forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Forumku Regional > Forumku Asiaku
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Forumku Asiaku Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 9th September 2012, 03:25 PM   #1
Ketua RT
 
nOnezdaKilla's Avatar
 
Join Date: 9 Sep 2012
Userid: 209
Location: Bandung
Posts: 138
Real Name: al ghifari
Likes: 36
Liked 32 Times in 25 Posts
Default Nihongo o benkyou..

ane yakin ga repost..
berhubung judulnya forumku asiaku, ane mo bahas sedikit soal bahasa Jepang, nyambung kan?

lets start the engine.. (gila emoticon)

Teman teman mungkin ada yang pernah belajar bahasa Jepang di sekolah, ada kan?udah punya bukunya? kamusnya? animenya? hentai nya?

ane copas dari blog ane aj ya?biar ga kriting jari..

Pada postingan kali ini saya akan sedikit berbagi pengalaman saya dalam belajar bahasa Jepang, semoga ada sedikit manfaat untuk teman yang menyempatkan waktunya membaca posting ini,amin..
Saat saya membuka buku pelajaran bahasa Jepang, hal yang saya temukan pertama kali adalah kita dituntun untuk selalu berbahasa dengan sopan, jika saya ambil contoh dengan bahasa Indonesia, kita dituntun untuk mengucapkan "nama saya adalah Budi" dan bukan "saya Budi", contoh lainnya adalah "apakah anda mengetahui di mana buku saya", dan bukan "buku saya mana ya?", silahkan bayangkan kita bergaul di Jepang dengan tata bahasa menurut buku..
Hal kedua adalah, maaf.. kita dianggap bodoh dan sulit mempelajari kanji yg jumlahnya ribuan, hampir sebagian besar buku yg telah saya baca berisi huruf hiragana dan katakana, kemudian setelah kita merasa menguasai huruf tersebut, lalu pergi ke jepang, saya yakin kita akan nyasar bahkan pada saat membaca plang petunjuk jalan(ini menurut pendapat teman chat di akun facebook saya yang asli orang Jepang, klo saya pernah ke Jepang mungkin saya akan menambahkan pendapat pribadi), klo teman ingin membuktikan, silahkan kunjungi situs-situs web berbahasa Jepang, insya Allah kita akan dibuat kenyang dengan huruf-huruf kanji.
Yang ketiga adalah mereka mengajarkan kita bahasa Jepang dengan tata bahasa kita, dan bukan dari sudut pandang orang Jepang, maksud saya adalah sebetulnya cara yang paling umum untuk mengatakan "Nama saya Budi/watashi wa Budi to iimasu" ternyata "adalah Budi/Budi desu", ini karena sebagian besar informasinya bisa dipahami dari konteks sehingga diabaikan, tapi apakah buku-buku tersebut menjelaskan dasar-dasar bahasa Jepang seperti ini? tidak, karena mereka sibuk membuat teman menghafal ungkapan-ungkapan "berguna" sejak awal. Hasilnya adalah buku yang berisi aturan-aturan rumit "gunakan ini kalau kamu ingin mengucapkan ini" dan saya akhirnya kebingungan mengenai cara kerja bahasa Jepang yang sebenarnya(bodohnya saya.. ).
Akhirnya,saya mengambil sebuah keputusan dalam keputus asaan (bukan judul lagu/puisi), kalau suatu saat saya kebingungan mengungkapkan suatu pemikiran bahasa Indonesia menggunakan bahasa Jepang, maka lebih baik tidak usah membuang-buang waktu mencoba menerjemahkannya sendiri. Hampir selalu, terjemahan yang saya hasilkan akan kacau. Saya selalu percaya kalau saya belum tahu cara mengungkapkan sesuatu, maka saya memang belum tahu. Sebagai alternatifnya, saya bertanya pada orang yang lebih tahu dan minta penjelasannya. Dengan cara ini, saya akan belajar langsung dari bahasa Jepangnya yang benar. Tidak seperti saat menjawab soal matematika, saya tidak perlu menjabarkan langkah-langkah untuk mendapatkan jawaban 100 + 50 itu 150, karna memang 150..
Karena itulah saya orang yang percaya akan metode "belajar dari contoh". Contoh dan pengalaman adalah senjata utama dalam menguasai bahasa Jepang. Untuk teman-teman yang sedang mempelajari bahasa Jepang seperti saya, mari!Teruslah belajar, dan untungnya bagi kita, bahasa Jepang ada di mana-mana, terlebih lagi di Internet. Hanya dari Internet pun, saya sudah bisa mendapat banyak materi termasuk situs, forum, dan chatting. Membeli komik berbahasa Jepang juga merupakan cara yang baik (dan menyenangkan) untuk menambah perbendaharaan kata dan melatih kemampuan membaca. Lalu, saya juga percaya bahwa tidak mungkin mempelajari cara berbicara dan melatih pendengaran tanpa panutan. Berlatih berbicara dan mendengar dengan orang yang sudah mahir bahasa Jepang adalah keharusan kalau ingin menguasai keterampilan bercakap-cakap. Walaupun materi suara seperti kaset pelajaran, lagu, anime, drama, dan acara TV lainnya sangatlah mendidik, tidak ada yang lebih baik dari manusia nyata untuk ditiru cara pengucapannya, intonasinya, dan aliran pembicaraan alaminya.
akhirnya, maaf yang sebesar besarnya, tidak ada maksud dari saya untuk menggurui dengan ilmu saya yang masih dangkal ini, jika ada perbedaan pendapat dan trik-trik untuk mempelajari bahasa Jepang dengan benar dan baik, saya akan sangat menghargai dan berterima kasih jika teman mau membaginya.

Tulisan lengkap, ada di sini.

forumers sejati selalu meninggalkan jejak, boleh koment, jgn

Last edited by nOnezdaKilla; 5th October 2012 at 02:43 AM.. Reason: ganti link
Likes:(1)
nOnezdaKilla is offline   Reply With Quote
Old 9th September 2012, 04:53 PM   #2
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,254
Likes: 1,687
Liked 196 Times in 118 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by nOnezdaKilla View Post
ane yakin ga repost..
berhubung judulnya forumku asiaku, ane mo bahas sedikit soal bahasa Jepang, nyambung kan?

lets start the engine.. (gila emoticon)

Teman teman mungkin ada yang pernah belajar bahasa Jepang di sekolah, ada kan?udah punya bukunya? kamusnya? animenya? hentai nya?

ane copas dari blog ane aj ya?biar ga kriting jari..

Pada postingan kali ini saya akan sedikit berbagi pengalaman saya dalam belajar bahasa Jepang, semoga ada sedikit manfaat untuk teman yang menyempatkan waktunya membaca posting ini,amin..
Saat saya membuka buku pelajaran bahasa Jepang, hal yang saya temukan pertama kali adalah kita dituntun untuk selalu berbahasa dengan sopan, jika saya ambil contoh dengan bahasa Indonesia, kita dituntun untuk mengucapkan "nama saya adalah Budi" dan bukan "saya Budi", contoh lainnya adalah "apakah anda mengetahui di mana buku saya", dan bukan "buku saya mana ya?", silahkan bayangkan kita bergaul di Jepang dengan tata bahasa menurut buku..
Hal kedua adalah, maaf.. kita dianggap bodoh dan sulit mempelajari kanji yg jumlahnya ribuan, hampir sebagian besar buku yg telah saya baca berisi huruf hiragana dan katakana, kemudian setelah kita merasa menguasai huruf tersebut, lalu pergi ke jepang, saya yakin kita akan nyasar bahkan pada saat membaca plang petunjuk jalan(ini menurut pendapat teman chat di akun facebook saya yang asli orang Jepang, klo saya pernah ke Jepang mungkin saya akan menambahkan pendapat pribadi), klo teman ingin membuktikan, silahkan kunjungi situs-situs web berbahasa Jepang, insya Allah kita akan dibuat kenyang dengan huruf-huruf kanji.
Yang ketiga adalah mereka mengajarkan kita bahasa Jepang dengan tata bahasa kita, dan bukan dari sudut pandang orang Jepang, maksud saya adalah sebetulnya cara yang paling umum untuk mengatakan "Nama saya Budi/watashi wa Budi to iimasu" ternyata "adalah Budi/Budi desu", ini karena sebagian besar informasinya bisa dipahami dari konteks sehingga diabaikan, tapi apakah buku-buku tersebut menjelaskan dasar-dasar bahasa Jepang seperti ini? tidak, karena mereka sibuk membuat teman menghafal ungkapan-ungkapan "berguna" sejak awal. Hasilnya adalah buku yang berisi aturan-aturan rumit "gunakan ini kalau kamu ingin mengucapkan ini" dan saya akhirnya kebingungan mengenai cara kerja bahasa Jepang yang sebenarnya(bodohnya saya.. ).
Akhirnya,saya mengambil sebuah keputusan dalam keputus asaan (bukan judul lagu/puisi), kalau suatu saat saya kebingungan mengungkapkan suatu pemikiran bahasa Indonesia menggunakan bahasa Jepang, maka lebih baik tidak usah membuang-buang waktu mencoba menerjemahkannya sendiri. Hampir selalu, terjemahan yang saya hasilkan akan kacau. Saya selalu percaya kalau saya belum tahu cara mengungkapkan sesuatu, maka saya memang belum tahu. Sebagai alternatifnya, saya bertanya pada orang yang lebih tahu dan minta penjelasannya. Dengan cara ini, saya akan belajar langsung dari bahasa Jepangnya yang benar. Tidak seperti saat menjawab soal matematika, saya tidak perlu menjabarkan langkah-langkah untuk mendapatkan jawaban 100 + 50 itu 150, karna memang 150..
Karena itulah saya orang yang percaya akan metode "belajar dari contoh". Contoh dan pengalaman adalah senjata utama dalam menguasai bahasa Jepang. Untuk teman-teman yang sedang mempelajari bahasa Jepang seperti saya, mari!Teruslah belajar, dan untungnya bagi kita, bahasa Jepang ada di mana-mana, terlebih lagi di Internet. Hanya dari Internet pun, saya sudah bisa mendapat banyak materi termasuk situs, forum, dan chatting. Membeli komik berbahasa Jepang juga merupakan cara yang baik (dan menyenangkan) untuk menambah perbendaharaan kata dan melatih kemampuan membaca. Lalu, saya juga percaya bahwa tidak mungkin mempelajari cara berbicara dan melatih pendengaran tanpa panutan. Berlatih berbicara dan mendengar dengan orang yang sudah mahir bahasa Jepang adalah keharusan kalau ingin menguasai keterampilan bercakap-cakap. Walaupun materi suara seperti kaset pelajaran, lagu, anime, drama, dan acara TV lainnya sangatlah mendidik, tidak ada yang lebih baik dari manusia nyata untuk ditiru cara pengucapannya, intonasinya, dan aliran pembicaraan alaminya.
akhirnya, maaf yang sebesar besarnya, tidak ada maksud dari saya untuk menggurui dengan ilmu saya yang masih dangkal ini, jika ada perbedaan pendapat dan trik-trik untuk mempelajari bahasa Jepang dengan benar dan baik, saya akan sangat menghargai dan berterima kasih jika teman mau membaginya.

sumber : http://lizwana.blogspot.com.

forumers sejati selalu meninggalkan jejak, boleh koment, jgn
sangat informatif dan sangat bermanfa'at ...

hmm .... Apa perlu dibuatkan forum khusus pelajaran bahasa jepang yah ?

btw kalo
"do you speak japanese?" bahasa dan tulisan jepang nya kayak apa tuh ?

kita bikin forum belajar bahasa jepang yukk ? ...
admin is offline   Reply With Quote
Old 9th September 2012, 05:07 PM   #3
nOnezdaKilla
Ketua RT
 
nOnezdaKilla's Avatar
 
Join Date: 9 Sep 2012
Userid: 209
Location: Bandung
Posts: 138
Real Name: al ghifari
Likes: 36
Liked 32 Times in 25 Posts
Default

maksud nya gmn mas admin(panggilannya ap ya?)

klo maksudnya, bisakah anda ngomong (bahasa) jepang? tu versi kamusnya

"Anata wa nihongo o hanasu koto ga dekimasu ka?"
あなたは日本語を話すことができますか


nihonjin(orang jepang) ga pakai tanda tanya (?) akhiran "ka" udah berarti pertanyaan.

klo versi nyantai nya "anata wa nihongo dekimasu ka?"

semoga membantu,
machigai ga areba, sumimasen
nOnezdaKilla is offline   Reply With Quote
Old 9th September 2012, 05:31 PM   #4
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,254
Likes: 1,687
Liked 196 Times in 118 Posts
Default

i see i seekayaknya nemu camod untuk forum ini nich ... http://www.forumku.com/forumdisplay.php?f=172 :Heehee:
admin is offline   Reply With Quote
Old 9th September 2012, 05:36 PM   #5
nOnezdaKilla
Ketua RT
 
nOnezdaKilla's Avatar
 
Join Date: 9 Sep 2012
Userid: 209
Location: Bandung
Posts: 138
Real Name: al ghifari
Likes: 36
Liked 32 Times in 25 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by admin View Post
i see i seekayaknya nemu camod untuk forum ini nich ... http://www.forumku.com/forumdisplay.php?f=172 :Heehee:
waduh, kabur..
nOnezdaKilla is offline   Reply With Quote
Old 25th September 2012, 08:18 PM   #6
Kurochi
Wk. RT
 
Kurochi's Avatar
 
Join Date: 24 Sep 2012
Userid: 301
Location: Jakarta barat,indonsia
Age: 22
Posts: 57
Real Name: Hendra kusuma / kwok chiang kwuang
Likes: 4
Liked 11 Times in 7 Posts
Default

Saranhae saranghae *lho

gk ngerti,
OPPA GANGNAM STYLE aja deh....
HEYYY SEXY LEYDEHHHH
Kurochi is offline   Reply With Quote
Old 27th September 2012, 07:41 PM   #7
nOnezdaKilla
Ketua RT
 
nOnezdaKilla's Avatar
 
Join Date: 9 Sep 2012
Userid: 209
Location: Bandung
Posts: 138
Real Name: al ghifari
Likes: 36
Liked 32 Times in 25 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by Kurochi View Post
Saranhae saranghae *lho

gk ngerti,
OPPA GANGNAM STYLE aja deh....
HEYYY SEXY LEYDEHHHH
미안 해요, 난 한국어를 말할 수는 없어요
__________________
We live in the world where losing of phone is more dramatic than losing your virginity
nOnezdaKilla is offline   Reply With Quote
Old 27th September 2012, 07:54 PM   #8
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

^ arigatau


infonya benar2 bermanfaat


judulnya sempat bikin bingung * ga ngerti
ehhee
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 27th September 2012, 08:05 PM   #9
nOnezdaKilla
Ketua RT
 
nOnezdaKilla's Avatar
 
Join Date: 9 Sep 2012
Userid: 209
Location: Bandung
Posts: 138
Real Name: al ghifari
Likes: 36
Liked 32 Times in 25 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by endar.agustyan View Post
^ arigatau


infonya benar2 bermanfaat


judulnya sempat bikin bingung * ga ngerti
ehhee
hehe.., nihongo o benkyou (belajar bahasa Jepang)
signature nya gonta ganti..,ikutan ah



Tawuran bukan budaya Indonesia
biarkan di klaim malaysia
nOnezdaKilla is offline   Reply With Quote
Old 27th September 2012, 08:07 PM   #10
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by nOnezdaKilla View Post
hehe.., nihongo o benkyou (belajar bahasa Jepang)
signature nya gonta ganti..,ikutan ah



Tawuran bukan budaya Indonesia
biarkan di klaim malaysia
wah mantap nih

ehhehehe
jaman SMA dulu ga kebagian belajar Bhs Jepang, soalnya IPA, kalo IPS kebagian




ihihihih iya nih lagi coba2 signature baru



ajarin kanji dong camod
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
belajar bahasa jepang, hiragana, kanji, katakana, nihongo




Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 06:57 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts