forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Forumku News and Discussion > Informasi dan Pengumuman > Program Forumku
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Program Forumku Daftar Kegiatan, Rencana dan Program Kerja Forumku

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 26th February 2016, 09:15 AM   #1
Wk. RT
 
Join Date: 23 Dec 2015
Userid: 4698
Posts: 77
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Penggunaan Gadget di Saat Akan Tidur Malam Berdampak Negatif Jangka Panjang

Setelah hari yang panjang dan melelahkan, berbaring di tempat tidur menjadi pilihan yang tepat. Sayangnya, sebagian dari kita melakukannya sambil menatap layar smartphone, menggulirkantimeline di jejaring sosial. Padahal, cahaya yang dipancarkan layar smartphone saat hendak tidur, cukup berbahaya bagi kesehatan.

Perlu diketahui, lampu biru yang dipancarkan layar smartphone dibuat sedemikian rupa agar kita masih bisa melihat apa pun di layar smartphone, meski berdiri di bawah cahaya terang matahari. Akan tetapi, jika terpancar pada malam hari, hal ini benar-benar 'menipu' pikiran kita, seolah-olah saat itu masih siang.

Apakah ini berbahaya? Jelas! Alasannya, ketika pikiran kita yakin bahwa saat itu adalah siang hari, hormon melatonin ditekan. Melatonin merupakan hormon yang bertanggung jawab menjaga jam biologis tubuh agar sesuai irama. Sederhananya, melatonin memungkinkan kita tahu kapan waktu tidur dan kapan waktu bangun.

Sekresi melatonin dipicu oleh gelap dan dibatasi oleh cahaya, jadi, jika pikiran kita mengira bahwa itu siang hari padahal kita hendak tidur, percayalah, akan jauh lebih sulit bagi kita untuk tidur. Sebab, tubuh kita pun masih mengira bahwa saat itu belum waktunya untuk tidur.

Tidak berhenti di situ, kebiasaan menatap cahaya smartphone di malam hari secara konsisten memengaruhi kita secara mental, fisik dan emosional dalam beberapa cara merugikan lainnya. Berikut adalah 8 bahaya tersembunyi di balik penggunaan smartphone di malam hari, yang dihimpun dari Fit Life.

1. Merusak Memori
Karena menggunakan ponsel di malam hari memicu melatonin di tubuh--dan itu merupakan jadwal tidur--kita menjadi lebih rentan terganggu lantaran waktu perlahan berlalu. Pada saat Anda tertidur, memori Anda mungkin tidak ada dalam kondisi terbaik sebagaimana mestinya.

2. Mempengaruhi Kemampuan Belajar
Setelah jadwal tidur kita terganggu, masih ada bahaya lainnya dari menatap layar smartphone di malam hari. Sebagai akibat tidur malam yang buruk, kemampuan belajar kita akan menurun. Ya, belajar akan menjadi jauh lebih sulit dari seperti biasanya. Mari kita lihat juga yuk sobat aplikasi imsakiyah, aplikasi jadwal imsakiyah dan kami juga menyediakan kumpulan aplikasi imsakiyah android, aplikasi imsakiyah blackberry serta sebagai pelengkap aplikasi imsakiyah terbaru plus aplikasi imsakiyah gratis

3. Merusak Retina Mata
Ada beberapa hasil penelitian yang menunjukkan penggunaan smartphone selama jam malam secara konsisten dapat menyebabkan kerusakan retina. Memang, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk memverifikasi hasil penelitian yang sudah ada. Tapi, masihkah kita mau mengambil risiko?

4. Memicu Katarak
Seiring dengan penelitian mengenai retina, para peneliti juga mencari tahu bagaimana cahaya dari layar smartphone bisa membahayakan penglihatan kita. Bahkan, kebiasaan buruk ini juga diduga akan mengarah pada katarak yang secara perlahan akan berkembang dan memburuk dari waktu ke waktu.

5. Menumpuk Neurotoksin
Kualitas tidur yang buruk secara konsisten dapat menyebabkan penumpukan neurotoksin. Neurotoksin merupakan racun kimia yang menyebabkan kerusakan pada jaringan saraf setelah dikembangkan dan dibebaskan untuk menyebarkan dampak buruk di tubuh kita.

6. Menyebabkan Depresi
Melatonin telah dikaitkan dengan penyebab umum atau pemicu depresi. Ketika melatonin secara konsisten ditahan dan jadwal tidur menjadi tidak tentu, orang-orang beserta emosinya menjadi jauh lebih rentan terhadap menghadapi dan atau terbebani depresi.

7. Meningkatkan Risiko Obesitas
Ketika melatonin dilepaskan, banyak hormon lain mulai dilepaskan juga, termasuk hormon yang bertanggung jawab untuk mengendalikan rasa lapar. Gangguan ini dapat menyebabkan makan berlebihan, yang pada akhirnya membawa pada risiko obesitas.

8. Meningkatkan Risiko Kanker
Melalui studi dan penelitian, diketahui terjadi hubungan antara penekanan melatonin, kurang tidur, dan risiko tinggi kanker payudara dan prostat.Source: situshandphone.com
aristanovie is offline   Reply With Quote
Old 26th February 2016, 10:53 AM   #2
Hendy
Sek Des
 
Hendy's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2015
Userid: 4092
Location: Surabaya
Posts: 568
Likes: 25
Liked 17 Times in 16 Posts
Default Re: Penggunaan Gadget di Saat Akan Tidur Malam Berdampak Negatif Jangka Panjang

Informasi yang mantap .... bisa dipergunakan sebagai bahan referensi nih ....
Hendy is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
tips



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Investor Indonesia Pilih Investasi Jangka Panjang sucyresky Business and Economy! 0 9th July 2015 04:52 PM
Benarkah Kolik Saat Bayi Dapat Berdampak Migrain Saat Remaja ? alissuherman Health Kesehatan 1 25th April 2015 12:50 PM
Benarkah Kolik Saat Bayi Dapat Berdampak Migrain Saat Remaja ? alissuherman Forum Kesehatan 0 25th April 2015 11:59 AM
sering bangun saat sedang tidur di malam hari? Konsumsi obat herbal sleep care capsule ! OBAT SAMPAI BARU BAYAR haphap Health Kesehatan 0 6th April 2015 04:50 PM
Kelebihan Investasi Emas Jangka Panjang & Pendek sucyresky Business and Economy! 0 22nd February 2015 08:56 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 09:21 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts