forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Indonesia > Indonesia Bangga!
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Indonesia Bangga! Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 30th December 2014, 09:43 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2785
Posts: 234
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Kisah Sukses Terbangkan Garuda Indonesia Lebih Tinggi

[IMG][/IMG]

Kapasitas pria kelahiran Jakarta, 28 Juni 1959 ini di dunia maskapai penerbangan Tanah Air tak perlu diragukan lagi. Sepak terjangnya selama dua periode kepemimpinan di PT Garuda Indonesia Tbk, menjadi bukti jaminan akan kualitasnya yang sudah diakui oleh dunia internasional.

Salah satunya dengan meraih penghargaan 'The CNBC 2013 Travel Business Leader Award Asia Pacific'. Nama Emirsyah Satar pun semakin diperhitungkan, seiring prestasinya membawa maskapai penerbangan milik negara tersebut, berhasil mencapat kinerja mengesankan sejak 2005 lalu hingga akhir 2014.

'From nothing to be something', melalui tangan dinginnya, 'kepakkan sayap' Garuda Indonesia semakin terangkat tinggi menembus awan di langit yang tinggi. Namun, Emir, demikian panggilan akrabnya, tetaplah pribadi yang rendah hati dan mengaku semua prestasi yang sudah dicapai merupakan kerja keras semua tim.

"Bukan saya saja. Semua ini, karena ada kerja sama tim yang hebat di Garuda," ujarnya yang mengawali karir sebagai auditor di Kantor Akuntan Pricewaterhouse Coopers pada 1983, itu.

Sebagai perbandingannya, antara 2005 hingga saat ini, jumlah pesawat meningkat dari 49 pesawat menjadi 160 pesawat. Kemudian, dari 160 penerbangan per hari menjadi 600 penerbangan per hari.

Bahkan, sehari jelang pengumuman resmi mundurnya dari Garuda Indonesia pada Jumat 12 Desember 2014 lalu, Emirsyah Satar kembali meninggalkan jejak manisnya.
Ini, karena Garuda Indonesia dinobatkan sebagai maskapai bintang lima (5-Star Airlines) oleh Skytrax selain Singapore Airlines, Cathay Pacific Airways, Qatar Airways, Asiana Airlines, All Nippon Airways (ANA), dan Hainan Airlines pada Kamis 11 Desember 2014.

Dan menjelang liburan Natal, VIVA.co.id berkesempatan melakukan wawancara dengan pria yang sempat memasuki dunia perbankan pada 1985 tersebut.

Wawancara berlangsung dengan susana hangat dan santai di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu 24 Desember 2014.

Berikut petikannya:

Bisa diceritakan, mengapa pengunduran diri Anda lebih cepat?

Saya pikir, waktu itu akan mundur 2,5 bulan sebelum akhir jabatan. Toh, saya nggak bisa memperpanjang lagi.

Sedangkan, pada 2015 itu ada ASEAN Open Sky, lalu kompetisi makin ketat, ekonomi belum pulih. Sehingga, ada baiknya tim baru masuk sebelum akhir tahun, agar bisa mempersiapkan untuk 2015 secara full year.

Kalau tunggu RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) di Maret, hilang satu kuartal. Belum penyesuaian satu bulan lagi, sudah hilang masa empat bulan.

Sebab itu, demi kebaikan Garuda, bagusnya juga memang saya mundur lebih cepat. Jadi, sesederhana itu alasannya.

Bagaimana kondisi Garuda pertama kali saat Anda pimpin?

Garuda Indonesia dulu dengan yang sekarang sudah beda. Dulu sekitar 2005, ibaratnya Garuda bisa hidup saja sudah untung.

Sebelumnya, saya sebagai direktur keuangan di perusahaan ini, sebelum pindah ke PT Bank Danamon Indonesia Tbk. Sempat diminta kembali oleh Pak Sugiharto (Meneg BUMN era Susilo Bambang Yudhoyono), tetapi saya menolaknya karena merasa sudah cukup, waktunya di swasta dulu.

Namun, beliau ternyata terus menghubungi saya. Akhirnya, merasa nggak enak juga dan saya pun berpikir kalau pun kembali ke Garuda dapat memberikan kontribusi buat negara ini.

Akan tetapi, kepindahan saya untuk kembali ke Garuda juga atas persetujuan dari pemegang saham Bank Danamon. Pada 2003-2005, saya menjadi wakil direktur utama bank tersebut.

Waktu itu, Pak Sugiharto juga berbicara dengan Pak Robby Djohan (mantan dirut Garuda masa Februari-Oktober 1998), yang termasuk menghubungi saya. Singkatnya, beliau meminta saya untuk bisa membenahi Garuda yang sedang mengalami banyak masalah.

Apa saja masalah yang dihadapi Garuda saat itu?

Kalau saya selalu kategorikan masalahnya ada tiga kelompok. Pertama, masalah SDM (sumber daya manusia) yang waktu itu selalu curiga, motivasi nggak ada, dan melakukan demo terus. Belum lagi ada kasus Munir (aktivitas HAM).

Kedua, masalah operasional, yaitu selalu telat. Pada saat saya terima tugas dari Pak Sugiharto, diangkat 16 Maret 2005, sebagai direktur utama, beliau mengatakan bahwa Indonesia punya penduduk yang besar, lebih dari 200 juta. Tetapi, flight carrier-nya tidak ada di radar screen airline-airlines di Asia.

Arti kata, maskapai penerbangan kita nggak dianggap. Garuda pun antara ada dan nggak ada nggak ada di pasar Asia. Itu kondisi Garuda di 2005.

Dan yang ketiga adalah keuangan. Modalnya bisa dibilang negatif, cash flow negatif, serta utang dan bunganya juga nggak dibayar.

Tambah sulit lagi, karena saya pun harus cari direksi lainnya seorang diri. Tidak ada istilahnya, direksi dari mana-mana, sehingga semua benar-benar dari dalam perusahaan.

Dengan kondisi serba susah tersebut, mengapa Anda masih bersedia memimpin Garuda?

Sebagai CEO, tentu pertama kali saya harus memotret keadaannya secara keseluruhan terlebih dahulu. Lalu, kita buatkan strategi dan perencanaannya selama lima tahun ke depan, mau ke mana nih Garuda dan mau sampai kemana nih perusahaan.

Saat itu, saya tegaskan kepada temam-teman direksi bahwa jangan lihat masa lalu, namun harus memandang kepada masa depan. Nggak usah habiskan waktu hanya lihat-lihat ke belakang, karena kenyataannya memang parah.

Berikutnya, saya punya prinsip untuk tidak mau menyalahkan orang lain. Bagi saya, apa pun kondisi Garuda saat itu, kalau hanya bisanya menyalahkan si ini, atau si itu, nggak akan pernah dapatkan solusinya.

Kemudian, saya tekankan pula kepada para pemegang saham, kalau mereka maunya setahun, atau dua tahun Garuda bisa selesai masalahnya, maka saya bukanlah orang yang tepat. Saya katakan, mustahil kalau Garuda bisa membaik hanya dalam kurun waktu satu hingga dua tahun saja.

Bagaimana pun, saya harus kasih tahu hal tersebut, karena memang saya dikasih 'barang' yang sudah tidak punya nilai lagi. Syukurlah, mereka dapat mengerti.

Makanya, pihak pemegang saham mau mengikuti tahapan-tahapan yang saya berikan untuk langkah lima tahun pertama. Dua tahun pertama, saya katakan ini tahapan survival.

Kasarnya begini deh, kita nggak mati, kita nggak tutup. Alhamdulillah, karena keadaannya memang sudah rusak.

Habis itu, saya bilang setelah kita survive, dua tahun berikutnya adalah turn around. Kita lakukan flight service, pesawat baru, dan lain-lain.

Tahun kelima merupkan tahapan growth, perkembangan. Semuanya harus dilakukan secara bersama-sama.

Bagaimana menyatukan semua anggota yang ada untuk bisa bekerja sama?

Terus terang, semua keberhasilan di Garuda adalah kerja keras semua orang yang ada di perusahaan ini. Saya selalu berprinsip one team, one spirit, one goal.

Jad,i nggak ada tuh, waktu saya manage di Garuda ini bahwa Anda pintar. Tetapi, kalau Anda tidak bisa bekerja sama sekantor, nggak ada gunanya. Kita ini tim, di mana perusahaan ini bersama-sama mendukung untuk tujuan kemajuan Garuda.

Dengan sudah adanya pemimpin baru di Garuda, ada masukan?

Ke depannya, Garuda Indonesia harus menjadi maskapai penerbangan dengan kualitas dunia. Setidaknya, ada tiga komponen penting yang harus dilakukan bersama dengan Arif Wibowo, dirut baru Garuda Indonesia periode 2014-2019.

Pertama, manusianya, ya The people. Kedua adalah prosesnya. Arti kata, proses bisnis. Bagaimana menjalankan operasional dan lain-lainnya.

Dan yang ketiga, teknologinya harus dibaurkan. Ini, ke depannya sebagai tugas manajemen. Bagaimana ini harus terus diperbaiki, sehingga bisnis ini akan menjelma menjadi world class.

Pada dasarnya, saya selalu bilang di Garuda Indonesia itu ada sistem interim. Jangan tergantung kepada orang tertentu.

Siapa pun CEO-nya, siapa pun direktur operasinya, siapa pun direktur SDM, yang lain, harus berjalan terus, karena di situ ada tantangannya. Bagaimana kita bisa membuat perusahan maju terus, jangan tergantung individu.

Sekarang setelah mundur dari Garuda, apa kesibukan Anda saat ini?

Saya masih akan aktif sebagai komisaris independen di Bank Muamalat. Baru diperpanjang bulan Juni kemarin sampai 2019, sudah dapat izin sama Pak Menteri BUMN sebelumnya, Dahlan Iskan.

Kemudian, kesibukan lainnya, wakil ketua umum Kadin di bidang perhubungan. Lalu, saya pun menjadi dewan pembina di INACA, sehingga tetap sibuk.

Bedanya, sekarang memang agak longgar sedikit, sehingga untungnya saya yang sekarang mengatur waktu. Dulu sebaliknya, waktu yang mengatur saya.

Motto hidup Anda?

Saya itu nomor satu selalu bersyukur. Selanjutnya, selalu menaruh rasa hormat kepada orangtua.

Ya, kita harus bersyukur dan sering-sering ngaca 'who you are'. Saya orangnya nggak suka cepat puas. Jadi, melakukan sesuatu ingin lebih bagus lagi. Di Garuda, itu saya tularkan istilahnya 'good is not good when better is expected'.

Jadi, bagus itu nggak bagus kalau kita diminta untuk lebih bagus lagi. Artinya, setiap hari kita harus mencari jalan, atau ide untuk bekerja lebih bagus. Atau, lakukan hal-hal yang lebih baik lagi, agar kita tidak merasa puas jika berada di comfort zone.

sumber: http://analisis.news.viva.co.id/news...a-lebih-tinggi
agusjember is offline   Reply With Quote
Old 10th February 2015, 10:21 PM   #2
rezavoe
Warga Forumku
 
Join Date: 10 Feb 2015
Userid: 3240
Posts: 2
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Re: Kisah Sukses Terbangkan Garuda Indonesia Lebih Tinggi

saya pernah bertemu langsung sama beliau, saya cuma bisa bilang, ini orang emang otaknya brilian banget, pinternya gak dibuat buat, dan menurut saya down to earth.. Untuk orang yang sama sekali tidak punya background Bisnis penerbangan, tapi bisa bikin Garuda Indonesia seperti saat ini.

Ini orang panutan saya, gak banyak bicara, the real kerja kerja kerja.
rezavoe is offline   Reply With Quote
Old 11th February 2015, 06:48 PM   #3
forsaFX
Sek Des
 
forsaFX's Avatar
 
Join Date: 22 Nov 2014
Userid: 2919
Location: XThree
Posts: 317
Real Name: SS
Likes: 0
Liked 29 Times in 28 Posts
Default Re: Kisah Sukses Terbangkan Garuda Indonesia Lebih Tinggi

Perjuangan dan kerja keras di sertai doa, sekalipun begitu sulitnya hidup ini, hasilnya pasti akan dinikmati di kemudian hari. Siapa yang bertekun akan menikmati hasil yang luar biasa
forsaFX is offline   Reply With Quote
Old 14th February 2015, 02:13 PM   #4
boedakreggae229
Sek Des
 
Join Date: 10 Feb 2015
Userid: 3235
Posts: 460
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Re: Kisah Sukses Terbangkan Garuda Indonesia Lebih Tinggi

ikut nyimaaaaaak
boedakreggae229 is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Iwan Joniarto, Direktur Garuda yang Sukses di GMF sucyresky Business and Economy! 0 13th December 2014 10:23 AM
Kisah Sukses Desainer Georgio Armani gladiator Usaha Fashionku - My Fashion Business 3 4th September 2014 02:44 PM
Kisah Sukses Pengusaha Tempe Indonesia di Jepang andi.teguh Forumku UKM SME 2 2nd June 2014 05:37 PM
Kisah Pasukan Garuda selamatkan tentara Spanyol dari Hizbullah alnpr Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military 10 25th January 2014 08:36 AM
Kisah sukses: Orang Batak Ini Sukses dengan Batik Pekalongan wengky Usaha Fashionku - My Fashion Business 7 9th January 2014 11:43 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 12:55 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts