forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Indonesia > Indonesia Membangun! > Business and Economy!
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Business and Economy! Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 31st July 2015, 08:25 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Tips Memulai Bisnis Distro

Quote:
Beberapa tahun belakangan ini, industri kreatif terus berkembang di Indonesia. Sebab banyak anak muda yang punya ide cemerlang. Kalau kamu termasuk anak muda dengan selusin inovasi, janganlah mengurungkan niat berbisnis karena tak punya cukup uang. Kamu bisa memulai usaha kecil-kecilan dari sekarang.
Untuk kamu yang berminat dengan bisnis distro, mungkin kerap melihat jejeran toko di kawasan Dago, Bandung. Apakah kamu berpikir bila usaha distro itu membutuhkan modal besar? Sehingga ketika melihat para pesaing, kamu langsung ciut dan mengurungkan niat?

Kalau iya, sebaiknya kamu usir jauh-jauh pikiran itu. Karena memulai bisnis distro tak harus selalu punya modal besar. Asalkan punya tekad kuat, sedikit-sedikit kamu bisa mengumpulkan modal. Seperti ketika kamu masih memulai usaha, modal kecil bisa bersumber dari tabungan. Dan ketika akan mengembangkan bisnis, barulah kamu mengajukan pinjaman ke bank.

Berikut tips memulai bisnis distro.

1. Realisasikan Ide

Kalau kamu sudah punya rancangan kaos unik, jangan simpan saja di komputermu. Segera realisasikan! Cetak gambarmu di atas kaos berbahan terbaik, lalu tawarkan kepada toko distro yang sudah ada.

“Bermain” di bisnis distro memang tak harus langsung buka toko baru, yang penting idemu tak mati dulu. Cara ini tak perlu dana besar, hanya perlu sedikit uang yang kamu kumpulkan dari tabungan. Bahkan kamu bisa melakukannya sebagai pekerjaan sampingan. Jadi tak perlu buru-buru resign dari kerjaan lama.

Dengan menjadi agen untuk gerai yang sudah ada, kamu bisa memperkuat desain yang menjadi ciri khas kaosmu. Sambil sedikit-sedikit mengumpulkan modal dan belajar cara bisnis yang benar.

2. Jalur Penjualan Online

Selain menjadi pemasok, kamu juga bisa menjual produk melalui situs internet. Berjualan secara online memang tak perlu modal besar. Tapi harus punya strategi marketing yang tajam.

Di dunia maya, kamu punya ruang luas yang nyaris tak berbatas. Orang-orang yang melihat toko kamu bisa dari segala latar belakang dan usia. Jadi kamu harus membuat cara pemasaran yang baik agar barang jualan sampai ke target pasar yang tepat.

Kamu juga bisa memulai toko online di Facebook. Lengkapi informasi barang dan foto dengan kualitas bagus. Hal itu bisa membuat orang mulai melirik produk kamu. Jika sudah banyak orang yang loyal dengan brand kamu, baru bisa digiring ke media sosial lain. Sebagai orang-orang yang benar-benar ingin tahu dan menunggu produk terbaru kamu, mereka adalah target pasar yang harus dijaga.

Jangan promosi membabi-buta! Sebab, ada orang yang akan terganggu dengan spamming tidak jelas. Lalu nantinya mereka malah antipati dengan produk kamu.

3. Modal untuk Buka Toko

Oke, sampai di sini mungkin kamu sudah mulai bisa memahami cara berbisnis yang baik. Kamu juga sudah melihat pilihan desain yang diterima pasar. Arus kas untuk bisnis kamu juga sudah mulai teratur. Maka, kamu sudah bisa mulai mencoba membuka toko baru.

Apakah modal kamu belum cukup? Sekali lagi, jangan sampai uang menjadi penghalang berkembangnya ide cemerlang. Jika pemasukan tahunan kamu sudah mencapai Rp30 juta, kamu bisa ajukan Kredit Tanpa Agunan.

Pengajuannya mudah, asal semua persyaratan terpenuhi. Pencairan dananya cepat, prosesnya pun hanya selama 14 hari kerja. Dan setelah meneliti kemampuanmu dalam bayar cicilan, bank bisa saja bersedia memberikan pembiayaan hingga Rp100 juta.

4. Memulai Toko Baru

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuka toko baru. Pertama-tama menentukan lokasi yang tepat. Tempat yang kamu pilih harus strategis dan dilalui banyak orang. Seperti di pusat kota, dekat tempat umum dan di pinggir jalan raya. Harga sewa gedung atau ruko di tempat yang sepi mungkin lebih murah. Tapi, pengunjung yang datang ke tokomu juga sedikit yang akhirnya akan berimbas pada pendapatanmu nanti.

Syarat lokasi yang ramai saja tidak cukup. Ramai seperti apa? Tempat itu harus penuh dengan orang-orang yang menjadi target pasar kamu. Misalnya, jika baju distro kamu diperuntukkan buat kelompok remaja hingga dewasa, maka pilihlah lokasi toko yang dekat dengan tempat ngumpul anak muda yang fashionable.

Setelah memilih lokasi yang tepat, lalu buatlah tokomu mudah terlihat. Buat desain toko yang unik. Agar pengunjung tertarik untuk datang.

5. Perkuat Brand dan Pelayanan

Saat ini, mungkin tokomu sudah cukup dikenal. Banyak orang yang tertarik dengan kaos buatanmu karena desainnya yang unik. Pertahankan! Setia kepada idemu dari awal.

Sehingga produk kamu selalu menjadi pilihan konsumen. Layani mereka dengan baik, agar mau datang ke tokomu lagi.

Selamat berbisnis. Semoga sukses!
Halo Money.co.id
sucyresky is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Lima Langkah Mudah Memulai Bisnis Anda Sendiri sucyresky Business and Economy! 0 27th June 2015 08:42 AM
Bingung Memulai Bisnis, Coba Lakukan Ini sucyresky Business and Economy! 0 30th May 2015 08:24 AM
Tips Memulai Bisnis Properti agar Sukses surya93 Rumah 1 4th March 2015 10:13 PM
Bisnis Kaos Distro, desain keren bisa untuk usaha sampingan bandarniaga Mode dan Pakaian 0 4th December 2014 01:06 PM
[TUTORIAL] Step By Step memulai Bisnis Online johan.saputra Forum TulisanKu MyWriting 10 2nd November 2014 07:58 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 02:59 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts