forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Indonesia > Indonesia Membangun! > Social, Culture and Education!
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Social, Culture and Education! Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 28th August 2012, 08:05 PM   #1
Ketua RT
 
Vipray's Avatar
 
Join Date: 27 Aug 2012
Userid: 136
Location: Semarang
Posts: 83
Real Name: Ilham Prayoga
Likes: 0
Liked 8 Times in 7 Posts
Default Jaga Dirimu wahai sang permata Dunia

SELAMAT DATANG

Permata dunia, yang membuat dunia menjadi semakin indah, tanpa dia, dunia terasa hampa. ya, dia adalah seorang wanita. salah satu hal yang mengancam seorang wanita adalah Kanker Serviks.
Kanker serviks adalah kanker yang timbul di serviks atau di mulut/leher rahim. Kanker serviks merupakan jenis kanker yang paling banyak nomor tiga di dunia. Jumlah pengidap kanker serviks di Indonesia juga cukup besar dan akhir-akhir semakin meningkat. Setiap hari ditemukan 40-45 kasus baru dengan jumlah kematian mencapai 20-25 orang atau bisa dikatakan setiap jamnya seorang wanita Indonesia meninggal akibat kanker serviks.
Kanker serviks disebut sebagai “silent killer” karena perkembangan kanker ini sulit terdeteksi. Proses perjalanan infeksi virus penyebab kanker hingga timbulnya gejala terjadi perlahan-lahan, yaitu sekitar 10-20 tahun. Pertama, beberapa sel berubah dari normal menjadi sel-sel pra kanker yang belum menimbulkan gejala dan akhirnya menjadi sel kanker yang akan menimbulkan gejala. Proses ini seringkali tidak disadari. Dokter Laila Nuranna, SpOG (K), Kepala Onkologi Ginekologi Obstetri Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, berujar bahwa sebagian besar kasus kanker serviks yang terdeteksi sudah stadium lanjut sehingga sulit diobati.

Kanker serviks sering timbul pada wanita paruh baya. Mayoritas kasus yang ditemukan terjadi pada wanita berusia kurang dari 50 tahun. Banyak wanita tidak mengetahui bahwa dengan semakin bertambahnya usia, semakin meningkat pula resiko mereka untuk mengidap kanker serviks. Ini sebabnya penting bagi wanita yang telah berusia untuk menjalani tes Pap Smear yang bisa mendeteksi sel-sel pra kanker secara teratur.

Penyebab kanker serviks adalah infeksi Human Papilloma Virus ( HPV ) atau virus papilloma manusia. Sekitar 70% kasus kanker serviks adalah akibat infeksi HPV 16 dan 18. Kanker serviks dapat terjadi jika infeksi HPV tidak sembuh dalam waktu yang lama. Apalagi dengan sistem imun atau kekebalan tubuh yang rendah, infeksi akan mengganas dan menyebabkan sel kanker. Virus ini dapat menyebar melalui sentuhan: misalnya, ada virus HPV di tangan Anda, lalu Anda menyentuh daerah genital, maka daerah serviks Anda dapat terinfeksi. Atau bisa juga dari kloset di WC umum yang sudah terkontaminasi virus.

Selain itu, ada sejumlah faktor risiko atau penyebab kanker serviks:
• Wanita berusia di atas 40 tahun lebih rentan terkena kanker serviks.
Semakin tua maka semakin tinggi risiko.
• Faktor genetik tidak terlalu berperan dalam terjadinya kanker serviks.
Namun hal ini bukan berarti jika keluarga Anda bebas kanker serviks maka Anda tidak akan terkena! Anda harus tetap berhati-hati dan melakukan tindakan pencegahan.
• Hubungan seksual di usia yang terlalu muda, berganti-ganti partner seks, atau berhubungan seks dengan pria yang sering berganti pasangan. Virus HPV dapat menular melalui hubungan seksual. Seandainya seorang pria berhubungan seks dengan seorang wanita yang menderita kanker servik, kemudian pria tersebut berhubungan sex dengan Anda, maka virus HPV dapat menular dan menginfeksi Anda.
• Memiliki terlalu banyak anak (lebih dari 5 anak). Pada saat Anda melahirkan secara alami, janin akan melewati serviks dan menimbulkan trauma pada serviks, yang dapat memicu aktifnya sel kanker. Semakin sering janin melewati serviks, semakin sering trauma terjadi, semakin tinggi resiko kanker serviks.
• Keputihan yang berlangsung terus-menerus dan tidak diobati. Ada dua macam keputihan, yaitu normal dan tidak normal. Pada keputihan yang normal, lendir berwarna bening, tidak bau dan tidak gatal. Jika salah satu dari ketiga syarat tersebut tidak terpenuhi, artinya keputihan Anda tidak normal. Segera konsultasi dengan dokter!
• Membasuh atau membersihkan genital dengan air yang tidak bersih, misalnya air sungai atau air di toilet umum yang tidak terawat. Air yang kotor banyak mengandung kuman dan bakteri.
• Pemakaian pembalut wanita yang mengandung bahan dioksin (bahan pemutih yang dipakai untuk memutihkan pembalut hasil daur ulang dari barang bekas).
• Daya tahan tubuh yang lemah, kurangnya konsumsi vitamin C, vitamin E dan asam folat. Kebiasaan merokok juga menambah risiko kanker serviks.

Pada stadium dini, gejala kanker serviks tidak terlalu kentara. Berikut adalah gejala-gejala yang ditemukan pada kanker serviks :
• Sakit dan atau mengeluarkan darah saat berhubungan seksual, ,
• Keputihan yang tidak normal
• Menstruasi berlebihan
• Kurang nafsu makan, sakit punggung atau tidak bisa berdiri tegak, sakit di otot bagian paha, salah satu paha bengkak, berat badan naik-turun, tidak dapat buang air kecil, keluarnya air seni dari vagina, pendarahan spontan setelah menopause, tulang yang rapuh dan nyeri panggul.

Dengan gejala-gejala kanker serviks yang tidak mencolok dan perkembangannya cukup lama, hal yang dapat kita lakukan adalah berusaha menemukan kanker serviks pada stadium dini.
Ada sejumlah metode untuk mendeteksi atau mengetahui apakah Anda terkena kanker servik, antara lain:
• IVA - Inspeksi Visual dengan Asam asetat.
Larutan asam asetat 3%-5% yang dioleskan ke leher rahim akan diamati apakah ada perubahan warna, misalnya muncul bercak putih. Jika ada, berarti kemungkinan terdapat infeksi pada serviks dan harus dilakukan pemeriksaaan lanjutan.
• Pap Smear atau dikenal juga dengan sebutan Papanicolaou test, Pap test, cervical smear, smear test.
Pemeriksaan pap smear memiliki berbagai kelebihan, antara lain: biaya murah, waktu cepat dan hasil akurat. Tes ini dianjurkan untuk dilakukan setidaknya satu tahun sekali. Hasil usapan leher rahim kemudian diperiksa dengan mikroskop untuk mengetahui apakah ada sel abnormal, infeksi atau radang. Melakukan pap smear secara teratur dapat mengurangi risiko kematian akibat kanker serviks.
• Thin prep merupakan metode berbasis cairan yang lebih akurat dari pap smear, karena pap smear hanya mengambil sebagian sel dari leher rahim, sedangkan thin prep memeriksa seluruh bagian serviks. Sampel tersebut dijadikan slide dan diberi pewarna khusus agar lebih jelas. Membran khusus digunakan untuk membuat preparat dengan irisan tipis, yang akan memperlihatkan infeksi atau jaringan abnormal. Tingkat akurasi metode ini hampir mencapai 100%.


Jika Anda sudah dideteksi menderita kanker serviks, jangan khawatir. Sekarang ini sudah ada sejumlah metode untuk mengobati kanker serviks. Pada stadium awal, pengobatan kanker serviks dilakukan dengan cara menyingkirkan bagian yang sudah terkena kanker, misalnya dengan pembedahan listrik, laser atau cyrosurgery (membekukan dan membuang jaringan abnormal).
Untuk pengobatan kanker serviks stadium lanjut, dilakukan terapi kemoterapi dan radioterapi. Pada stadium akhir atau kasus yang parah maka terpaksa dilakukan histerektomi, yaitu bedah pengangkatan rahim (uterus) secara total agar sel-sel kanker yang sudah berkembang dalam kandungan tidak menyebar ke bagian lain dalam tubuh.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, sebelum Anda terkena kanker serviks, berikut beberapa saran untuk mencegah infeksi virus HPV:
• Jaga kesehatan dan daya tahan tubuh dengan cara konsumsi makanan bergizi. Jalani pola hidup sehat dengan cara makan sayuran, buah dan sereal. Perbanyak makanan yang mengandung vitamin A, C dan E serta asam folat untuk mengurangi risiko kanker leher rahim.
• Sebelum menggunakan toilet di tempat umum, selalu bersihkan bibir kloset dengan alkohol. Jangan membersihkan genital dengan air kotor.
• Hindari hubungan seks di usia dini. Hindari berhubungan badan dengan banyak partner karena HPV menular melalui hubungan seksual. Hindari berhubungan seks selama masa haid/menstruasi.
• Hindari merokok, karena penggunaan tembakau dapat menyebabkan kanker.
• Rutin melakukan screening berupa pap smear atau IVA untuk deteksi kanker serviks secara dini.
• Vaksinasi dapat dilakukan pada perempuan usia 10-55 tahun dengan jadwal suntikan sebanyak 3 kali, yaitu pada bulan 0, 1 dan 6. Vaksin HPV akan meningkatkan daya imun anak sehingga lebih resistan terhadap virus.

Jaga Dirimu Wahai Sang Permata Dunia
Likes:(1)
Vipray is offline   Reply With Quote
Old 1st September 2012, 01:28 PM   #2
afterburner
Wk. RT
 
afterburner's Avatar
 
Join Date: 27 Aug 2012
Userid: 133
Posts: 55
Likes: 0
Liked 10 Times in 4 Posts
Default

waw. keren om. gadis yang usia 13-16 tahun itu sudah terlihat kah om gejala gejalanya ?
afterburner is offline   Reply With Quote
Old 3rd September 2012, 04:14 PM   #3
Vipray
Ketua RT
 
Vipray's Avatar
 
Join Date: 27 Aug 2012
Userid: 136
Location: Semarang
Posts: 83
Real Name: Ilham Prayoga
Likes: 0
Liked 8 Times in 7 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by afterburner View Post
waw. keren om. gadis yang usia 13-16 tahun itu sudah terlihat kah om gejala gejalanya ?
bisa terlihat qo ... makannya jaga kesehatan sejak dini..
__________________
Fight Against Our Devil Side
Vipray is offline   Reply With Quote
Old 8th September 2012, 11:37 AM   #4
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,254
Likes: 1,687
Liked 196 Times in 118 Posts
Default

Terima kasih, sangat bermanfaat informasinya

Kalo tips untuk menghindari kanker payudara ada nggak pak dokter ?
admin is offline   Reply With Quote
Old 11th September 2012, 01:09 PM   #5
nOnezdaKilla
Ketua RT
 
nOnezdaKilla's Avatar
 
Join Date: 9 Sep 2012
Userid: 209
Location: Bandung
Posts: 138
Real Name: al ghifari
Likes: 36
Liked 32 Times in 25 Posts
Default

Quote:
Terima kasih, sangat bermanfaat informasinya

Kalo tips untuk menghindari kanker payudara ada nggak pak dokter ?
klo masmin asal jgn kebanyakan pake maskara , di jamin jauh dari kanker payudara
__________________
We live in the world where losing of phone is more dramatic than losing your virginity
nOnezdaKilla is offline   Reply With Quote
Old 11th September 2012, 02:16 PM   #6
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,254
Likes: 1,687
Liked 196 Times in 118 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by nOnezdaKilla View Post
klo masmin asal jgn kebanyakan pake maskara , di jamin jauh dari kanker payudara
maskara apaan yah ?
admin is offline   Reply With Quote
Old 16th September 2012, 12:07 PM   #7
totongmeong
Sek Des
 
totongmeong's Avatar
 
Join Date: 27 Aug 2012
Userid: 131
Location: jogjakarta-kudus
Posts: 219
Real Name: muhammad bintang pahlawan
Likes: 0
Liked 8 Times in 5 Posts
Default

maskara buat apaan gan
__________________
totongmeongwashere
budayakan post yang bermutu dan tidak asal-asalan
totongmeong is offline   Reply With Quote
Old 19th October 2012, 11:31 PM   #8
jendralpanu
Sek Des
 
Join Date: 15 Oct 2012
Userid: 373
Posts: 485
Real Name: joe
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default

diangkat lagi ya biar bisa dibaca sama para Permata Dunia
jendralpanu is offline   Reply With Quote
Old 20th October 2012, 12:07 AM   #9
adi.panji
[M]
™ おっぱい ™
 
adi.panji's Avatar
 
Join Date: 11 Oct 2012
Userid: 352
Location: Palembang City
Posts: 4,398
Real Name: Adi Panji
Likes: 192
Liked 135 Times in 92 Posts
Default

maskara itu bukannya buat yg bkin mata jadi lentik ya...
itu kalo ga slah...
__________________
Quote:
“”
Spoiler



From : Dark_Knight_Dragon a.k.a adi panji
adi.panji is offline   Reply With Quote
Old 20th October 2012, 09:06 AM   #10
jendralpanu
Sek Des
 
Join Date: 15 Oct 2012
Userid: 373
Posts: 485
Real Name: joe
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by Dark_Knight_Dragon View Post
maskara itu bukannya buat yg bkin mata jadi lentik ya...
itu kalo ga slah...
maskara tememnnya masBambang
jendralpanu is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Baru di Forumku.com? Perkenalkan dirimu di sini. Jangan Malu-malu (in) admin Salam Kenal dan Latihan Posting 142 10th May 2015 11:20 AM
Partisipasi Indonesia untuk Dunia yang Lebih Baik ... admin untuk Dunia! 21 17th June 2013 02:13 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 01:04 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts