forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Forum Wirausahaku - My Entrepreneurship > Forum Usaha Teknologiku
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Forum Usaha Teknologiku Forum ini Membutuhkan Moderator, Silakan mendaftar !!!

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 22nd September 2015, 02:11 PM   #1
Wk. RT
 
Join Date: 22 Sep 2015
Userid: 4333
Posts: 50
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Disk Fragmentation Salah Satu Penyebab Komputer Anda Lambat

Anda memiliki komputer saat ini? Sudah berapa lamakah komputer tersebut Anda miliki? Sama halnya dengan makhluk hidup, perangkat komputer milik Anda pun tentunya juga memiliki batas normal pemakaian. Baik software di dalamnya yang bisa expired, ataupun hardware nya juga bisa rusak. Dari sekian hardware pada komputer Anda adalah harddisk.

Lewat perangkat ini Anda biasa melakukan penyimpanan file baik berupa dokumen, foto, gambar, maupun video. Harddisk terkadang akan mengalami gagal dalam penyimpanan file ataupun pembacaan file. Misalkan saja, Anda mungkin pernah menyimpan sebuah file sangat lama pada harddisk usang, file nya mungkin Ada namun tidak bisa di copy ataupun dibuka. Bisa jadi juga harddisk milik Anda mengalami fragmentasi, tentu saja salah satu alternatif solusi adalah dengan menggunakan cloud storage

Pada Artikel kali ini penulis mencoba berbagi pengetahuan tentang disk fragmentation, utamanya jika Anda pengguna sistem operasi Windows. Kalaupun Anda pengguna sistem operasi lain, Linux misalnya? Artikel ini juga akan membantu Anda, Untuk menemukan solusi fragmentasi nya harddisk Anda.

Secara umum, pada sebuah harddisk setiap file yang disimpan didalamnya akan ditulis pada block block yang saling berdekatan. Semakin banyak harddisk tersebut Anda gunakan untuk menyimpan harddisk maka otomatis block pun akan terisi dan tentunya tampilan kapasitas akan terisi penuh sehingga Anda tidak lagi bisa menggunakannya ketika semua block telah terisi. Tidak hanya tentang block yang penuh, namun juga tentang aktifitas pada harddisk itu sendiri baik berupa penambahan, pengubahan ataupun penghapusan file juga akan memiliki efek pada harddisk itu sendiri. Hal ini lah yang memunculkan fragmentasi pada harddisk.
fragmentasi merupakan kondisi yang tidak bisa dihindari. Yaitu dimana setiap block file tercecer pada ruang penyimpanan, sehingga ketika Anda melakukan akses pada sebuah file komputer akan membutuhkan tambahan waktu untuk melakukan pencarian bagian terpisah tersebut



Anda dapat menganalogikannya saja dengan kasus berikut. ABCD merupakan file yang sama dan menempati blok berbeda.

Seperti Anda lihat pada baris pertama ketika file tersebut masih belum terdapat pengubahan.
Kemudian dibaris kedua, File B dihapus sehingga otomatis block akan mengalami kekosongan diantara block tempat file A dan block file B.
File E ditambhkan pada baris ketiga, namun perbedaannya adalah file E memiliki ukuran yang lebih kecil. Sehingga otomatis akan tersisa sedikit ruang dari tempat file bertipe B sebelumnya. Oleh komputer jarak ini masih dianggap jarak antara file E dengan file C.
Dan pada baris ke 4, Anda menambahkan file F. Karena file ini lebih besar kapasitasnya maka penampungan pun terbagi pada space kosong diantara file E dan file C, serta file selanjutnya diletakkan pada bagian setelah file D.

Penggambaran singkat seperti ini pun mungkin masih bisa Anda bayangkan, namun bukankah perangkat harddisk milik Anda juga memiliki penyimpanan yang tidak sedikit? Bisa terbayang bukan jika penyimpanan ini terdiri dari ribuan hingga jutaan file yang tercecer. Melihat kenyataan tersebut, Jadi perlukah melakukan defrag harddisk komputer? Menurut penulis hal ini tergantung Anda pengguna sistem operasi apa. Karena secara dasar tiap sistem operasi memiliki cara berbeda dalam melakukan pembacaan harddisk.
Pembacaan System Windows

Mulai dari windows 2000 dan XP hingga seri terbaruya, Microsoft telah menerapakan teknologi system terbarunya yaitu system NTFS. System ini memiliki beberapa fitur Antara lain :

Kompresi data transparan
Setting quota per partisi
Serta Alternate data stream

Teknologi ini jelas lebih maju dibandingkan di saat versi windows 98, dimana media penyimpanan masih menggunakan FAT. NTFS mampu memaksimalkan kinerja harddisk, dengan pemanfaatan block kosong disekitar block yang terisi. Hal ini tentu berbeda dengan penggunaan FAT system, dengan pencarian block kosong terdekat dari file pertama pada ruang penyimpanan.
Namun, meskipun teknologi ini memiliki banyak fitur, media penyimpanan pada Windows juga harus dilakukan defrag secara berkala. Mengingat adanya fragmentasi masih bisa ditemukan. Anda pun akan menemukan nantinya, Microsoft telah melakukan auto defrag ketika Windows dalam keadaan kosong (system idle).
Pembacaan System Linux

Linux memiliki system yang dikhususkan untuk kernel linux, dengan format extended file system (ext). Seiring perkembangannya, Anda akan menemukan ext2, ext3, dan ext4. ketiganya terdapat perbedaan dalam penyusunan block, Anda bisa membaca lebih panjang tentang ketiganya pada Wikipedia.

Linux

Tidak seperti halnya file system NTFS, ext melakukan penyebaran file ke seluruh harddisk, ketika melakukan aktifitas penyimpanan data sehingga ketika Anda melakukan pengubahan data, akan tersedia tempat yang luas untuk pengembangan data tersebut. Sedangkan bila system mendeteksi adanya fragmentasi, maka secara perlahan file akan dipindahkan otomatis oleh system untuk melakukan normalisasi. Ketika menggunakan Linux, fragmentasi mungkin tetap akan Anda temukan ketika kapasitas harddisk Anda hampir penuh.
Meskipun sebenarnya tidak membutuhkan defrag, Anda tetap bisa melakukan defrag pada Linux. Hanya dengan melakukan backup seluruh file dan hapus partisi tersebut. Kemudian copy file backup ke partisi itu lagi, maka linux secara otomatis akan melakukan penataan dengan lebih baik.
__________________
Kode GTA android Pakaian Adat
Likes:(1)
jatislhdn is offline   Reply With Quote
Old 16th February 2016, 03:58 PM   #2
krisna94
Wk. RT
 
krisna94's Avatar
 
Join Date: 9 Sep 2015
Userid: 4285
Posts: 45
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Re: Disk Fragmentation Salah Satu Penyebab Komputer Anda Lambat

Informasi yang bermanfaat bagi pengguna komputer ......
__________________
Info Blog - Blog Info
krisna94 is offline   Reply With Quote
Old 22nd June 2016, 02:43 AM   #3
ankasarentcar
Sek Des
 
Join Date: 16 Jun 2015
Userid: 3964
Location: Surabaya Indonesia
Posts: 214
Real Name: mabrur
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Re: Disk Fragmentation Salah Satu Penyebab Komputer Anda Lambat

jadi ingat kenapa laptop saya lemot. trim infonya
__________________
Sewa Mobil Surabaya
ankasarentcar is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
komputer



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Memblokir Software Program Pada Komputer Anda endo.widarbo Forumku Hardware and Software 17 18th March 2016 10:26 PM
Tas Terlalu Berat Salah Satu Penyebab Sakit Pundak astianisa Health Kesehatan 1 30th June 2015 04:24 PM
Indonesia salah satu penyumbang gas rumah kaca terbesar partisusanti Business and Economy! 0 17th February 2015 12:04 PM
Salah Satu Hardisk Tertipis di Dunia kloningan.gue Forumku the Lounge 1 19th January 2015 02:24 PM
Salah Satu Sebab Kenari Berhenti Gacor putrikenari Forum Budidaya Hewan dan Ternak - My Farming and Fishery 0 20th November 2014 10:57 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 11:40 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts