forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Indonesia > Indonesia Indah!
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Indonesia Indah! Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 24th June 2015, 09:27 AM   #1
Ketua RT
 
Join Date: 20 Apr 2015
Userid: 3694
Posts: 97
Likes: 0
Liked 9 Times in 9 Posts
Arrow Cara Berhenti Merokok yang Efektif Dan Cepat

Salah satunya sudah jelas bahwa kebiasaan merokok akan berakibat buruk bagi kesehatan. Menurut data epidemiologi kanker paru dari Ikatan Dokter Paru Indonesia menunjukkan bahwa 3 dari seribu perokok berpotensi terkena kanker paru tiap tahun. Sementara yang tidak merokok menunjukkan hanya 6 dari seratus ribu yang berpotensi terkena kanker paru. Itu artinya bahwa jumlah perokok beresiko lebih besar terkena kanker paru-paru. Sebagian besar perokok sebenarnya telah menyadari bahaya yang ditimbulkan dari kebiasaan merokok. Namun karena kurang memiliki motivasi untuk berhenti, tidak tahu cara berhenti serta kecanduan akut yang menyebabkan kebiasaan merokok tetap terus dilakukan.



Sebenarnya dengan tidak merokok selama 30 menit saja manfaatnya akan langsung terasa bagi tubuh, ditandai dengan denyut nadi dan tekanan darah yang kembali normal.
Lalu setelah tiga hari, nikotin tidak terdeteksi lagi dalam darah, indra penciuman kembali normal, hingga pernafasan yang lebih lega

Dalam waktu 2 hingga 12 minggu sirkulasi di berbagai bagian tubuh akan berangsur membaik, yang kemudian tubuh akan terasa lebih fit dan bugar. Dan setelah 2 tahun, tanda-tanda merokok akan hilang, paru-paru akan bersih dari zat-zat berbahaya yang ditinggalkan oleh rokok dan tubuh akan kembali sehat.

Jika kamu memang niat untuk menghentikan kebiasaan merokok tapi belum juga berhasil, cobalah tips ampuh cara berhenti merokok berikut ini :
1. Mulailah dengan cara meredam keinginan setiap kali kamu ingin merokok. Hasrat yang kuat lamanya sekitar 2 hingga 3 menit, umumnya timbul beberapa jam setelah kamu menghabiskan rokok terakhir. Keinginan itu memang hanya sebentar, tapi detik-detik itu justru merupakan kunci untuk dapat berhenti merokok.

Cobalah melakukan sesuatu hal atau kegiatan untuk menghilangkan keinginan merokok tersebut, misalnya dengan olah nafas, menarik napas panjang dari hidung kemudian menghembuskannya secara perlahan melalui mulut, ulangi beberapa kali. Atau jika kamu sedang duduk, kamu dapat berdiri dan berjalan-jalan sebentar, merentangkan tangan dan melakukan olahraga ringan. Kamu juga bisa meminum segelas air putih atau jus buah untuk meredam keinginan merokok.

2. Makanan yang pedas dapat menahan keinginan merokok. Sebenarnya tidak ada jenis makanan yang dapat menghentikan kebiasaan merokok begitu saja. Namun untuk mengalihkan pikiranmu dari rokok, makanan pedas layak dicoba.

3. Jika kamu memang niat untuk berhenti merokok, maka berhentilah total. Jangan mengurangi jumlah batangnya atau mengganti rokoknya dengan kadar nikotin yang lebih ringan, seperti rokok jenis mild misalnya. Percayalah, penggantian itu justru akan membuat kamu untuk menghisap rokok mild tadi lebih dalam lagi, dan tentu saja akan menyerap lebih banyak nikotin ke dalam paru-paru.

4. Jangan memaksakan untuk berhenti merokok pada saat liburan, sebab akan membuat usahamu semakin berat dikala memulai lagi ke aktivitas rutin. Sebaiknya mulailah berhenti merokok pada hari kerja.

5. Bagi wanita, sebelum mendapat haid sebaiknya jangan berhenti merokok dulu. Sebab jika kamu sering mengalami kram perut atau moody pada saat haid, keinginan untuk merokok justru menjadi semakin besar.

6. Coba amati dan ingat-ingat hal apa yang membuat kamu enggan untuk merokok. Sebagai contoh, sebagian orang jadi enggan untuk merokok usai menggosok gigi. Ada sebagian orang lagi dengan berolahraga.

7. Minta pasangan, teman, dan keluarga yang merokok untuk tidak merokok di sekitar kamu. Katakan, itu merupakan salah satu bentuk dukungan mereka agar kamu dapat berhenti merokok.

8. Singkirkan semua hal yang dapat mengingatkan kamu tentang rokok.
Misalnya asbak, korek api kesayangan, kotak rokok, bahkan melihat orang lain merokok. Karena kadang-kadang keinginan untuk merokok dapat saja muncul ketika kamu melihat hal-hal yang berhubungan dengan rokok.

9. Hindari makanan dan minuman yang kamu rasakan dapat mengundang selera untuk merokok. Sebagai contoh, minum kopi. Karena sebagian besar perokok juga biasanya meminum kopi saat merokok.

10. Jika kesembilan tips diatas belum juga berhasil untuk menghentikan kebiasaan merokokmu, mungkin kamu dapat mencoba untuk me-"reset" kembali pikiranmu tentang rokok. Memberikan sugesti pada pikiran bawah sadarmu mungkin dapat membantumu untuk meredam keinginan merokok.

Coba ingatkan dan terus katakan dengan sungguh-sungguh dalam hati "saya sudah berhenti merokok".

Hal ini akan membantumu untuk mengingat usahamu untuk berhenti merokok sekaligus memberikan sugesti pada pikiran bawah sadarmu bahwa kamu tidak lagi merokok.
Berikan sugesti setiap kamu baru bangun tidur, atau sesaat sebelum tertidur. Karena hanya pada saat itulah pikiran bawah sadarmu terbuka dan akan lebih mudah untuk diberikan sugesti.

Sumber : Cara Cepat Berhenti Merokok
__________________
Bang Joel | Dp BBM | Tempat Wisata

idjoel is offline   Reply With Quote
Old 24th June 2015, 12:00 PM   #2
penggilabola7
Ketua RT
 
Join Date: 30 Mar 2015
Userid: 3582
Posts: 121
Likes: 0
Liked 9 Times in 9 Posts
Default Re: Cara Berhenti Merokok yang Efektif Dan Cepat

mantap terima kasih informasinya
penggilabola7 is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
manfaat berhenti merokok barugratisan Health Kesehatan 1 24th November 2016 10:57 AM
Obat herbal berhenti merokok rantisinta Health Kesehatan 3 22nd January 2015 05:35 PM
Omega-3 Dapat Membantu Anda Berhenti Merokok kloningan.gue Forumku the Lounge 0 13th November 2014 08:13 PM
Tips Ampuh Cara Berhenti Merokok andi.teguh Forum Kesehatan 4 30th June 2014 01:01 AM
Cara Negara China Melatih Tentara Untuk Berhenti Merokok andi.teguh Forum Kesehatan 5 24th October 2012 12:31 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 09:12 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts