forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Indonesia > Indonesia Membangun! > Infrastructure, Transportation and Communication!
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Infrastructure, Transportation and Communication! Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 25th February 2015, 10:47 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default PGN keluhkan perizinan pasang pipa gas untuk Rusun Tambora

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah meresmikan rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Tambora, Jakarta Barat. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menginginkan tempat tinggal murah ini dilengkapi dengan pipa gas dari Perusahaan Gas Negara (PGN).

Kepala Komunikasi Korporat PGN Ridha Ababil mengatakan, belum ada kerja sama antara Pemprov DKI Jakarta dengan PGN untuk pemasangan pipa gas di Rusunawa Tambora. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pembicaraan lebih lanjut mengenai pemasangan pipa gas tersebut.

"Memang kami belum ada kerja sama untuk ke Tambora, tapi ke rusun lain ada. Tapi kalau Pak Gubernur mau untuk dibangun ya kami bangun," jelasnya saat dihubungi merdeka.com, Rabu (25/2).

Dia menambahkan, belum ada jalur pipa gas milik PGN ke arah Rusunawa Tambora. Namun, bila Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menghendaki adanya pemasangan pipa gas, maka rencana tersebut butuh campur tangan Pemprov DKI Jakarta.

"Bukan kami gak mau narik pipa. Tapi perizinan masang pipa yang sulit. Karena harus ganggu lalu lintas jalan. Kalau mau, tetap butuh waktu lama," katanya.

Ridha menjelaskan, cara lain untuk menyalurkan gas ke Rusunawa Tambora adalah dengan menggunakan Compressed Natural Gas (CNG) Cluster, yaitu menanam tabung gas di bawah tanah kemudian menyalurkannya dengan pipa ke masing-masing unit.

"Kami sediakan tabung, nanti dialirin pipa ke apartemenya, nanti PGN ngisi pakai mobil tangki misalnya kalau tidak memungkinkan memasang pipa ke sana. Kalau ini memang programnya," ungkapnya.

Dia menjelaskan, ada beberapa keuntungan yang akan diperoleh warga Rusunawa Tambora jika menggunakan gas yakni harganya jauh lebih murah dari LPG dan lebih nyaman.

"Kalau dia tinggal di lantai 16 ribet pakai angkat tabung. Kalau pakai pipa kan lebih praktis. Apalagi semenjak tahun 70 an belum pernah ada kejadian yang meledak," tutupnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) melakukan inspeksi ke rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Tambora, Jakarta Barat. Dia mengatakan, konsep rusunawa ini telah diimpi-impikan semenjak Joko Widodo (Jokowi) masih Gubernur DKI Jakarta.

Namun, Ahok mengungkapkan, rusunawa ini masih memiliki kekurangan. Padahal sudah menggunakan lift dan luas masing-masing ruangan rusunawa sudah mencapai 30 meter persegi.

"Saya senang apa yang kami inginkan tentang rusun, pada saat Jokowi jadi Gubernur dan saya wagub berhasil dibangun. Namun ada kesalahan teknis sedikit," ungkapnya saat memberikan sambutan sebelum meresmikan empat Rusunawa di Rusunawa Tambora, Jakarta Barat, Selasa (24/2).

Dia mengungkapkan, kesalahan teknis tersebut adalah tidak adanya pipa gas yang terhubung ke setiap ruangan Rusunawa. Sehingga membuat warga kesulitan jika mengganti tabung. Padahal dengan adanya pipa tersebut warga dapat berhemat.

"Harga tabung gas sering naik, dengan pipa bisa setengah harga. Kalau PGN tidak ada jalur ke sini, maka kami akan pasang tabung gas besar di bawah (Rusunawa). Jadi PGN tinggal isi, lalu disalurkan ke seluruh unit," terangnya.

Mantan Bupati Belitung Timur ini menjelaskan, walaupun bangunan sudah jadi pipa gas tetap dapat dipasang. Sebab posisi dapur pada masing-masing unit berdekatan dengan jendela, sehingga pipa dapat masuk melalui celah tersebut.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meresmikan pengoperasian 4 rumah susun sederhana sewa (Rusunawa), Rusun Tambora-Jakarta Barat, Rusunawa Pulo Gebang-Jakarta Timur, Rusunawa Jatinegara Kaum-Jakarta Timur, Rusunawa Cipinang Besar Selatan-Jakarta Timur.

Ahok memimpin langsung peresmian yang diadakan di Rusun Tambora. Dia mengatakan, pembangunan Rusunawa merupakan realisasi program rumah sehat dengan biaya sewa murah.

"Dengan mengucap syukur pada Tuhan Yang Maha Esa dengan ini saya resmikan Rusun Tambora, Rusunawa Pulo Gebang, Rusunawa Jatinegara Kaum dan Rusunawa Cipinang Besar," katanya.

Kepala Dinas Perumahan dan Gedum Pemerintah Daerah Ika Lestari Aji menambahkan, dengan peresmian ini maka ratusan kepala keluarga dapat langsung menempatinya. Terlebih 549 unit telah penuh, 477 unit ditempati penghuni. Rusunawa lama sementara sisanya 72 unit diperuntukkan bagi warga yang terkena program relokasi.

"Secara fisik bangunan ini sudah 100 persen selesai dan bisa langsung ditempati," terangnya.

Ika mengungkapkan, masing-masing penghuni akan dikenakan biaya sewa sekitar Rp 458 ribu setiap bulannya. Dana ini akan digunakan untuk biaya pemeliharaan lift dan taman rusun.

"Harga sewa tersebut merupakan harga terendah, karena Pemprov DKI Jakarta memberikan subsidi hingga 80 persen setiap unitnya," kata Ika.


http://www.merdeka.com/jakarta/pgn-k...n-tambora.html
partisusanti is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Pasang Camera Cctv Area Tambora, Pekojan, Jembatan Besi - Jakbar Maryani Alat Rumah Tangga 1 6th October 2016 12:13 PM
BKPM Keluhkan Rumitnya Perizinan Investasi alnpr Business and Economy! 1 5th October 2015 11:23 AM
Tim Sembilan Bentuk 'One Stop Service' Untuk Mempermudah Perizinan agung209 Olah Raga dan Organisasi! 0 13th January 2015 11:43 PM
Pasang Penangkal Petir di Tambora Jakarta Barat sxanyar Aneka Jasa / Service 0 13th December 2014 03:31 AM
Untuk Orang Miskin, Kok Harga Rusun Kemayoran Rp 300 Juta? night.hunter Urban and City Development 0 15th November 2014 12:58 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 04:59 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts