forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Indonesia > Indonesia Membangun! > Business and Economy!
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Business and Economy! Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 6th October 2015, 09:36 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Enam Kesalahan Penyebab Usahamu Gagal

Quote:
MEMULAI usaha baru hampir sama dengan kondisi saat kamu baru masuk sekolah. Kamu tidak tahu apa-apa dan harus banyak belajar supaya bisa lulus.

Karena masih belajar ini tak heran banyak kesalahan yang sering kamu lakukan. Padahal kesalahan-kesalahan tadi seringkali menjadi memicu kegagalan dalam menjalankan usaha barumu.

Karena itu, bagi kamu yang akan membuka usaha baru, ada baiknya menghindari enam kesalahan di bawah ini untuk usaha barumu tidak gagal.

1. Salah Memilih Jenis Usaha

Kesalahan paling utama yang sering terjadi adalah saat kamu salah memilih jenis usaha. Misalnya kamu berbakat membuka usaha kuliner, ternyata kamu lebih memilih membuka usaha garmen padahal tidak begitu tahu soal garmen dan pangsa pasarnya. Kalau sudah begitu maka siap-siaplah untuk mengalami kegagalan.

Seringkali orang memilih jenis usaha karena ikutan tren atau asal-asalan. Ini bukan contoh yang baik. Pilihlah usaha yang sesuai dengan keinginan dan kemampuanmu.

Kalau pun belakangan kamu baru sadar telah melakukan kesalahan memilih jenis usaha, maka segeralah mempelajari usaha pilihanmu itu dengan sungguh-sungguh. Ini jadi cara paling ampuh untuk menghindari kegagalan setelah salah memilih.

2. Tidak Bisa Mengatur Keuangan

Kalau kamu memutuskan untuk membuka usaha baru, keuangan atau modal usaha adalah hal yang penting sekaligus mengkhawatirkan.

Kenapa mengkhawatirkan? Soalnya, pada tahap awal kamu membuka usaha, pasti dibutuhkan modal yang cukup besar, misalnya untuk tempat, produk, promosi dan lain sebagainya.

Kalau untuk awal saja kamu sudah berantakan mengelola keuangan hingga modal membengkak dari budget, ini sinyal bahwa manajemen keuangan kamu buruk.

Untuk menghindari masalah ini kelolalah keuangan usahamu dengan baik dan pakai skala prioritas. Buat catatan untuk setiap pengeluaran dan pemasukan dan jangan hamburkan uang modal usaha untuk hal tidak perlu.

Baca juga: Hemat Anggaran Belanja Bulanan Kamu Dengan 4 Kartu Kredit Ini!

3. Tidak Memiliki Visi dan Misi

Visi dan misi dalam membuka usaha juga tidak boleh dilupakan. Jika kamu tidak memiliki visi dan misi jangka pendek maupun panjang yang jelas maka kamu akan cepat sampai pada kegagalan.

Kamu harus punya target untuk mendapatkan keuntungan dan juga strategi yang akan kamu lakukan. Kalau kamu sendiri saja sudah bingung dengan visi dan misi usaha, tentunya akan lama bagi kamu mencapai keberhasilan.

Baca juga: 3 Kartu Kredit Terbaik Untuk Belanja Elektronik Hemat!

4. Kurang Percaya Diri

Kesalahan lain yang biasanya dilakukan adalah kurang percaya diri dalam menjalankan usaha baru. Kamu terlalu khawatir apakah produkmu bakal disukai orang atau tidak, atau persaingan dengan competitor dan sejuta ketakutan lain yang belum terjadi.

Pikiran pesimistis atau ketakutan yang tak mendasar akan membatasi ruang gerak kamu, sehingga sulit bagimu untuk berkembang.


5. Mengerjakan Semua Sendiri


Kadang kamu terlalu percaya diri dan merasa mampu mengerjakan usahamu sendirian. Padahal kamu membutuhkan mitra. Nah ini kesalahan lainnya yang bisa menyebabkan kegagalan dalam memulai usaha.

Padahal kerja sama dan keberadaan mitra akan membantu kamu, baik menjalankan usaha mau pun mendapatkan tambahan modal. Memiliki mitra kerja juga akan lebih meringankan pekerjaan sekaligus memaksimalkan pengembangan usaha.

6. Salah Rekrut Karyawan

Kesalahan fatal berikutnya adalah gagal dalam merekrut karyawan untuk diperkerjakan. Misalnya kamu ingin menekan budget dengan memperkerjakan karyawan yang digaji murah, maka kamu harus bersiap-siap untuk gagal dalam usahamu. Biasanya karyawan yang digaji murah tidak akan bekerja dengan sepenuh hati karena merasa gajinya toh kecil.

Lebih baik kamu memilih karyawan yang mampu memberi konstribusi besar dalam usaha kamu, yang memiliki keahlian, semangat bekerja keras serta visi dan misi yang sama untuk membantu mengembangkan usaha kamu.

Berita ini pertama kali dipublikasikan oleh:
Halo Money.co.id
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Lima Strategi Jitu Hadapi Komplain Pelanggan untuk Usahamu sucyresky Business and Economy! 0 22nd September 2015 09:48 AM
Empat Kesalahan Penggunaan Kartu Kredit sucyresky Business and Economy! 0 6th September 2015 08:17 AM
Penyebab Utama Telur Kenari Gagal Menetas putrikenari Forum Budidaya Hewan dan Ternak - My Farming and Fishery 0 4th January 2015 01:31 PM
7 Kesalahan saat Pengajuan KPR Rumah surya93 Rumah 0 30th December 2014 09:51 AM
Penyebab Gagal Ginjal | XAM 083826207462 Reckaarianty Jualanku - My Stores and Shops 1 10th December 2012 03:05 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 01:53 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts