forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Indonesia > Indonesia Membangun! > Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military Forum Militer dan Pertahanan Indonesia.

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 2nd January 2015, 08:07 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 2 Nov 2014
Userid: 2780
Posts: 711
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Pesawat Tempur Siluman Chengdu J-20 (Bagian III)


China sejak lama memiliki kemampuan memproduksi berbagai jenis pesawat tempur secara mandiri. Sama halnya dengan proses pengembangan kapal induk dan rudal balastik, tahapan awal pengembangan pesawat-pesawat tempur China pun teknologinya banyak diperoleh dari Unisoviet/Rusia. China melalui tahapan yang panjang untuk meraih capaian seperti sekarang ini dalam pengembangan dan memproduksi pesawat tempur berbagai jenis dan tipe hingga patut diperhitungkan oleh negara-negara lainnya didunia yang telah lebih dulu menguasai teknologi yang terbilang High-Tech dan modern ini. Segala bentuk usaha dilakukan China untuk mencapai apa yang menjadi tujuan untuk diraih. Mulai dari pengorbanan dana besar untuk membeli pesawat-pesawat tempur dalam jumlah signifikan demi memperoleh Transfer of Technology (TOT) dari negara produsen, pengembangan berbagai proyek pesawat tempur nasional yang melibatkan perusahaan-perusahaan asing sebagai penyedia teknologi pendukung yang belum dikuasai China, meniru teknologi pesawat tempur yang diproduksi oleh negara lain untuk lebih efektif mempersingkat waktu dan meminimalkan biaya pengembangan dan penyelesaian proyek yang dikerjakan karena dalam hal ini tidak diperlukan proses R & D yg memakan waktu dan biaya meskipun apa yang dilakukan China terbilang ilegal, dan China akan melakukan segala cara untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan untuk meraih kemandirian, bila perlu dengan mencuri teknologi-teknologi yang diinginkan dari negara lain yang memiliki teknologi tersebut.

Dari berbagai bentuk usaha yang telah dilakukan China, beberapa jenis pesawat tempur telah berhasil dikembangkan dan diproduksi yang hingga saat ini masih aktif digunakan oleh People’s Liberation Army ( PLA ) antara lain Chengdu J-7 dan J-8 merupakan pesawat tempur yang memiliki peran sebagai Interceptor Fighter, J-10/J-16 dengan kemampuan Multirole Fighter, JF-17 merupakan pengembangan bersama antara Chengdu Aerospace Corporation China dengan Pakistan Aeronautical Complex ( PAC ) dan masih ada lagi jenis pesawat tempur lainya yg telah berhasil dikembangkan serta diproduksi oleh China. Berbagai inovasi terus dilakukan China untuk mengembangkan berbagai jenis pesawat tempur canggih dan modern untuk memenuhi kebutuhan People’s Liberation Army (PLA) dan pasar ekspor.

Saat ini China sedang berfokus pada pengembangan pesawat generasi 5 dengan kemampuan siluman. Salah satu pesawat siluman yang masih dalam proses pengembangan adalah Chengdu J-20. Pengembangan awal Chengdu J-20 berasal dari program J-XX yang telah dimulai sejak tahun 1990. Ada berbagai spekulasi muncul dari ambisi China untuk dapat mengembangkan dan memproduksi pesawat generasi 5 Chengdu J-20 terutama berkaitan dengan kemampuan China untuk memenuhi unsur-unsur teknologi yang harus dimiliki oleh jenis pesawat ini, mulai dari kemampuan siluman disegala aspek, kemampuan manuver yang tinggi, sistem avionik yang canggih, mampu mengintegrasikan jaringan data dari sistem sensor dan avionik dan kemampuan multi peran.

Diantara spekulasi yang muncul adalah adanya fakta yang pernah diungkap oleh BBC pada tanggal 24 Januari 2011 yang menyebutkan bahwa teknologi dibalik pesawat siluman Chengdu J-20 sebagiannya didasari pada teknologi yang diusung oleh pesawat siluman F-117 “ Nighthawk “ milik Amerika Serikat yang berhasil ditembak jatuh oleh rudal pertahanan udara Serbia sewaktu terjadi perang Bosnia-Kosovo di tahun 1999. Dari hasil puing-puing pesawat itulah China berhasil memperoleh sebagian teknologi untuk dijadikan dasar pengembangan pesawat silumannya. Karena kedekatan hubungan antara pemerintah China dan Serbia inilah yang menhantarkan China memperoleh akses untuk mempelajari teknologi F-117 “ Nighthawk “ yang berhasil ditembak jatuh militer Serbia. Dari puing-puing pesawat siluman F-117 “ Nighthawk “ China mendapatkan ide dasar bagi pengembangan pesawat siluman Chengdu J-20, China mulai mempelajari dan melakukan reverse-engineering untuk dapat menguasai teknologi dan konsep untuk nantinya digunakan sebagai bagian dari sumber teknologi pengembangan pesawat siluman Chengdu J-20. Kemiripan desain F117 “ Nighthawk “ tampak pada sayap sebelah kiri, kursi lontar pilot, sistem radio dalam pesawat dan kanopi.

Spekulasi lainnya juga mengungkapkan bahwa kemajuan dari proses pengembangan Chengdu J-20 merupakan hasil kerja dari Cyber Army Unit 61398 ( PLA ), yang diindikasikan bahwa organisasi dari Unit 61398 bernaung dibawah PLA General Staff Department. Unit 61398 berhasil mencuri informasi-informasi dan data-data rahasia yang berhubungan dengan perdagangan dan bisnis dari setidaknya 141 perusahaan dan organisasi yang sebagian besarnya dimiliki Amerika Serikat. Diantara perusahan dan organisasi bisnis yang berhasil di bobol antara lain Lockheed Martin, Telvent dan perusahaan-perusahaan lainnya yang merupakan perusahaan dan organisasi bisnis di bidang perkapalan, aeronautics, senjata, energi, manufaktur, engineering, elektronik, keuangan dan software. Spekulasi ini bukan tanpa alasan karena desain dari pesawat Chengdu J-20 memiliki banyak kesamaan dengan F-22 “ Raptor “ Amerika Serikat termasuk proyek pesawat siluman lainya milik China Shengyang J-31 yg memiliki banyak kemiripan desain dengan pesawat siluman F-35 Lightning II Amerika Serikat. Uraian diatas hanyalah sekelumit cerita tentang bagaimana kegigihan China untuk mewujudkan apa yang menjadi tujuannya, menuju kemandirian dalam penguasaan teknologi militer. Gambaran mengenai detail proses pengembangan pesawat siluman Chengdu J-20 penulis coba bahas dimulai dari :

Uji terbang

Uji terbang pertama pesawat siluman Chengdu J-20 berlangsung pada tanggal 11 Januari 2011, sekitar 15 menit dimana pesawat jenis Chengdu J-10S diskenariokan sebagai pesawat pengejar. Perayaanpun dilakukan karena kesuksesan yang diraih dalam uji terbang pertama ini dan dihadiri oleh Li Gang sebagai pilot penguji, Yang Wei selaku Chief Designer serta Jendral Lie Andong yg merupakan Deputy-Director of General Armament. Pada tanggal 17 April 2011, uji coba keduapun dilakukan selama 1 jam 20 menit. Pada tanggal 5 Mei 2013, selama 55 menit uji terbang dan uji coba landing gear dilakukan. Tanggal 26 Februari 2012, pesawat siluman Chengdu J-20 menunjukkan kemampuan Low-Attitude Manuvers. Tanggal 12 Mei 2012, prototipe kedua menjalani tes Taxiing berkecepatan tinggi dan diakhir bulan Mei dilaksanakan uji terbang. Pada tanggal 20 Oktober 2012, Foto-foto baru prototipe Chengdu J-20 pun muncul dengan tampilan pelindung untuk radar AESA yang baru. Pada Maret 2013, tampilan gambar Weapon Bay pun ditunjukkan termasuk rel peluncur rudal. Pada 16 Januari 2014, prototipe Chengdu J-20 dipublikasikan, terlihat sesuatu yg baru pada Intake, Stealth Coating, Vertical Stabilizer dan Electro-Optical Targeting System.

Desain :

Karakteristik

Chengdu J-20 memiliki desain pada badan pesawat yang lebih panjang dan lebar dibanding pesawat siluman lainya yang ada saat ini, dengan nose section dan frameless canopy yang mirip dengan desain F-22 “ Raptor”. Pada kokpit terdapat intake dengan posisi tampak rendah, permukaan canard seluruhnya digerakkan dengan dihedral yang ditempatkan dibelakang intake, diikuti oleh leading edge extensions yang desainnya disatukan ke dalam sayap dengan forword-swept berada dibagian pinggir. Konfigurasi desain dengan mengusung canard delta memungkinkan bagi pesawat Chengdu J-20 untuk berbelok dengan magnitude yang sama tetapi berlawanan dengan sudut serang, sehingga pilot tetap mampu mempertahankan kendali atas pesawat dan pesawat tempur ini akan tetap berkinerja baik dalam kecepatan supersonik, berkemapuan sangat baik dalam perpaduan kecepatan transonik dan supersonik serta adanya peningkatan dalam kemampuan mendarat di landasan pendek dibanding dengan pesawat tempur yang mengusung desain sayap delta konvensional. Pilihan Chengdu J-20 untuk mengusung desain sayap delta memberikan keuntungan aerodinamis. Keuntungan utama yang dapat diperoleh adalah menjadikan pesawat tempur ini memiliki sudut sapu sayap kearah belakang yang cukup besar dengan tepian depan sayap tidak akan berbenturan dengan batas gelombang kejut yang terbentuk oleh moncong badan pesawat, sehingga kecepatan pesawat dapat mendekati atau bahkan melampaui kecepatan transonik hingga akhirnya pesawat mencapai kecepatan supersonik, sudut sapu sayap kearah belakang dapat memperkecil kecepatan udara tegak lurus terhadap tepi depan pesawat dengan demikian memungkinkan pesawat dapat terbang pada kecepatan subsonik, transonik atau supersonik secara maksimal, sementara kecepatan udara diatas sayap untuk mengangkat badan pesawat tetap terjaga agar lebih kecil dari kecepatan suara.

Engine

Prototipe pesawat tempur siluman Chengdu J-20 menggunakan engine Shengyang WS 10 yang merupakan engine hasil pengembangan dan produksi China dengan spesifikasi :

Karakteristik Umum:

Tipe : Afterburning Turbofan
Diameter : 950mm
Dry Weight : 1.630kg
supry is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Gripen E, Pesawat Tempur Terbaik supry Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military 0 27th November 2014 02:56 PM
Jet Tempur J-10 Chengdu China, Jatuh Terbakar supry Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military 0 18th November 2014 10:27 AM
India Menggudangkan Pesawat Tempur Sukhoi-30 supry Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military 0 13th November 2014 08:25 AM
Kapal Selam PT.PAL Dan Pesawat Tempur PT.DI supry Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military 0 7th November 2014 08:38 AM
Top 5 Jet Tempur Siluman BradPreett Forumku the Lounge 6 14th July 2014 10:34 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 12:03 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts