forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Indonesia > Indonesia Indah!
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Indonesia Indah! Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 1st January 2015, 06:38 PM   #1
Warga Forumku
 
TravelEsia's Avatar
 
Join Date: 5 Mar 2014
Userid: 1887
Location: http://www.travelesia.co
Posts: 18
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Pulau Lembata : Menyibak Sejuta Pesona Nusa Tenggara Timur

Quote:



Pulau Lembata - TravelEsia - Pulau Lembata merupakan destinasi wisata pilihan TravelEsia Magazine kali Ini.Pulau Lembata layak untuk TravelEsia Perkenalkan Untuk Anda semua,Mengingat Terdapat Sejuta Pesona Keindahannya Yang Layak untuk anda kunjungi

Sejak 15 Oktber 1999 Lembata merupakan kabupaten sendiri, memisahkan diri dari Kabupaten Flores Timur sebagai kabupaten induk. Disahkan melalui UU Nomor 52/1999 tentang Pembentukan Kabupaten Lembata. Inilah aspirasi warga Pulau Lembata yang muncul sejak 1954. Kabupaten Lembata adalah Kabupaten yang terus menggeliat untuk memajukan diri dengan populasi pada tahun 2004 sekitar 98.114 jiwa. Posisi Kabupaten ini diapit oleh dua kabupaten, yaitu wilayah Kabupaten Flores Timur di sebalah Barat dan Kabupaten Alor di sebelah Timur, sedangkan sebelah selatan Laut Sawu dan utara dibatasi oleh Laut Flores. Saat ini ada 8 kecamatan, yakni Bayusari, Omesuri, Lebatukan, Ile Ape, Nubatukan, Atadei, Nagawatun dan Wulandoni, dengan luas wilayah 126.638 hektar.

Pulau Lomblen atau juga dengan kenal dengan nama pulau Kawula atau juga yang populer dikenal dengan sebuatan Pulau Lembata, merupakan sebuah gugusan kepulauan Solor, yang secara geografis terletak diantara kabupaten Flores Timur dan kabupaten Alor, Propinsi NTT. Pulau lomblen terletak posisi, 8°10′ – 8°11′ LS dan 123°12′ – 123°57′ BT, dengan batas-batas sebelah utara dengan laut flores, selatan dengan laut Sawu, timur dengan selat Alor dan barat dengan selat lamakera dan selat boleng.

Kegiatan barter di pasar Wulandoni Dari sisi administrasi, sejak tahun 1958 Lembata merupakan bagian dari kabupaten Flores Timur, namun berdasarkan Undang-Undang Nomor, 52 Tahun 1999 Pulau Lomblen resmi berdiri menjadi sebuah kabupaten dengan nama Kabupaten Lembata, dengan luas wilayah 1266,48 km² atau 126.648 Ha. Bedasarkan data statistik tahun 2010 pulau Lomblen duhuni oleh 121. 12 jiwa, yang tersebar di 7 kelurahan dan 144 desa. Walau masing-masing etnis memiliki bahasa daerah, namun orang Lembata bersepakat untuk menjadikan bahasa lamaholot sebagai alat komunikasi antar etnis.


Mengapa Anda Harus Ke Lembata..??


Ada eksotisme yang potensi wisata yang belum digarap maksimal Potensi Pantai yang cukup indah, dan wisata laut lainnya. Potensi Tambang Emas yang menurut infonya mempunyai kadar yang cukup tinggi, namun tidak bisa diekploitasi dikarenakan kendala relokasi penduduk dan penolakan masyarakat lokal.

Pulau Pasir Putih Awelolong merupakan sebuah pulau kecil yang indah dan berpasir putih yang terletak di bagian utara Kota Lewoleba yang memiliki keunikan khas yaitu pulau tersebut hanya muncul pada saat terjadi pasang surut, dan pengunjung dapat memperoleh siput / kerang dengan cara mengorek atau menggali pasir sedalam 5 cm sampai 10 cm. Keseluruhan Pulau tersebut mengandung berbagai jenis siput / kerang. Maka pulau ini sering disebut pulau siput.

Pengunjung juga dapat menikmati wisata dayung, memancing, mandi dan berjemur. Jarak tempuh dari pantai Lewoleba (Kampung Bajo – Rayuan Kelapa) hanya 10 menit s/d 15 menit dengan perahu. Pengunjung dapat bermalam dan menginap di Hotel yang ada di kota Lewoleba



Gua Maria Lewoleba.
Pantai Rekreasi Pasir Putih Waijarang


Pantai Rekreasi Pasir Putih Waijarang ini terletak di Desa Waijarang kurang lebih 10 km dari Lewoleba yang dapat ditempuh baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Keindahan panorama pantai di dukung dengan pemandangan bukit yang indah dan selat Boleng yang sempit. Di tempat tersebut cocok bagi pengunjung untuk menikmati wisata pantai seperti : Ski air, berenang, berjemur, camping, volly pantai, hiking serta pengunjung juga dapat dihibur dengan menikmati atraksi-atraksi budaya.

Pengunjung juga dapat berlayar dengan perahu untuk menikmati panorama pantai yang indah. Obyek ini mempunyai prospek yang luar biasa untuk dikembangkan sehingga Pemda Kabupaten Lembata dalam hal ini Dinas Perhubungan dan Pariwisata dalam programnya akan membangun dan membenahinya menjadi Taman Rekreasi Pantai dalam Tahun Anggaran 2002. Pengunjung dapat menginap di hotel-hotel di Kota Lewoleba.
Sumber Air Panas Alami Sabu Tobo

Sumber Air Panas Alami Sabu Tobo terletak di Desa Ile Boli Kecamatan Nagawutung kurang lebih 1 atau 2 jam dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua dan roda empat dari Lewoleba. Tepatnya diantara Dusun Belane, Bata, Liwolagan. Disana terdapat hutan tropis yang didalamnya mengalir sungai Sabu Tobo yang jernih dan sejuk.

Kurang lebih 200 meter ke sebelah kiri jalan, pengunjung dapat menemukan sumber mata air panas yang keluar dari tebing dan di sebelah barat melalui akar-akar pohon sebanyak 4 mata air panas. Sumber mata air panas tersebut sangat unik karena dapat langsung dikonsumsi untuk diminum, rasanya seperti air mineral kemasan. Dan dapat dijadikan tempat pemandian yang menyegarkan. Tempat ini dapat juga sebagai tempat peristirahatan / rekreasi keluarga di akhir pekan. Pengunjung dapat menyewa rumah-rumah penduduk sebagai home stay.



Sumber Gas Alam Karun Watuwawer

Sumber Gas Alam Karun Watuwawer Terletak di Desa Atakore Kecamatan Atadei. Mayoritas tanah disekitarnya vulkanis sehingga muncul adanya gas bumi berupa uap-uap panas yang berkekuatan cukup besar. Keunikan dari sumber gas ini adalah digunakan oleh masyarakat lokal sebagai dapur alam. Mereka membuat lubang-lubang kecil kemudian memasukkan berbagai jenis makanan seperti ubi-ubian, kacang-kacangan, jagung muda, sukun dan lain-lain kemudian setelah matang makanan tersebut dapat langsung dikonsumsi dengan aroma yang khas dan mengundang selera. Sambil menunggu matang, pengunjung dapat melakukan aktifitas wisata seperti hiking, bernyanyi dan bergembira ria dengan menikmati tarian-tarian daerah.

Disamping itu juga dapat mengunjungi rumah adat dan proses pembuatan tenun ikat Atadei. Dari Lewoleba dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua dan roda empat dengan jarak kurang lebih 35 km. Pengunjung dapat menyewa rumah-rumah penduduk sebagai home stay.



Rumah Adat Dan Situs Pesta Kacang
Rumah Adat dan Ritus Pesta Kacang Jontona Jontona terletak di Kecamatan Ile Ape. Dari Jontana tepatnya di Dusun Lewohala yang terletak di ketinggian Gunung Ile Ape terdapat kampung tua dengan kompleks rumah adat dimana masing-masing mempunyai kelengkapan untuk upacara adat seperti keramik, gading, dll. Disini setiap tahunnya pada bulan September selalu diadakan upacara adat Sora Utan dan Pesta Makan Kacang yang unik yang terpusat pada rumah-rumah adat.

Selama upacara pesta kacang, pengunjung dapat menikmati atraksi-atraksi budaya serta dapat menikmati tarian-tarian tradisional beserta perlengkapan-perlengkapan yang digunakan dalam tarian-tarian tersebut. Disamping itu pengunjung juga dapat menyaksikan hasil tenun ikat tradisional Ile Ape serta melakukan hiking dari Desa Jontana menuju Kampung Lewolaha untuk menikmati panorama laut dari Gunung Vulkanis Ile Ape.



Pantai Rekreasi Tanah Treket

Pantai Rekreasi Tanah Treket.Pantai rekreasi ini terletak 12 km dari kota Lewoleba dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua dan roda empat selama 20 menit. Sebagian pantai disebelah timur berpasir putih yang cocok untuk mandi, berenang dan berjemur sementara disebelah barat cocok untuk olahraga dayung dan sebagainya. Di pantai ini juga pengunjung dapat menyelam dan snorkeling/diving untuk melihat keindahan taman laut dan terumbu karang. Air lautnya yang tenang seperti danau cocok untuk vespa air. Pengunjung dapat menginap di hotel-hotel di kota Lewoleba



Pantai Pasir Putih Mingar

Pantai Pasir Putih Mingar ini terletak di Desa Pasir Putih – Mingar pada pesisir Selatan Kecamatan Nagawutung yang merupakan obyek wisata yang sangat menarik bagi pengunjung untuk melakukan kegiatan wisata pantai seperti berselancar dan surfing karena mempunyai gelombang pantai yang cukup tinggi mencapai 2 – 3 meter pada musim Barat dan 1,5 – 2,5 meter pada musim kemarau
[CENTER]


Pantai Lewolein


Pantai Lewolein adalah tempat rekreasi yang sangat indah dan memiliki keistimewaan yaitu komposisi letak dan panorama yang bisa membuat pengunjung berdecak kagum. Di bagian timur pantai terdapat tanjung kecil yang ditumbuhi pohon bakau yang besar dan rindang dengan bebatuan yang berserakan, cocok untuk tempat duduk untuk menyaksikan sunset dari Puncak Gunung Ile Ape.

Di bagian barat terbentang pasir putih keabu-abuan dengan ombak yang tenang sangat cocok untuk mandi dan berjemur di atas pasir Pantai Pasir Putih Bean Wisata Pantai Pasir Putih Bean merupakan pantai pasir putih yang unik dalam bentuk kristal-krsital halus yang membentang dari barat ke timur sejauh ± 4 – 5 km dengan ombak laut yang bergulung terus menerus dan pecah secara teratur. Sangat cocok untuk berselancar maupun surfing. Pantainya yang cukup landai dan aman/tenang bagi pengunjung yang ingin berekreasi pantai.
[CENTER]

Bagaimana Cara Anda Kesana..??

Walaupun ada beberapa alternative untuk bisa menginjakkan kaki di Pulau Lembata, namun saat ini belum sebanyak pilihan dan tidak segampang mencapai kabupaten lain yang ada di P.Floresh. Hal yang paling penting adalah harus terlebih dahulu mengatahui skedul penerbangan ke sana bila mau langsung ke P.Lembata.

Untuk mengetahui info ini bisa melalui internet atau kontak langsung ke Perwakilan Merpati Air Line atau Travel Agent Terdekat. Karena satu-satunya “air line” yang melayani rute Kupang – Pulau Lembata hanya Merpati Air Line dengan skedul hari Selasa (1 kali perminggu), langsung pergi pulang di hari yang sama. Dari Kupang jam 09.00 Wita , untuk rute ini perjalanan dapat ditempuh hanya ± 45 menit. Setelah bongkar muat beberapa saat kemudian pesawat tsb kembali lagi ke Kupang. Jangan membayangkan naek Boing 747, tapi Twin Otterlah dengan baling-baling yang suaranya merdulah yang ada.

[CENTER]

Bagi Anda yang suka berpetualang dengan perjalanan laut beserta alunan ombaknya. Bisa menumpang Kapal Feri dari Pelabuhan Bolok Kupang menuju P.Lembata, dapat ditempuh selama ± 8 – 12 jam dengan ongkos Rp 80.000′-. Ada lagi alternative perjalanan yang lebih komplet, seperti yang Aku pilih kali ini, karena ke Pulau Lembata tidak bertepatan dengan skedul Merpati. Dari Kupang naek pesawat Merpati ke Maumare, berangkat jam 6.00 WITA waktu tempuh ± 45 menit.

Setelah selesai mengambil bagasi, perjalanan dilanjutkan dengan Carter Taxi rute Maumare – Larantuka dengan biaya Rp 450.000,- tergantung kepiawaian bernegosiasi,- atau kalau mau irit lagi bisa naik bus reguler dengan ongkos yang lumayan murah. Umumnya pengertian taxi disini adalah mobil-mobil minibus (Kijang, Panther atau sejenisnya) yang disewakan dan masih berplat hitam.

Dengan moda tranportasi ini perjalanan ditempuh selama 4 jam sampai ke Larantuka. Perjalanan maseh dilanjutkan dengan Bus Laut isitilah penduduk lokal untuk menyebut Perahu Motor (Boat Kayu) yang melayani rute Larantuka – Pulau Lembata, cukup merogoh kocek Rp 30.000 dengan waktu tempuh ± 4 jam sampailah di “Surga Terakhir di Ujung Timur NTT” ini.
[CENTER]

Bagaimana Dengan Akomodasinya..??

menginap disebuah hotel sederhana. Hotel ini terletak di salah satu sudut Kota Lewoleba ibukota Kabupaten Lembata. Walaupun masih sederhana tapi terasa ”the realy lodging” tempat benar-benar untuk beristirahat, tanpa kebisingan. Bila tidak ada jemputan, untuk mencapai penginapan ini Anda bisa naik ojek dari pelabuhan Lewoleba, cukup dengan membayar Rp 5000 saja. Sampai saat ini belum ada Taxi khusus di kota kecil ini. Sulitnya transportasi untuk masuk dan keluar dari pulau ini tidak akan menjadi kendala berarti, bila tujuannya untuk menangkan diri dan jauh dari hingar-bingar kota di P.Pulau Lembata-lah tempatnya.

Kapan Sebaiknya Anda Kesana..??

Musim Kunjungan Terbaik Di Mungkinkan Sepanjang Tahun .
[CENTER]

Know Before You Go..!!
  • Kiwanen dan Watenen adalah sebutan orang Lamaholot kepada dua penganut agama besar di Kabupaten Lembata. Kiwan berarti gunung, jika ditambah akhiran “en” kata kiwan akan berubah arti menjadi orang gunung atau orang pedalaman. -
  • Sedang Watan atau watanen merupakan kebalikan dari kiwan atau kiwanen. Dalam bahasa lamaholot, sebutan kiwanen dan watanen merupakan istilah atau sebutan bagi kaum penganut ajaran agama Katolik dan Islam.
  • Kiwanen adalah sebutan bagi kaum penganut ajaran Katolik, hal ini dikerenakan orang katolik rata-rata berdomisili di wilayah pedalaman, atau biasanya pada kampung-kampung tertentu masyarakat katolik memilih tinggal sedikit menjauh dari pesisir pantai. Pilihan tempat tinggal bagi masyarakat penganut agama katolik ini, di pandang cocok karena kebanyak orang katolik bermata pencharian sebagai petani.
  • Hal ini berbanding terbalik dengan masyarakat penganut ajaran muslim. Rata-rata penganut muslim di Lembata memilih tinggal di pesisir pantai, kerana muslim Lembata melekat dengan mata pencharian nelayan. Sumber sejarahwan mengatakan istilah watanen dan kiwanen mulai dikenal sejak dua agama besar ini masuk di Lembata.
  • “Ada istilah Solor Watan Lema (Solor lima pantai-red) merupakan sebutan bagi komunitas kerajaan muslim yang bernaung dibawah raja Larantuka,” kata sejarahwan Lebala, Sujudin Mayeli. Kerajaan yang tergabung dalam komintas Solor Watan Lema, adalah adalah, Kerajaan Lohayong, Kerajaan Terong, Kerajaan Lamahala, kerajaan Lamakera, empat kerajaan ini sekarang berada dalam wilayan administrasi kepemerintahan kabupaten Flores Timur, dan satu-satunya kerajaan di Lembata sebagai sebuah kerajaan Islam, adalah Kerajaan Lebala.
[CENTER]
Bagaimana sahabat TravelEsia Apakah Anda Ingin Menyibak Sejuta Pesona Nusa Tenggara Timur,Jika Anda Berkunjung ke Nusa Tenggara Timur sempatkanlah Mengunjungi Keindahan Pulau Lembata, Taman Nasional Menepue Tanah Daru , Taman Nasional Laiwangi Wanggameti , Danau Weekuri , Pulau Adonara , Taman laut 17 Pulau Riung Mari Kita Dukung Indonesia Sebagai Destinasi Wisata Dunia.

[CENTER]

Sumber Artikel :


Last edited by TravelEsia; 1st January 2015 at 09:07 PM..
TravelEsia is offline   Reply With Quote
Old 5th January 2015, 05:25 PM   #2
forsaFX
Sek Des
 
forsaFX's Avatar
 
Join Date: 22 Nov 2014
Userid: 2919
Location: XThree
Posts: 317
Real Name: SS
Likes: 0
Liked 29 Times in 28 Posts
Default Re: Pulau Lembata : Menyibak Sejuta Pesona Nusa Tenggara Timur

Umumnya wilayah -wilayah di NTT masih sangat alami sangat bagus dan indah untuk dipandang. Lihat saja Lembata, belum mewakili semua wilayah di NTT namun paling tidak settinglah pikiran anda bahwa suatu saat akan ke NTT dan menikmati keindahan alam di sana. Pemerintah juga diharapkan untuk mengelola sektor ini dengan lebih baik. Ini sumber penghasilan loch
forsaFX is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Pesona Matano, Danau Terdalam Asia Tenggara fx.michael Indonesia Indah! 0 15th November 2014 09:08 AM
Ekspedisi NKRI 2015 di Kepulauan Nusa Tenggara agusjember Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military 0 14th November 2014 06:32 AM
Festival Lembata 2014 campatour Jualanku - My Stores and Shops 0 13th August 2014 06:14 PM
Pulau-pulau Indah di Nusantara Indonesia berjumlah 17.504 admin Indonesia Indah! 6 1st August 2014 02:10 PM
Selamat Datang Di Pulau Paling Exotic: Pulau Lombok Dan Gili Islands BudakBandel Forum Travelingku Jalan Jalan 20 18th July 2014 11:12 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 03:22 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts