forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Forum Wirausahaku - My Entrepreneurship > Bisnis Kulinerku - My Culinary Business
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Bisnis Kulinerku - My Culinary Business Forum ini Membutuhkan Moderator, Silakan mendaftar !!!

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 15th September 2012, 10:05 AM   #1
Sek Des
 
gladiator's Avatar
 
Join Date: 11 Sep 2012
Userid: 218
Location: bandung
Posts: 239
Likes: 7
Liked 47 Times in 33 Posts
Default Pengusaha Teh Susu Sukses yang Berusia 18 Tahun

Bisnis aneka minuman cepat saji kian mengalir. Mulai mengusung merek pribadi hingga waralaba (franchise). Bahan dasarnya bisa susu, cincao, teh, sinom alias jamu, buah, hingga yang serba racikan sendiri. Bisnis teh kemasan siap saji misalnya, banyak diminati lantaran keuntungan yang diperoleh cukup besar, cara pembuatannya juga tak sulit.

Meracik teh yoghurt kini menjadi andalannya. Padahal, Victor Giovan Raihan, pelajar 18 tahun ini, semula hanya iseng-iseng saja membuat minuman yang memadukan teh dan susu fermentasi ini. Hasilnya, minuman olahannya ternyata memiliki banyak penggemar.



“Modal awalnya Rp 3 juta dengan meminjam dari orangtua sekitar 2010. Saat ini per outlet paling apes menghasilkan Rp 2 juta per bulan. Outlet lain yang ramai bisa lebih dari itu,” aku pemilik merek Teh Kempot ini.
Ide menamai Teh Kempot berasal dari cara orang minum teh kemasan dengan sedotan, jika teh terasa enak dan hampir habis pasti orang akan terus menyedot hingga bentuk pipinya kempot. Begitu kira-kira harapan Victor menjadikan teh yoghurt berasa paling yummy.

Sulung dua bersaudara yang bersekolah di SMA Negeri 1 Kepanjen ini memiliki 10 outlet yang dikelola sendiri dan 17 outlet yang dikelola oleh mitranya. Bermitra dengannya cukup bayar Rp 3,5 juta dan akan mendapatkan 1 paket booth (gerobak), alat masak dan 100 cup (gelas kemasan) pertama. Dua mitra diantaranya ada di Jakarta dan Palembang, lainnya tersebar di Kota Malang.

“Saya belum berani menjual hak dagang secara franchise karena masih sangat pemula. Jujur saja bisnis teh kemasan siap saji ini marjin keuntungannya bisa 350 persen. Kalau kuliner seperti, Bakso Mercon yang sedang saya kelola, marjin keuntungannya hanya 100 persen,” lanjut putra pasangan Sri Winarsih dan Bambang Hermanto.

Victor memang lebih dulu mengelola bisnis bakso, ketimbang teh yoghurt. Outlet baksonya baru ada lima, kesemuanya ada di Malang. Tahun ini, ia berencana nambah lima outlet. Bisnis yang dikelolanya ini belakangan berkembang ke minuman. Alasannya sederhana, kalau orang makan bakso pasti butuh minum.

“Saya coba beli daun teh setengah matang dari pemasok, saya kelola sendiri lalu saya mix dengan yoghurt (susu fermentasi). Ada rasa lemon tea, stoberi, dan cokelat,” ujar pria yang bermukim di Jl Panji II Kepanjen ini.
Per kemasan atau segelas teh yoghurt ukuran 250 ml dijual seharga Rp 2.000-2.500. Jumlah karyawan yang bekerja padanya kini tak kurang dari 50 orang, termasuk untuk outlet bakso dan teh yoghurt.

Setiap harinya, ia bisa menghabiskan 20 kg daun teh kering untuk diproduksi atau menjadi 70 gelas. Gula yang dibutuhkan 4 kg per outlet per hari. Sedangkan kebutuhan daging untuk bakso sekitar 20 kg per hari.
“Usaha bakso tetap akan jadi core business saya karena omzetnya besar. Kalau teh hanya sampingan. Ke depan, saya akan tambah mitra di kota-kota besar, seperti Surabaya dan Sidoarjo,” lanjut Victor.

Ia mengaku, jalan yang ia tempuh dari hasil kerja kerasnya kini membawa keberuntungan yang luar biasa di usianya yang masih belia. “Saya tidak tahu jika dulu saya mengikuti anjuran ayah untuk sekolah di kepolisian apa ‘omzet’nya akan sebesar ini. Keluarga besar saya semua di jalur angkatan bersenjata. Tapi saya tidak minat mengikuti jejak tersebut,” yakinnya.
Untuk perluasan usaha, Victor masih enggan mengajukan kredit kemana-mana. Pakai modal pribadi dan pinjam orangtua masih memungkinkan. “Toh bapak saya dapat fasilitas kredit dari bank, yakni kredit kepolisian. Saya pinjam dari situ juga,” pungkasnya.

Sumber: Inilah Kisah Pengusaha Sukses yang Berusia 18 Tahun
__________________
blom punya signature..
gladiator is offline   Reply With Quote
Old 15th September 2012, 10:09 AM   #2
lord_of_chaos
Sek Des
 
lord_of_chaos's Avatar
 
Join Date: 11 Sep 2012
Userid: 222
Location: di mana2 aja , bisa di sini, di sana, di atas, di bawah, kanan kiri ok
Age: 34
Posts: 213
Real Name: arie darusman
Likes: 9
Liked 3 Times in 3 Posts
Default

wow, mantap sekali

di usia muda sudah punya usaha yang sukses , kreatif juga idenya
__________________
prime : lord_of_chaos

klon : bori15
lord_of_chaos is offline   Reply With Quote
Old 15th September 2012, 10:15 AM   #3
gladiator
Sek Des
 
gladiator's Avatar
 
Join Date: 11 Sep 2012
Userid: 218
Location: bandung
Posts: 239
Likes: 7
Liked 47 Times in 33 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by lord_of_chaos View Post
wow, mantap sekali

di usia muda sudah punya usaha yang sukses , kreatif juga idenya
yups, betul gan

ane seumuran gitu malah lg asik2nya maen2, gak kepikiran nyari duit sendiri..

salut sama pebisnis muda ini
__________________
blom punya signature..
gladiator is offline   Reply With Quote
Old 15th September 2012, 10:32 AM   #4
lord_of_chaos
Sek Des
 
lord_of_chaos's Avatar
 
Join Date: 11 Sep 2012
Userid: 222
Location: di mana2 aja , bisa di sini, di sana, di atas, di bawah, kanan kiri ok
Age: 34
Posts: 213
Real Name: arie darusman
Likes: 9
Liked 3 Times in 3 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by gladiator View Post
yups, betul gan

ane seumuran gitu malah lg asik2nya maen2, gak kepikiran nyari duit sendiri..

salut sama pebisnis muda ini
iya, asik2nya keluyuran entah ke mana usia gua segitu

dengan niat + usaha + faktor luck + kreativitas + pantang menyerah = epic success
__________________
prime : lord_of_chaos

klon : bori15
lord_of_chaos is offline   Reply With Quote
Old 15th September 2012, 10:43 AM   #5
gladiator
Sek Des
 
gladiator's Avatar
 
Join Date: 11 Sep 2012
Userid: 218
Location: bandung
Posts: 239
Likes: 7
Liked 47 Times in 33 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by lord_of_chaos View Post
dengan niat + usaha + faktor luck + kreativitas + pantang menyerah = epic success
sepakat masbro..
__________________
blom punya signature..
gladiator is offline   Reply With Quote
Old 21st September 2012, 01:48 PM   #6
wengky
Ketua RT
 
wengky's Avatar
 
Join Date: 17 Sep 2012
Userid: 262
Posts: 85
Real Name: wawan
Likes: 0
Liked 5 Times in 4 Posts
Default

pengen ikutan ah.. hehe
__________________
Hiduplah Indonesia Raya semua aksesoris klub bola dunia
wengky is offline   Reply With Quote
Old 21st September 2012, 03:07 PM   #7
gladiator
Sek Des
 
gladiator's Avatar
 
Join Date: 11 Sep 2012
Userid: 218
Location: bandung
Posts: 239
Likes: 7
Liked 47 Times in 33 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by wengky View Post
pengen ikutan ah.. hehe
silakan masgan

ditunggu, ntar siapa tau bs jd tempat nongkrong hehehe..
__________________
blom punya signature..
gladiator is offline   Reply With Quote
Old 3rd January 2013, 04:31 PM   #8
crystalx
Warga Forumku
 
Join Date: 31 Dec 2012
Userid: 755
Posts: 7
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default

inspiratif banget
crystalx is offline   Reply With Quote
Old 7th January 2013, 10:58 AM   #9
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,254
Likes: 1,687
Liked 196 Times in 118 Posts
Default

^ bisa menumbuhkan semangat untuk berwirausaha nich.
Top begete ... masih muda
admin is offline   Reply With Quote
Old 7th January 2013, 06:55 PM   #10
akbar.saleh
[M]
Freedom
 
akbar.saleh's Avatar
 
Join Date: 22 Dec 2012
Userid: 738
Location: Makassar
Posts: 675
Real Name: Akbar Saleh
Likes: 53
Liked 33 Times in 26 Posts
Default

bener neh inspiratif banget msh muda semangat untuk berusaha sangat besar.
kreatif dan inovatif. mantap dah.
__________________
"Think Big, Start Small and Action Now"
akbar.saleh is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Bantu Pengusaha Kecil Indonesia Melalui KIVA Palagan Kritik, Saran Perbaikan, Pertanyaan seputar FORUMKU 6 24th February 2016 03:17 PM
Google Doodle Merayakan 67 Tahun Kemerdekaan Indonesia irvan.dikky Indonesia Bangga! 11 11th December 2012 05:13 PM
Kisah RPKAD Garuda III di Kongo tahun 1962 di Kongo : Les Spiritesses afterburner Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military 9 21st October 2012 08:05 PM
Dari Supir Menjadi Pengusaha Jamur Yang Sukses gladiator Forum Usaha Agroku - Agrobisnis 0 14th September 2012 11:27 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 07:40 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts