forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Indonesia > Indonesia Membangun! > Business and Economy!
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Business and Economy! Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 28th July 2015, 08:28 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Cari Modal Usaha? Begini Caranya!

Quote:
ADA dua tips sebelum Anda memulai bisnis. Pertama, langsung keluar dari pekerjaan Anda sekarang, lalu memulai usaha sendiri. Kedua, kumpulkan uang sampai cukup untuk membuka usaha mandiri.
Saran pertama memang cukup ekstrem. Dan bila melakukannya, pastikan Anda sudah memiliki cukup modal kala keluar dari pekerjaan. Dana untuk bisnis bisa Anda kumpulkan dari tabungan selama bekerja ditambah uang pisah dari kantor, kalau ada.

Sedangkan pada tips yang kedua, Anda disarankan mengumpulkan uang sampai cukup modal untuk usaha. Pertanyaannya, apakah Anda disiplin dalam menabung? Berapa lama lagi Anda harus menabung?

Anda tak harus selalu mengandalkan uang sendiri untuk modal usaha. Yuk, cari tambahan dana sebelum memulai bisnis.

1. Tabungan

Perencana keuangan selalu menyarankan agar Anda menyisihkan penghasilan di awal bukan menyisakan di akhir. Sehingga Anda bisa punya tabungan untuk dana darurat atau bahkan buat modal bisnis. Beruntunglah Anda yang sudah biasa menabung sejak kuliah atau sejak awal bekerja. Sehingga jumlah uang yang ada dalam rekening Anda cukup untuk memulai usaha.

2. Hasil Penjualan Aset

Jika jumlah tabungan tidak cukup untuk memulai usaha dan Anda tidak suka berutang, maka dapatkan dana dari penjualan aset. Harta kekayaan yang dimaksud tersebut adalah yang memiliki nilai investasi tinggi seperti tanah, rumah, mobil, motor, atau perhiasan. Jual salah satu aset yang bernilai tinggi, bukan beberapa aset yang bernilai rendah. Anggaplah aset yang telah terjual sebagai salah satu harta kekayaan yang digunakan untuk berinvestasi. Bedanya, investasi kali ini adalah untuk usaha sendiri.

3. Kerja sama

Apabila modal tak cukup dari simpanan dan aset pribadi, cobalah cari dana dari pihak ketiga. Caranya bisa dengan mengajak saudara, teman, atau rekan lainnya untuk ikut berusaha dengan Anda. Pilih partner yang punya ketertarikan di bidang usaha yang sama. Sehingga bisa berbagi modal dan beban saat menjalankan operasional bisnis sehari-hari. Mitra yang Anda ajak kerja sama tak harus selalu orang yang mau terjun langsung menangani bisnis. Bisa saja rekan Anda hanya mau menaruh modal saja.

Jangan lupa dalam setiap kerja sama yang Anda lakukan harus berdasarkan perjanjian yang disepakati saat awal memulai bisnis. Kesepakatan tersebut berisi besaran bagi hasil dan hal-hal lain untuk mengantisipasi kondisi yang buruk yang mungkin terjadi di kemudian hari.

4. Pinjaman dari Bank

Biasanya jarang ada bank yang mau memberi pinjaman untuk usaha yang terbilang baru atau malah masih dalam tahap coba-coba. Tapi, tak ada salahnya jika Anda mau menjajal pilihan ini. Anda bisa mengajukan proposal yang berisi profil usaha dan bisa juga dilengkapi dengan feasibility study, jika diminta. Setelah persyaratan lengkap, bank akan melihat apakah bisnis Anda bankable atau tidak.

Kalau gagal mendapat pinjaman atas nama usaha, maka Anda bisa mengajukan pinjaman atas nama pribadi. Namun, biaya bunga yang dikenakan sangat tinggi.

Anda juga bisa mengajukan bantuan modal dari bank melalui program Kredit Tanpa Agunan (KTA). Proses pengajuan KTA terbilang mudah dan cepat. Asal Anda memenuhi semua persyaratan dan tidak pernah punya masalah membayar tagihan lain, uang akan cair dalam 14 hari kerja. Besarnya pinjaman melalui program KTA bisa mencapai Rp. 200 juta.

5. Koperasi Simpan Pinjam

Apakah Anda anggota koperasi simpan pinjam yang telah membayar simpanan wajib selama bertahun-tahun? Bila ya, maka Anda bisa mengajukan pinjaman untuk modal usaha. Sebagai pemohon, Anda harus mengajukan proposal usaha secara lengkap dengan perkiraan laba dan keuangan secara menyeluruh. Koperasi akan mempertimbangkan apakah Anda akan memperoleh dana tunai dengan cepat atau hanya memenuhi sebagian permintaan modal. Keputusan tersebut berdasarkan penilaian koperasi terhadap kemampuan Anda dalam mengembalikan uang yang dipinjam.

6. Dana Hibah dari Perusahaan atau Lembaga

Saat ini, banyak perusahaan dan lembaga sosial lain yang membuat kegiatan pelatihan atau lomba dengan imbalan modal usaha. Sebab perusahaan harus menyalurkan dana Corporate Social Responsibility. Sementara lembaga sosial punya tanggung jawab menyampaikan dana untuk pembangunan ekonomi kepada masyarakat.

Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini agar bisa mendapatkan modal. Buatlah proposal mengenai ide bisnis Anda dengan sebaik-baiknya. Sehingga penyelenggara yakin dan mau memberikan dana. Beberapa institusi memberikan modal berupa pinjaman yang harus dikembalikan. Tapi, bila Anda beruntung, ada juga dana yang diberikan dalam bentuk hibah.

7. Tambahan Modal dari Konsumen

Salah satu trik untuk mendapat tambahan modal adalah menggunakan dana dari konsumen. Caranya dengan menetapkan pembayaran di muka sebelum Anda memenuhi kewajiban memberikan barang atau jasa yang Anda tawarkan.

Misalnya, jika Anda membuka bisnis katering, tetapkan pembayaran down payment sebesar 50 persen pada saat pemesanan. Kemudian pada H-7, konsumen diminta menambah 30 persen lagi dari keseluruhan harga yang ditetapkan. Sisa 20 persen lagi diberikan pada saat makanan sudah sampai ke tangan pelanggan.

Jadi, jangan tunda lagi untuk memulai usaha. Manfaatkan channel-channel tersebut untuk menambah modal. Semoga sukses!

Artikel ini pertama kali diterbitkan oleh :
Halo Money.co.id
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Gaji UMR tapi Mau Kredit Rumah, Begini Caranya! sucyresky Business and Economy! 0 22nd March 2015 04:48 PM
Gaji UMR tapi Mau Kredit Rumah, Begini Caranya! sucyresky Business and Economy! 0 22nd March 2015 04:42 PM
Bayar Pajak Semudah Beli Pulsa Handphone? Begini Caranya sucyresky Business and Economy! 0 18th March 2015 01:04 PM
Jokowi Akan Bangun Pembangkit Listrik 'Raksasa' 35.000 MW, Begini Caranya agusjember Infrastructure, Transportation and Communication! 0 18th November 2014 06:09 PM
Tips Cari Modal Investasi Online Gratis dodosan Peluang Usaha 0 7th June 2014 10:15 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 08:17 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts