forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia Kontes SEO Forumku
forumku  

Go Back   forumku > Forum Hobiku - My Hobbies > Forum Kebun dan Tanaman My Garden
Register Register
forumku.com kerja sama promosi ayowis.com 1 Mei 2013 - 31 Mei 2013 forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Forum Kebun dan Tanaman My Garden Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 9th April 2013, 03:25 AM   #1
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: Jul 2012
Userid: 1
Posts: 4,655
Aku Punya: 72 Teman
Likes: 1,314
Liked 186 Times in 108 Posts
Default Daftar Buah-buahan (langka) di Indonesia

Daftar Buah-buahan (langka) di Indonesia.

Untuk melestarikan kekayaan nabati Indonesia, mari kita buat daftar tentang buah-buahan yang jarang orang temukan.
Indonesia sungguh kaya dengan buah-buahan , karena kita terletak di daerah tropis.

1. Buah Nam Naman

Nam Naman atau Namnam atau anjing-anjing atau sawo pancukan adalah nama sejenis pohon buah dari suku polong-polongan (Leguminosae alias Fabaceae). Pohon berbuah masam ini dikenal pula dengan beberapa nama lain seperti namu-namu (Man.), namo-namo (Ternate), namet (Hal.), namute, lamute, lamuta, klamute (beberapa bahasa di Maluku tengah). Juga puki anjing (Mal.), pukih (Sd.), kopi anjing (Sd., Jw.), puci anggi (Bima), puti anjeng (Mak).[2][3]
Nama ilmiahnya adalah Cynometra cauliflora, merujuk pada bunga dan buahnya yang muncul di batang (cauliflory).

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Namnam

Quote:

“Namnam” BUAH YANG TERLUPAKAN
Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta. Begitulah pepatah lama yang sepertinya cocok sekali dengan buah ini. Namnam, buah yang mungkin hanya segelintir orang mengenalnya. Buah ini dulu sering penulis temui di halaman belakang rumah nenek, tapi seiring perkembangan zaman, buah ini seakan telah lenyap dan tidak ada usaha untuk penyelamatannya.

Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika, mempunyai dua buah pohon koleksi, yang berasal dari Kebun Percobaan Cipaku. Tetapi sayangnya, dokumentasi tentang kapan tepatnya penanaman pohon ini tidak ada. Namun bagaimanapun, hal ini cukup menggembirakan, karena pohon masih terawat dengan baik.
Namnam adalah sejenis pohon dari famili polong-polongan (Leguminosae alias Fabaceae). Nama ilmiahnya adalah Cynometra cauliflora, hal ini karena bunga dan buahnya berada di batang (cauliflory). Asal usul tanaman ini tidak begitu jelas, namu diperkirakan dari wilayah Malesia timur. Pohonnya tidak terlalu tinggi ± 3 meter. Dapat ditanam sebagai tanaman penghias pekarangan ataupun diambil buahnya. Yang unik dan menarik dari tanaman ini adalah, daun muda berwarna merah muda terang sehinggat terlihat seperti tanaman hias. Kulit batang halus dan berbintil, kecoklatan dan abu-abu dan batang berbonggol-bonggol.

http://balitbu.litbang.deptan.go.id/...ang-terlupakan
Quote:

http://kebunmalaykadazangirls.blogsp...auliflora.html

A few weeks ago, I posted some pictures of passion fruit bloom and asked to take a guess what kind of fruits were in our yellow basket next to the passion fruits. So today I will give you the answer and it is nam nam fruit. Nam nam fruit is native to Malaysia and also locally known as 'katak puru' (sadly some kind of a toad) due to its shape. But instead of a toad to me it kind of resemble like a brain. The kidney shape nam nam fruit skin is rough and mature fruit is not that big just fit the palm of my hand. Green fruit is sour and ripe fruit is sweet sour. If you are a fan of green mango like me, you will definitely like nam nam fruit as well. Yummy addition in 'sambal' belacan or dip into 'rojak' sauce. I like to add the fruit into my 'masak lemak cili api' (Malaysia yellow curry), guarantee you have second serving. How to pick ripe nam nam fruit? Yellow colour and when you shake the fruit you can feel that the seed rattle or loose from the flesh inside and when you pluck the fruit it easily came off no resistant. The fruit has large seed and yellow flesh.


Gambar-gambar lain

Awas BWK

Spoiler




Spoiler





p.s. : ane dulu sering cari di kampung waktu kecil nich ... he he he
admin is offline   Reply With Quote
Old 11th April 2013, 04:40 PM   #2
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Aku Punya: 43 Teman
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 84 Times in 50 Posts
Default


kalo buah merah di Papua kayanya aga langka ya min, harganya mahal soalnya
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 11th April 2013, 07:41 PM   #3
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: Jul 2012
Userid: 1
Posts: 4,655
Aku Punya: 72 Teman
Likes: 1,314
Liked 186 Times in 108 Posts
Default

silakan dibuat tulisan tentang buah merah nya mod
admin is offline   Reply With Quote
Old 11th April 2013, 08:53 PM   #4
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Aku Punya: 43 Teman
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 84 Times in 50 Posts
Default


wah harus cari referensi buah merah nih


buah nam naman, baru denger min, dalam bahasa sunda ada istilah "nam" yang biasa dilanjutkan beberapa kata seperti "hayu atau kadieu" yang artinya "ayo sini atau ayo cepat". hehehehehehe
nam naman dalam bahasa sunda bisa juga berarti "ngajakin pergi tapi diem terus"
__________________

Last edited by endar.agustyan; 11th April 2013 at 09:00 PM..
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 14th April 2013, 07:26 PM   #5
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: Jul 2012
Userid: 1
Posts: 4,655
Aku Punya: 72 Teman
Likes: 1,314
Liked 186 Times in 108 Posts
Default

ditunggu pencarian referensinya
admin is offline   Reply With Quote
Old 15th April 2013, 01:54 AM   #6
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Aku Punya: 43 Teman
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 84 Times in 50 Posts
Default


hiihihih iya min
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 15th April 2013, 11:23 AM   #7
andi.teguh
[M]
newbie
 
andi.teguh's Avatar
 
Join Date: Sep 2012
Userid: 285
Location: http://www.forumku.com
Posts: 1,688
Aku Punya: 8 Teman
Real Name: andi teguh
Likes: 0
Liked 231 Times in 171 Posts
Default

rasanya seperti apa yah kira2 tuh
__________________


andi.teguh is offline   Reply With Quote
Old 16th April 2013, 01:35 AM   #8
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: Jul 2012
Userid: 1
Posts: 4,655
Aku Punya: 72 Teman
Likes: 1,314
Liked 186 Times in 108 Posts
Default

asem kecut sepet mod
admin is offline   Reply With Quote
Old 16th April 2013, 01:45 AM   #9
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: Jul 2012
Userid: 1
Posts: 4,655
Aku Punya: 72 Teman
Likes: 1,314
Liked 186 Times in 108 Posts
Default

2. Buah Ciplukan

http://id.wikipedia.org/wiki/Ceplukan

Ceplukan atau ciplukan adalah nama sejenis buah kecil, yang ketika masak tertutup oleh perbesaran kelopak bunga. Buah ini juga dikenal dengan pelbagai nama daerah seperti cecenet atau cecendet (Sd.), nyurnyuran (Md.), dan kopok-kopokan (Bl.).

Pemerian
Herba berumur setahun, tegak, tinggi s/d 1 m. Batang berusuk (=angulata) bersegi tajam dan berongga. Daun berbentuk bundar telur memanjang berujung runcing, dengan tepi rata atau tidak, 2,5-10,5 × 5-15 cm.
Bunga di ketiak, dengan tangkai yang tegak, keunguan, dan dengan ujung yang mengangguk. Kelopak berbagi lima, dengan taju yang bersudut tiga dan meruncing, hijau dengan rusuk keunguan. Mahkota serupa lonceng, berlekuk lima dangkal, kuning muda dengan noda kuning tua dan kecoklatan di leher bagian dalam, 7-9 mm tingginya. Tangkai sari kuning pucat dengan kepala sari biru muda.
Buah dalam bungkus kelopak yang menggelembung berbentuk telur berujung meruncing, hijau muda kekuningan, dengan rusuk keunguan, 2-4 cm panjangnya. Buah buni di dalamnya bulat memanjang, 1,5-2 cm, kekuningan jika masak, manis dan disukai anak-anak.


Umumnya tumbuh liar, ceplukan biasa didapati bercampur dengan herba dan semak lainnya di kebun, tegalan, sawah yang mengering, tepi jalan, tepi hutan dan bagian-bagian hutan yang terbuka disinari terik matahari.
Buahnya digemari anak-anak. Seluruh bagian tumbuhan, dari daun sampai akar dan biasanya dikeringkan lebih dulu, digunakan sebagai bahan ramuan obat tradisional.


UGM Buat Buah Ciplukan Jadi Teh Obat Diabetes
Ciplukan mengandung flavonoid yang cukup tinggi, sekitar 4 persen.
http://us.teknologi.news.viva.co.id/...-obat-diabetes
VIVAnews - Buah Ciplukan mungkin sangat asing, terutama bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan. Buah yang bentuknya bulat-bulat kecil atau sebesar kelereng ini hanya dapat ditemui ketika musim tanaman palawija berlangsung.
Buah ciplukan ini sering dikonsumsi oleh para petani atau anak-anak saat mereka memanen palawija seperti kacang, kedelai atau jagung. Rasanya yang manis saat matang, menjadikan buah ciplukan disenangi oleh anak-anak.
Ternyata tidak saja buahnya yang dapat dimakan, namun seluruh daun tanaman ini, mulai dari batang hingga pucuk daun, dapat dimanfaatkan untuk ramuan. Dalam tanaman Ciplukan mengandung sejumlah senyawa yang berkhasiat bagi kesehatan.
Biasanya Ciplukan digunakan untuk mengobati penyakit seperti diabetes, darah tinggi, kencing manis, borok, dan sakit tengorokan. Melihat banyaknya manfaat dalam tanaman Ciplukan sejumlah mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UGM terdorong mengolah Ciplukan menjadi sebuah produk minuman yang ditujukan bagi penderita diabetes.
Produk yang dimaksud berupa teh celup Ciplukan yang dilabeli Cipcup Tea. The Ciplukan dihasilkan dari tangan kreatif Denok Kumalasari, Rahmi Wijayanti, Intin Nurwati, dan Ridho Andika Putra.
Denok menuturkan bahwa selama ini cCplukan sudah banyak digunakan sebagai ramuan untuk mengobati berbagai penyakit, salah satunya diabetes. Namun, pengolahan yang dilakukan masih manual yaitu dengan direbus.
“Kebanyakan masih mengolah dengan direbus. Airnya itu yang dipakai untuk obat, diminum. Kami lihat kalau harus rebus dulu kok kurang praktis. Makanya kami buat dalam bentuk kemasan celup agar lebih praktis dan lebih tahan lama. Kadaluwarsa hampir sama dengan teh pada umumnya hingga 2 tahunan,” kata Denok, Minggu 22 Juli 2012.
Denok melanjutkan, dalam tanaman musiman ini mengandung senyawa flavonoid yang berfungsi menurunkan kadar gula darah pada penderita
diabetes. Flavonoid yang terkandung di Ciplukan cukup tinggi, yaitu sebesar 4 persen.
“Penderita diabet itu insulinnya tidak berfungsi, tak mampu lagi mengubah gula dalam tubuh menjadi energi. Nah flavonoid ini berfungsi memperbaiki dan mengembalikan fungsi insulin dalam tubuh,” jelas Denok.
Selain mengandung flavonoid, lanjutnya, dalam Ciplukan juga terdapat senyawa antioksidan. “Yang dapat menangkal radikal bebas,” ucap Denok.

Cipcup Tea dibuat dengan memanfaatkan batang dan daun Ciplukan. Bagian-bagian tanaman tersebut dikeringkan terlebih dulu dengan menggunakan oven bersuhu 200 C selama 6-7 jam hingga kadar air dalam ciplukan hanya 3-4 persen.
“Awalnya kami mengeringkan secara manual dengan oven, tetapi saat ini kami mulai menggunakan Ciplukan yang sudah dikeringkan. Kami beli dari kelompok tani Bina Agro Mandiri, dongkelan yang biasa menjual berbagai jenis jamu-jamuan kering. Per kilogramnya dijual seharga Rp 20 ribu,” tutur Denok.

Selanjutnya, buah ini digiling hingga halus menjadi serbuk. Sebelum dikemas dalam kantong celup, ditambahkan daun stevia dan teh hijau kering.
“Sari daun stevia digunakan sebagai pengganti gula. Stevia mengandung senyawa gtikosida diterpen dengan tingkat kemanisan antara 200-300 kali dari gula tebu, tetapi berkalori rendah. Daun ini telah terbukti bermanfaat membantu program diet, mengatur tekanan darah, dan juga baik dikonsumsi bagi penderita diabetes,” ujar Rahmi Wijayanti.

Lebih lanjut dijelaskan Rahmi, dalam setiap 1 kantong teh Ciplukan tersusun dari komposisi Ciplukan (0,6%), stevia (0,4%), dan teh hijau (0,2%). Dalam satu kali produksi menggunakan 1.200 gram Ciplukan kering , 800 gram stevia kering, dan 400 gram teh hijau kering. Dari bahan-bahan tersebut dihasilkan sebanyak 2000 kantong teh ciplukan untuk 200 pack Cipcup Tea.
“Kami kemas satu pack isi 10 kantung dengan berat 12 gram seharga Rp.
8.000 dan produk tersebut telah mendapat sertifikasi MUI,” ujar Rahmi.
Saat ini Cipcup Tea memang belum dipasarkan secara luas. Namun ke depan mereka berencana akan membuat sistem keagenan dan menitipkan ke apotek-apotek. “Kami juga berkomitmen bahwa penghasilan dari penjualan teh ciplukan ini 2,5 %-nya disalurkan untuk penederita diabetes yang kurang mampu,” kata dia. (eh)

Gambar-gambar buah ciplukan





admin is offline   Reply With Quote
Old 16th April 2013, 01:48 AM   #10
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: Jul 2012
Userid: 1
Posts: 4,655
Aku Punya: 72 Teman
Likes: 1,314
Liked 186 Times in 108 Posts
Default

awas BWK

Spoiler
admin is offline   Reply With Quote
Old 16th April 2013, 10:54 AM   #11
adi.panji
[M]
Orang Ganteng
 
adi.panji's Avatar
 
Join Date: Oct 2012
Userid: 352
Location: Palembang City
Posts: 4,274
Aku Punya: 32 Teman
Real Name: Adi Panji
Likes: 176
Liked 130 Times in 87 Posts
Default

ane ga tau itu klo bsa d mkan...
kek nya emnk langka...
jaman kcil pernah liat...
__________________
Quote:
“Darah dibayar darah , nyawa dibayar nyawa , kejahatan dibayar kejahatan.”

From : Dark_Knight_Dragon a.k.a adi panji
adi.panji is offline   Reply With Quote
Old 14th May 2013, 11:20 AM   #12
ryuuk
Warga Forumku
 
ryuuk's Avatar
 
Join Date: May 2013
Userid: 1035
Location: Internet World
Posts: 7
Aku Punya: 0 Teman
Real Name: Ryu
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default

namnam??? yakin tu buah bisa dimakan??? kok meragukan ya klo liat bentuknya...

klo ciplukan jaman kecil sering nyari tuh.. kadang dimakan enak jg.. dlu ada yg bilang klo itu makanan ulat..hahhaha
ryuuk is offline   Reply With Quote
Old 14th May 2013, 01:03 PM   #13
adi.panji
[M]
Orang Ganteng
 
adi.panji's Avatar
 
Join Date: Oct 2012
Userid: 352
Location: Palembang City
Posts: 4,274
Aku Punya: 32 Teman
Real Name: Adi Panji
Likes: 176
Liked 130 Times in 87 Posts
Default

jadi ente ulat dong
__________________
Quote:
“Darah dibayar darah , nyawa dibayar nyawa , kejahatan dibayar kejahatan.”

From : Dark_Knight_Dragon a.k.a adi panji
adi.panji is offline   Reply With Quote
Old 22nd July 2013, 08:44 AM   #14
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: Jul 2012
Userid: 1
Posts: 4,655
Aku Punya: 72 Teman
Likes: 1,314
Liked 186 Times in 108 Posts
Default Re: Daftar Buah-buahan (langka) di Indonesia

Quote:
Originally Posted by ryuuk View Post
namnam??? yakin tu buah bisa dimakan??? kok meragukan ya klo liat bentuknya...

klo ciplukan jaman kecil sering nyari tuh.. kadang dimakan enak jg.. dlu ada yg bilang klo itu makanan ulat..hahhaha
Ane pernah dulu waktu kecil

sekarang kayaknya udah langka tuh pohon ...

dulu ane hobi, ame uwak ane selalu dipetikin yg bagus2 ...
rasanya, sepet dan asam ....
admin is offline   Reply With Quote
Old 6th November 2013, 12:21 AM   #15
sinyogila
Sek. RT
 
sinyogila's Avatar
 
Join Date: Oct 2013
Userid: 1472
Posts: 28
Aku Punya: 0 Teman
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Re: Daftar Buah-buahan (langka) di Indonesia

Mantap om,
buah ciplukan bisa dimakan dan disukai anak-anak dan daun,akar dan batangnya bisa digunakan untuk obat tradisonal.

Last edited by sinyogila; 17th May 2014 at 01:01 PM..
sinyogila is offline   Reply With Quote
Old 6th November 2013, 09:47 AM   #16
adi.panji
[M]
Orang Ganteng
 
adi.panji's Avatar
 
Join Date: Oct 2012
Userid: 352
Location: Palembang City
Posts: 4,274
Aku Punya: 32 Teman
Real Name: Adi Panji
Likes: 176
Liked 130 Times in 87 Posts
Default Re: Daftar Buah-buahan (langka) di Indonesia

whahaha malah jualan di mari
__________________
Quote:
“Darah dibayar darah , nyawa dibayar nyawa , kejahatan dibayar kejahatan.”

From : Dark_Knight_Dragon a.k.a adi panji
adi.panji is offline   Reply With Quote
Old 17th May 2014, 10:45 AM   #17
irda_za
Wk. RT
 
Join Date: May 2014
Userid: 2169
Posts: 60
Aku Punya: 0 Teman
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Re: Daftar Buah-buahan (langka) di Indonesia

buah ciplukan kalau di daerah za namanya buah letupan..
dan za juga baru tau kalau di dalam buah ciplukan terdapat senyawa antioksidan..
cos za cuma tau makannya ajha selama ini hehehehehe
irda_za is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Daftar gedung-gedung tertinggi di Kota Besar di Indonesia endar.agustyan Urban and City Development 36 3rd August 2013 06:17 PM
Daftar Armada KRI [Kapal Perang Republik Indonesia] positifi Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military 15 23rd June 2013 01:41 AM
Daftar pemain Indonesia senior dan U-22 di SCTV cup Pleasoul Forumku Sepak Bola 10 13th October 2012 02:07 AM
Daftar Pelabuhan di Indonesia positifi Sea Transport and Seaports 3 16th September 2012 12:07 PM
retik langka reticexotic Jualanku - My Stores and Shops 8 19th July 2012 03:27 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 04:37 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi situsku.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2014, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts