forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Indonesia > Indonesia Membangun! > Business and Economy!
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Business and Economy! Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 22nd June 2015, 09:05 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Kiat Ibu Single Parent Siapkan Dana untuk Kuliah Anak

Quote:
HALO,

Saya baru saja bercerai dengan suami saya. Saya masih memiliki tanggungan anak semata wayang yang duduk di bangku SMA kelas 1.

Bagaimana cara mengelola keuangan bagi single parent? Perlu bapak ketahui, saya adalah salah satu PNS. Beruntung saya dapat beasiswa S2 dan sudah lulus. Gaji sekitar Rp5 juta yang pas untuk berdua, dengan anak saya. Kalau banyak kegiatan atau melakukan penelitian, saya bisa mendapatkan pendapatan lebih.

Alhamdulillah saya sudah memiliki rumah dan kendaraan. Tetapi saya butuh penghasilan lebih untuk memaintain kebutuhan pengelolaan rumah (listrik, uang kebersihan dll), serta perawataan kendaraan. Apalagi anak saya sudah mau masuk bangku kuliah. Harapannya sih bisa kuliah di fakultas kedokteran di UI atau UGM. Kalau tidak lolos ya masuk swasta. Oia, saya juga menanggung seorang pembantu rumah tangga dengan gaji Rp600 ribu. Saya cukup beruntung sebab sekolah anak saya dekat sehingga bisa ditempuh dengan jalan kaki. Tentunya ini menghemat bujet. Saya sangat berhemat. Makan pun bawa bekal. Sementara saya naik kendaraan umum untuk bekerja, karena tidak kuat bawa mobil karena macet. Dalam satu bulan saya masih bisa menabung maksimal di angka Rp500 ribu.

Saya memiliki tabungan sekitar Rp15 juta. Apa yang perlu saya lakukan agar semuanya bisa terpenuhi?

Mohon saran mengelola kebutuhan bulanan yang detailnya ya. Dan kalau saya akan buka usaha untuk biaya kuliah anak saya, apa yang cocok?

Terima kasih,

Kartika

Pademangan, Jakarta Utara.

Jawab :

Dear ibu Kartika,

Menjadi wanita yang berstatus single parent tentu bukan sebuah perkara yang mudah, karena pastinya ada konsekuensi psikologis serta ekonomis yang harus dihadapi. Namun karena hal tersebut memang sudah menjadi pilihan Anda, pastinya keputusan tersebut diambil dengan pertimbangan yang sudah sangat mendalam. Maka yang harus ibu pikirkan saat ini adalah memang bagaimana mengelola keuangan yang Anda bangun dengan anak Anda supaya kehidupan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan.

Dari penjelasan yang ibu berikan, menurut saya PR terbesar yang Anda hadapi saat ini adalah menjamin keberlangsungan pendidikan dari anak ibu yang sudah beranjak memasuki dunia perkuliahan. Dengan penghasilan yang Anda dapatkan saat ini, dimana dirasa nge-pas digunakan untuk Anda berdua, maka dana yang bisa ditabungkan memang pada ujungnya adalah digunakan untuk kepentingan kuliah anak Anda.

Untuk menutupi kebutuhan yang semakin banyak, maka alternatif cara yang bisa kita lakukan adalah pertama dengan mengurangi pengeluaran, dan atau menambah yang namanya pemasukan. Dari apa yang ibu ceritakan, menurut saya ibu sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mengurangi pengeluaran yang bisa terjadi. Namun bila dirasa masih bisa ditekan lagi, sebagai alternatif menguranginya mungkin ibu bisa melakukannya dari sisi tidak menggunakan lagi jasa pembantu rumah tangga.

Dengan tidak menggunakan asisten rumah tangga paling tidak ibu dapat mengurangi sekitar 10 persen dari pengeluaran ibu. Sebagai gantinya, ibu dan anak ibu bisa bekerja sama dan berbagi tugas untuk mengerjakan tugas-tugas perawatan rumah seperti yang biasa dilakukan oleh sang pembantu. Sisi positifnya, ibu sekaligus akan mendidik anak ibu untuk tumbuh menjadi lebih mandiri dan lebih terlatih untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan domestik rumah tangga.

Bila sudah tidak ada hal lainnya lagi yang dapat dikurangi dari pengeluaran Anda, maka alternatif berikutnya adalah dengan menambah pemasukan. Dari apa yang ibu ceritakan, bila ada penelitian maka ibu bisa mendapatkan pendapatan lebih. Maka dari itu bila memang ibu membutuhkan pemasukan lebih yang masih dalam kerangka pekerjaan utama Anda, maka tidak ada salahnya bila ibu kemudian menjadi lebih rajin untuk aktif terlibat dalam proyek-proyek penelitan yang diadakan oleh kantor. Bahkan kalau perlu ajukan diri untuk bisa terlibat dalam proyek-proyek tersebut. Selain mendapatkan penghasilan lebih, tentunya hal tersebut akan membuat ilmu yang sudah Anda dapatkan bisa diimplementasikan dengan lebih baik.

Anak ibu pun dapat didorong untuk bisa membantu ibu mengurangi beban ekonomi yang dihadapi oleh keluarga, karena pastinya ia sudah paham kondisi keluarga dan keuangan yang sedang dihadapi, jadi saya yakin ibu juga akan lebih mudah untuk memberikan pemahaman dan dorongan positif bagi anak ibu. Hal pertama yang musti diperhatikan adalah bila ibu merasa dana yang dipersiapkan benar-benar terbatas, maka usahakan agar anak berkuliah di Jakarta saja daripada di luar kota. Karena bila diluar kota tentu membawa konsekuensi Anda harus membiayai lagi tempat tinggalnya di kota tersebut. Namun bila menurut perhitungan Anda tidak ada masalah dengan hal tersebut, maka silakan si anak memilih berkuliah di luar kota. Berikutnya adalah apapun kampus yang ia masuki, dorong supaya ia bisa berprestasi dengan sebaik mungkin hingga bisa mendapatkan beasiswa dari kampusnya. Hal ini tentunya akan dapat mengurangi beban orangtuanya dalam membiayai kuliahnya. Bahkan bila perlu, dorong ia untuk bisa mulai bekerja part time entah itu sebagai tenaga asisten dosen ataupun pekerjaan-pekerjaan paruh waktu lainnya yang tidak mengganggu aktivitas studinya.

Bila ibu berencana untuk menambah pemasukan dengan cara memiliki usaha sampingan, maka pilihan untuk usaha sampingan ada sangat banyak ragam dan macamnya. Ada yang menyukai aktivitas jual beli barang mulai dari pakaian sampai makanan, ada yang mengandalkan kemampuan internet marketing, ada yang mengoptimalkan ilmu dan pendidikannya sebagai dosen paruh waktu, atau ada pula yang bekerja sebagai marketing paruh waktu untuk produk-produk seperti asuransi, properti, ataupun MLM. Maka dari itu pertimbangkanlah apa kira-kira usaha yang paling menarik minat dan sesuai dengan kondisi dan keadaan Anda, karena usaha tersebut pastinya tidak boleh mengganggu pekerjaan utama Anda.

Salam,

Andy Nugroho, CFP (twitter @AndyTrinugroho)
PT. Mitra Rencana Edukasi - Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www.kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusinessAdvisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi MRE Indonesia

Anda memiliki pertanyaan seputar masalah keuangan, kami siap beri solusinya. Kirimkan pertanyaan Anda ke economy@okezone.com, dan redaksi@okezone.com dengan subyek "Konsultasi Ekonomi".
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Menpora Siapkan Dana Abadi untuk Atlet agusjember Indonesia Juara! 11 8th August 2016 11:46 AM
Reksa Dana untuk Modal Kuliah sucyresky Business and Economy! 0 24th January 2015 09:42 AM
Kiat Hemat Rio Febrian Hadapi Pengeluaran untuk Anak sucyresky Business and Economy! 0 14th December 2014 08:03 AM
Bank Mandiri Siapkan Rp2 T untuk Anak-Anak Usahanya sucyresky Business and Economy! 0 13th December 2014 10:26 AM
Akuisisi Perusahaan,Sawit Sumbermas Siapkan Dana Rp 1,5 Triliun miss_nha Business and Economy! 0 20th November 2014 08:40 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 07:41 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts