forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Indonesia > Indonesia Membangun! > Olah Raga dan Organisasi!
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Olah Raga dan Organisasi! Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 23rd February 2015, 03:37 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Nov 2014
Userid: 2900
Posts: 1,236
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default WAWANCARA EKSKLUSIF - Dejan Antonic: Saya Siap Jadi Pelatih Timnas Indonesia


Perjalanan Dejan Antonic selama melatih tim di Indonesia memang penuh daya magic. Ibarat pesulap, Dejan mampu mengubah tim yang tak diperhitungkan menjadi layak diperbincangkan.

Salah satu hasil karya pria berpaspor Serbia ini adalah membawa Pelita Bandung Raya ke semifinal Indonesia Super League 2014. Lantaran pencapaian yang apik itu, membuat Goal Indonesia menobatkan Dejan sebagai pelatih terbaik ISL 2014 melalui mekanisme voting pembaca dan rapat redaksi.

Secara eksklusif kepada Goal Indonesia saat ditemui di lapangan Sesko AU, Lembang, Jumat (20/2), mantan arsitek timnas Hong Kong tersebut bercerita banyak hal. Mulai dari keinginannya menjadi pelatih timnas Indonesia, cerita di balik penjualan Rizky Pellu ke Mitra Kukar, hingga pengakuan nyaris menandatangani kontrak bersama Persija Jakarta. Berikut nukilan wawancaranya:


Apa yang ada dalam pikiran Anda ketika mengetahui terpilih sebagai pelatih terbaik ISL versi Goal Indonesia?

Saya senang sekali, saat melatih di IPL saya juga dapat penghargaan yang sama. Sudah dua trofi dalam dua tahun. Tentu ini semakin menambah semangat saya untuk bekerja lebih keras. Saya ucapkan terima kasih untuk semua orang yang sudah dukung saya karena mereka sudah kasih semangat lebih besar untuk musim depan. Tapi saya harus tetap kerja keras seperti biasa.

Apa ambisi terbesar Anda sebagai seorang pelatih?

Saya masih pelatih muda. Ambisi saya suatu saat nanti kalau memang ada kesempatan saya bisa pindah melatih ke negara di Eropa. Saat ini saya tinggal dua kali pelatihan untuk mendapat lisensi UEFA Pro, tertinggi di dunia. Pintu dimana-mana akan terbuka bagi saya. Tapi kalau ada kesempatan untuk melatih timnas Indonesia, saya senang sekali.

Apakah Anda benar-benar sudah dihubungi PSSI untuk menjadi salah satu kandidat pelatih timnas?

Kemarin memang ada kontak langsung, tapi dia (PSSI) bilang kita tunggu sebentar karena sekarang PSSI katanya sedang fokus ke satu pelatih dari Belanda. Tidak masalah, saya tunggu keputusan dari PSSI.

Jika Anda ditunjuk menjadi pelatih timnas Indonesia, hal apa saja yang ingin Anda benahi?

Paling utama adalah kita harus memilih pemain yang mau main untuk Timnas Indonesia, bukan karena harus. Pemain yang cinta negara Indonesia. Kamu lihat Indonesia negara besar sekali, pasti ada 20 atau 30 pemain yang mau main untuk Indonesia. Saya lihat musim kemarin ada banyak pemain bagus, kita cuma harus bikin dia masuk ke jalan yang benar. Saya pikir cuma seperti itu kita bisa bikin sepakbola lebih bagus. Selain itu kita harus kerja sama mulai dari PSSI, pelatih, dan pemain, karena satu mesin cuma jalan jika semua bagian di dalam berfungsi normal. Kalau tidak, akan sulit.

Jika Anda menjadi pelatih timnas, apakah Kim Kurniawan atau pemain lain di PBR akan mendapatkan caps? Siapa yang paling layak dapat kesempatan itu?

Kim bagus sekali kalau bisa main di timnas karena dia satu pemain yang punya karakter untuk menang dan dia memang mau main untuk Indonesia. Musim lalu dia juga pemain yang bermain di banyak pertandingan untuk PBR.

Kim Kurniawan secara mengejutkan tampil baik sebagai gelandang. Apa yang menjadi pertimbangan Anda saat mengubah posisinya?

Saya tahu Kim dari dulu karena saya pernah menjadi pelatih Arema dan dia pemain Persema. Saat itu beberapa kali dia main lawan saya dan main di tengah. Kim adalah satu pemain yang universal, bisa main di beberapa posisi, dan sangat bagus untuk semua pelatih.

Apa yang ada dipikiran Anda ketika PBR memboyong Syamsir Alam? Apa bisa dibilang ini jadi kesempatan terakhir Syamsir untuk membuktikan diri?

Saya tidak tahu Syamsir sebelumnya. Ada banyak orang bilang positif dan berapa orang bilang negatif. Musim kemarin di Sriwijaya dia tidak main terlalu banyak, sekarang dia punya kesempatan main di sini. Tapi semua tergantung dari hati dia, saya sebagai pelatih cuma bisa bantu, di lapangan tanggung jawab dia dan disiplin dia. Kalau dia kerja seperti sekarang saya tidak takut, kita harus kasih waktu ke dia karena sudah lama dia tidak main.

Musim lalu PBR melaju ke semifinal. Kejutan atau Kepantasan?

Kejutan. Saya pikir untuk semua orang di Indonesia adalah kejutan besar kita bisa masuk ke empat besar, tentu karena kita tim baru, banyak pemain baru, pelatih, dan manajemen baru. Tapi semua kejutan itu bisa diraih karena kita semua kerja bersama-sama dan bekerja keras

Siapa yang akan menjadi Rising Star PBR musim ini?

Kami ada banyak pemain muda, jangan lupa ada Wawan Pebrianto, Hari Susanto, Muhammad Arsyad, pelan pelan kita harus kasih waktu sama dia musim ini. Tapi ingat, musim ini jauh lebih berat dari musim kemarin, jadi kami harus hati-hati sama pemain muda. Kami juga ada Rahmat Hidayat, saya sudah tahu dari dulu di Pro Duta, kami kerja sama Ghozali Siregar. Rahmat pemain yang punya potensi bagus sekali. Dia harus adaptasi sedikit karena IPL sama ISL beda jauh. Tapi kalau kami lihat kerja di lapangan, dia sudah mulai mengerti semua kami mau apa dari dia.

Banyak sekali pemain yang pindah. Mana di antara mereka yang merasa paling kehilangan?

Semua pemain yang pindah penting sekali, jangan lupa kami punya Bambang, Musafri, Gaston, Wildansyah, Dias, semuanya pemain yang utama, bukan cadangan. Buat tim saya cukup berat ketika pemain senior pindah.

Bagaimana cerita di balik kepindahan Rizky Pellu?

Saya tidak mungkin menjual Rizky Pellu kalau finansial bagus, tidak mungkin saya jual dia. Rizky pindah karena kami harus menjualnya, bukan karena kami mau. Beda jauh. Rizky pindah karena finansial kami jelek dan bisa bantu kami untuk dapat uang.

Di antara kiper, belakang, tengah, dan depan, mana sektor yang masih lemah?

Untuk saat ini bek kiri dan bek kanan.

Apa Anda sadar keberadaan PBR di Bandung sebenarnya bagus untuk kompetisi?

Tentu saja sangat bagus. Jangan lupa kemarin ada dua tim dari Bandung di semifinal. Persib jadi juara, saya senang, PBR juga ke semifinal. Dua tim di liga dari satu kota sangat bagus.

Melihat permasalahan yang dihadapi PBR musim ini, apakah menyesal kembali bertahan di PBR dengan menolak tawaran klub lain?

Untuk sekarang saya masih di PBR, mau sampai kapan kita lihat saja nanti. Kalau kita lihat kondisi PBR sekarang beda jauh kalau dari musim kemarin. Musim ini berat sekali secara finansial, kami paling berat dari semua tim di ISL. Target pun beda jauh dari musim lalu. Sekarang kami cuma cari posisi paling aman.

Sejujurnya apa yang Anda pikirkan ketika tawaran dari Persija datang? Ingatkah Anda menangis saat PBR seperti 'dicuri' di markas Persija?

Saya hampir tanda tangan kontrak dengan Persija. Ferry Paulus teman saya, dia lihat saya kerja sudah bagus di Arema IPL, Pro Duta, dan PBR. Dia pasti orang yang ikuti perkembangan saya. Pasti banyak orang dari Jakarta seperti The Jakmania minta saya ke sana. Negosiasi kami hampir selesai, tapi mungkin cuma sedikit ada hal dari manajemen Persija dan PBR yang belum beres. Tapi tentu saya senang kalau tim seperti Persija, Persipura, PSM, dan Persebaya mencari saya.

PBR berkembang berkat banyak pemain muda, seperti apa perkembangan pemain muda di Indonesia?

Saya senang kerja sama pemain muda, tidak hanya di sini saja, saat di Hong Kong juga. Tapi bekerja sama dengan pemain muda itu berat sekali. Kita harus lihat ada beda dari sisi pelatih, ada pelatih yang bisa ada pelatih yang hanya bisa sama pemain senior. Saya tidak masalah sama anak-anak, saya suka kerja sama pemain muda karena saya feeling masih muda ya (tertawa).

Persib kalah telak dari klub Vietnam di play-off Liga Champions Asia, apakah klub Indonesia tidak punya daya saing yang cukup di kompetisi antarklub tertinggi Asia?

Ya, tentu saja.

Apakah Anda melihat klub Indonesia tidak punya ambisi di pentas internasional?

Bukan punya ambisi, melainkan kurang ada kualitas. Satu tim dari vietnam itu salah satu contoh bagaimana kita harus mengganti proses sepakbola Indonesia untuk lebih bagus. Kalau kita lihat sekarang, Vietnam, Thailand, dan Malaysia semua maju-maju, di mana Indonesia? Tetap di sini. Jauh sekali.

Setelah lama menjadi pelatih di Indonesia apa yang menjadi keunggulan serta kelemahan sepakbola tanah air?

Ada banyak plus minus. Semua mulai dari federasi sepakbola di mana semua yang mengatur jadwal sepakbola. Saya masih berpikir Indonesia negara paling besar di Asia Tenggara dan punya banyak talenta muda. Kita harus kasih banyak kesempatan dan waktu pemain muda lalu kita bisa bikin sepakbola Indonesia jauh lebih baik, karena negara yang lain dekat kita sudah jauh lebih maju dari Indonesia.

Tanggapan soal kisruh ISL-BOPI sekarang, apakah bisa mengganggu persiapan dan program tim?

Saya biasanya tidak suka komentar untuk masalah yang itu. Tapi semua masalah yang kita punya lebih bagus selesai sebelum liga mulai. Saya tidak tahu siapa salah siapa benar, itu bukan urusan saya yang bikin keputusan. Tapi lagi jangan lupa dari musim kemarin ada berapa pemain asing sama lokal belum dapat gaji. Kerja kami di sepakbola dan harus membuat sepakbola Indonesia lebih profesional sama dengan di Eropa karena hidup dari gaji yang kita dapat dari sepakbola. Saya pikir pengunduran jadwal itu bagus karena mereka punya banyak waktu untuk selesaikan masalah.
sumber http://www.goal.com/id-ID/news/1387/...elatih?ICID=SP
agung209 is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
FOKUS: Menakar Kandidat Pelatih Interim Timnas agung209 Olah Raga dan Organisasi! 0 22nd February 2015 04:16 PM
Pelatih Timnas Indonesia Akan Tiba Dalam Waktu Dekat agung209 Olah Raga dan Organisasi! 0 17th February 2015 05:40 PM
Djadjang Nurdjaman Kecam Komentar Dejan Antonic agung209 Olah Raga dan Organisasi! 0 29th January 2015 02:32 PM
Dejan Antonic Agendakan Pelita Bandung Raya Pemusatan Latihan Di Hong Kong agung209 Olah Raga dan Organisasi! 0 2nd January 2015 11:05 PM
Pelatih Vietnam: Pengalaman Saya Masih Kalah dari Riedl akiyamashinichi Diplomasi dan Hubungan Internasional 0 21st November 2014 01:15 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 11:38 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts