forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > FJB Pasarku - My Market Place > Jualanku - My Stores and Shops > Health Kesehatan
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 20th April 2015, 08:35 PM   #1
Banned
 
Join Date: 1 Jul 2014
Userid: 2310
Posts: 281
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default 11 manfaat beras ketan

Manfaat beras ketan ternyata sangat baik karena dapat menambah energi dalam jumlah yang sangat besar. Ketan atau biasa disebut beras ketan, adalah makanan pokok yang biasa disajikan dalam masakan Asia Tenggara. Bahan makanan ini dapat diolah dengan cara dikukus atau direbus untuk digunakan dalam berbagai macam resep masakan. Tekstur ketan berasal dari mutasi genetik tunggal yang menyebabkannya lengket. Mengkonsumsi ketan ternyata menawarkan berbagai manfaat kesehatan dengan meningkatkan asupan mineral dan vitamin penting bagi tubuh.

Kandungan nutrisi

Menurut informasi nutrisi dari online DietFacts.com, 1 cangkir atau sekitar 200 gram beras ketan berisi berisi 169 kalori atau sekitar 8% dari asupan kalori harian yang direkomendasikan.
Beras ketan memiliki kandungan rendah lemak. Menurut DietFacts.com. mencatat bahwa beras ketan hanya mengandung 0,33 gram lemak per cangkirnya. Perpustakaan Nasional of Medicine dan National Institutes of Health menjelaskan bahwa lemak makanan dapat mempromosikan pertumbuhan dan membantu tubuh dalam penyerapan vitamin.
Beras ketan berisi 3,5 gram protein per cangkirnya atau menyediakan +/- 8% dari dari rekomendasi asupan harian pada wanita yaitu 46 gram protein. Protein merupakan nutrisi penting yang terlibat dalam struktur kulit, otot dan jaringan tubuh lainnya.
Sumber utama kalori dalam beras ketan adalah karbohidrat, yaitu Hampir 88%. Setiap cangkir beras ketan mengandung sekitar 37 gr karbohidrat, dan 1,7 gr serat. Atau +/- 7% dari 25 gr rekomendasi asupan harian serat bagi wanita di bawah usia 50 tahun dan 8% dari 21 gr rekomendasi asupan harian serat bagi wanita di atas usia 50 tahun. The Mayo Clinic menjelaskan bahwa serat memiliki berbagai macam manfaat bagi tubuh seperti mengatur tekanan darah dan kadar gula darah.
Nutrisi lain yang terkandung dalam beras ketan antara lain adalah dalam setiap cangkir beras ketan berisi vitamin B-6 sekitar 7% dan kandungan tembaga sekitar 9% dari rekomendasi asupan harian. Menurut Institute of Medicine, kandungan vitamin B-6 dalam beras ketan dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, membantu sel-sel untuk menghasilkan energi, dan juga membantu dalam sintesis hormon untuk menjaga keseimbangan hormon. Sedangkan kandungan tembaga dalam beras ketan dapat memperkuat jaringan ikat dalam tubuh, mendukung sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan fungsi otak agar tetap sehat.
Berikut daftar kandungan nutrisi yang terdapat dalam setiap sajian beras ketan sebesar 174 gr

Beras ketan
per sajian 174 g.
Principle Nutrient Value Percentage of RDA
Energi 169 Kcal 8%
Karbohidrat 36,7 g 12%
Protein 3,5 g 7%
Lemak 0,3 g 1%
Kolesterol 0 mg 0%
Serat 1,7 g 7%
Vitamins
Folates 1,7 mcg -
Niacin 0,5 mg 3%
Pantothenic acid 0,4 mg 4%
Pyridoxine - -
Riboflavin 0.0 mg 1%
Thiamin 0,0 mg 2%
Vitamin A - -
Vitamin C - -
Vitamin E 0,1 mg 0%
Electrolytes
Sodium 8,7mg -
Potassium 17,4 mg -
Minerals
Kalsium 3,5 mg -
Tembaga 0,1 mg -
Zat Besi 0,2mg 1%
Magnesium 8,7 mg 2%
Manganese 0,5 mg 23%
Phosphorus 13,9 mg 1%
Selenium 9,7 mcg 14%
Zinc 0,7 mg 5%
Manfaat Beras Ketan

1. Sebagai sumber energi

beras ketanSetiap cangkir beras ketan yang dimasak mengandung 169 kalori atau sekitar 8% dari rekomendasi asupan kalori harian berdasarkan diet 2.000 kalori. Sebagian besar dari kalori tersebut, 83% berasal dari kandungan karbohidrat beras ketan, dimana dalam setiap porsinya menyediakan sekitar 36.7 gr karbohidrat. Tubuh memerlukan karbohidrat kompleks, termasuk yang ditemukan dalam beras ketan yang nantinya akan diubah menjadi glukosa, yang kemudian digunakan untuk bahan bakar otak, hati dan fungsi otot.

Selain itu, dalam secangkir beras ketan memiliki sekitar 4% tiamin, niacin yang juga sangat bermanfaat sebagai sumber energi yaitu dengan membantu metabolisme makanan menjadi bahan bakar.

Baik sebagai sumber energi:

Manfaat nasi
Manfaat beras merah
Manfaat matahari
2. Dapat menurunkan resiko penyakit jantung

Kandungan serat dalam secangkir beras ketan yang dimasak adalah +/- 1,7 gr. Serat dalam ketan juga menawarkan manfaat kesehatan, yaitu memberikan kontribusi untuk diet tinggi serat, yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Baik untuk menekan risiko penyakit jantung:

Manfaat kulit manggis
Manfaat susu kedelai
Manfaat daun binahong
Manfaat pete
3. Membantu menangkal radikal bebas

Selenium merupakan mineral penting yang diperlukan tubuh yang banyak terkandung dalam beras ketan. Senyawa ini bertindak sebagai anti-oksidan dalam tubuh untuk melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Baik untuk menangkal radikal bebas:

Manfaat antioksidan
Manfaat vitamin E
Manfaat kepiting
Manfaat daun suji
4. Mengatur aktivitas hormon tiroid

Kandungan Selenium dalam beras ketan juga bermanfaat untuk kelenjar tiroid dengan cara mengatur aktivitas hormon tiroid dan membantu pembuluh darah berfungsi dengan baik. Setiap cangkir beras ketan yang dimasak mengandung 9,7 mg selenium, atau sekitar 18% dari rekomendasi asupa harian.

Baik untuk hormon tiroid:

Manfaat selada air
Manfaat hati ayam
Manfaat tertawa
5. Menjaga sistem metabolisme tubuh agar tetap sehat

Beras ketan juga menawarkan kandungan mangan yang bermanfaat bagi kesehatan karena zat tersebut berfungsi untuk menjaga sistem metabolisme tubuh agar tetap sehat. Metabolisme yang sehat akan membantu memproses karbohidrat, protein dan kolesterol dalam tubuh.

Vitamin B-6 mencegah anemia dengan membuat sel-sel darah merah, dan menghasilkan neurotransmitter serotonin, yang mengatur nafsu makan dan suasana hati. Dalam dosis besar, vitamin B-6 dapat meredakan gejala pramenstruasi sindrom dan morning sickness, namun konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengambil lebih dari 100 miligram setiap hari karena terlalu banyak vitamin B-6 dari suplemen dapat menyebabkan masalah neurologis.

Baik untuk sistem metabolisme:

Manfaat air putih
Manfaat vitamin B
Manfaat kacang almond
6. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat beras ketan yang cukup berperan salah satunya adalah menjaga kesehatan tulang. Menurut Institute of Medicine, kandungan mangan dalam beras ketan juga dapat membantu membuat proteoglikan, yaitu sejenis protein yang diperlukan untuk menjaga tulang rawan serta jaringan tulang lainnya agar tetap sehat. Setiap porsi ketan menyajikan asupan mangan sekitar 0,5 miligram atau sekitar 22% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk pria dan 28% untuk perempuan.

Baik untuk menjaga kesehatan tulang:

Manfaat susu
Manfaat kentang
Manfaat mangga
Manfaat kol
7. Menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat

Beras ketan merupakan sumber prebiotik yang baik bagi tubuh yang berfungsi sebagai makanan bagi bakteri baik yang biasanya hidup di usus dan yang diperlukan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Selain itu kandungan zinc dalam beras ketan juga sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat sepanjang tahun. Seorang wanita membutuhkan sekitar 8 mg kandungan zinc atau seng setiap harinya, kecuali bagi mereka yang sedang hamil, mereka membutuhkan sekitar 11 mg zinc, karena hal itu sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin secara normal. Satu cangkir nasi ketan memiliki 0,7 mg atau 9% dari rekomendasi harian.

Baik untuk sistem kekebalan tubuh:

Manfaat buah mengkudu
Manfaat ginseng
Manfaat wortel
Manfaat buah manggis
8. Menyehatkan sistem pencernaan

Kandungan serat dalam beras ketan sangat baik untuk membantu menyehatkan sistem pencernakan dalam tubuh. Dalam secangkir sajian beras ketan yang dimasak mampu menghasilkan kuran lebih 1,7 gr serat atau sekitar 7% dari asupan harian yang direkomendasikan bagi seorang wanita yaitu 25 gr.

Baik untuk pencernaan:

Manfaat kacang panjang
Manfaat belimbing
Manfaat apel
9. Membantu mencegah anemia

Kandungan vitamin B-6 dalam beras ketan mampu mencegah anemia dengan cara membantu memproduksi sel-sel darah merah. Dalam secangkir sajian beras ketan menyajikan sekitar 4% vitamin B6 dari rekomendasi asupan harian.

Baik untuk anemia:

Manfaat tomat
Manfaat bayam
10. Membantu mengontrol nafsu makan

Kandungan vitamin B6 dalam beras ketan mampu menghasilkan neurotransmitter serotonin yang dapat membantu mengatur nafsu makan dan juga suasana hati. Dalam dosis besar, vitamin B-6 dapat meredakan gejala pramenstruasi sindrom dan morning sickness.

Baik untuk mengontrol nafsu makan :

Manfaat air kelapa
Manfaat buah naga
Manfaat buah mahoni
11. Mencegah penuaan dini

Kandungan asam amino dan anti-oksidan yang ada dalam beras ketan dapat membantu merwat kesehatan kulit, yang nantinya dapat mencegah penuaan dini.

Baik untuk mencegah penuaan dini:

link:
obat ejakulasi dini dr boyke
jamu kuat pria
cara mengatasi ejakulasi dini
produksi bahan reklamasi lahan
kasur orthopedi kesehatan tulang belakang
kasur kesehatan tulang belakang
obat ejakulasi dini
dr boyke
obat foredi gel
obat foredi
harga foredi gel


Manfaat antioksidan
Manfaat labu siam
Manfaat buah semangka
Meskipun beras ketan memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, akan tetapi sebaiknya selalu memperhatikan batas konsumsi yang aman bagi tubuh. Beras ketan digunakan dalam berbagai macam masakan di beberapa negara karena memiliki glikemik tinggi karena kandungan amilopektin. Karena beras ketan memiliki indeks glikemik yang tinggi yaitu 87, maka membuatnya tidak sehat bagi penderita diabetes.

Makanan dengan glikemik tinggi dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang dapat menyebabkan komplikasi kardiovaskular pada penderita diabetes. Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi vitamin B-6 dapat menyebabkan masalah neurologis.
barugratisan is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
berikut manfaat dari beras merah barugratisan Health Kesehatan 0 20th April 2015 08:33 PM
Resep Spesial Kue Bugis Ketan Hitam Enak Yummy HeadlineNews Dapur Forumku 0 13th December 2014 08:18 AM
Manfaat Air Beras untuk Kesehatan dan Kecantikan HeadlineNews Forum Kesehatan 1 5th December 2014 02:43 PM
Manfaat Sejuta Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan dan Kecantikan HeadlineNews Forum Kesehatan 0 25th November 2014 05:50 PM
Persediaan Beras Sumbar Aman sucyresky Business and Economy! 0 22nd November 2014 08:30 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 07:29 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts