forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Indonesia > Indonesia Membangun! > Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military Forum Militer dan Pertahanan Indonesia.

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 26th January 2015, 04:01 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 2 Nov 2014
Userid: 2780
Posts: 711
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Mengapa AS Hanya Takut pada Putin ?


Penduduk dunia ini ada 7,2 miliar orang, tapi Amerika Serikat hanya takut terhadap satu orang—Vladimir Putin. Hampir di semua aspek Perang Dingin baru, Presiden Rusia itu mampu mengalahkan keroyokan Barat. Majalah Forbes kembali menobatkan Putin sebagai orang paling kuat di planet ini untuk kedua kalinya dalam dua tahun terakhir.

Di Suriah, Krimea, dan Ukraina, Barat takluk pada pendekatan Putin dan mengalami kemunduran yang memalukan. Terkait energi, saluran pipa Rusia—bukan Barat—yang akan mendominasi wilayah Eurasia.

Namun alih-alih menghitung skor, kami bmencoba memahami bagaimana Putin berhasil menjaga posisi Rusia tetap unggul.

Putin Tahu DNA Musuhnya

Berbekal pengalamannya di KGB, Presiden Rusia memahami cara Amerika Serikat bekerja. Modus operandi Amerika adalah mengorganisasikan kudeta, pemberontakan, dan revolusi tandingan di negara-negara tempat pemimpin nasionalis berkuasa. Iran, Chili, Ekuador, Venezuela, Panama, dan Ukraina adalah beberapa contoh klasik.

Dalam “Confessions of an Economic Hitman”, John Perkins menuliskan bagaimana ia dan ‘hitman’ lain dikirim ke negara berkembang sebagai konsultan untuk menyuap atau memaksa diplomat, ekonom, dan politisi demi memenangkan tawaran Amerika Serikat. Mereka kerap berhasil, tetapi jika gagal, CIA akan menerjunkan para ‘serigala’—pembunuh terlatih profesional yang akan merekayasa kematian orang-orang yang menghalangi dominasi mutlak Amerika.

Satu-dua pukulan oleh para economic hitman dan pembunuh bayaran ini sangat efektif untuk melumpuhkan negara lain, sehingga Amerika Serikat jarang menggunakan cara lain. Hanya di Irak dan Libya Amerika terpaksa menggunakan kekuatan militer demi tujuan ekonominya.

Putin tahu AS pernah mencoba pendekatan serupa di Rusia. Sebagai mantan jenderal KGB di Jerman Timur, ia tahu para pembunuh bayaran selalu mengintai dirinya.

Perang di Ukraina jelas sebuah dalih untuk menarik Rusia agar masuk dalam konfrontasi militer langsung dengan angkatan bersenjata Ukraina, untuk menciptakan perang regional di Eropa.

Tanggapan Rusia bercabang dua. Pertama, Rusia menolak melakukan baku tembak dengan preman-preman Ukraina dan hal tersebut membuat Amerika frustrasi. Washington hanya bisa diam terkait Ukraina, dan hal itu secara brilian disebut seorang jenderal Tiongkok sebagai gejala “disfungsi ereksi” strategi Amerika.

Kedua, Putin menggunakan strategi asimetris untuk menghentikan—dan akhirnya meruntuhkan—kekuasaan Amerika. Tujuan utamanya adalah menggempur jantung kekuatan Amerika—dolar. Rusia—dengan dukungan BRICS—mulai beralih dari perdagangan dolar, langkah yang akan berdampak besar pada ekonomi Amerika yang nyaris tidak bertumbuh.
Menyasar Jantung Ekonomi

Menurut portal keuangan Zero Hedge, “Tindakan balasan Glazyev secara khusus menyasar kekuatan utama mesin perang AS, yaitu mesin cetak Bank Sentral. Penasihat Putin mengusulkan pembentukan ‘aliansi antidolar’ beranggotakan negara-negara yang mau dan mampu meninggalkan dolar dalam perdagangan internasional mereka. Anggota aliansi juga akan berhenti menyimpan cadangan mata uang dalam instrumen bersatuan dolar. Koalisi antidolar akan menjadi langkah pertama untuk pembentukan koalisi antiperang yang dapat turut menghentikan agresi AS.”

Situs tersebut juga menuliskan bahwa melihat upaya baru-baru ini yang dilakukan oleh para pemimpin bisnis Jerman, Prancis, Italia, dan Austria untuk menghentikan sanksi terhadap Rusia, penilaian penasihat Putin terbukti benar. “Hal yang agak mengejutkan bagi Washington ialah perang demi Ukraina mungkin akan segera menjadi perang demi kemerdekaan Eropa dari AS dan perang melawan dolar.”

Semua langkah Putin di papan catur geopolitik ini terbilang tepat, namun lawan-lawannya tak akan hanya duduk manis melihat kekuasaannya runtuh. Saat ini, nilai rubel terhadap dolar Amerika anjlok drastis, bahkan setelah harga minyak ditekan habis-habisan oleh Saudi—yang kemungkinan besar atas permintaan tuan-tuan Amerika mereka. Amerika tak akan berhenti berusaha menumbangkan Rusia karena Rusia adalah satu-satunya negara yang menghalangi Amerika Serikat untuk mendominasi dunia.

Akan tetapi, Putin adalah pejudo yang tahu cara menggunakan tenaga musuh untuk mengalahkannya sendiri. Bagaimanapun, yang perlu ia lakukan adalah mencegah kaum barbar di sana memasuki gerbang. Bantuan telah datang dari Timur dan kekalahan pasukan yang dipimpin Amerika hanyalah soal waktu.

Sementara itu, berikut ini papan skor untuk melihat bagaimana Putin mengungguli Presiden Barack Obama.

Suriah: Putin-1, Obama-0

Krimea: Putin-1, Obama-0

Ukraina: Putin-1, Obama-0

Saluran Pipa: Putin-2, Obama-0

Forbes: Putin-2, Obama-0

Artikel ini tidak merefleksikan opini resmi RBTH.

(indonesia.rbth.com).
supry is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Takut Naik Pesawat, No Way! graziani Forum Travelingku Jalan Jalan 2 16th August 2016 02:56 PM
Jasa Pembuatan Web Tokoonline hanya 250rb GRATIS Hosting dan Domain hanya di Pulsel.com ingatbae Aneka Jasa / Service 1 14th January 2015 09:21 AM
Atasi lemak pada jantung, hanya DISINI nov_saari Health Kesehatan 2 7th January 2015 12:51 PM
Sidak Puskesmas Tebet, Menpan-RB Takut Ketemu Nyi Blorong sucyresky Business and Economy! 0 2nd January 2015 11:09 AM
Jual DVD Anime Digimon Season 3 Tamers Murah keren dan hanya da disini | hanya 2ribu gaosakun Berita dan Informasi 3 12th November 2013 11:23 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 06:37 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts