forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Indonesia > Indonesia Bangga!
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Indonesia Bangga! Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 20th August 2016, 09:20 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 16 Aug 2016
Userid: 5344
Posts: 197
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Thumbs up Efek Samping Cuci Darah Bagi Penderita Gagal Ginjal

Efek Samping Cuci Darah Bagi Penderita Gagal Ginjal -,Peran ginjal sangat penting dalam kehidupan kita karena tugas utamanya yaitu menyaring racun-racun atau sisa makanan yang tidak terpakai seperti garam, serta air yang tersisa dari tubuh dalam bentuk urine. Ketika ginjal yang tidak berfungsi lagi atau yang disebut juga gagal ginjal, maka diperlukan bantuan suatu alat untuk menggantikan fungsi ginjal tersebut.


Cuci darah (Dialysis) adalah merupakan suatu metode yang ditempuh oleh penderita gagal ginjal untuk melakukan proses penyaringan darah. Darah akan secara ruitin tercuci darh zat-zat berbahaya yang terkandung di dalam ginjal. Pasien gagal ginjal ini, memiliki ginjal yang telah tidak berfungsi lagi dengan baik untuk melakukan proses menyaringan dan pembersihan darah secara alami. Cuci darah ini akan menggantikan fungsi ginjal yang menyaring racun-racun didalam ginjal.
Efek Samping Cuci Darah Bagi Penderita Gagal Ginjal

Hemodialisa yaitu proses membersihkan kotoran yang mestinya harus dibersihkan setiap waktu dengan ginjal normal. Pada saat ginjal sudah tidak dapat berfungsi lagi, kotoran-kotoran tersebut dan cairan bertumpuk-tumpuk seperti sampah di jalanan yang belum dibersihkan. Tubuh secara terpaksa akan beradaptasi dengan kotoran tersebut.Hemodialysis merupakan metode cuci darah yang paling banyak digunakan saat ini. Metode ini menggunakan jarum yang dimasukkan ke dalam pembuluh darah untuk dihubungkan dengan selang, yang dapat mentransfer darah ke dalam mesin cuci darah.


Darah yang sudah ditransfer ke dalam alat cuci darah kemudian disaring dan dibersihkan dari sisa metabolisme, lalu mengembalikannya ke dalam tubuh. Biasanya penderita gagal ginjal yang menggunakan metode ini membutuhkan 3 kali proses cuci darah dalam seminggu dan berlangsung selama 4 jam.
Efek samping cuci darah (Hemodialysis)

1.Tekanan darah rendah atau hipotensi adalah salah satu efek samping yang umum terjadi pada penderita gagal ginjal yang menggunakan metode hemodialysis. Hal ini menunjukan karena kuranya cairan yang terdapat di dalam tubuh. Hipotensi atau tekanan darah rendah ini dapat menyebabkan :
  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Nausea
2.Infeksi bakteri staphylococcal adalah jenis bakteri yang mungkin dapat menginfeksikan dan berkembang dalam proses cuci darah hemodialysis ini. Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi pada bagian kulit, seperti kulit terasa terbakar.

3.Sepsis adalah keadaan dimana infeksi bakteri staphylococcal yang sudah menjalar melalui darah ke organ-organ lain atau disebut blood poisoning (Keracunan darah). Gejala sepsis ini adalah :
  • Pusing-pusing
  • Demam tinggi diatas 38 derajat celcius
4.Gatal pada kulit > Kandungan potasium yang tinggi dianggap menjadi penyebab dari gatal gatal ini. Penderita gagal ginjal yang melakukan metode cuci darah hemodialysis biasanya akan mengalami rasa gatal pada bagian tubuh mereka.
Baca juga Cara Atasi Gatal Kulit Pada Penderita Gagal Ginjal Kronis

5.Kram pada otot – Kram dapat terjadi karena hilangnya atau berkurangnya cairan tubuh dan biasanya akan merasakan kram pada bagian kaki.

6.Sakit pada tulang dan persendian > Sakit pada tulan dan persendian adalah salah satu efek samping yang ditimbulkan karena kekurangan caira pada tubuh. Hal ini akan menambah tingkat kelelahan dari tubuh penderita gagal ginjal.

7.Insomnia atau kesulitan tidur adalah efek samping lain yang dapat terjadi sebagai akibat dari metode cuci darah hemodialysis.
Cuci darah berguna bagi penderita gagal ginjal dan memang dianjurkan oleh dokter, akan tetapi jika dilakukan terus-menerus juga dapat berdampak negatif untuk kesehatan tubuh pasien.


Anda yang masih sehat tetaplah untuk selalu menjaga kesehatan tubuh anda karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Sama halnya dengan cuci darah ini, kita sebenarnya dapat meminimalisir risiko menderita gagal ginjal jika tidak ingin menjalani cuci darah. Cuci darah bukan hanya sekedar untuk penyakit gagal ginjal saja, akan tetapi penyakit diabetes, darah tinggi dan beberapat penyakit lainnya juga menjalani cuci darah.


Pasien yang mengalami metode cuci darah sangat dilarang mengonsumsi makanan sembarangan seperti makanan kacang-kacangan, buah-buahan yang mengandung banyak air dan bersoda, bersantan. Makanan yang baik dikonsumsi oleh pasien yang menjalani metode cuci darah Klik Contoh Menu Makanan Sehat Penderita Gagal Ginjal Kronis. Selain itu, pasien juga tidak boleh kelelahan agar penyakitnya tidak bertambah parah.


Bila Anda tidak mau cuci darah, kami akan rekomendasikan Obat Gagal Ginjal Selain Cuci Darah, serta aman tanpa efek samping yang berbahaya. Bila Anda minat silahkan klik DISINI Obat Gagal Ginjal Selain Cuci Darah.


Sekilas informasi artikel mengenai Efek Samping Cuci Darah Bagi Penderita Gagal Ginjal. Semoga bermanfaat bagi Anda.
nengikakartika is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Manfaat Apel Bagi Penderita Gagal Ginjal rulikantor09 Forum Kesehatan 0 15th September 2015 10:59 AM
Obat Gagal Ginjal Selain Cuci Darah larismanis Health Kesehatan 22 22nd June 2015 02:42 PM
pengobatan alternatif gagal ginjal tanpa cuci darah jusmanggis22 Health Kesehatan 2 3rd June 2015 02:37 PM
Obat Gagal Ginjal Tanpa Cuci Darah berhadiah Health Kesehatan 24 9th May 2015 04:35 PM
Obat Gagal Ginjal Tanpa Cuci Darah wini26 Health Kesehatan 1 6th March 2014 03:08 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 08:40 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts