forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Indonesia > Indonesia Membangun! > Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military Forum Militer dan Pertahanan Indonesia.

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 30th January 2015, 02:50 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 2 Nov 2014
Userid: 2780
Posts: 711
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Operasi Pro Integrasi Xanana Gusmao (Part ..2)


Saya berseru dalam hati: “Alhamdulillah ya Allah, aku bersukur atas Taufik dan Hidayah yang engkau berikan padaku!……Aku mohon, proses selanjutnya akan berjalan lancar sesuai hasil diskusi malam ini dengan Xanana Gusmao….!!!”
Selanjutnya mulai jam 24.00 sampai jam 04.00, saya dengan Xanana Gusmao berdiskusi panjang lebar tentang Latar Belakang politik Pemerintah RI invasi Ke Tim Tim th 1976, tentang Menlu AS Henry Kissinger yang membujuk Presiden Soeharto pada tahun 1976 utk invasi ke Tim Tim yang dikuasai oleh Fretillin yang berfaham Komunis!
Pemerintah AS yang pada tahun 1975 kalah di Vietnam dan Vietnam Selatan menjadi Negara Komunis, membuat AS takut efek Domino akan menjalar sampai ke Asia Tenggara!
Saya jelaskan bahwa Pemerintah RI tidak memusuhi rakyat Tim Tim, tapi memusuhi Faham Komunis yang dianut Fretillin yang berkuasa di Tim Tim atas penunjukan Pemerintah Portugal!
Banyak sekali pembahasan tentang politik dalam dan luar negeri Indonesia, termasuk peristiwa Pemberontakan G 30 S PKI di Indonesia yang membuat TNI sangat memusuhi Komunisme! Termasuk tentang Pahlawan Revolusi yang disiksa dan dibunuh PKI di Indonesia tahun 1965!
Xanana, bengong lalu berkata: “I am not a comunism! I am a Christian, I am not the leader of Fretillin anymore!, I am a commander of Fallantill, the troops of Timor Leste!….”
Diskusi panjang lebar adalah untuk membangun OPINI BARU dalam MINDSETnya Xanana, bahwa Pemerintah RI bukan musuh rakyat Timor Leste!, tapi justru saudara yang ingin menolong mereka dari cengkeraman Komunisme Dunia yang saat itu masih berjaya!
Akhirnya Xanana berjanji, kapan diminta, Xanana akan membongkar rahasia semua klandestine perjuangan pemberontak Fretillin, menyuruh anak buahnya turun gunung dan menyerah pada TNI disana”
Waktu jam 04.00 pagi, sudah tanggal 23 November 1992, hari ketiga Xanana di Ma Pomdam, saya pamit untuk pulang, Xanana masih memeluk erat badan saya agar jangan dulu pulang, masih ingin CURHAT!….(bayangin Xanana minta curhat pada Nurhana? Hehe!..sekarang Xanana adalah Presiden dan Perdana Menteri yang dihormati presiden RI!!! Hehe!)….
Permintaan Xanana saya tolak, karena hal essensial sudah tercapai, yaitu menghancurkan Mental Blocking Xanana dan memasukan opini/persepsi yang menguntungkan pemerintah RI!….juga saya sudah cape banget, dua hari dua malam tidak tidur sama sekali!!!
HARI KETIGA (23 November 1992)
Hari ketiga, Xanana siangnya berteriak teriak sambil menangis sambil berkata: “ OK, I will make a political statement, I will sign the agreement what Idonesian president ask!, I will tell all information about Fretilin Klandestine and member in Timor Leste!, too many many magic power here!…”
Mendengar pernyataan Xanana tgl 23 siang tersebut, saya lapor Pangdam IX Udayana. Pangdam perintahkan saya lapor ke Bais ABRI tentang perkembangan situasi tersebut.
Saya lapor ke Bais ABRI, diterima oleh Mayjen TNI Hendro Priyono, Dir A Bais.
Dir A Bais menyatakan bahwa Bais akan mengirimkan Tim dibawah pimpinan Brigjen TNI Farid Zainudin, Dan Sat Intel Dir A Bais utk memproses pembuatan Pernyataan Politik Xanana tersebut, sekaligus menjemput Xanana ke Jakarta, pada besok harinya, tanggal 24 November 1992!
Pangdam IX Udayana juga memanggil Dan Satgas Intel Kolak Ops Tim Tim beserta Tim untuk datang ke Ma Pomdam pada tgl 24 pagi untuk melakukan investigasi ulang, membongkar jaringan klandestine/operasi intel Fretilin di Tim Tim, sekaligus membantu proses pembuatan “Pernyataan Politik yang akan dibuat dan ditandatangani Xanana Gusmao di Ma Pomdam IX Udayana pada tgl 24 malam!
Pangdam IX Udayana juga memerintahkan Kapendam IX Udayan Letkol Anton untuk mempersiapkan semua alat peralatan untuk melakukan dokumentasi peristiwa sangat penting tersebut!
HARI KEEMPAT (24 November 1992)
Pada hari itu, Tim Satgas Intel Kolak Ops Tim Tim dipimpin oleh Dan Satgas Intelnya melakukan investigasi ulang terhadap Xanana Gusmao dan Xanana membuka semua rahasia tentang Siabidibame kekuatan Klandestine pemberontak Fretilin di Timtim secara tuntas.





Brigjen TNI Farid Zainudin dengan Tim Bais yang akan melakukan supervisi proses pembuatan Pernyataan Politik Xanana, tiba di Denpasar Bali pada siang hari, langsung lapor Pangdam untuk mendapat pengarahan langsung.
Malam harinya, setelah shalat Isa, baru dilakukan Dokumentasi Pernyataan Politik Xanana Gusmao secara tertulis dan lisan dengan dilakukan rekaman video oleh Ka Pendam IX Udayana dan Pomdam IX Udayana.
Isi pernyataan Xanana adalah:
MENGAKU BERSALAH TELAH MELAKUKAN PEMBERONTAKAN TERHADAP PEMERINTAHAN RI YANG SYAH DAN BERDAULAT ATAS TIMTIM.MINTA MAAF ATAS KESALAHAN PEMIMPIN PEMBERONTAKAN BERSENJATA TERHADAP PEMERINTAHAN RI YANG BERDAULAT ATAS TIMTIM.MENYATAKAN MENGAKUI KEDAULATAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA ATAS TIMTIM DAN MENYATAKAN PRO-INTEGRASI DENGAN NKRI!
Pernyataan ini dibuat diatas kertas bermaterai lengkap, dibacakan sendiri oleh Xanana Gusmao didampingi oleh Kolonel CPM Nurhana/Dan Pomdam IX Udayana dan As Intel Kasdam IX Udayana Kolonel Inf Soentoro, sambil direkam menggunakan alat rekaman video milik Pendam IX Udayana, dilakukan di dalam kantor Dan Pomdam IX Udayana Denpasar Bali, disaksikan oleh Pangdam dan pejabat teras Kodam IX Udayana, Tim Satgas Intel Kolak Ops Tim Tim serta Tim Bais dipimpin Brigjen Farid Zainudin,pada jam 20.00.
Proses pembuatan pernyataan didokumentasikan oleh Pendam, selesai tuntas sekitar jam 22.00, setelah istirahat sejenak, Brigjen Farid minta izin Pangdam pamit pulang ke Jakarta malam itu juga menggunakan pesawat Herkules Khusus, milik TNI AU.
Ternyata Pangdam IX Udayana memerintahkan Kolonel CPM Nurhana, Dan Pomdam IX Udayana yang harus membawa Xanana sampai ke dalam sel tahanan Xanana di kantor Bais di Jakarta, diserah terimakan antara Kodam IX Udayana denga Bais ABRI atas tanggung jawab penahanan Xanana, harus di sel tahanan kantor Bais Jakarta, bukan di Denpasar! Kawatir Xanana hilang diperjalanan antara Denpasar-Jakarta!
Walau dalam kondisi sudah 3 hari 3 malam saya tidak tidur sama sekali, saya tetap melaksanakan tugas mulia dan kepercayaan demikian tinggi dari Pangdam kepada saya, membawa, mengawal dan menyerahkan Xanan di kantor Bais di Jakarta!. Saya perintahkan Letkol CPM Sugiyanto mendampingi saya mengawal Xanana sampai selesai serah terima di kantor Bais, Pejaten, Pasar Minggu jakarta.
Pesawat Hercules yang digunakan rombongan pembawa Xanana tiba di lapangan terbang Halim jakarta sekitar tengah malam, diatas jam 24 malam. Disambut dengan pengawalan ketat dari Kopasus, seperti mengawal rombongan presiden RI! Hehe!
Sampai di kantor Bais di Pejaten Pasar Minggu, langsung dimasukan sel tahanan khusus Bais ABRI dengan pengawalan ekstra ketat dan metoda khusus dari saya!
Pada saat bertemu dengan Mayjen Hendro Priyono, Dir A Bais saat serah terima Xanana Gusmao, Hendro Priyono berdialog dengan saya sebagai berikut:
HP: “Bang Nurhana ( HP adalah alumni AMN 1967, adik angkatan saya, 1965), bagaimana caranya kok bisa menundukan Xanana demikian cepat???!”
Nur: “Wah panjang ceritanya!”
HP:”Cerita intinya saja Bang, saya ingin belajar!”
Nur:”Saya BIUS GHAIB!”
HP:”Apa Bang? Bius Ghaib? Apa itu dan bagaimana caranya???!”
Nur: “Caranya seperti cara pawang binatang buas di Sirkus yang mampu menjinakan Macan, Singa, Gajah dll, padahal semua binatang itu tetap masih ganas dan bunuh orang lain yang bukan pawangnya! Tapi dengan belajar ilmu Pawang, semua binatang buas tunduk! Gitu caranya!, hehe! Manusia buaspun kalau punya ilmu pawangnya, bisa ditundukan! Hehe!”
HP:”Bisa saya belajar Bang?”
Nur: “Hehe, bisa saja, tapi harus berbakat dan ada izin Allah, juga berisiko tinggi ! Kapan kapan kalau sudah siap, hubungi saya! Hehe!”
HP: “ Janji ya Bang!…”
Nur: “Hehe…Iya!!!”
Kemudian saya pamit pulang setelah memberikan petunjuk khusus agar Xanan tetap masih dalam pengaruh BIUS GHAIB saya!
Semua petunjuk saya dicatat dan ternyata kemudian mereka berhasil mengendalikan Xanana dalam waktu lama!
PENUTUP
Pada tanggal 26 November 1992, Waka Bais Mayjen TNI Ary Sudewo didampingi Brigjen TNI Hendro Priyono, lapor kepada presiden Soeharto tentang sukses penangkapan Xanana Gusmao dan pernyataan Pro Integrasi NKRI oleh Xanana Gusmao. Presiden puas dan memerintahkan agar pernyataan Xanana Gusmao segera dipublikasikan ke dunia internasional secepat mungkin, agar sempat merubah keputusan PBB untuk menghukum pemerintah RI akibat Tragedy Berdarah Santa Cruz Dilli, pada tanggal 12 November 1991 di Dilli, yang akan dijatuhkan di sidang Konvensi Komisi HAM PBB di Jenewa, bulan Desember 1992.
Sekitar 2 minggu kemudian, Xanana ditampilkan di semua Televisi di Indonesia, menyampaikan pernyataan Pro Integrasi. Dunia kaget dan geger!. Akhirnya PBB tidak jadi menjatuhkan sanksi internasional kepada pemerintah RI dalam konvensi di Jenewa Desember 1992. Xanana disidang secara terbuka, di Pengadilan Negeri Dilli Tim Tim, dihadiri oleh media Internasional, pada tahun 1993, divonis seumur hidup!.
Sekian dulu uraiannya, terima kasih atas perhatiannya!.
Bogor, Mei 2014
H.Nurhana Tirtaamijaya
Kolonel CPM Purnawirawan
Pengirim: Adninn Odjzie.

Last edited by supry; 30th January 2015 at 02:53 PM..
supry is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Operasi Pro Integrasi Xanana Gusmao (Part ..1) supry Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military 0 30th January 2015 02:49 PM
Indonesia dan Malaysia Siap Jadi Pelopor Integrasi Bank ASEAN miss_nha Business and Economy! 1 1st January 2015 04:56 AM
Integrasi Radar KRI Berkemampuan Hanud supry Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military 0 27th November 2014 11:31 AM
Xanana Ingin Timor Leste Bergabung ke RI supry Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military 0 27th November 2014 10:16 AM
Daftar Aplikasi Linux [Part 1] zxvbm Forumku Hardware and Software 14 31st August 2012 01:04 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 08:11 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts