forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Indonesia > Indonesia Bangga!
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Indonesia Bangga! Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 19th December 2012, 06:00 PM   #1
[M]
newbie
 
andi.teguh's Avatar
 
Join Date: 22 Sep 2012
Userid: 285
Location: http://www.forumku.com
Posts: 1,697
Real Name: andi teguh
Likes: 0
Liked 232 Times in 171 Posts
Default Hendry Sasmitapura: Dengan PotMeetsPop Denim Go International



Di usianya yang masih terbilang muda (26), Hendry Sasmitapura, putra bungsu M. Chandra Sasmitapura, ini bisa melahirkan produk berbahan denim yang telah dipasarkan ke sejumlah negara, yakni Malaysia, Singapura, Australia, Jerman, dan Afrika Selatan.

Keberhasilannya bermula dari kecintaannya terhadap denim. Hendry bersama dua rekannya, kakak-beradik Mahatirta dan Mursi Adikusumah asal Bandung, pun memutuskan meluncurkan merek denim lokal bernama PotMeetsPop (PMP).

Tak disangka, hanya dalam waktu 3 bulan sejak diluncurkan pertama kali di Kuala Lumpur pada 2009, PMP terjual 800 potong.

Saat itu, Hendry masih tercatat sebagai mahasiswa tingkat akhir di Jurusan Economic Finance Metropolitan College, Kuala Lumpur, Malaysia. “Saya memang mengoleksi denim dan kebetulan ayah saya pengusaha garmen di Bandung dengan denim sebagai spesialisasinya,” ujar Hendry seraya menyebutkan, modal awal usahanya sekitar Rp 50 juta, dan hampir 100% berasal dari kantong sang ayah.

Menurut Hendry, Kuala Lumpur sengaja dipilih untuk meluncurkan PMP karena mereka melihat kebiasaan konsumen Indonesia yang suka mengikuti tren fashion di luar negeri. “Jadi, lebih baik kami membuat hype di luar negeri yang gaungnya akan sampai juga ke Indonesia,” ujarnya.

Untungnya, respons pasar di Malaysia bagus, begitu juga dengan media asal Indonesia ketika produk PMP dibawa pulang ke Indonesia.

Segera setelah keberhasilan itu, PMP melebarkan sayap ke Singapura, Australia, Jerman dan Afrika Selatan. Adapun di Indonesia, Hendry dkk. juga merambah beberapa kota seperti Bandung, Balikpapan, Lampung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Bali dan Jakarta.

Untuk Jakarta, “Kami sudah berhasil masuk ke gerai Debenhams dan pada Desember nanti kami akan masuk di Metro,” kata Hendry, yang mengaku sebagai satu-satunya pendiri yang mengurus operasional usahanya saat ini.

Dalam memasarkan produk PMP, Hendry memilih cara bergerilya. Alasannya, karena tidak bergerak pada industri mainstream, ia berusaha semaksimal mungkin memakai aktivitas promosi dengan anggaran rendah. “Kami lebih mengincar fashion spread atau product review terhadap PMP,” katanya.

Selain itu, mereka juga menggarap interaksi di media sosial seperti Twitter dan Facebook. Saat ini, ada sekitar 7.000 penyuka PMP (likes) pada laman Facebook dan hampir 9.000 pengikut akun Twitter PMP.

“Untuk promosi melalui Twitter, kami dibantu Nino RAN dan Pevita Pearce. Saat mereka nge-Tweet produk kami, bisa sampai 100 pengikut yang terjaring,” ungkapnya. Sejumlah pelaku di industri musik juga didaulat PMP untuk menjadi duta mereknya.

“Kami juga melakukan aktivasi brand dan pemasaran pada fashion event yang sering diadakan di Jakarta dan Bandung,” ujarnya. Untuk lebih menjangkau daerah lain, Hendry membuat program PotMeetsShop di mana PMP menyambangi dealer-dealer resmi di daerah seperti Yogyakarta dan Surabaya.

Di program itu ia membuat acara yang berisi music performance dari para duta merek PMP dan juga ekshibisi denim untuk lebih mengenalkan dan menyebarkan pengetahuan mengenai denim kepada konsumen di daerah yang dituju.

Untuk distribusi, Hendry melakukan seleksi ketat, karena ia ingin toko distribusi resmi PMP mengerti konsep dan target pasar produk PMP. Alhasil, ia lebih memilih concept stores sebagai gerai-gerai resmi PMP.

Adapun target pasar utama PMP adalah anggota komunitas penggemar denim (Denim Heads). Di Indonesia, komunitas tersebut bernama Indigo (Indonesia Denim Group) yang berwadah di website darahkubiru.com. “Itulah target utama kami awalnya,” kata Hendry.

Sejak awal, Hendry langsung mengeluarkan masing-masing 4 artikel untuk pria dan wanita demi menjangkau konsumen dari dua gender itu. Adapun tipe jins yang ia rilis itu adalah Afghani, Thai Stick, Super Thai Stick dan Pipes. Menurutnya, keempat tipe itu memiliki cutting dasar untuk produk pria. Kemudian, awal tahun ini ia mengeluarkan cutting terbaru, yaitu 420 Cut.

Sampai sekarang PMP sudah menambah dua lini lagi, yaitu PMP XOXO yang dikhususkan untuk konsumen wanita dan PMP Overalls yang dibuat untuk mengincar pasar komunitas Denim Heads. Untuk PMP XOXO terdapat beberapa cutting, tetapi selalu berubah setiap season, dan tidak memiliki cutting tetap seperti pada empat cutting dasar PMP. Pada PMP Overalls sendiri ada tiga jenis cutting.

Di tengah persaingan ketat bisnis fashion, Hendry melihat bisnis denim masih menjanjikan. Alasannya, denim merupakan salah satu jenis busana yang dapat diproduksi secara massal. Selain itu, karakter denim long lasting, yang tidak akan terpengaruh oleh tren musiman.

Diakuinya, hingga saat ini skala bisnis PMP belum apa-apa. “Tetapi, jika dibandingkan dengan label denim independen lokal, kami adalah salah satu market leader.”

Hendry berniat membuka toko resmi PMP di Jakarta tahun depan, untuk membangun customer loyalty dan customer trust. Ia juga mengaku akan lebih fokus ke pasar lokal dulu untuk mematangkan merek dan strategi pemasaran sebelum menggarap pasar luar negeri lagi.

sumber
__________________


andi.teguh is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Diplomatic and International Relationships News and Info admin Diplomasi dan Hubungan Internasional 1 29th November 2012 04:56 PM
International Financial Centre 2 | Office | Jakarta | 48 Floors | 217 Meters | U/C ilham.islami Urban and City Development 1 4th November 2012 01:00 PM
Gulfware International : Indonesian Entrepreneurs in United Arab Emirates admin StartUp LineUp 4 16th October 2012 07:32 PM
CGK - Soekarno Hatta International Airport. Jakarta - Indonesia newbie Airlines and Airports 3 27th August 2012 10:14 PM
WebexSunday: International Career in Mobile Provider positifi Indonesia ICT Events and News 0 11th August 2012 06:02 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 05:33 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts