forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > FJB Pasarku - My Market Place > Jualanku - My Stores and Shops > Health Kesehatan
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 25th February 2015, 10:22 PM   #1
Banned
 
Join Date: 1 Jul 2014
Userid: 2310
Posts: 281
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default 54 manfaat jeruk nipis

Pada umumnya masyarakat Indonesia mengenal buah jeruk nipis sebagai salah satu bahan dapur yang berfungsi sebagai penyedap masakan, penyegar, minuman, penyegar, membersihkan karat pada logam, bahan pembuat asam sitrat, dan juga sebagai bahan campuran jamu.

Jeruk nipis sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat. Tanaman yang memiliki nama latin Citrus aurantifolia memiliki rasa yang sedikit pahit dan asam.

Secara alami jeruk nipis ini bermanfaat untuk obat batuk, menghilangkan dahak (mukolitik), memperlancar kencing (diuretik) dan keringat, serta sangat baik dalam membantu proses pencernaan.

Kandungan yang terdapat pada jeruk nipis yaitu Linalool, minyak Limonin dan flavonoid, seperti Poncirin, Hesperidine, Rhoifolin dan Naringin. Pada buah jeruk nipis yang sudah masak mengandung Synephrine, N-methyltyramine, Asam sitrat, Kalsium, Fosfor, Besi, serta Vitamin A, B1, dan C. Sedangkan Asam sitrat yang dikandungnya dapat mencegah kambuhnya pasien setelah operasi batu ginjal.

Ada beberapa tips mengenai manfaat jeruk nipis ini:

1. Meningkatkan kinerja pencernaan
Mengkonsumsi jeruk nipis yang dicampurkan pada segelas air hangat akan memberikan dampak baik pada proses pencernaan. Ini merangsang dan mengaktifkan seluruh proses pencernaan tubuh, sehingga membantu Anda tetap sehat dan aktif.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh
Kandungan vitamn C yang tedapat pada tanaman ini akan memberikan perlindungan terhadap penyakit akibat dingin dan beragam penyakit lainnya. Dengan kekebalan tubuh yang meningkat akan menjaga dan melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

3. Menghambat Penuaan
Kandungan Vitamin C dari jeruk nipis bertindak sebagai antioksidan alami. Sehingga tubuh akan mampu melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh yang menyebabkan banyak kerusakan pada kulit Anda.Jika ingin awet muda, maka minum segelas jeruk nipis hangat memastikan Anda melawan kerutan akibat penuaan dini.

4. Menurunkan berat badan
Pengamat berat badan sering merekomendasikan agar memulai hari dengan segelas air jeruk nipis hangat. Selain memberikan perasaan kenyang, jeruk nipis juga menyediakan serat dan vitamin C yang membantu menurunkan berat badan.

5. Mengobati batuk
Satu jeruk nipis dicuci, diperas, dicampur dengan 1 _ sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata lalu disaring. Diminum 2-3 kali sehari. Atau perasan jeruk nipis ditambah sepotong gula batu lalu diaduk hingga rata, diminum 1 kali sehari sampai sembuh.

6. Menyembuhkan batuk disertai Influenza
Caranya, potong sebuah jeruk nipis masak dan mengandung air yang cukup banyak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 60 cc air panas. Tambahkan 1/2 sendok teh air kapur sirih sambil diaduk rata. Minum ramuan ini 2 kali sehari 2 sendok makan.

7. Mengobati Demam atau Flu
Cara pertama:
Satu jeruk nipis dicuci lalu diperas, tambah dengan 3 siung bawang merah yang telah dilumatkan dan 1 sendok makan minyak kelapa. Oleskan pada kening penderita.

Cara kedua:
Satu jeruk nipis dipanggang sebentar, dipotong, lalu diperas, tambahkan 1 sendok makan madu. Minum sekaligus.

8. Menyembuhkan radang tenggorokan
Caranya, Potong 3 buah jeruk nipis masak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 1/2 cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu sambil diaduk rata. Selagi hangat, gunakan ramun ini untuk berkumur selama 2-3 menit. Lakukan 3 kali sehari.

9. Demam akibat Malaria
Caranya adalah, dengan menyediakan 3 lembar daun jeruk nipis dan daun kendal (Cordia obliqua Willd.) (Blumea balsamifera L.) , dan 5 lembar daun prasman (Eupatorium triplinerve Vahl.). Rebus bahan-bahan tersebut dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringan tersebut dibagi dua, diminum pagi dan sore.

10. Melebatkan Rambut
Satu butir kuning telur ayam kampung dikocok dengan perasan 3 butir jeruk nipis kampung sampai rata. Gosokkan pada kulit kepala, pijit-pijit sampai merata, biarkan selama 2 jam baru dibilas dengan sampo merang agar rambut menjadi mengkilap dan lebat. Sampo merang dibuat dari 1 ikat merang, dibakar sampai menjadi arang, bukan abu, rendam dalam air dan biarkan semalaman. Saring, dan sampo merang siap untuk keramas.

11. Mengobati Ambeien
Sebanyak 10 gr akar pohon jeruk nipis dicuci bersih, lalu direbus dengan air 1 liter selama 1/2 jam, lalu saring. Diminum hangat-hangat 3 kali sehari.

12. Menyembuhkan Amandel
Kulit 3 jeruk nipis dicuci, dipotong-potong, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa 3/4, saring. Air tersebut dipakai untuk berkumur-kumur. Lakukan 3-4 kali sehari.

13. Menobati Batu Ginjal
Cara: Dua butir perasan jeruk nipis kampung diencerkan dengan 2 gelas air hangat, minum setelah makan malam. Lakukan tiap hari selama 10 hari.

14. Anyang-anyangan
Cara: Dua jeruk nipis dicuci, diperas lalu diberi gula batu secukupnya dan 1 gelas air panas. Aduk hangat-hangat, minum sekaligus sehari sekali.

15. Vertigo
Cara: Setengah genggam daun jeruk nipis dilumatkan. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis. Gosokkan ke tengkuk, pelipis, dan dahi. Lakukan 2 kali sehari.

16. Baik untuk Ibu sehabis melahirkan
Satu sendok makan kapur sirih ditambah 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 butir perasan jeruk nipis kampung, diaduk sampai rata, balurkan pada perut. Lakukan selama 3 bulan tiap hari sehabis mandi, agar perut terhindar dari keriput, tetap halus dan kempis seperti sediakala.

17. Mengatasi Haid tidak teratur
Tiga sendok makan air jeruk nipis ditambah 1 sendok makan madu dan 2 gelas air panas diaduk rata. Minum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari

18. Menghilangkan lendir di tenggorokan
Potong 2 buah jeruk nipis, peras airnya, tampung di gelas. Tambahkan sedikit garam, lalu aduk sampai rata. Ramuan ini dapat diminum pada saat perut kosong.

19. Mengatasi bau badan (BB)
Cara pertama: Potong jeruk nipis yang cukup besar menjadi 2 bagian, olesi bagian irisan dengan kapur sirih tipis-tipis. Oleskan ke ketiak setelah mandi. Biarkan selama 5 menit lalu dibilas, lalukan tiap pagi dan sore.

Cara kedua: Beberapa helai (10) daun muda jeruk nipis ditumbuk sampai halus, dilumatkan, pulung kecil-kecil seperti pil, makan 3 kali sehari.

20. Mengobati Difteri
Dua jeruk nipis dicuci, diperas airnya. Seduh dengan 1 gelas air panas ditambah 1 sendok makan madu. Gunakan untuk berkumur selama dua menit saat masih hangat, lalu diminum. Lakukan 3 kali sehari.

21. Mengilangkan jerawat
Satu jeruk nipis diiris kemudian digosokkan pada kulit wajah.

22. Mencegah Rambut Rontok atau Berketombe
Dua jeruk nipis dipotong menjadi tiga bagian, oleskan pada kulit kepala sampai rata. Bungkus kepala dengan handuk semalaman, keramas keesokan harinya. Lakukan 3 kali seminggu.

23. Menghentikan Kebiasaan Merokok
Iris 1 jeruk nipis, isap lalu minum air putih. Lakukan beberapa kali sehari.

24. Mengobati kurap atau panu
Cuci 1 genggam akar landep (Barleria prionitis L.) sampai bersih, lalu tumbuk halus. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis sambil diaduk rata. Balurkan pada bagian kulit yang terkena kurap atau panu, lalu balut dengan kain perban. Ganti balutan 2 kali sehari sampai sembuh.

25. Sebagai obat sakit gigi
Campurkan air jeruk nipis, gilingan akar kecubung hitam dan gilingan legetan warak masing-masing 1 sendok makan. Tambahkan 3/4 cangkir air garam ke dalamnya, lalu aduk sampai rata. Selanjutnya peras ramuan tersebut dan saring. Gunakan air saringannya untuk berkumur selama beberapa menit, lalu buang. Lakukan 4-6 kali sehari.

26. Menurunkan tekanan darah tinggi
Sediakan 20 kuntum bunga dan 30 lembar daun jeruk nipis. Cuci sampai bersih, lalu tambahkan air perasan 2 buah jeruk nipis. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringannya diminum 3 kali sehari 3/4 gelas. Minum ramuan ini ditambah sedikit madu. Lakukan setiap hari.

27. Penambah Stamina
Campurkan sebutir kuning telur ayam kampung, air perasan 1 buah jeruk nipis dan sedikit irisan gula merah. Aduk sampai rata, lalu minum. Lakukan sekali dalam seminggu.

28. Sebagai obat luar terkilir
Tiga Buah jeruk nipis masak dan banyak airnya dibelah menjadi dua. Masukkan ke dalam poci lalu diseduh dengan 1/2 cangkir air panas, kemudian ditutup. Setelah dingin diambil jeruknya kemudian diperas dan disaring. Tambahkan 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 sendok makan minyak gandapura. Ramuan ini dipakai untuk mengurut bagian yang cedera. Setelah itu minum 3/4 gelas air kelapa hijau muda. Lakukan 3 kali sehari.

29. Sebagai penghilang capek dan letih
Cuci daun jeruk nipis, daun ketepeng cina, dan daun sambiloto (masing-masing 1/3 genggam), 10 lembar daun sirih, 2 jari akar pepaya, 2 jari akar kepayang, 3 jari akar kelor, dan 10 buah cabai rawit, lalu tumbuk sampai halus. Rendam ramuan tersebut dalam 1 liter alkohol selama 7 hari. Air perasannya dapat digunakan untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit.

30. Melangsingkan Badan
Tambahkan air perasan satu buah jeruk nipis ke dalam cangkir air teh hijau. Minum ramuan ini setiap pagi dan sore hari. Lakukan setiap hari.

31. Menghilangkan Noda Hitam
Berikut Langkah untuk menghilangkan Noda Hitam dengan Jeruk Nipis caranya dengan menggosok lembut jeruk nipis pada bagian flek hitam diwajah. lakukan cara ini secara rutin dan teratur maka noda hitam akan nampak samar dan akhirnya tidak akan terlihat.

32. Mengobati Panas Dalam dan Sariawan

Kandungan Vitamin C dalam Jeruk Nipis yang tinggi sangat baik dan bisa mengurangi gejala panas dalam dan sariawan.

33. Merawat Kulit Wajah
Caranya adalah dengan mengusapkan air perasan jeruk nipis di wajah, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah 15 menit, bilas wajah anda dengan air sampai bersih. Cara ini dapat membuat kulit wajah anda menjadi lebih bersih, halus, putih dan juga bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori kulit sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat. Jika anda ingin membuat kulit wajah anda menjadi kenyal dan juga bersih, yang dapat anda lakukan adalah mencampurkan perasan jeruk nipis dengan putih telur lalu oleskan pada wajah. Setelah olesan jeruk nipis dan putih telur tersebut mengering, segera bilas dengan air hangat sampai bersih.

34. Memutihkan Kulit Wajah
Ramuan jeruk nipis dan kunyit biasa digunakan untuk memutihkan kulit wajah. Bahan yang harus disiapkan adalah 1 sdm bubuk kunyit, 1 sdm susu bubuk dan 100 ml air perasan jeruk nipis. Caranya, Campurkan semua bahan, kemudian aplikasikan pada wajah secara merata sampai ke leher. Biarkan kering sekitar 20 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat. Dan akhiri dengan membilasnya menggunakan air dingin.

35. Mengobati penyakit kuning
Jeruk nipis manis telah digunakan sebagai obat alami yang efektif untuk mengobati penyakit kuning. Hal ini karena kandungan gizi dalam buah ini membantu dalam meningkatkan fungsi hati dan diyakini memiliki efek meredakan demam dan penyakit kuning.

36. Sumber Vitamin
Jeruk kaya akan vitamin C yang mudah membantu memenuhi kebutuhan harian dalam bentuk alami. Seorang pria dewasa membutuhkan 90 miligram vitamin C setiap hari dan perempuan dewasa sekira 75 miligram. Karena setiap porsi jeruk nipis manis berisi minimal 50 miligram Vitamin C, Anda tak perlu khawatir untuk kebutuhan vitamin C setiap hari saat Anda menambahkan jeruk nipis manis di menu harian.

37. Sumber Mineral
Jeruk nipis manis sangat kaya akan mineral dimana memiliki kandungan kalium tinggi sekitar 490 miligran dalam satu porsi. Selain kalium, jeruk nipis manis juga memberikan kandungan tembaga, kalsium, besi dan fosfor. Semua kandungan mineral itu memiliki beberapa manfaat kesehatan.

38. Membantu Meningkatkan Kesehatan Mata
Kandungan vitamin C serta antioksidan dalam buah jeruk nipis dapat melindungi mata dari penuaan dan juga degenerasi. Selain itu, kandungan flavonoid-nya dapat memberikan perlindungan kepada mata terhadap iritasi dan infeksi.

39. Menurunkan Kolesterol

Flavonoid yang ditemukan dalam jeruk nipis bernama hesperidin juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Sehingga konsumsi jeruk nipis berhubungan erat dengan risiko rendah penyakit jantung dan stroke.

40. Agen Anti Kanker
Limonoid yang ada pada jeruk nipis telah terbukti ampuh menurunkan risiko kanker usus besar, darah, dan lambung. Hal tersebut diungkapkan oleh para peneliti. Limonoid juga aktif mengusir radikal bebas dari dalam tubuh seperti cara kerja teh hijau dan cokelat hitam

41. Agen Pembersih Alami

Jeruk nipis hangat bisa membantu detoksifikasi dan membersihkan tubuh dengan membuang semua racun berbahaya yang terakumulasi didalam tubuh sehingga membuat lebih sehat dan segar.

42. Melebatkan Rambut

Satu butir kuning telur ayam kampung dikocok dengan perasan 3 butir jeruk nipis kampung sampai rata. Gosokkan pada kulit kepala, pijit-pijit sampai merata, biarkan selama 2 jam baru dibilas dengan sampo merang agar rambut menjadi mengkilap dan lebat. Sampo merang dibuat dari 1 ikat merang, dibakar sampai menjadi arang, bukan abu, rendam dalam air dan biarkan semalaman. Saring, dan sampo merang siap untuk keramas.

43. Mengecilkan dan Merapatkan Pori-Pori Wajah
Potong tipis jeruk nipis, oleskan dagingnya pada kulit wajah, terutama di daerah sekitar hidung dan pipi yang pori-porinya terlihat besar.

44. Membuat Kuku Bersih dan Cemerlang

Gunakan air perasan jeruk nipis untuk membersihkan dan menggosok kuku Anda yang kusam agar kuku menjadi terlihat lebih bersih dan cemerlang.

45. Panas/Demam Akibat Malaria
Caranya adalah, dengan menyediakan 3 lembar daun jeruk nipis dan daun kendal (Cordia obliqua Willd.) (Blumea balsamifera L.) , dan 5 lembar daun prasman (Eupatorium triplinerve Vahl.). Rebus bahan-bahan tersebut dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringan tersebut dibagi dua, diminum pagi dan sore.

46. Relaksasi

Untuk mengurangi ketegangan pada otot tangan, kaki, atau pun bagian tubuh lainnya. Iris tipis jeruk nipis, peras airnya, dan tambahkan dengan sedikit air, aduk rata. Kemudian, gosok-gosokkan pada bagian tubuh yang terasa pegal-pegal. Atau, dengan cara merendam bagian yang pegal di air perasan jeruk nipis yang telah dicampur air hangat di dalam ember kecil.

47. Sesak Nafas
Bahan: 1 buah jeruk nipis, 2 siung bawang merah, 1 butir telur ayam kampung, 1 sendok teh bubuk kopi, 1 potong gula batu.
Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, bawang merah diparut kemudian dicampur dengan bahan lainnya dan diseduh dengan air panas secukupnya, diaduk sampai merata, kemudian disaring.

Cara menggunakan: diminum setelah makan pagi secara teratur.

48. Menghentikan kebiasaan merokok
Iris jeruk nipis, hisap, minum air putih. Lakukan beberapa kali sehari.

49. Mengobati mimisan
1 jeruk nipis besar yang sudah tua dicuci, belah, peras, saring airnya untuk menetesi hidung. Lakukan 1-2 kali sehari.

50. Obat anti mabuk
Sebelum atau selama perjalanan panjang meminum perasan air jeruk nipis, terutama bagi mereka yang biasa dilanda mabuk perjalanan.

51. Meningkatkan gairah seksual
Ambil satu buah jeruk nipis nonbiji, lalu potong dan peras airnya. Tambahkan kuning telur ayam kampung dan sedikit gula merah. Aduk hingga rata. Minum seminggu sekali.

52. Membuat suara jadi merdu
Ambil dua buah jeruk nipis nonbiji, lalu potong dan peras airnya. Tambahkan sedikit kapur sirih, kemudian aduk sambil diberi satu sendok madu asli. Minum seminggu sekali selama sebulan.

link:
obat ejakulasi dini dr boyke
jamu kuat pria
harga kasur orthopedi kesehatan
jamu obat kuat
obat kuat foredi gel
obat foredi gel
cara mengatasi ejakulasi dini
agen resmi obat foredi gel
produksi bahan reklamasi lahan
kasur orthopedi kesehatan tulang belakang


53. Mencerahkan/memerahkan bibir secara alami
Ambil satu atau dua buah jeruk nipis, belah menjadi dua bagian, kemudian peras untuk diambil airnya. Air perasan itu kemudian dioleskan pada permukaan bibir. Diamkan selam 15 menit, kemudian seka menggunakan waslap yang telah dibasahi dengan air hangat. Lakukan hal itu dua hingga tiga kali seminggu.

54. Menghilangkan kumis wanita
Campurkan perasan jeruk nipis dengan gula pasir, lalu oleskan campuran tadi dibagian kumis tersebut dan tunggu sampai kering kurang lebih sekitar 30 menit. Lakukan secara berkala pada pagi atau malam hari.
barugratisan is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Sejuta Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh HeadlineNews Forum Kesehatan 1 6th December 2014 03:56 PM
26 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesembuhan Penyakit andi.teguh Pengobatan Tradisional dan Alternatif 10 20th October 2014 11:25 AM
Manfaat Jeruk Nipis yang Hebat qomareza Forum Kesehatan 0 1st August 2014 05:25 PM
Manfaat Jeruk Nipis Sangat Ampuh qomareza Forum Kesehatan 0 4th May 2014 09:14 PM
Tips Langsing Dengan Jeruk Nipis andi.teguh Forum Kesehatan 0 4th January 2013 05:25 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 11:05 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts