forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Forum Wirausahaku - My Entrepreneurship > Forum Bisnis Internetku - My Internet Business > Cloud and Hosting
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Cloud and Hosting Forum ini Membutuhkan Moderator, Silakan mendaftar !!!

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 21st July 2016, 01:20 PM   #1
Ketua RT
 
numpanglewat's Avatar
 
Join Date: 15 Feb 2016
Userid: 4855
Posts: 124
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Tips Membuat Usaha Web Hosting Sendiri


Webhosting sering dianggap sebagai cara cepat untuk mencari uang, namun kenyataannya justru tak semudah yang dibayangkan. Terlepas dari anggapan beberapa orang, sesungguhnya kamu membutuhkan tingkatan pengetahuan teknis yang cukup tinggi saat berhubungan dengan software dan komputer. Bukan berarti kamu harus memulai perusahaan webhosting milikmu sendiri, namun sebelum kamu menyelam lebih dalam, sebaiknya dimulai dari mengedukasi diri dengan beberapa jenis webhosting agar kamu bisa menentukan jalan pilihanmu setelahnya.

Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Bisnis Webhosting


Mari kita mulai dengan kesalahpahaman pertama yang paling sering dialami dalam bisnis ini: karena akan ada panel kendali, kamu tidak harus memiliki banyak pengetahuan teknis. Hal ini mungkin akan agak berbeda dengan kenyataannya. Control panel memang akan membuat task menjadi lebih mudah, tentu saja, tapi kamu tetap harus mengetahui dengan pasti bagaimana cara melakukan troubel shooting.

Penghasilan yang didapat juga tak semudah yang dikira. Yang pertama dan yang paling penting, ini adalah pasar jenuh, jadi kamu harus memiliki sesuatu yang ditawarkan jika ingin mendapatkan pemasukan. Hal ini berarti kamu harus bisa melakukan pekerjaanmu dengan baik dan menyediakan customer service yang luar biasa. Customer service adalah penentu kesuksesan bisnismu. Bisa mendukung, atau justru sebaliknya menghancurkan.

Kamu juga harus memikirkan biaya yang dihabiskan untuk server. Katakanlah server memiliki 80GB hard disk space. Kamu mungkin akan membayar satu juta rupiah perbulan, dan menjual seratus ribu rupiah untuk setiap 20MB. Karena 1 GB itu sama dengan 1024 MB, kamu bisa mendapatkan pendapatan yang layak dari itu namun sekali lagi, kamu harus mengimbanginya dengan servis pelanggan yang baik untuk menarik perhatian user. Hal ini berarti kamu harus bekerja dengan baik selama 8 jam setiap harinya. Namun jika kamu tidak memiliki partner bisnis, kamu bisa saja harus duduk di depan komputer dan bekerja selama 15 jam sehari.

Sebelum kamu benar-benar menjalani bisnis webhosting, pikirkan poin-poin di atas dengan serius dan merancang business plan yang matang sebelum terjun. Kamu mungkin akan bisa melihat keuntungan yang sangat besar dari bisnis ini, atau kamu hanya akan menemui defisit terus-menerus.

Keputusan Spesifik

Sekarang kamu sudah mantap dengan pilihan bisnis webhosting. Grat! Setelah ini ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan pikirkan, apakah kamu akan membangun infrastrukturmu sediri atau menggunakan layanan hosting. Untuk itu kamu bisa melihat penjelasan singkat berikut ini:

Terms of Service (TOS): Ini adalah service level agreement. Kamu harus memutuskan perjanjian jasa yang akan kamu berikan dan diterima klien. Kamu bisa sebelumnya melakukan penelitian di forum dan thread webhosting untuk melihat term yang sesuai dengan waktu yang direncanakan saat memulai bisnis online.

Pricing: Sebaiknya tentukan harga yang bisa dijangkau oleh semua kalangan, tapi jangan buat terlalu murah hanya agar kompetitif (kamu akan merugi jika ini adalah bagian dari rencana bisnismu). Fokuslah pada iklan yang memang bisa kamu jangkau, sebuah server yang rapi, dan customer service yang baik.

Billing: Kamu mungkin menginginkan pembayaran jasa dibayarkan di depan. Kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan layanan merchant pihak ketiga untuk menjaga stabilitas finansialmu.

Opsi Webhosting: Membangun Sendiri Infrastruktur

Ada banyak manfaat dari membangun infrastruktur untuk perusahaan webhosting-mu sendiri, yang paling jelas adalah kamu akan memiliki kendali penuh atas ini. Kamu bisa memilih hardware, OS, database dan tools lainnya yang akan digunakan. Tidak menggunakan jasa layanan juga berarti kamu tidak harus mempelajari prosedur webhosting mereka, dan kemungkinan juga tidak harus membayar lebih untuk penggunaan bandwidth atau ruang penyimpanan hard disc.

Opsi Webhosting: Menggunakan Jasa Webhosting

Pilihan ini akan sangat menguntungkan bagi kamu yang tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang teknologi namun masih tetap ingin terjun ke bisnis usaha webhosting. Kamu akan mendapat koneksi internet yang cepat, dan biaya awal yang cenderung lebih kecil dan masuk akal. Support untuk teknisnya mungkin akan diberikan secara cuma-cuma, dan kamu hanya perlu membeli layanan yang dibutuhkan dan bisa menambahkannya sembari bisnismu berjalan. Yang perlu diperhatikan di sini adalah bahwa kamu akan benar-benar terbatas untuk pilihan software dan hardware yang ditawarkan. Pemasukanmu juga mungkin akan berubah-ubah dari waktu ke waktu, bergantung pada jumlah konsumen yang mengunjungi situsmu. Apapun pilihanmu, pastikan kamu sudah melakukan riset mendalam sebelum memilih jasa webhosting.

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan jasa web hosting tapi masih belum menjatuhkan pilihan, jawabannya bisa kamu temukan di jasa web hosting indonesia idwebhost! Good luck.

Last edited by numpanglewat; 21st July 2016 at 01:25 PM..
numpanglewat is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Alasan Membuat Makanan Bayi Sendiri amy1234 Bayi dan Balita 2 23rd December 2015 09:40 AM
Cara Membuat Nugget Ikan Sendiri Dirumah HeadlineNews Dapur Forumku 0 13th June 2015 05:18 PM
Membuat Susu Kedelai Sendiri yang Enak masakanme Forum Kulinerku Makan Makan 1 12th May 2015 08:52 PM
Cara Membuat Cireng Bandung Sendiri masakanme Forum Kulinerku Makan Makan 0 30th April 2015 03:10 PM
Kakaktua Mampu Membuat Alat Sendiri andi.teguh Forum Hewan Peliharaan My Pets 2 25th June 2014 02:37 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 12:46 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts