forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Forum Hobiku - My Hobbies > Forum Kebun dan Tanaman My Garden
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Forum Kebun dan Tanaman My Garden Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 15th April 2013, 02:20 AM   #1
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default Buah Merah "buah ajaib" dari Tanah Papua

Buah Merah Papua



sumber



sumber

Quote:
Buah Merah adalah sejenis buah tradisional dari Papua. Oleh masyarakat Wamena, Papua, buah ini disebut kuansu. Nama ilmiahnya Pandanus Conoideus Lam karena tanaman Buah Merah termasuk tanaman keluarga pandan-pandanan dengan pohon menyerupai pandan, namun tinggi tanaman dapat mencapai 16 meter dengan tinggi batang bebas cabang sendiri setinggi 5-8 m yang diperkokoh akar-akar tunjang pada batang sebelah bawah.

Kultivar buah berbentuk lonjong dengan kuncup tertutup daun buah. Buah Merah sendiri panjang buahnya mencapai 55 cm, diameter 10-15 cm, dan bobot 2-3 kg. Warnanya saat matang berwarna merah marun terang, walau sebenarnya ada jenis tanaman ini yang berbuah berwarna coklat dan coklat kekuningan.

Bagi masyarakat di Wamena, Buah Merah disajikan untuk makanan pada pesta adat bakar batu. Namun, banyak pula yang memanfaatkannya sebagai obat. Secara tradisional, Buah Merah dari zaman dahulu secara turun temurun sudah dikonsumsi karena berkhasiat banyak dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti mencegah penyakit mata, cacingan, kulit, dan meningkatkan stamina.
Kandungan dan khasiat

Quote:
Adapun penelitian tentang khasiat pengobatan Buah Merah pertama kali dilakukan oleh peneliti dosen Universitas Cendrawasih di Jayapura yaitu Drs. I Made Budi M.S. sebagai ahli gizi dan dosen Universitas Cendrawasih sempat mengamati secara seksama kebiasaan masyarakat tradisional di Wamena, Timika dan desa-desa kawasan pegunungan Jayawijaya yang mengonsumsi Buah Merah. Pengamatan atas masyarakat lokal berbadan lebih kekar dan berstamina tinggi, padahal hidup sehari-hari secara asli tradisional yang serba terbatas dan terbuka dalam berbusana dalam kondisi alam yang keras serta kadang-kadang bercuaca cukup dingin di ketinggian pegunungan. Keistimewaan fisik penduduk lain yakni jarang yang terkena penyakit degeneratif seperti: hipertensi, diabetes, penyakit jantung dan kanker.

Dengan meneliti kandungan komposisi gizinya, ternyata dalam ujud sari Buah Merah itu banyak mengandung antioksidan (kandungan rata-rata):
Karoten (12.000 ppm)
Betakaroten (700 ppm)
Tokoferol (11.000 ppm)

Di samping beberapa zat lain yang meningkatkan daya tahan tubuh, antara lain: asam oleat, asam linoleat, asam linolenat, dekanoat, Omega 3 dan Omega 9 yang semuanya merupakan senyawa aktif penangkal terbentuknya radikal bebas dalam tubuh.

Betakaroten berfungsi memperlambat berlangsungnya penumpukan flek pada arteri. Jadi aliran darah ke jantung dan otak berlangsung tanpa sumbatan. Interaksinya dengan protein meningkatkan produksi antibodi. Ini meningkatkan jumlah sel pembunuh alami dan memperbanyak aktivitas sel T Helpers dan limposit. Suatu kutipan studi membuktikan konsumsi betakaroten 30-60 mg/hari selama 2 bulan membuat tubuh dapat memperbanyak sel-sel alami pembasmi penyakit. Bertambahnya sel-sel alami itu menekan kehadiran sel-sel kanker karena ampuh menetralisasikan radikal bebas senyawa karsinogen penyebab kanker.

Dalam beberapa penelitian terbatas yang dilakukan I Made Budi dengan metode pengobatan langsung dengan Sari Buah Merah, peneliti mengungkapkan keberhasilan yang amat tinggi dalam upaya pengobatan yang dilaksanakan terhadap beberapa penyakit.
http://id.wikipedia.org/wiki/Buah_Merah_Papua
__________________

Last edited by endar.agustyan; 15th April 2013 at 02:22 AM..
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 15th April 2013, 02:22 AM   #2
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

Buah Merah, Apa Saja Efek Sampingnya?



Quote:
Sampai saat ini, penelitian tentang Buah Merah sebagai obat masih belum tuntas. Oleh sebab itu, sari Buah Merah yang dihasilkan untuk sementara tetap digolongkan sebagai jamu atau food supplement.

Secara empiris memang banyak sekali penderita penyakit degeneratif yang tertolong jiwanya karena mengonsumsi sari Buah Merah. Meskipun demikian, uji klinis tentang khasiatnya sampai sekarang masih belum selesai dilakukan.

Seperti halnya jamu dan obat-obatan modern, pemanfaatan sari Buah Merah untuk membantu proses penyembuhan penyakit juga mempunyai efek samping.

Sampai saat ini, secara empiris efek samping yang ditimbulkan setelah mengonsumsi sari Buah Merah adalah lemas, mual, dan mengantuk. Rasa mengantuk ini disebabkan oleh efek sedatif atau penenang dari Buah Merah.

Ada pula yang merasakan gatal-gatal di tenggorokan dan mengalami diare. Rasa gatal dan diare disebabkan sari Buah Merah yang dikonsumsi kotor atau kurang higienis dan banyak mengandung bakteri akibat pengolahannya salah.

Gatal-gatal di tenggorokan juga bisa disebabkan sebelum dan sesudah mengonsumsi sari Buah Merah tidak minum air terlebih dahulu. Efek lain mengonsumsi sari Buah Merah yang ditemukan menyerupai efek pijat refleksi.

Biasanya orang yang mempunyai gangguan kesehatan, setelah minum sari Buah Merah akan merasakan sakit pada organ yang bermasalah. Contohnya, penderita kanker payudara setelah minum sari Buah Merah akan merasakan sakit pada payudaranya dan pada penderita kanker paru-paru akan merasakan sakit di daerah paru-parunya, begitu juga dengan penderita lainnya. Efek ini biasanya terjadi pada hari pertama atau kedua setelah meminum sari Buah Merah.

Sari Buah Merah yang diproses menggunakan pemanasan tinggi bisa menyebabkan kolesterol pada penderita kelebihan kadar kolesterol meningkat. Hal ini disebabkan pemanasan yang tinggi membuat sari Buah Merah yang dihasilkan berupa minyak jenuh.

Efek yang paling berbahaya adalah jika penderita terlalu banyak mengonsumsi sari Buah Merah. Tokoferol yang terkandung di dalam Buah Merah mempunyai efek mengencerkan darah.

Oleh sebab itu, pasien atau konsumen yang mengonsumsi Buah Merah dianjurkan tidak mengonsumsi obat-obatan sejenis warfarin, seperti Aspirin, Ascardia, atau Aspilet.

Hal Ini disebabkan warfarin juga mempunyai efek mengencerkan darah. Mengonsumsi Buah Merah bersama warfarin bisa jadi bagus untuk penderita blood clotting (darah kental), tekanan darah tinggi, atau stroke akibat penggumpalan darah, tetapi jika berlebihan bisa mengakibatkan pembuluh darah pecah.

Hingga saat ini belum ditemukan efek samping akibat over dosis dalam mengonsumsi sari Buah Merah. Barangkali hal ini disebabkan kandungan terbesar dari sari Buah Merah adalah vitamin dan mineral.

Meskipun demikian, masyarakat disarankan tidak mengonsumsi berlebihan karena Buah Merah mengandung zat besi. Zat besi yang berlebihan bisa membahayakan kesehatan karena tidak bisa dikeluarkan memalui kotoran (urine dan feses).

Bagi Anda yang sedang mencari herbal yang aman untuk pengobatan penyakit Anda, Sarang Semut dapat menjadi solusi yang Anda butuhkan. Herbal asal Papua ini mampu menumpas berbagai penyakit berat seperti kanker dan tumor, gangguan fungsi jantung, hati, dan ginjal, diabetes, asam urat, wasir/ambeien dan berbagai penyakit lainnya.

Berbeda dengan Buah Merah, Anda yang berminat mengonsumsi Sarang Semut tidak perlu khawatir akan efek samping yang ditimbulkan karena sejauh ini tidak ada efek samping yang dilaporkan oleh para penggunanya.

Sarang Semut dapat digunakan secara tunggal atau dapat dikombinasikan penggunaannya bersama obat dokter maupun herbal lain. Rata-rata pengguna Sarang Semut sudah dapat merasakan khasiatnya hanya dalam waktu 1-2 bulan penggunaan.

Kunjungi halaman Sarang Semut Tumpas Berbagai Penyakit Berat untuk melihat khasiat pengobatan apa saja yang dimilikinya dan bagaimana para pengguna Sarang Semut terbantu mengatasi penyakit yang diderita.


Informasi lengkapnya di: http://www.deherba.com/efek-samping-...#ixzz2QSmguYxO
http://www.deherba.com/efek-samping-...uah-merah.html
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 15th April 2013, 02:25 AM   #3
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

KHASIAT DAN MANFAAT SEBAGAI OBAT PENAKLUK PENYAKIT MAUT

Quote:
Senyawa-senyawa yang terkandung dalam buah merah berkhasiat obat dan bersifat aktif. Betakaroten dan tokoferol (dalam bahasa awam dikenal sebagai vitamin E) dikenal sebagai senyawa antioksidan yang ampuh mencegah penyakit. Senyawa ini mampu menetralisir zat-zat radikal bebas dalam tubuh, yang merupakan sumber pemicu timbulnya berbagai penyakit, terutama penyakit degeneratif.

Dengan tingginya kadar antioksidan, buah merah memiliki efek antikanker yang kuat. Di dalam tubuh, antioksidan mampu menangkal dan memutus rantai radikal bebas-senyawa karsinogen penyebab kanker dan tumor.


BETAKAROTEN

Betakaroten adalah pencegah penyakit degeneratif seperti stroke, jantung koroner, dan kanker. Berfungsi untuk memperlambat berlangsungnya penumpukan flek pada arteri sehingga aliran darah, baik ke jantung maupun ke otak, bisa berlangsung lancar tanpa sumbatan. Betakaroten juga berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena adanya interaksi vitamin A dengan protein (asam-asam amino) yang berfungsi dalam pembentukan antibodi.

Suatu studi membuktikan bahwa mengkonsumsi betakaroten 30-60 mg sehari selama 2 bulan akan membuat tubuh memiliki sel-sel pembunuh alami lebih banyak serta sel-sel T-helpers dan limposit yang lebih aktif. Bertambahnya sel-sel pembunuh alami sangat penting untuk melawan sel-sel kanker dan mengendalikan radikal bebas yang sangat mengganggu kesehatan.


TOKOFEROL

Tokoferol (vitamin E) selama in hanya dikenal sebagai obat awet muda untuk menambah cantik dan ganteng. Padahal, tokoferol berfungsi hampir sama seperti betakaroten, yaitu pencegah penyakit degeneratif. Perbaikan sistem kekebalan tubuh dapat dihasilkan oleh khadiran tokoferol, sel limposit, dan mononuklear di dalam tubuh sehingga akan dapat mengurangi morbiditas dan mortalitas. Tokoferol mampu mengatasi pembentukan karsinogen atau menghambat karsinogen sel sasaran sehingga akan dapat menghambat terjadinya kasus kanker.

Tokoferol juga dapat menurunkan kolesterol LDL jahat dan meningkatkan HDL. Hasil uji klinis menunjukkan bahwa penderita penyakit jantung maupun stroke merasakan ada perubahan seperti respirasi lebih lancar serta tekanan darah dan detak jantung lebih normal.

Fungsi tokoferol diibaratkan seperti pemadam kebakaranm yaitu akan mematikan serbuan radikal bebas dan menetralisir kolesterol dalam darah. Jika sebuan radikal bebas tidak dapat dihalau dan kolestreol dalam darah tidak dapat dinetralisir maka akan timbul efek yang sangat berbahaya karena hal tersebut merupakan pemicu kematian secara mendadak. Kondisi ini umumnya dialami sebagian besar masyarakat yang bermukim di daerah perkotaan (gizi salah).


ASAM LEMAK TAK JENUH

Buah merah juga mengandung omega-9 dan omega-3 dalam dosis tinggi. Sebagai asam lemak tak jenuh, buah merah mudah dicerna dan diserap sehingga memperlancar proses metabolisme. Lancarnya proses metabolisme sangat membantu proses penyembuhan penyakit. Sebab, tubuh mendapat asupan protein yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Pasien pun tak perlu mendapatkan asupan protein dari luar. Bahkan, memaiknya metabolisme sangat membantu hati meregenari sel-sel hati yang rusak akibat hepatitis.

Asam lemak yang terkandung dalam buah merah merupakan antibiotik dan antivirus. Asam lemak aktif melemahkan dan meluruhkan membran lipida virus serta mematikannya. Bahkan, virus tak diberi kesempatan untuk membangun struktur baru sehingga tak bisa melakukan regenerasi. Oleh karena kemampuan tersebut, buah merah efektif menghambat dan membunuh beragam strain virus, termasuk virus hepatitis yang merusak sel hati. Terbukti juga bahwa buah merah mampu menghambat dan membunuh sel-sel tumor aktif, bahkan menekan perkembangan virus HIV/AIDS.


MENYEMBUHKAN BERBAGAI PENYAKIT

Kini, telah lebih dari 1000 penderita penyakit meraskan khasiat buah merah. Mulai dari jenis kanker, tumor, kista, lever, sirosis, diabetes, asam urat, darah tinggi, stroke, gangguan prostat, hingga osteoporosis. Bahkan beberapa penderita HIV/AIDS di Jayapura yang mengonsumsi sari buah merah pun kini mulai tersenyum kembali.

Salah satu indikasi kesembuhan yang dirasakan adalah kondisi tubuh lebih segar dan meningkatnya berat badan penderita. Malahan, hasil uji laboratorium terhadap darah seorang penderita yang mengonsumsi buah merah membuktikan kenaikan nilai CD4 (salah satu parameter orang terinfeksi HIV/AIDS). Nilai CD4 yang semula di bawah 100 meningkat menjadi 400 setelah 6 bulan mengonsumsi sari buah merah. Orang sehat memiliki CD4 di atas 450. Selain itu, CD8 yang semula positif, kini berubah negatif.


CARA MEMANFAATKAN SARI BUAH MERAH SEBAGAI OBAT

Sari buah merah digolongkan sebagai obat alternatif, dan tidak memberikan 100% kesembuhan, namun, sebagai upaya untuk menolong penderita penyakit degeneratif.

Pada dasarnya, sari buah merah dapat diminum siapa saja karena merupakan bahan suplemen bagi kebutuhan tubuh. Orang dewasa atau anak-anak serta orang sakit maupun orang sehat bisa meminumnya. Oleh karena kandungannya yang penuh senyawa-senyawa aktif yang dibutuhkan oleh tubuh, maka berfungsi sebagai ‘pencegah’ penyakit bagi orang yang sehat dan sebagai ‘penyembuh’ untuk orang yang sakit.

Untuk orang sehat disarankan mengonsumsi sari buah merah 1 kali setiap hari sebanyak 1 sendok makan (untuk anak-anak cukup 1 sendok teh saja).

Bagi penderita penyakit seperti kolesterol, hepatitis, darah tinggi, dan stroke, dapat mengonsumsi 2 kali sehari. Sementara bagi penderita kanker dan tumor 3 kali sehari. Dan dikonsumsi setelah makan.
http://heryardyansyah.tripod.com/buah_merah.htm
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 15th April 2013, 02:27 AM   #4
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

Buah merah asli Indonesia ampuh bunuh virus HIV?



Quote:
Buah merah adalah buah yang berasal dari tanah Papua, Indonesia. Buah merah memang tergolong buah yang sangat istimewa karena kabarnya mampu menyembuhkan penyakit yang sampai saat ini belum ada obatnya, yaitu HIV Human Immunodeficiency Virus), seperti dilansir Healthypro.org.

Selain HIV, buah merah juga dapat menyembuhkan beberapa penyakit, seperti:

1. Kanker atau tumor
2. Hipertensi (darah tinggi).
3. Asam urat
4. Stroke
5. Gangguan mata
6. Diabetes
7. Osteoporosis
8. Meningkatkan libido (afrodisiak)
9. Membantu meningkatkan kecerdasan

Jus buah merah sendiri pertama kali diperkenalkan sebagai suplemen kesehatan berkhasiat oleh Drs. I Made Budi, M.S. Pada awal penelitian ini, buah merah yang telah diolah dibagikan kepada keluarga dan para tetangga Dr Made yang kala itu sedang menderita sakit. Karena terbukti ampuh, berita tentang khasiat buah merah pun cepat menyebar.

Berkat promosi dari mulut ke mulut pula, lebih dari 1.000 orang di berbagai daerah dan negara kini telah merasakan khasiat dari sari buah merah. Buah yang memiliki nama Pandanus conoideus ini juga dipercaya ampuh meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga dapat membantu melemahkan virus HIV/AIDS, menurut Healthmad.

Tokoferol, alfatokoferol, dan beta-karoten yang terkandung dalam buah merah dikenal sebagai anti-oksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Ini adalah senyawa yang mendukung proses penyembuhan penyakit kanker, tumor, HIV. Senyawa anti-oksidan ini dapat menekan dan membunuh sel-sel kanker yang berbahaya.

Selain itu, tokoferol dalam buah merah juga mengandung banyak vitamin E, yang bisa mengencerkan darah. Hal ini tentu sangat baik untuk penderita stroke. Salah satu pemicu stroke adalah tekanan darah tinggi dan pembekuan darah, yang menyebabkan pembuluh darah bisa pecah. Pecahnya pembuluh darah ini disebut stroke.
http://www.merdeka.com/sehat/buah-me...virus-hiv.html
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 21st May 2014, 04:07 PM   #5
irda_za
Wk. RT
 
Join Date: 14 May 2014
Userid: 2169
Posts: 60
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Re: Buah Merah "buah ajaib" dari Tanah Papua

ternyata banyak manfaaty yang terkandung dalam buah merah..
kalau di daerah za, buah merah di anggab beracun, "ga tau kenapa", mungkin karena g ada yang menliti tentang buah merah dan apa saja yang terkandung didalamnya, dan apakah bermanfaat or tidak..
irda_za is offline   Reply With Quote
Old 12th June 2014, 04:33 PM   #6
chayoo_za
Wk. RT
 
chayoo_za's Avatar
 
Join Date: 3 Jun 2014
Userid: 2233
Posts: 73
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Re: Buah Merah "buah ajaib" dari Tanah Papua

ya ampun ternyata buah merah itu ada manfaatnya...
kirain hanya tanaman liar yang tidak ada manfaatnya.
nice infonya
chayoo_za is offline   Reply With Quote
Old 10th November 2014, 10:56 PM   #7
bungabuket
Ketua RT
 
Join Date: 18 Aug 2014
Userid: 2425
Posts: 96
Likes: 0
Liked 3 Times in 3 Posts
Default Re: Buah Merah "buah ajaib" dari Tanah Papua

Nice informasi, buah merah ini benar sangat ajaib bisa mengobati segala penyakit.
bungabuket is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Budidaya Buah Naga Merah , Dragon Fruit newbie Forum Usaha Agroku - Agrobisnis 31 22nd August 2016 09:25 AM
Bermodal Rp100 Ribu, Daun pun "Disulap" Jadi Uang gladiator Usaha Alat Rumah Tangga - Appliances Business 14 23rd January 2016 01:17 PM
Anjing "Ajaib" Bisa Menyala dalam Gelap andi.teguh Forum Hewan Peliharaan My Pets 4 23rd June 2013 01:50 AM
Pre Order Glamour Kills "Boner" Black/Red Tees RAGK Jualanku - My Stores and Shops 40 12th May 2013 03:03 AM
"Bebek Gendut", Sejenak Lepaskan Stres Warga London ianvbz Forumku the Lounge 0 20th December 2012 10:40 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 10:52 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts