forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Indonesia > Indonesia Membangun! > Business and Economy!
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Business and Economy! Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 4th April 2015, 09:07 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Langkah Mudah Buat Anggaran Keuangan Kurang dari Satu Jam

Quote:
JAKARTA - Membuat anggaran merupakan langkah pertama yang penting untuk mengendalikan uang Anda. Setelah membuat anggaran, Anda akan melihat area di mana Anda dapat memotong biaya yang sekiranya tidak diperlukan. Anda juga akan belajar bagaimana banyak Anda dapat menyimpan setiap bulan ke arah tujuan masa depan Anda,

Cara membuat anggaran pun hanya memerlukan waktu tidak lebih dari satu jam. Berikut cara praktis dalam membuat anggaran seperti dilansir dalam artikel berjudul Create Your First Budget oleh Budgeting and Personal Finance Expert, Paula Plant.

- Menghitung pendapatan bulanan Anda.

Jika penghasilan Anda berasal dari pekerjaan tetap, langkah sederhana yaitu dengan melihat gaji terakhir Anda. Jika Anda bekerja sendiri, tambahkan penghasilan bersih Anda dari tahun lalu dan dibagi dengan 12. Ingin akurasi yang lebih besar? Tambahkan penghasilan Anda dari tiga tahun terakhir dan membagi dengan 36 bulan.

- Melacak penghasilan tidak teratur.

Tambah penghasilan tidak teratur atau pasif, seperti bonus, komisi, dividen, pendapatan sewa dan royalti. Jika Anda menerima ini secara kuartalan, atau tahunan, buatlah jumlah rata-rata untuk mendapatkan perkiraan bulanan.

- Buat daftar biaya yang diperlukan.

Biaya yang diperlukan adalah tagihan yang harus dibayar setiap bulan, termasuk biaya sewa atau hipotek, biaya asuransi, pengembalian pinjaman, biaya transportasi, makan dan kebutuhan sehari-hari.

- Buat daftar pengeluaran diskresioner.

Daftar pengeluaran diskresioner Anda, seperti makan di restoran, hiburan, liburan, biaya elektronik dan hadiah. Jangan lupa untuk meninjau laporan kartu kredit dan kartu debit Anda tahun lalu untuk menghitung pengeluaran diskresioner Anda. Tambahkan dan dibagi dengan 12 untuk menemukan rata-rata bulanan. Anda juga dapat membeli software atau bergabung dengan layanan online untuk mengawasi pengeluaran Anda.



- Jumlahkan total pengeluaran Anda.

Setelah menjumlahkan biaya bulanan dan diskrisioner, bandingkan total biaya dengan penghasilan Anda. Jika Anda menghabiskan lebih banyak daripada yang Anda dapatkan, Anda harus membuat beberapa perubahan. Namun, jika ternyata pendapatan Anda lebih dari yang Anda belanjakan, Selamat! Anda dapat memulai menganggarkan tabungan dari sekarang.

- Potong pengeluaran diskresioner Anda.

Jika Anda menghabiskan lebih banyak daripada yang Anda dapatkan, biaya diskresioner Anda harus menjadi yang pertama dan paling mudah untuk dipangkas. Anda dapat memilih untuk memasak makanan sendiri atau memberli paket makanan yang lebih murah daripada makan di restoran. Selain itu, cobalah untuk menyewa DVD untuk ditonton di rumah daripada pergi ke bioskop.

- Memangkas biaya tetap Anda.

Biaya tetap memang lebih sulit untuk dipotong, tetapi Anda dapat menghemat ratusan ribu atau bahkan jutaan dengan melakukannya. Anda dapat meminta evaluasi ulang seluruh nilai rumah Anda jika pajak properti Anda dirasa terlalu tinggi. Atau Anda dapat menegosiasikan tingkat asuransi yang lebih rendah.

- Menetapkan prioritas tabungan.

Setelah mendapatkan kenyataan bahwa penghasilan Anda lebih tinggi dari pengeluaran, sekarang saatnya memutuskan tujuan dari tabungan yang Anda miliki. Prioritas tabungan Anda harus jatuh ke dalam tiga kategori jangka pendek, menengah dan panjang. Jangka pendek seperti liburan dan dana darurat. Jangka menengah seperti biaya pernikahan dan dana pendidikan anak-anak Anda. Selanjutnya, jangka panjang yaitu masa pensiun Anda nantinya. Bagilah tabungan Anda ke dalam rekening yang berbeda tujuannya.

- Bandingkan pengeluaran Anda yang sebenarnya dengan anggaran Anda.

Setiap bulan, Anda perlu membandingkan pendapatan aktual dan biaya untuk rata-rata diperkirakan dalam anggaran Anda. Anda akan melihat area di mana Anda memiliki kekurangan dan daerah di mana Anda memiliki lebih dari yang diharapkan.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
5 Langkah Mudah Merawat Pakaian Selalu Tampak Baru naoko Usaha Alat Rumah Tangga - Appliances Business 3 4th February 2016 10:00 PM
Langkah Mudah Menurunkan Berat Badan mhaifa Health Kesehatan 4 25th March 2015 04:57 PM
Enam Langkah Mudah Memulai Usaha dari Nol sucyresky Business and Economy! 0 23rd March 2015 08:47 AM
Jonan Diminta Bijak Alokasi Anggaran Buat Perbaikan Transportasi nonasakamoto Business and Economy! 0 4th February 2015 07:10 PM
Hemat anggaran, Pemkot Solo suguhi air mineral buat tamu agusjember Jawa Tengah 0 9th November 2014 11:44 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 06:11 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts