forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Indonesia > Indonesia Membangun! > Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military Forum Militer dan Pertahanan Indonesia.

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 27th November 2014, 11:37 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 2 Nov 2014
Userid: 2780
Posts: 711
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Peperangan Menguntungkan Pabrik Senjata AS


Krisis militer di berbagai belahan dunia semakin meningkatkan pesanan untuk senjata Amerika Serikat, terutama pada sistem rudal dan pertahanan udara, peralatan mata-mata, dan kendaran lapis baja. Menurut laporan pejabat pemerintah dan industri pertahanan AS, pabrik-pabrik senjata AS seperti Lockheed Martin, Northrop Grumman, Boeing, bersiap menghadapi permintaan banyak untuk produk-produk mereka, yang mana dengan banyaknya pembelian akan membantu menurunkan harga jual kepada militer AS.

Krisis Ukraina telah membangkitkan kembali permintaan senjata dari negara-negara Eropa yang selama ini tertidur. Sementara krisis di Irak dan Suriah juga telah mendorong negara-negara di Timur Tengah memesan lebih banyak senjata kepada AS. Dan di Asia, peningkatan pesat militer China dan ketegangannya dengan beberapa negara tetangganya telah mendorong Amerika Serikat untuk memperkuat hubungan pertahanan dengan sekutunya seperti Jepang. Begitu pula dengan Korea Selatan terkait krisis dengan Korea Utara, dan juga menjalin memperdalam hubungan dengan negara-negara lainnya, termasuk mantan musuh seperti Vietnam.

“Setiap kali muncul kekacauan seperti yang terjadi di dunia saat ini, selalu berpotensi meningkatkan permintaan (senjata),” ujar Wakil Presiden eksekutif divisi aeronautika Lockheed Martin, Orlando Carlvalho, dalam Aerospace and Defense Summit di Washington minggu lalu. Menurut Carlvalho, divisi aeronautika Lockheed Martin kemungkinan akan menambah pendapatannya hingga USD 15 miliar pada tahun ini dari sebelumnya USD 14 miliar. Hal ini didorong karena meningkatnya pesanan jet tempur siluman F-35. Carlvalho memprediksi bahwa pada tahun depan, penjualan ke luar negeri dari divisinya akan tumbuh lebih dari 40 persen.

Analis pertahanan lainnya menilai keputusan Presiden Barack Obama yang meningkatkan serangan udara terhadap ISIS di Suriah dan Irak kemungkinan tidak akan memberikan dampak material bagi kontraktor-kontraktor pertahanan AS. Bahkan tindakan AS yang memerangi ISIS ini malah dapat meningkatkan permintaan pesanan produk bagi ManTech International, Leidos dan Engility, yang selama ini menyediakan layanan pendukung terkait perang untuk kendaraan dan analisis data.

AeroVironment, yang membangun drone genggam dan Alliant Techsystems dan Exelis yang merupakan pabrikan amunisi, yang selama ini banyak mendapatkan order dari Timur Tengah, juga bisa menuai keuntungan.

Intervensi Rusia di Ukraina juga telah mendorong negara-negara NATO berkomitmen untuk bersama-sama meningkatkan anggaran pertahanan sebesar 2 persen dari produk domestik bruto dalam satu dekade. Ini juga yang menjadi faktor meningkatnya pesanan untuk senjata-senjata AS. Meskipun tidak dipungkiri bahwa pengiriman senjata-senjata ini ke pelanggan akan membutuhkan waktu beberapa bulan atau bahkan tahun.

Laksamana James Shannon, seorang petinggi Angkatan Laut AS, kepada Reuters mengatakan bahwa telah terjadi peningkatan tajam atas pesanan senjata dari negara-negara sekutu di Eropa sejak bulan Januari. Menurutnya, di dalam perang akan banyak informasi yang dikumpulkan. Saat ini banyak negara di dunia yang mencari pesawat pengumpul data intelijen, pesawat tanker, pesawat komando dan kontrol dan pesawat angkut militer. Dengan sekutu-sekutu mengoperasikan peralatan-peralatan tempur yang sama, maka akan memberikan keunggulan dalam setiap aksi militer bersama. Ada banyak keuntungan dengan menjadi sekutu AS.

Program senjata termahal dalam sejarah Pentagon adalah Lockheed Martin F-35 Joint Strike Fighter, yang dikembangkan bersama oleh Amerika Serikat dan delapan sekutunya: Inggris, Australia, Kanada, Turki, Italia, Norwegia, Denmark, dan Belanda.

10 negara telah memutuskan untuk membeli F-35. Korea Selatan kemungkinan juga akan segera menyelesaikan pesanan untuk 40 unit F-35 pada tahun ini. Negara lainnya, seperti Finlandia, Polandia, dan Belgia, telah meminta dan menerima informasi tentang F-35.

Lockheed Martin berharap permintaan akan meningkat dalam beberapa tahun mendatang. Senator John McCain pekan lalu mengatakan bahwa India juga sudah menyatakan minatnya pada F-35, namun belum ada keputusan resmi dari negara itu.

Greg Kausner, dari Departemen Luar Negeri AS mengatakan bahwa departemennya tengah mempelajari ancaman-ancaman yang berkembang saat ini dan akan memilah mana sistem senjata yang hanya dapat dijual dan mana sistem senjata yang dapat disediakan AS untuk sekutunya.

Penjualan kendaraan darat, yang merosot sejak perang di Irak berakhir, permintaannya kemungkinan juga akan meningkat di wilayah Eropa mengingat militer Rusia yang saat ini lebih agresif. General Dynamic baru saja berhasil memperoleh kontrak 3,5 miliar pound untuk melengkapi Angkatan Darat Kerajaan Inggris dengan tank khusus scout, kemungkinan kontrak seperti akan terus berdatangan dari negara-negara Eropa. ( by : Alto daris)

Sumber : NATGEO, Reuters dll
supry is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
FandelaFx , Mitra Investasi Forex Terbaik dan Menguntungkan andrejogja2015 Forumku Business Partnership 0 10th October 2014 11:44 PM
investasi menguntungkan, ga ribet dan modal kecil anwarib Forumku the Lounge 0 11th September 2014 06:24 PM
Baju Koko Yang Yunasz Harga pabrik profmarket Mode dan Pakaian 0 19th June 2014 07:43 AM
New Mazda CX-5 DISKON Besar, Penawaran CashBack menguntungkan Diditt91 Mobil 0 25th May 2014 04:35 PM
Indonesia Miliki Pabrik Baterai Lithium Pertama alnpr Business and Economy! 0 13th July 2013 09:06 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 10:53 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts