contoh adalah “wave front” atau “custom” LASIK, di mana komputer memetakan masalah penglihatan yang membutuhkan koreksi, dan meningkatkan keakuratan hasilnya. Prosedur yang lain mencakup penyisipan cincin kecil yang bisa dilepas ke dalam kornea untuk mengurangi risiko komplikasi.
Operasi ini sendiri berlangsung cepat (dalam hitungan beberapa menit) dan tidak menimbulkan rasa sakit, namun mata akan terasa perih selama beberapa hari sesudahnya. Operasi hanya bisa dilakukan pada mata yang sehat yang tidak terinfeksi, dan tidak cocok untuk anak-anak dan remaja yang penglihatannya masih berubah.
Bukan berarti setelah operasi segala kondisi mata bisa teratasi dengan sempurna, yang ditunjukkan oleh hasil studi berbeda-beda; namun kebanyakan orang yang telah dilakukan operasi laser telah mengalami peningkatan penglihatan. Penting untuk diingat, bahwa walau bagaimanapun ada beberapa orang yang tidak mengalami peningkatan penglihatan pasca operasinya – bahkan beberapa orang berakhir dengan penglihatan yang semakin buruk.
Pencegahan :
Miopia mungkin bisa dicegah atau dihambat perkembangannya dengan melakukan beberapa hal. Bahkan, mungkin juga bisa semakin ringan dengan cara melakukan beberapa hal berikut :
Melakukan latihan mata setiap hari, seperti melihat berbagai objek pada jarak yang berbeda (jauh dan dekat secara bergantian), mengedipkan mata secara normal (tidak terlalu cepat dan lambat), menutup mata dengan telapak tangan, serta melihat benda bergerak. Hal ini untuk melatih kornea mata agar bisa lentur. Kurangi waktu melihat layar ponsel atau komputer, terutama saat didalam tempat yang gelap.
Mengonsusmi sayuran dan buah-buahan bergizi, terutama yang bermanfaat menunjang penglihatan seperti, salmon, alpukat, bawang putih, bawang merah, telur, bayam, wortel, jeruk, sayuran berdaun hijau, dan lain-lain. Baca juga :
obat ejakulasi dini
jamu kuat
jual foredi
jamu obat kuat
obat kuat foredi gel


Nikmatilah pemandangan alam yang luas dan hijau. Anda mungkin harus sering bepergian ke pegunungan untuk melihat pohon-pohon hijau, atau pulang ke desa kampung halaman untuk melihat persawahan. Selain itu, pemandangan laut yang luas juga bisa mengurangi mata minus.
Menggunakan kacamata dengan lensa terpolarisasi adalah terapi yang sangat bagus untuk mengurangi silau.
Demikian informasi tentang rabun jauh atau mata minus. Dengan mengetahui lebih banyak, diharapkan kita bisa mengatasi dan merawat kondisi ini dengan baik dan tepat.
barugratisan is offline   Reply With Quote
Old 22nd November 2014, 01:13 PM   #2
handayana18
Camat Forumku
 
Join Date: 17 Jun 2014
Userid: 2275
Posts: 7,429
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Re: tentang mata rabun

OBAT CEDERA TANGAN
OBAT PATAH TULANG LUTUT

OBAT TIPES ANAK
OBAT NYERI TULANG SENDI
OBAT PEGAL LINU
OBAT BOROK
OBAT BOPENG

OBAT TULANG LINU
OBAT SAKIT TULANG SENDI
OBAT TULANG BELAKANG SAKIT
OBAT TULANG EKOR SAKIT
OBAT TULANG NGILU
OBAT TULANG KAKI RETAK



OBAT PATAH TULANG TANGAN
OBAT PATAH TULANG LUTUT
OBAT PATAH TULANG PAHA
OBAT PATAH TULANG JARI KAKI
OBAT HERNIA UNTUK BAYI
OBAT CEDERA TANGAN

OBAT EKSIM
OBAT KATARAK
OBAT BRONCHITIS





OBAT SAKIT PUNDAK

OBAT INFEKSI OTAK

OBAT NYERI DADA SAAT BERNAFAS
MAKANAN SEHAT UNTUK PENDERITA PENYAKIT JANTUNG
OBAT INFEKSI OVARIUM
OBAT INFEKSI OTOT
OBAT LUTUT TIDAK BISA DI TEKUK
MAKANAN SEHAT UNTUK PENDERITA KOLESTEROL
OBAT IRITASI SELANGKANGAN PAHA
OBAT INFEKSI ENDOMETRIUM
OBAT PENYAKIT TETANUS
OBAT PENYAKIT BRONKITIS
AGEN ACE MAXS MEDAN
OBAT BENJOLAN DI PANTAT
OBAT WASIR STADIUM 4
OBAT KANKER TONSIL
OBAT KISTA TESTIS
OBAT WASIR STADIUM 1
OBAT PENYEMPITAN PEMBULUH DARAH DI KEPALA
OBAT AMBEIEN STADIUM 1

ACE MAXS
ACE MAXS
ACE MAXS
ACE MAXS
ACE MAXS
OBAT SAKIT TENGGOROKAN
OBAT PEMBEKUAN DARAH DI OTAK

OBAT KREATININ TINGGI
OBAT TRIGLISERIDA TINGGI
OBAT PENYEMPITAN PEMBULUH DARAH DI KEPALA
OBAT MELANOMA

OBAT KISTA GINJAL
OBAT BATUK DAN DEMAM
OBAT PENYAKIT POLIP RAHIM
OBAT KANKER PLASMA
OBAT INFEKSI USUS HALUS
OBAT EKSIM
OBAT BRONCHITIS

OBAT FLEK PARU PARU
OBAT INFEKSI LIDAH
OBAT INFEKSI HIDUNG
OBAT HIDUNG BERDARAH
OBAT PEMBESARAN LIMPA
OBAT PENURUN GULA DARAH


OBAT PEMBERSIH RAHIM
OBAT FLEK PARU PARU
OBAT INFEKSI LIDAH
OBAT INFEKSI HIDUNG

OBAT KATARAK

OBAT INFEKSI PAYUDARA
OBAT INFARK MIOKARD AKUT
OBAT KELAINAN KATUP JANTUNG


OBAT KISTA DERMOID
OBAT TUMOR MATA
OBAT BENJOLAN DI MATA KAKI
OBAT KEBES KEBES
OBAT PAYUDARA BERNANAH
OBAT JAMUR SELANGKANGAN
OBAT MATA BERDARAH
OBAT ANEURISMA OTAK
OBAT GANGGUAN ENDOKRIN
OBAT GAGAL JANTUNG KONGESTIF
OBAT KARDIOMIOPATI
OBAT INFLAMASI JANTUNG

CARA MENGOBATI REMATIK TULANG
CARA MENGOBATI FLEK PARU PARU
OBAT TRADISIONAL TBC KELENJAR
OBAT TRADISIONAL AMANDEL
OBAT TRADISIONAL HIPERTIROID
OBAT TRADISIONAL PARU PARU BASAH
OBAT TRADISIONAL FLEK PARU PARU
OBAT TRADISIONAL RADANG TENGGOROKAN
OBAT TRADISIONAL INFEKSI TELINGA
OBAT TRADISIONAL GONDOK BERACUN

PENGOBATAN KANKER OVARIUM
PENGOBATAN KEPUTIHAN
PENGOBATAN REMATIK
OBAT HERBAL RADANG PANGGUL
OBAT HERBAL FLEK PARU PARU
OBAT HERBAL ALZHEIMER
OBAT PENYAKIT TBC KELENJAR
OBAT PENYAKIT GONDOK BERACUN
OBAT PENYAKIT MIOM
OBAT PENYAKIT INFEKSI MATA
OBAT PENYAKIT POLIP HIDUNG
OBAT PENYAKIT GULA KERING

OBAT PENYAKIT POLIP GIGI
OBAT PENYAKIT USUS TURUN
OBAT PENYAKIT SELULITIS
OBAT PENYAKIT ISPA
OBAT PENYAKIT JANTUNG BAWAAN
OBAT PENYAKIT MALARIA
OBAT PENYAKIT CAMPAK
OBAT PENYAKIT AYAN
OBAT PENYAKIT LUPUS
OBAT PENYAKIT KUNING
OBAT PENYAKIT MENINGITIS
OBAT PENYAKIT EPILEPSI
OBAT PENYAKIT TUMOR OTAK

OBAT INFEKSI JANTUNG
OBAT TUMOR EMPEDU
OBAT EKSIM KERING
OBAT PEMBESARAN PROSTAT
AGEN ACE MAXS JAKARTA TIMUR
OBAT INFEKSI KELENJAR BARTHOLIN
OBAT BENGKAK TIROID
OBAT HEMOROID

OBAT INFEKSI PANGGUL
OBAT SEPSIS
OBAT BENJOLAN LEMAK
OBAT HIPERLIPIDEMIA
OBAT CEDERA OTOT
OBAT MATA PUTIH
OBAT CEDERA KEPALA
OBAT LEMAK MATA
OBAT INFEKSI KANDUNG EMPEDU

OBAT BENJOLAN DI VAGINA
CARA MENGOBATI BENJOLAN DI LEHER KANAN
OBAT HERPES ZOSTER
OBAT BENJOLAN DI LEHER KANAN
OBAT POLIP GIGI
handayana18 is offline   Reply With Quote
Old 22nd November 2014, 01:25 PM   #3
handayana18
Camat Forumku
 
Join Date: 17 Jun 2014
Userid: 2275
Posts: 7,429
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Re: tentang mata rabun

OBAT CEDERA TANGAN
OBAT PATAH TULANG LUTUT

OBAT TIPES ANAK
OBAT NYERI TULANG SENDI
OBAT PEGAL LINU
OBAT BOROK
OBAT BOPENG

OBAT TULANG LINU
OBAT SAKIT TULANG SENDI
OBAT TULANG BELAKANG SAKIT
OBAT TULANG EKOR SAKIT
OBAT TULANG NGILU
OBAT TULANG KAKI RETAK



OBAT PATAH TULANG TANGAN
OBAT PATAH TULANG LUTUT
OBAT PATAH TULANG PAHA
OBAT PATAH TULANG JARI KAKI
OBAT HERNIA UNTUK BAYI
OBAT CEDERA TANGAN

OBAT EKSIM
OBAT KATARAK
OBAT BRONCHITIS





OBAT SAKIT PUNDAK

OBAT INFEKSI OTAK

OBAT NYERI DADA SAAT BERNAFAS
MAKANAN SEHAT UNTUK PENDERITA PENYAKIT JANTUNG
OBAT INFEKSI OVARIUM
OBAT INFEKSI OTOT
OBAT LUTUT TIDAK BISA DI TEKUK
MAKANAN SEHAT UNTUK PENDERITA KOLESTEROL
OBAT IRITASI SELANGKANGAN PAHA
OBAT INFEKSI ENDOMETRIUM
OBAT PENYAKIT TETANUS
OBAT PENYAKIT BRONKITIS
AGEN ACE MAXS MEDAN
OBAT BENJOLAN DI PANTAT
OBAT WASIR STADIUM 4
OBAT KANKER TONSIL
OBAT KISTA TESTIS
OBAT WASIR STADIUM 1
OBAT PENYEMPITAN PEMBULUH DARAH DI KEPALA
OBAT AMBEIEN STADIUM 1

ACE MAXS
ACE MAXS
ACE MAXS
ACE MAXS
ACE MAXS
OBAT SAKIT TENGGOROKAN
OBAT PEMBEKUAN DARAH DI OTAK

OBAT KREATININ TINGGI
OBAT TRIGLISERIDA TINGGI
OBAT PENYEMPITAN PEMBULUH DARAH DI KEPALA
OBAT MELANOMA

OBAT KISTA GINJAL
OBAT BATUK DAN DEMAM
OBAT PENYAKIT POLIP RAHIM
OBAT KANKER PLASMA
OBAT INFEKSI USUS HALUS
OBAT EKSIM
OBAT BRONCHITIS

OBAT FLEK PARU PARU
OBAT INFEKSI LIDAH
OBAT INFEKSI HIDUNG
OBAT HIDUNG BERDARAH
OBAT PEMBESARAN LIMPA
OBAT PENURUN GULA DARAH


OBAT PEMBERSIH RAHIM
OBAT FLEK PARU PARU
OBAT INFEKSI LIDAH
OBAT INFEKSI HIDUNG

OBAT KATARAK

OBAT INFEKSI PAYUDARA
OBAT INFARK MIOKARD AKUT
OBAT KELAINAN KATUP JANTUNG


OBAT KISTA DERMOID
OBAT TUMOR MATA
OBAT BENJOLAN DI MATA KAKI
OBAT KEBES KEBES
OBAT PAYUDARA BERNANAH
OBAT JAMUR SELANGKANGAN
OBAT MATA BERDARAH
OBAT ANEURISMA OTAK
OBAT GANGGUAN ENDOKRIN
OBAT GAGAL JANTUNG KONGESTIF
OBAT KARDIOMIOPATI
OBAT INFLAMASI JANTUNG

CARA MENGOBATI REMATIK TULANG
CARA MENGOBATI FLEK PARU PARU
OBAT TRADISIONAL TBC KELENJAR
OBAT TRADISIONAL AMANDEL
OBAT TRADISIONAL HIPERTIROID
OBAT TRADISIONAL PARU PARU BASAH
OBAT TRADISIONAL FLEK PARU PARU
OBAT TRADISIONAL RADANG TENGGOROKAN
OBAT TRADISIONAL INFEKSI TELINGA
OBAT TRADISIONAL GONDOK BERACUN

PENGOBATAN KANKER OVARIUM
PENGOBATAN KEPUTIHAN
PENGOBATAN REMATIK
OBAT HERBAL RADANG PANGGUL
OBAT HERBAL FLEK PARU PARU
OBAT HERBAL ALZHEIMER
OBAT PENYAKIT TBC KELENJAR
OBAT PENYAKIT GONDOK BERACUN
OBAT PENYAKIT MIOM
OBAT PENYAKIT INFEKSI MATA
OBAT PENYAKIT POLIP HIDUNG
OBAT PENYAKIT GULA KERING

OBAT PENYAKIT POLIP GIGI
OBAT PENYAKIT USUS TURUN
OBAT PENYAKIT SELULITIS
OBAT PENYAKIT ISPA
OBAT PENYAKIT JANTUNG BAWAAN
OBAT PENYAKIT MALARIA
OBAT PENYAKIT CAMPAK
OBAT PENYAKIT AYAN
OBAT PENYAKIT LUPUS
OBAT PENYAKIT KUNING
OBAT PENYAKIT MENINGITIS
OBAT PENYAKIT EPILEPSI
OBAT PENYAKIT TUMOR OTAK

OBAT INFEKSI JANTUNG
OBAT TUMOR EMPEDU
OBAT EKSIM KERING
OBAT PEMBESARAN PROSTAT
AGEN ACE MAXS JAKARTA TIMUR
OBAT INFEKSI KELENJAR BARTHOLIN
OBAT BENGKAK TIROID
OBAT HEMOROID

OBAT INFEKSI PANGGUL
OBAT SEPSIS
OBAT BENJOLAN LEMAK
OBAT HIPERLIPIDEMIA
OBAT CEDERA OTOT
OBAT MATA PUTIH
OBAT CEDERA KEPALA
OBAT LEMAK MATA
OBAT INFEKSI KANDUNG EMPEDU

OBAT BENJOLAN DI VAGINA
CARA MENGOBATI BENJOLAN DI LEHER KANAN
OBAT HERPES ZOSTER
OBAT BENJOLAN DI LEHER KANAN
OBAT POLIP GIGI
handayana18 is offline   Reply With Quote
Old 22nd November 2014, 02:00 PM   #4
meinalawita
Sek Cam
 
Join Date: 6 Feb 2014
Userid: 1804
Posts: 2,044
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Re: tentang mata rabun

Kami menjual obat mani encer herbal gasa yang sudah terbukti sangat ampuh untuk mengatasi mani encer, meningkatkan kesuburan sehingga mengatasi infertilitas pada pria. Herbal gasa obat mani encer ini telah terdaftar secara resmi di BPOM RI No. 132 373 761 direkomendasikan langsung oleh pakar kesehatan dan reproduksi Boyke Dian Nugraha. untuk pemesanan obat mani encer herbal, silahkan kunjungi langsung website resmi kami. terimakasih.

Kami menjual obat mani encer herbal gasa yang sudah terbukti sangat ampuh untuk mengatasi mani encer, meningkatkan kesuburan sehingga mengatasi infertilitas pada pria. Herbal gasa obat mani encer ini telah terdaftar secara resmi di BPOM RI No. 132 373 761 direkomendasikan langsung oleh pakar kesehatan dan reproduksi Boyke Dian Nugraha. untuk pemesanan obat mani encer herbal, silahkan kunjungi langsung website resmi kami. terimakasih.

Kami menjual obat mani encer herbal gasa yang sudah terbukti sangat ampuh untuk mengatasi mani encer, meningkatkan kesuburan sehingga mengatasi infertilitas pada pria. Herbal gasa obat mani encer ini telah terdaftar secara resmi di BPOM RI No. 132 373 761 direkomendasikan langsung oleh pakar kesehatan dan reproduksi Boyke Dian Nugraha. untuk pemesanan obat mani encer herbal, silahkan kunjungi langsung website resmi kami. terimakasih.

Kami menjual obat mani encer herbal gasa yang sudah terbukti sangat ampuh untuk mengatasi mani encer, meningkatkan kesuburan sehingga mengatasi infertilitas pada pria. Herbal gasa obat mani encer ini telah terdaftar secara resmi di BPOM RI No. 132 373 761 direkomendasikan langsung oleh pakar kesehatan dan reproduksi Boyke Dian Nugraha. untuk pemesanan obat mani encer herbal, silahkan kunjungi langsung website resmi kami. terimakasih.

Kami menjual obat mani encer herbal gasa yang sudah terbukti sangat ampuh untuk mengatasi mani encer, meningkatkan kesuburan sehingga mengatasi infertilitas pada pria. Herbal gasa obat mani encer ini telah terdaftar secara resmi di BPOM RI No. 132 373 761 direkomendasikan langsung oleh pakar kesehatan dan reproduksi Boyke Dian Nugraha. untuk pemesanan obat mani encer herbal, silahkan kunjungi langsung website resmi kami. terimakasih.

Kami menjual obat mani encer herbal gasa yang sudah terbukti sangat ampuh untuk mengatasi mani encer, meningkatkan kesuburan sehingga mengatasi infertilitas pada pria. Herbal gasa obat mani encer ini telah terdaftar secara resmi di BPOM RI No. 132 373 761 direkomendasikan langsung oleh pakar kesehatan dan reproduksi Boyke Dian Nugraha. untuk pemesanan obat mani encer herbal, silahkan kunjungi langsung website resmi kami. terimakasih.

Kami menjual obat mani encer herbal gasa yang sudah terbukti sangat ampuh untuk mengatasi mani encer, meningkatkan kesuburan sehingga mengatasi infertilitas pada pria. Herbal gasa obat mani encer ini telah terdaftar secara resmi di BPOM RI No. 132 373 761 direkomendasikan langsung oleh pakar kesehatan dan reproduksi Boyke Dian Nugraha. untuk pemesanan obat mani encer herbal, silahkan kunjungi langsung website resmi kami. terimakasih.

Kami menjual obat mani encer herbal gasa yang sudah terbukti sangat ampuh untuk mengatasi mani encer, meningkatkan kesuburan sehingga mengatasi infertilitas pada pria. Herbal gasa obat mani encer ini telah terdaftar secara resmi di BPOM RI No. 132 373 761 direkomendasikan langsung oleh pakar kesehatan dan reproduksi Boyke Dian Nugraha. untuk pemesanan obat mani encer herbal, silahkan kunjungi langsung website resmi kami. terimakasih.

Kami menjual obat mani encer herbal gasa yang sudah terbukti sangat ampuh untuk mengatasi mani encer, meningkatkan kesuburan sehingga mengatasi infertilitas pada pria. Herbal gasa obat mani encer ini telah terdaftar secara resmi di BPOM RI No. 132 373 761 direkomendasikan langsung oleh pakar kesehatan dan reproduksi Boyke Dian Nugraha. untuk pemesanan obat mani encer herbal, silahkan kunjungi langsung website resmi kami. terimakasih.

Kami menjual obat mani encer herbal gasa yang sudah terbukti sangat ampuh untuk mengatasi mani encer, meningkatkan kesuburan sehingga mengatasi infertilitas pada pria. Herbal gasa obat mani encer ini telah terdaftar secara resmi di BPOM RI No. 132 373 761 direkomendasikan langsung oleh pakar kesehatan dan reproduksi Boyke Dian Nugraha. untuk pemesanan obat mani encer herbal, silahkan kunjungi langsung website resmi kami. terimakasih.
meinalawita is offline   Reply With Quote
Old 22nd November 2014, 02:27 PM   #5
nov_saari
Sek Cam
 
Join Date: 10 Oct 2014
Userid: 2668
Posts: 1,773
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Re: tentang mata rabun

cara menormalkan tekanan darah
cara menormalkan tekanan darah
cara menormalkan tekanan darah
cara menormalkan tekanan darah
cara menormalkan tekanan darah
nov_saari is online now   Reply With Quote
Old 22nd November 2014, 02:49 PM   #6
wini26
Wakil Camat
 
Join Date: 11 Nov 2013
Userid: 1487
Posts: 4,338
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Re: tentang mata rabun

Cara Mengatasi Kanker Lambung
Cara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker LambungCara Mengatasi Kanker Lambung
wini26 is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Fakta tentang keistimewaan Indonesia di mata internasional irvan.dikky Forumku the Lounge 3 19th April 2015 07:51 PM
obat mata merah, mata rabun, dan katarak terampuh anur29 Health Kesehatan 7 8th November 2014 11:24 AM
(EBOOK) Mengobati Mata Rabun (Mata Minus, Mata Plus, Katarak, DLL) Dengan Sederhana kreadika Jualanku - My Stores and Shops 6 16th September 2013 03:37 PM
Pakai Pertamax Plus, Pesawat Mata-Mata LAPAN Bisa Terbang Hingga 5 Jam alnpr Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military 1 27th June 2013 09:11 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 06:38 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts