forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Indonesia > Indonesia Membangun! > Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military Forum Militer dan Pertahanan Indonesia.

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 1st September 2012, 09:21 AM   #1
Wk. RT
 
afterburner's Avatar
 
Join Date: 27 Aug 2012
Userid: 133
Posts: 55
Likes: 0
Liked 10 Times in 4 Posts
Default Kisah RPKAD Garuda III di Kongo tahun 1962 di Kongo : Les Spiritesses

Ini yang baru asik
CekiDot

Di belahan Bumi Afrika yang bergolak, kembali mengudang Misi Perdamaian TNI dengan nama Garuda III Kongo di bawah pimpinan Alm. Letjen TNI (Purn) Kemal Idris. Pasukan ini berangkat dengan pesawat pada bulan Desember 1962, dan berada di medan tugas selama delapan bulan. Mereka di tempatkan di Albertville.Di tempat ini telah disiapkan satu kekuatan pasukan besar, yang terdiri dari 2 batalyon kavaleri. Sedangkan Batalyon Arhanud di tempatkan di Elizabethville, yang menjadi wilayah kekuasaan tiga kelompok militia yang ingin memisahkan diri, di bawah pimpinan Moises Tsommbe dari pemerintah Republic Democratic of Congo pimpinan Presiden Kasavubu.Daerah ini terkenal dengan kekayaan mineralnya.

Sempat terjadi beberapa pertempuran sengit antara pasukan PBB dari India melawan kelompok-kelompok pemberontak tersebut. Disini interaksi antara pasukan Garuda III dengan pasukan PBB lainnya sangat erat. Mereka terdiri dari pasukan Filipina, India, bahkan Malaysia. Walaupun ditanah air konfrontasi Ganyang malaysia dikumandangkan, interaksi persahabatan antara Garuda III dengan Malaysia tetap terjalin rapat. Tanpa sedikit pun permusuhan.Pasukan PBB asal India merupakan yang terbesar dan terbanyak jumlahnya.Mereka terorganisir dengan sangat baik. Mereka ditempatkan di kawasan-kawasan vital yang penting dan strategis.

Personil Garuda III sangat luwes, pandai bergaul dengan masyarakat setempat sehingga mereka menaruh kepercayaan besar kepada pasukan. Mereka diajarkan bagaimana cara mengolah masakan Indonesia, membuat kue, serta menyayur daun singkong sehingga enak dimakan. Padahal mereka mengetahui memasak singkong hanyalah untuk makanan inti dengan cara dibusukkan, dikeringkan, ditumbuk jadi tepung baru dapat dimasak. Dengan adanya interaksi dan hubungan dengan masyarakat setempat, maka semua program yang direncanakan berjalan dengan baik. Masyarakat menaruh simpati pada program yang di canangkan, misalkan melakukan tindakan pengamanan daerah setempat dari pengacau. Dengan spontan, tanpa di perintah masyarakat memberitahukan kepada personil Garuda III, bila akan ada serangan yang di lancarkan oleh gerombolan pengacau.

Suatu hari terjadi serangan mendadak ke markas Garuda III. Pertempuran dan tembak menembak terjadi dari jam 12.00 malam hingga dinihari. Markas Garuda III terkepung dengan rapat. Semua personil merapatkan barisan,berusaha menangkis serangan tersebut. Menurut Informasi Intelijen, serangan dilakukan oleh sekitar 2000 pengacau, hasil gabungan 3 kelompok pemberontak. Sedangkan markas komando Garuda III dipertahankan sekitar 300an personil.40 persen dari seluruh kekuatan Garuda III di Kongo.Untung saja tidak ada korban jiwa dari Garuda III, hanya beberapa yg cedera ringan dan langsung ditangani tim medis lapangan. Menjelang subuh gerombolan pengacau mengendorkan serangan..mungundurkan diri ke basis mereka di wilayah gurun pasir yang membentang gersang.

Hasil konsolidasi pasukan, maka di bentuk tim berkekuatan 30 org personil RPKAD sebagai tim bayangan sekaligus tim terdepan untuk pengejaran hingga ke markas pemberontak. Mereka bergerak seawal jam 06.00 waktu setempat, dengan perlengkapan garis 1 untuk pengejaran. Semangat tinggi dan berkobar kelihatan jelas di wajah2 mereka yang terpilih.Iringingan doa rekan2 di markas, juga dari pasukan PBB lain, mengiring langkah kaki mereka menuju kawasan no man’s land..wilayah tidak bertuan, yang menjadi daerah kekuasaan pemberontak juga merupakan daerah TERLARANG untuk pasukan PBB. Di kawasan itu, 2 kompi plus Pasukan India pernah di bantai tanpa tersisa.

Pasukan ini di pimpin seorang Kapten dengan dibantu 5 orang Letnan..Dengan penyamaran layaknya kumpulan suku pengembara..mereka bergerak dalam 3 kelompok yg saling berkomunikasi, tidak lupa kambing, sapi,bakul sayuran di bawa bersama untuk penyamaran. Badan dan wajah di gosok arang sehingga hitam dan menyerupai penduduk asli setempat, ada juga yg berpakaian ibu2 dan menjunjung bakul sayuran daun singkong. Mereka bergerak melalui pinggiran danau dengan no man’s land tujuan akhir.

Data intelijen yang didapat mengatakan kekuatan musuh diperkirakan 300an bersenjatakan campuran termasuk RPG/Bazooka dan beberapa Tank,panzer, dan bisa dimaklumi sebab ini markas mereka, tentara setempat saja belum mampu memasuki wilayah yang dijaga ketat tersebut.

Memasuki senja, personil bermalam dipinggiran danau sambil mengatur strategi penyerangan. Dikejauhan terlihat kelip2 lampu2 dari markas pemberontak. Menurut data intelijen lagi, suku-suku di kongo, termasuk pemberontak sangat takut akan Hantu Putih (sosok berpakaian putih yang berbau bawang putih). Nah, disini strategi penyamaran diubah. Dibalik pakaian loreng mereka, terbungkus jubah putih yang mengembang ditiup angin danau sambil tidak lupa dengan rantai bawang putih yang baunya harum semerbak. Persiapan penyerangan dari danau dengan menggunakan kapal yg dicat hitam-hitam dipersiapkan. Menunggu jam 12.00 Tengah malam waktu setempat.
Attack!!!
Isyarat serangan pun diberikan oleh sang komandan. Dengan gesit, ke 30 orang personil RPKAD mengambil posisi masing-masing. Penyerangan tepat di mulai jam12.00 tengah malam, dengan kapal yg di digelapkan warnanya di atas Danau Tanganyika, tidak berapa jauh dari daerah no mand land.

Ke 30 personil yg menyamar menjadi “Hantu Putih” ini (atau lebih dikenal masyarakat dengan sprititesses), berhamburan keluar dari dalam kapal,mendobrak pos penjagaan terdepan pemberontak. Para pemberontak yang sangat percaya akan keberadaan Hantu putih ini, kaget..terpana..melihat kelebatan bayangan putih melayang-layang disekitar mereka (jubah putih yg diiket kayu..gombrang tertiup angin) sambil melepaskan rentetan tembakan yang riuh rendah. Ternyata semangat melawan pemberontak hilang sama sekali,mereka percaya bahwa mereka berhadapan dengan hantu..bukan manusia biasa. Ketika akan didekati, para pemberontak yg disergap itu terkejut,secara reflek melemparkan ayam yang sedang dibakarnya tepat mengenai anggota pasukan kita.

Hanya sekitar setengah jam,markas pemberontak dapat di kuasai. Ribuan pemberontak beserta keluarganya menyerah, puluhan yg lain tewas dan luka-luka, sedangkan dipihak RPKAD cedera 1 orang, kena pecahan proyektil RPG. Dengan sigap, tawanan dikumpulkan. Tidak lama kemudian, bantuan dari pasukan di markas pun tiba, beserta pasukan PBB yang lain dari India,Malaysia,Filipina. Sejak itu, anggota GARUDA III di kenal oleh orang-orang Kongo dengan julukan Les Spiritesses, pasukan yang berperang dengan cara yang tidak biasa dilakukan orang..!!.

Bisa dibayangkan..hanya berkekuatan 30 orang bisa menawan sekitar 3000an pemberontak bersenjata lengkap!!!
Keesokan harinya, pimpinan operasi dan Komandan Garuda III di panggil menghadap oleh Panglima Pasukan PBB di Kongo, Letnan Jenderal Kadebe Ngeso dari Ethopia. Ia mengatakan bangga dan takjub atas keberhasilan RPKAD GARUDA III menawan basis terbesar pemberontak dan 3000an lainnya tanpa jatuh korban. Tapi ia kecewa. Tentara Indonesia katanya tidak bertanggngjawab, irresponsible terhadap pemberontak yang ditawan itu.

Kenapa sampai dikatakan irresponsible??..Biasanya, standard operasi tentara,jika musuh berkekuatan 3000 orang, harus disergap dengan kekuatan 3 kali lipat, yaitu 9000 personil. Nah, jika 3000 orang musuh dihadapi hanya dengan kekuatan 30 sampai 50 orang, itu namanya irresponsible..nggak masuk di akal sehat…ngga kepikiran…mustahil…nekad!! Bagaimana seandainya para pemberontak tersebut melawan?? dan ada yang membocorkan taktik Hantu Putih tersebut?? tanya panglima PBB di Kongo.

Apapun, sanjungan dan pujian, serta decak kagum tetap di lontarkan, dan strategi penyerangan ini sampai sekarang masih menjadi legenda Misi Pasukan Perdamaian PBB. Mungkin kisah ini banyak yang tidak tahu,
terutama masyarakat tanah air sendiri. Yang jelas, ini sudah bukti nyata keberhasilan anak-anak bangsa kita mengharumkan nama Indonesia di seantero dunia. Jelas cara taktik,muslihat, strategi serangan ini menjadi bahan penyelidikan Pasukan PBB lainnya, dan tentu saja menjadi legenda hingga sekarang!!

Sumber : Info Militer
afterburner is offline   Reply With Quote
Old 1st September 2012, 10:55 AM   #2
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,254
Likes: 1,687
Liked 196 Times in 118 Posts
Default

Sangat bangga dengan kemampuaan dan kapasitas RPKAD.
oom @afterburner , link sumber boleh kok dimasukan untuk referensi.
admin is offline   Reply With Quote
Old 1st September 2012, 12:52 PM   #3
afterburner
Wk. RT
 
afterburner's Avatar
 
Join Date: 27 Aug 2012
Userid: 133
Posts: 55
Likes: 0
Liked 10 Times in 4 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by admin View Post
Sangat bangga dengan kemampuaan dan kapasitas RPKAD.
oom @afterburner , link sumber boleh kok dimasukan untuk referensi.
om, tau RPKAD gak ? RPKAD itu sejarah awalnya Kopassus. hanya dengan 30 personil, mempu mengacak ngacak 3000 pemberontak. berarti 10 personil = 1000 pemberontak. strategi yang gak masuk akal tapi berfungsi.
iya om. ntar saya edit
afterburner is offline   Reply With Quote
Old 16th September 2012, 12:06 PM   #4
totongmeong
Sek Des
 
totongmeong's Avatar
 
Join Date: 27 Aug 2012
Userid: 131
Location: jogjakarta-kudus
Posts: 219
Real Name: muhammad bintang pahlawan
Likes: 0
Liked 8 Times in 5 Posts
Default

ane ikut baca aja dolo deh gan
__________________
totongmeongwashere
budayakan post yang bermutu dan tidak asal-asalan
totongmeong is offline   Reply With Quote
Old 20th October 2012, 12:22 AM   #5
jendralpanu
Sek Des
 
Join Date: 15 Oct 2012
Userid: 373
Posts: 485
Real Name: joe
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default

boleh nyimak terlebih dahulu
jendralpanu is offline   Reply With Quote
Old 20th October 2012, 12:39 AM   #6
sri.wahono
[M]
Sek Des
 
sri.wahono's Avatar
 
Join Date: 11 Oct 2012
Userid: 353
Location: Daerah Istimewa Yogyakarta
Posts: 633
Real Name: Sri wahono
Likes: 50
Liked 29 Times in 23 Posts
Default

Dasyat bener Resimen para komando angkatan darat (RPKAD) sekarang sih ganti nama jd kopasus...
sri.wahono is offline   Reply With Quote
Old 20th October 2012, 12:46 AM   #7
Yui_Yoshioka
Warga Forumku
 
Yui_Yoshioka's Avatar
 
Join Date: 19 Oct 2012
Userid: 389
Location: Jepang
Posts: 12
Real Name: Yui Yoshioka
Likes: 17
Liked 1 Time in 1 Post
Default

he'em ane jadi ngilu a.k.a berkaca2 ne mata..
baca nya...

Metheny apa kbar...
<<ini Dark_Knight_Dragon
Yui_Yoshioka is offline   Reply With Quote
Old 20th October 2012, 09:04 AM   #8
jendralpanu
Sek Des
 
Join Date: 15 Oct 2012
Userid: 373
Posts: 485
Real Name: joe
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by Yui_Yoshioka View Post
he'em ane jadi ngilu a.k.a berkaca2 ne mata..
baca nya...

Metheny apa kbar...
<<ini Dark_Knight_Dragon
wah klonengan
jendralpanu is offline   Reply With Quote
Old 21st October 2012, 06:14 PM   #9
Yui_Yoshioka
Warga Forumku
 
Yui_Yoshioka's Avatar
 
Join Date: 19 Oct 2012
Userid: 389
Location: Jepang
Posts: 12
Real Name: Yui Yoshioka
Likes: 17
Liked 1 Time in 1 Post
Default

Quote:
Originally Posted by jendralpanu View Post
wah klonengan
ID ane yang Itu Kepanjangan...
Yui_Yoshioka is offline   Reply With Quote
Old 21st October 2012, 08:05 PM   #10
sri.wahono
[M]
Sek Des
 
sri.wahono's Avatar
 
Join Date: 11 Oct 2012
Userid: 353
Location: Daerah Istimewa Yogyakarta
Posts: 633
Real Name: Sri wahono
Likes: 50
Liked 29 Times in 23 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by Yui_Yoshioka View Post
he'em ane jadi ngilu a.k.a berkaca2 ne mata..
baca nya...

Metheny apa kbar...
<<ini Dark_Knight_Dragon
kabar baik bro dark ...
wah ente bikin kloone nih ...
gak pp ad klone yg penting gak ngejunk and komen sesuai tread...
sri.wahono is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Garuda Indonesia [GA - GIA] : the flag carrier of Indonesia newbie Airlines and Airports 17 25th July 2013 05:03 PM
Google Doodle Merayakan 67 Tahun Kemerdekaan Indonesia irvan.dikky Indonesia Bangga! 11 11th December 2012 05:13 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 01:13 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts