forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Indonesia > Indonesia Membangun! > Social, Culture and Education!
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Social, Culture and Education! Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 17th June 2016, 09:08 AM   #1
Ketua RT
 
numpanglewat's Avatar
 
Join Date: 15 Feb 2016
Userid: 4855
Posts: 124
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Pemimpin Masa Depan Bisa Dimulai Dari Sekolah


Halo para member Forumku, kali ini saya akan berbagi artikel mengenai kepemimpinan yang sudah dimulai dan diajarkan sejak masa sekolah. Seperti apakah pendidikan tentang kepemimpinan yang ada sekarang ini dan bagaimana penerapannya akan dibahas pada artikel di bawah ini, mari kita simak artikel menariknya.

Pendidikan adalah pola asuh manusia yang bersifat dinamis dan sarat akan perubahan. Secara formal, pendidikan di sekolah ditujukan agar anak mengetahui potensi, minat, dan bakat dari dirinya. Potensi ini akan menjadi kekuatan untuk anak dalam mengenali kekurangan dan kelebihannya. Proses inilah yang akan mencadi cikal bakal dari pendidikan karakter untuk anak di dalam menempa jiwa kepemimpinannya. Lalu, jenis pendidikan sekolah seperti apa yang dibutuhkan anak? Tentunya jenis pendidikan yang progressif, komprehensif, dan solutif serta mampu menyentuh potensi dan kompetensi dari anak murid atau peserta didik. Seiring dengan modernitas yang semakin pesat, orangtua menjadi lebih jeli dan proaktif di dalam menilai kualitas pendidikan bagi anak-anaknya. Konsep pendidikan yang praktikal tersebut terasa semakin penting mengingat anak yang tumbuh dewasa akan memasuki kehidupan masyarakat yang lebih luas dengan dunia kerja yang penuh tekanan. Disinilah hasil dari pola pendidikan semaca kecilnya dipertanyakan, terutama kemampuan untuk menghadapi masalah di kehidupan sehari-hari.

Anda pernah mendengar tentang sekolah asrama atau boarding school? Ini adalah salah satu alternatif lembaga pendidikan yang sangat berpengaruh di era pendidikan Indonesia masa kini. Lembaga pendidikan ini umumnya memiliki efisiensi yang tinggi terutama dari sistem, layanan, metode pembelajaran dan kurikulumnya. Motide pembelajarannya pun lebih efektif karena seluruh proses pengajaran dibina langsung dan repetitit oleh para guru dan pembina sekolah. Perkembangan peserta didik dipantau secara menyeluruh, disandingi dengan program pendidikan yangkompeten, fasilitas pembelajaran yang memadai, staff pengajar pilihan, secara otomatis lingkungan peserta didik adalah lingkungan sosial yang kondusif dan berkualitas.

Sekolah asrama memiliki sistem yang harus di patuhi oleh peserta didik dan staf pengajarnya. Dapat dikatakan, sistem pembelajarannya berlangsung selama 24 jam di lingkungan sosial tersebut. Dari bangun pagi hingga jam tidur, keteraturan sistem dipertanggungjawabkan secara penuh. Ini kesempatan anak untuk belajar kepemimpinan dari bagaimana mereka melaksanakan kewajiban tanpa selalu bergantung kepada orang lain. Di dalam kelas, mental anak di dalam proses pendidikan pemimpin akan diasah melaui momen bersama di kelas, misalnya menunjuk ketua tim lomba sains, kelompok belajar dan tugas grup. Di luar kelas, anak akan dididik aktif untuk perpartisipasi di kegiatan bermain, ektrakulikuler dan aktifitas sosial lainnya.

Yang terpenting, peserta didik akan dibina dengan kepatuhan dan kemandirian di dalam pembangunan karakternya. Rasa disiplin dan kesadaran diri yang tinggi di dalam melakukan kegiatan apapun menempa jiwa kepemimpinan anak untuk terampil menyikapi tantangan hidup sehari-hari. Jiwa kepemimpinan anak yang terasah dengan baik akan membuat kematangan emosinya berkembang dengan stabil.

Singkatnya, ada tiga hal yang terasah dengan baik ketika anak di didik di dalam sekolah asrama, yaitu rasa tanggung jawab, kemandirian, dan kestabilan emosi. Tanggung jawab akan menjadi nilai penting buat seorang pemimpin. Di dalam sekolah asrama, anak akan dibiasakan untuk mengerjakan tugas rutin seperti membereskan tempat tidurnya atau mengerjakan tugasnya sendiri. Anak yang terbiasa melakukan semuanya sendiri akan cenderung lebih kompeten dan berani di dalam menjalani hidupnya. Ia akan lebih mandiri dan lebih percaya diri.

Tentu pada dasarnya semua sekolah itu baik, dan beberapa sekolah atau universitas sudah menerapkan sistem pendidikan terbaik. Namun tidak semua keluarga mampu untuk mengontrol penuh kegiatan belajar mengajar anak mengingat kesibukan pekerjaan yang terlalu padat atau ketidakpahaman orangtua terhadap sistem pengajaran. Ini mengapa sekolah menjadi sangat penting untuk membantu orangtua mengasuh anak dan mendidik sebaik-baiknya sebagai calon pemimpin negeri di masa depan.

Sekian dulu artikel kali ini, bagaimana menurut Anda tentang artikel di atas? silahkan berikan komentar yang positif di bawah ini ya, Terima Kasih.

Last edited by numpanglewat; 17th June 2016 at 09:24 AM..
numpanglewat is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Kabulog Berharap Proyek "Cold Storage" Dimulai Tahun Depan partisusanti Indonesia Membangun! 0 18th September 2015 10:15 PM
Empat Nama Pebulutangkis Masa Depan Indonesia agung209 Olah Raga dan Organisasi! 0 11th April 2015 11:59 PM
Indra Gunawan Memikirkan Masa Depan agung209 Olah Raga dan Organisasi! 0 24th March 2015 11:50 PM
Ketika Dua Bintang Masa Depan Indonesia Beradu agung209 Olah Raga dan Organisasi! 0 2nd February 2015 06:59 PM
Proxy War, Ancaman Indonesia di Masa Depan supry Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military 0 25th November 2014 10:40 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 08:59 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts